9 Jenis Lengkeng Si Buah Tropis yang Menarik Perhatian Dunia

Jenis buah-buahan di Indonesia sangat beragam dengan ukuran, bentuk, dan rasa yang sangat bervariasi. Salah satu buah dengan ukuran yang kecil dan memiliki rasa manis yang banyak penikmatnya adalah berbagai jenis lengkeng.

Buah ini berasal dari wilayah Asia Tenggara dengan ciri khasnya buah yang menggerombol dengan kulit buahnya berwarna cokelat kekuningan.

Bagian daging buahnya berwarna putih mengkilap dan agak bening. Tidak hanya di Indonesia, buah ini juga terkenal di beberapa negara seperti Thailand, Malaysia, Taiwan dan Tiongkok.

Buah lengkeng biasa dikonsumsi secara langsung, namun ada beberapa negara juga yang mengolahnya menjadi buah kaleng. Ada pula yang dikeringkan atau untuk dijadikan sebagai bahan pembuat minuman penyegar.


Beberapa Jenis Lengkeng yang Paling Banyak Dicari


Ada beberapa jenis buah lengkeng yang menjadi favorit para pecinta buah di Indonesia dan selalu ditunggu saat musim lengkeng tiba yaitu:

1. Lengkeng Merah

Jenis Lengkeng
samudrabibit.com

Lengkeng merah atau dikenal dengan Lengkeng Ruby Longan merupakan salah satu jenis lengkeng yang diunggulkan. Warna buahnya yang merah membuat jenis ini memiliki daya tarik tersendiri.

Keunikan buah ini adalah warna merah tidak hanya ada pada bagian kulit buahnya saja. Tetapi juga pada batang, tangkai daun, daun, bunga, dan juga biji buahnya memiliki warna merah yang eksotis.

Selain karena warnanya yang berbeda, buah yang satu ini memiliki rasa yang sangat manis dengan kandungan gulanya mencapai 21⁰Brix. Disamping itu juga ukuran buahnya besar dengan daging buahnya yang tebal.

2. Lengkeh Matalada

inkuiri.com

Termasuk salah satu jenis lengkeng dataran rendah, lengkeng jenis ini sedang banyak dicari para pecinta tanaman. Karena tanaman ini cocok dijadikan tanaman buah dalam pot dan cepat berbuah tanpa perlakuan khusus.

Disebut sebagai matalada karena buah lengkeng jenis ini memiliki biji buah dengan ukuran yang sangat kecil hanya sebesar biji lada.

Dengan biji yang sangat kecil membuat daging buah ini menjadi tebal. Selain itu ukuran buah lengkeng matalada tergolong besar dengan diameter 2,5-3 cm. Buahnya memiliki rasa yang manis dengan kandungan air yang sedikit.

3. Lengkeng King Long

Jenis Lengkeng
shopee.co.id

Beberapa tahun terakhir ini varietas terbaru dari buah lengkeng yaitu varietas King Long sedang terus dikembangkan di Indonesia.

Nama King Long memiliki arti Raja Lengkeng, mama tersebut digunakan untuk jenis ini karena banyak keunggulan yang terdapat pada jenis lengkeng yang satu ini.

Keunggulan si “Raja Lengkeng” ini terdapat pada ukuran buahnya yang besar dengan rata-rata diameter 3 cm. Memiliki daging buah yang tebal dengan 75% bagiannya bisa dikonsumsi, berasa manis dan teksturnya renyah.

Produksi buah dari tanaman ini juga sangat melimpah, satu malainya mampu berbuah banyak. Satu pohonnya diketahui mampu menghasilkan buah sekitar 30 kg setiap periode produksi.

4. Lengkeng Diamond River

tokopedia.com

Diamond River adalah jenis tanaman lengkeng yang berasal dari negara China dan banyak dibudidayakan di Malaysia. Namun sekarang kita dapat dengan mudah menemui tanaman jenis ini di Indonesia.

Lengkeng jenis ini memiliki buah yang berukuran besar dengan warna kulit buahnya coklat kekuningan. Daging buahnya tidak tipis, serta memiliki rasa manis dengan kandungan airnya yang tinggi.

Buah lengkeng ini bisa langsung dikonsumsi sebagai buah segar dan sangat enak dinikmati pada saat udara panas karena rasanya yang menyegarkan.

5. Lengkeng New Kristal

Jenis Lengkeng
gresik.co

Jenis tanaman Lengkeng New Kristal diketahui dapat berbuah setiap tahunnya tanpa mengenal musim dengan cara pemboosteran yang dapat dilakukan oleh petani.

Selain itu tanaman ini juga super produktif dan cepat sekali berbuah. Tingkat produktivitasnya diukur dari dompolan buah yang sangat banyak pada setiap pohon.

Satu dompolan buah dapat menghasilkan 3-4 kg buah lengkeng. Pada saat pohonnya mencapai usia 5-7 tahun produksi buahnya berkisar antara 100-150 kg buah per pohon.

Disamping produktivitasnya yang tinggi, kualitas buah yang dihasilkan juga baik. Buahnya memiliki ukuran cukup besar dengan diameter 2 cm.

Daging buahnya tebal dan teksturnya renyah walaupun kandungan airnya sedikit. Rasa buahnya yang sangat manis mirip dengan rasa buah leci, sehingga lengkeng ini sering disebut juga sebagai lengkeng leci.

6. Lengkeng Itoh

blibli.com

Beberapa sumber menyebutkan jika lengkeng ini merupakan hasil persilangan antara jenis lengkeng diamond river dan lengkeng puang ray dari Thailand.

Kelengkeng itoh adalah salah satu kelengkeng unggulan dari negeri gajah putih. Bahkan keunggulan kelengkeng itoh sudah tersebar hingga ke berbagai penjuru dunia.

Memiliki daya simpan atau daya tahan yang tinggi menjadikan kelengkeng itoh cocok untuk didistribusikan ke negara yang sangat jauh sekalipun. Hal ini menjadi keunggulan utama dari kelengkeng itoh yang membuatnya terkenal di mata dunia.

Ciri-ciri lain dari lengkeng itoh diantaranya adalah:

  • Daging buah tebal dengan tekstur lembut dan sedikit kering.
  • Rasanya manis.
  • Ukuran biji lebih kecil dibandingkan kelengkeng pada umumnya.

Sedangkan berikut ciri-ciri lengkeng itoh dari segi tanamannya:

  • Daunnya berbentuk lurus agak tebal dengan ukuran panjang 18-22 cm dan lebar 5-6 cm.
  • Tumbuhan membentuk tajuk yang rimbun dengan cabang menjuntai terkulai lemas.
  • Buah berukuran kurang lebih sebesar koin lima ratus rupiah.
  • Masa panen buah yaitu 3,5 tahun dari hasil bibit sambungan.
  • Dapat menghasilkan 12 kg/pohon buah sejak berumur 3,5 tahun.

7. Lengkeng Pingpong

tokopedia.com

Dinamakan lengkeng pingpong karena kelengkeng yang satu ini buahnya memiliki ukuran hampir sama dengan ukuran bola pingpong. Menjadi tersohor karena ukuran nya yang berbeda dibandingkan jenis lengkeng pada umumnya.

Tanaman kelengkeng pingpong memiliki ciri khas dengan tumbuh memanjang dengan jumlah cabang sedikit atau jarang. Dalam perawatannya harus rajin dipangkas agar lebih rapi dan tidak memakan tempat.

Berikut ciri-ciri tanaman lengkeng pingpong yang penting untuk kamu ketahui:

  • Bentuk tajuk tumbuhan cenderung ngelancir.
  • Daun berbentuk oval melengkung pada bagian tepi dengan ukuran panjang 11 cm dan lebar 4 cm.
  • Dari hasil bibit sambungan masa berbuah atau panen adalah selama 1 tahun.
  • Pada umur 7-8 bulan dapat menghasilkan buah 1 kg/pohon.
  • Buah berukuran besar seperti bola pingpong, dengan daging tipis, kering, biji besar, dan aroma yang khas.

Adapun ciri-ciri buah kelengkeng pingpong secara lebih rinci yakni sebagai berikut:

  • Aroma lengkeng pingpong sangat khas, sehingga menghasilkan rasa manis yang terkadang kelewatan alias terlalu manis.
  • Tekstur daging buang renyah sehingga terasa mantap saat dikunyah.

8. Lengkeng Aroma Durian

Jenis Lengkeng
lazada.co.id

Dari namanya saja tentu kita sudah bisa menebak dengan mudah keunggulan lengkeng ini. Yup betul, aroma khasnya yang sangat identik dengan aroma buah durian.

Usut punya usut ternyata lengkeng ini adalah varietas baru hasil dari keluarga yang sama dengan lengkeng pingpong. Dimana buahnya juga berukuran cukup besar meski tak sebesar bola pingpong.

Memiliki tekstur dading buah yang renyah dan cukup tebal dengan warna kulit putih tipis. Sudah kebayang dong ya bagaimana sensasinya menyantap lengkeng serasa durian ini?

Beberapa orang juga menyebutnya dengan nama lengkeng mata naga. Dari segi bentuk tanaman berbeda dengan kelengkeng pingpong, dimana tumbuhan ini memiliki banyak percabangan dan membentuk tajuk yang rimbun.

Daun lengkeng mata naga berbentuk lurus, kaku, berwarna hijau tua. Percabangan tajuk meskipun rimbun namun tidak menjuntai. Masa panen lengkeng ini adalah 1,5 tahun dari bibit hasil sambungan dengan produktivitas 2,5 kg/pohon.

9. Lengkeng Puangray

bukalapak.com

Satu lagi lengkeng dengan ukuran buah cukup besar yaitu lengkeng puangray asli dari Thailand. Beberapa sumber menyebutkan jika kelengkeng ini hasil perpaduan lengkeng diamond river dan lengkeng pingpong.

Tahukah kamu jika lengkeng Puangray terkenal karena “tidak manja”. Dimana pada umur satu tahun tumbuhan ini sudah dapat berbuah banyak meskipun tidak memperoleh perawatan khusus.

Saat berumur 5 tahun produktivitas tanamannya bisa mencapai 20 kg buah/pohon. Pertumbuhan tajuk cenderung ke atas sehingga cocok dijadikan sebagai tanaman tabulapot.

Adapun ciri lainnya dari tanaman kelengkeng puangray yaitu daun berbentuk lurus dan datar saat muda, bagian tepi melengkung saat tua.

Baca Juga : Jenis Kurma

Dari beberapa jenis lengkeng di atas, sudah pernah kamu cicipi semua belum? Jika penasaran yuk langsung cari di pasar terdekat dari tempat tinggalmu.

Leave a Comment