7 Jenis Manggis Unggulan dari Indonesia dengan Kualitas Ekspor

Manggis merupakan salah satu buah eksotis yang menjadi buah unggulan untuk di ekspor dari Indonesia. Sampai dengan saat ini sudah terdapat 23 negara yang menjadi tujuan untuk ekspor berbagai jenis manggis. Contoh beberapa negara yang menjadi negara tujuan ekspor manggis antara lain: Tiongkok, Hong Kong, Australia, Swiss, Italia, Jerman, Inggris, dan Spanyol.

Di Indonesia, terdapat sekitar 100 jenis manggis dari 400 jenis tanaman manggis yang ada di dunia. Tumbuhnya tanaman ini sangat menyebar di seluruh daerah Indonesia dan saat ini ada sekitar 25 kabupaten sebagai daerah penghasil buah manggis yang berkualitas ekspor.

Beberapa Jenis Manggis Berkualitas Ekspor

Standar mutu ekspor yang ditetapkan untuk buah manggis adalah buah yang seragam dengan kelopak hijau segar, tidak terkena hama penyakit dan tidak rusak.

Selain daging buahnya yang bisa dinikmati, bagian lain dari buah manggis yang bisa dimanfaatkan adalah bagian kulitnya. Kulit buah manggis mengandung senyawa antioksidan yang tinggi dan berguna untuk kecantikan serta kesehatan.

1. Manggis Bali

kintamani.id

Manggis Bali banyak dibudidayakan di Desa Padanan, Kabupaten Tabanan. Buah manggis ini dapat menjadi pilihan buat kamu untuk dijadikan oleh-oleh dari Pulau Dewata. Cita rasa yang dimiliki oleh buah ini agak berbeda dengan buah manggis yang berasal dari daerah lain. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti pemupukan, pengairan, dan ketinggian laut.

2. Manggis Kaligesing

bukalapak.com

Manggis ini banyak ditemui di daerah Kaligesing, Purworejo dan menjadi ikon dari daerah tersebut. Buah Manggis Kaligesing menjadi salah satu jenis manggis yang biasa diekspor ke luar negeri. Keunggulan buah ini terletak pada rasa buahnya yang manis-asam menyegarkan dengan daging buahnya yang terdiri dari 4-8 siung buah. Berat buahnya sekitar 100-125 gram per buah.

3. Manggis Ratu Tembilahan

kabartani.com

Keunikan yang dimiliki oleh buah manggis yang berasal dari Provinsi Riau ini adalah buahnya yang berbentuk elliposid dengan rasa buah yang manis sedikit asam. Serta memiliki siung daging buah dengan jumlah yang lebih banyak sekitar 4-11 siung.

Ciri lainnya adalah daging buahnya yang lebih padat dengan kadar air yang lebih rendah dibandingkan dengan buah manggis jenis lain. Pada umumnya buah manggis memiliki kadar air 80% sedangkan Manggis Ratu Tembilahan memiliki kadar air 77%.

4. Manggis Wanayasa

tabloidsinartani.com

Kabupaten Purwakarta menjadi salah satu daerah penghasil manggis unggulan Indonesia sebagai komoditi ekspor. Luas daerah pertanaman di daerah ini mencapai 1.540,4 hektar dengan tingkat produksi sebesar 36.182 kuintal pada semester ketiga tahun 2018.

Karakteristik buah manggis yang dihasilkan daerah ini adalah bentuk buahnya yang bulat berwarna merah keunguan dan memiliki daging buah bertekstur halus dengan rasa manis-asam. Kadar gula yang terdapat pada buah ini rata-rata sebesar 17,75⁰Brix.

5. Manggis Lingsar

monitor.co.id

Daerah selanjutnya yang menghasikan buah manggis dengan kualitas yang baik adalah daerah Lombok Barat. Di daerah ini tanaman manggis dapat ditemui hampir di setiap halaman pekarangan rumah dan lahan persawahan. Buah dengan warna kulitnya merah kehitaman serta daging buahnya yang berasa manis berwarna putih ini biasa diekspor melalui kota Bali dan Surabaya.

6. Manggis Puspahiang

tokopedia.com

Jawa Barat memang merupakan salah satu daerah penghasil dan penyumbang manggis terbesar di Indonesia. Salah satu daerahnya adalah kota Tasikmalaya.

Tujuan negara ekspor dari buah Manggis Puspahian antara lain negara Prancis dan China. Dalam satu minggu, manggis Puspahiang dapat diekspor ke Prancis dengan volume pengiriman mencapai 1 ton. Sedangkan volume pengiriman ke China lebih tinggi yaitu sebesar 3-4 ton per harinya.

7. Manggis Ratu Kamang

monitor.co.id

Selain Jawa Barat, Provinsi Sumatera Barat ternyata juga memiliki buah manggis dengan kualitas ekspor yang terletak pada Kabupaten Agam. Buah Manggis Ratu Kamang termasuk ke dalam grade A di pasar ekspor. Ciri khas manggis ini adalah memiliki bentuk buah yang bulat agak lonjong dengan kulit buah mulus dan mengkilap. Dengan kandungan gula sekitar 15-20⁰Brix, daging buah manggis jenis ini memiliki rasa yang manis.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*