10 Jenis Buah Mangga yang Manis dan Populer di Indonesia

Seperti pisang, mangga juga menjadi favorit berbagai kalangan. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa hampir semua menyukainya, karena varian jenis mangga yang juga bermacam-macam.

Dari sekian banyaknya jenis mangga, mangga apa yang paling sering kamu makan?

Mangga merupakan buah yang bersifat musiman dan masih sedikit yang membudidayakan.

Biasanya mangga dibiarkan tumbuh begitu saja di pekarangan rumah untuk sekaligus dimanfaatkan sebagai tanaman perindang.

Bila musim mangga tiba, maka buah yang harganya cukup mahal ini akan diskon besar-besaran karena memang ketersediaannya yang sedang melimpah.

Diskon besar-besaran ini dapat kamu jumpai baik itu di pasar tradisional maupun di pasar modern.


Jenis Mangga yang Populer di Indonesia


So, sebelum berburu diskonan mangga nih, yuk kita kepo dulu kira-kira ada jenis mangga apa saja sih yang ketersediaannya melimpah di Indonesia.

1. Mangga Harum Manis

√ 10 Jenis Buah Mangga yang Manis dan Populer di Indonesia
samudrabibit.com

Harum manis merupakan jenis mangga berbentuk lonjong dan ujungnya berbentuk runcing.

Disebut harum manis karena memang rasanya yang manis dan beraroma harum. Namun ketika masih muda mangga ini berasa asam.

Buah yang juga dikenal dengan nama mangga gadung ini banyak kita jumpai di Probolinggo, Jawa Timur.

Ketika musim mangga tiba kamu dapat berkunjung ke Probolinggo untuk memborong mangga yang satu ini dengan harga murah meriah.

2. Mangga Indramayu

√ 10 Jenis Buah Mangga yang Manis dan Populer di Indonesia
tosupedia.com

Sesuai dengan namanya mangga ini berasal dari Indramayu, Jawa Barat.

Tak hanya di Indramayu, di seluruh pelososk Indonesia mangga Indramayu merupakan jenis mangga yang paling banyak dicari.

Mangga Indramayu sendiri terdiri dari berbagai jenis, ada mangga cengkir, mangga gedong kincu dan beberapa jenis lainnya.

Kabarnya mangga cengkir merupakan mangga termanis yang ada di Indramayau. Boleh dicoba lah!

3. Mangga Manalagi

√ 10 Jenis Buah Mangga yang Manis dan Populer di Indonesia
higaragro.com

Manalagi adalah mangga unggulan dari Situbondo, Jawa Timur. Mangga ini tersohor ke seluruh penjuru Indonesia karena rasanya yang sangat lezat dan jawara.

Konon katanya jika sudah mencicipi mangga ini sekali, maka kamu akan minta lagi dan lagi hingga dinamakan ‘manalagi’.

Buah mangga ini memilki ukuran agak kecil dibandingkan mangga harum manis.

Namun kabarnya rasa dari mangga ini adalah perpaduan rasa antara mangga harum manis dan mangga golek. Wah, sepertinya lezat sekali ya!

4. Mangga Golek

√ 10 Jenis Buah Mangga yang Manis dan Populer di Indonesia
bukalapak.com

Mangga golek memiliki pohon yang tidak begitu besar hanya berukuran sekitar 9 meter.

Buahnya berbentuk runcing memanjang kurang lebih 17 cm. Kampong asal mangga ini adalah dari India.

Namun jangan khawatir, kamu dapat menemukan mangga golek dengan mudah di Indonesia khususnya di daerah Probolinggo, Indramayu, dan Pasuruan.

Bentuk mangga ini hampir-hampir serupa dengan harum manis namun tak sama.

Salah satu jenis mangga golek yang sering dijumpai di pasar adalah mangga golek India. Terkenal dengan rasanya yang manis dengan tekstur berserat.

Satu buah mangga golek dapat mencapai bobot 1,5 kg saking besarnya.

5. Mangga Madu

√ 10 Jenis Buah Mangga yang Manis dan Populer di Indonesia
tokopedia.com

Terakhir, mangga yang juga paling banyak dicari yaitu mangga madu.

Mangga yang memiliki kulit berwarna kuning atau hijau ini memang terkenal sangat manis seperti madu, bahkan ketika buahnya masih muda dan masih berwarna putih, mangga ini sudah terasa manis.

Beberapa orang juga menyebut mangga ini dengan nama mangga madu anggur. Rasanya sangat lezat, segar, dan bikin nagih.

Mangga madu muda cocok untuk dijadikan menu rujakan, karena kombinasi rasa manis, asam, dan pedas dari sambal rujak tentu akan memberikan sensasi kenikmatan luar biasa di lidah.

Pasti sudah ngiler ya membayangkannya?

6. Mangga Apel

√ 10 Jenis Buah Mangga yang Manis dan Populer di Indonesia
flickr.com

Mangga apel merupakan jenis yang buahnya memiliki bentuk membulat seperti apel dan memiliki aroma yang cukup khas.

Jika mangga masih berwarna kehijauan, maka akan lebih cocok untuk dijadikan sebagai salah satu bahan rujak buah karena rasanya yang sedikit asam dan juga segar.

Namun jika ingin mengonsumsi mangga jenis ini dengan rasa yang manis, maka cari atau pastikan buahnya sudah berwarna kemerahan.

Sebenarnya mangga apel memiliki rasa yagng tidak semanis jenis arumanis dan ketika matang buah ini aggak empuk ketika dipegang serta mengeluarkan aroma yang cukup harum.

7. Mangga Golek India

√ 10 Jenis Buah Mangga yang Manis dan Populer di Indonesia
bukalapak.com

Jika termasuk orang yang addict dengan buah mangga, tentunya tidak asing dengan jenis golek inda yang juga memiliki daging buah dengan rasa manis ini.

Jenis golek india sendiri termasuk yang lezat ketika disantap, selain rasanya yang manis, tekstur daging buahnya juga tidak berserat.

Dari bentuknya, jenis ini terlihat cukup mirip dengan arumanis, tapi golek india memiliki bobot yang lebih besar da bahkan ada yang sampai seberat 1,5 kg untuk satu buahnya.

Tentunya jika mengonsumsi mangga golek india dengan bobot seberat itu cukup untuk membuat perut terasa kenyang.

8. Mangga Gedong Gincu

√ 10 Jenis Buah Mangga yang Manis dan Populer di Indonesia
id.ikipedia.org

Gedong gincu merupakan jenis mangga yang berasal dan asli dari Cirebon dengan rasa daging buah yang tidak kalah lezat dari jenis lainnya.

Buah dari jenis gedong gincu memiliki kulit buah berwarna mencolok hijau cenderung kuning kemerahan, begitu juga dagingnyayang memiliki warna kuning kemerahan.

Jika dilihat dari bentuknya, gedong gincu memiliki bentuk yang bulat tanpa lekukan serta memiliki daging buah yang tebal dan terdapat serat halus.

Mangga jenis ini termasuk yang mudah ditemukan di daerah Cirebon atau Indramayu dan dari segi rasa juga dappat diadu karena mangga ini memiliki rasa manis dan harum.

9. Mangga Alpukat

√ 10 Jenis Buah Mangga yang Manis dan Populer di Indonesia
kompas.com

Mangga alpukat merupakan hasil persilangan dari jenis madu dan juga gadung serta pertama kali dikembangkan di daerah Pasuruan, Jawa Timur.

Sesuai dengan namanya, buah dikonsumsi dengan menggunakan sendok dan untuk pemotongnya dapat dipotong belah tengah layaknya memotong buah alpukat.

Jenis alpukat termasuk jenis mangga yang cukup mahal karena pohon dari mangga ini baru akan berbuah ketika usia tanam sudah mencapai 5 – 6 cm dan masa panen agustus – november.

Meskipun tergolong sebagai mangga jenis baru, tapi jenis ini memiliki rasa manis yang lezat dan banyak orang yang tertarik dan menantikan untuk dapat menikmatinya.

Mangga alpukat dibudidayakan di daerah dengan dataran mulai dari rendah sampai sedang menengah, tepatnya pada tanah humus atau tanah lempung agar pembuahan optimal.

10. Mangga Madu Anggur

√ 10 Jenis Buah Mangga yang Manis dan Populer di Indonesia
shopee.co.id

Madu anggur merupakan jenis mangga yang pembuahannya akan optimal jika dibudidayakan di dataran rendah dan memiliki rasa buah yang manis.

Rasa manis dari jenis madu anggur tidak kalah jika dibandingkan dengan jenis arumanis. Buah ini memiliki bentuk bulat yang sedikit memanjang.

Bentuk memanjang dari madu anggur terlihat seperti sedikit punya paruh dan memilki lekukan pada buahnya.

Untuk warna buahnya, madu anggur berwarna hijau tua dan terdapat bintik kelenjar berwarna putih kehijauan serta terdapat juga lapisan lilin.

Dari segi rasa, madu anggu memiliki rasa yang manis, lezat dan menyegarkan serta tidak jarang membuat orang yang mencicipinya menjadi ketagihan untuk terus memakannya.

Selain rasanya yang manis dan lezat, mangga jenis ini juga memiliki daging buah yang tebal.

Oke, itu dia sepuluh jenis mangga yang melimpah dan bisa kamu temukan di Indonesia.

Leave a Comment