7 Jenis Pisang Untuk Menurunkan Berat Badan dan Beragam Olahannya

Jenis Pisang – Pisang merupakan buah yang sangat populer tak hanya di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Semua kalangan mulai dari bayi hingga orang dewasa pasti menyukai buah ini karena memang rasanya yang lezat.

Selain karena teksturnya yang juga empuk, kandungan nutrisi yang ada pada pisang juga sangat banyak.

Beberapa orang menyebutkan jika pisang adalah jenis buah dengan kandungan gizi terlengkap diantaranya karbohidrat, vitamin C, kalium, serat, vitamin B6, mangan, dan lain sebagainya.

Berbeda jenis pisang beda pula kandungan gizi yang di dalamnya. Di Indonesia sendiri hampir terdapat puluhan bahkan mungkin ribuan jenis pisang.


Jenis Pisang Untuk Menurunkan Berat Badan


Nah, khusus bagi kamu yang berencana ingin diet nih mengkonsumsi pisang merupakan pilihan yag tepat. Mengkonsumsi pisang saat diet akan membantu kamu merasa kenyang lebih lama.

Berikut beberapa jenis pisang yang cocok digunakan untuk diet.

1. Pisang Cavendish

image source: bukalapak.com

Jenis pisang pertama ini memiliki rasa agak sedikit asam, cocok dikonsumsi rutin untuk diet. Kandungan kalorinya rendah sangat aman bagi penderita berat badan berlebihan.

Selain itu kandungan karbohidrat pada pisang ini meliputi glukosa, fruktosa, dan sukrosa cukup tinggi, sehingga dengan mengkonsumsi pisang ini jangan khawatir tidak akan kenyang.

2. Jenis Pisang Emas

Pisang emas merupakan salah satu jenis pisang yang paling sering dijumpai karena memang ketersediaannya yang melimpah.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada pisang ini diantaranya adalah karbohidrat, mineral, serta berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, dan vitamin B2.

Sungguh cocok dikonsumsi untuk diet. Selain dimakan langsung, kamu juga dapat menjadikan pisang ini sebagai campuran salad atau campuran menu unik lainnya.

3. Jenis Pisang Kepok

jenis pisang
image source: shopee.co.id

Jenis pisang ketiga ini sangat mudah didapatkan, tersedia melimpah di pasar-pasar tradisional.

Pisang ini cocok untuk diet karena rendahnya kandungan lemak dan gula yang dimilikinya, sehinnga juga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Kanduangn vitamin B yang ada di pisang kepok juga akan membantu memperlancar proses metabolisme tubuhmu.

4. Jenis Pisang Ambon

Ambon merupakan jenis pisang yang menjadi favorit banyak kalangan. Pisang asli Indonesia ini popular di Belanda selain karena rasanya yang manis dan empuk juga khasiat dari pisang itu sendiri.

Beberapa sumber menyebutkan jika pisang ambon dapat membuat kulit tampak lebih putih. Wah sekali mendayung dua-tiga pulau terlampaui dong ya.

Sembari mengkonsumsi pisang ini untuk diet, kulitmu juga akan menjadi lebih cerah alami guys.

5. Jenis Pisang Belitung

jenis pisang
image source: id.toluna.com

Sangat mudah mengenali jenis pisang ini, karena bentuk dan ukurannya yang cukup besar.

Dengan mengkonsumsi pisang ini tentu saja kamu akan merasa kenyang, karena ukurannya pun berbeda dari pisang lainnya.

6. Jenis Pisang Mas

jenis pisang
image source: tabloidsinartani.com

Berbeda dengan jenis pisang sebelumnya, pisang yang satu ini justru memiliki ukuran mungil. Namun rasanya dijamin manis dengan aroma yang menggoda.

Di Indonesia pisang mas menjadi favorit kedua setelah pisang ambon. Nutrisi yang dikandung pisang mas tak kalah dengan pisang ambon dan juga berkhasiat untuk menurunkan berat badan.

7. Pisang Raja Bulu

image source: tokopedia.com

Pisang raja bulu mengandung banyak vitamin serta zat-zat penting bagi tubuh seperti magnesium dan mangan.

Dengan mengkonsumsi satu buah pisang raja bulu untuk sarapan, kamu pasti akan merasa kenyang.

Sebagai menu sarapan kamu bisa mengkonsumsi pisang raja bulu dengan segelas susu, sehingga terasa lebih nikmat dan lebih kenyang tentunya.

Sebelum memutuskan diet, ada baiknya kamu mempersiapkan terlebih dahulu berbagai menu olahan pisang yang akan kamu konsumsi agar tidak merasa bosan.

Selain dimakan secara langsung, untuk program diet kamu juga bisa mengkonsumsi pisang dalam bentuk smoothies, dicampur dengan oatmeal, atau dijadikan sebagai topping untuk roti gandum.

Untuk berbagai menu olahan pisang lengkap lainnya akan kami sajikan di rubrik lainnya. Terimakasih sudah berkunjung, semoga tulisan ini bermnafaat bagi kita semua.

Beragam Olahan Pisang

Setelah kita membahas berbagai macam jenis pisang yang cocok untuk program diet. Ada baiknya jika kita tahu mengenai segala macam pengolahan pisang dan bagian-bagiannya.

Ya, pisang memang tidak hanya bisa dimanfaatkan bagian buahnya saja, tapi juga bagian-bagian lain dari pohonnya. Hampir seluruh bagian pohon pisang dapat dimanfaatkan bahkan dikonsumsi.

Mulai dari buahnya, jantung pisangnya, hingga gedebong atau batang pisangnya bisa dimanfaatkan dan diolah menjadi berbagai macam makanan. Olahan makanannya pun beragam, ada makanan basah hingga makanan kering.

Buah pisang atau Musa paradisiaca merupakan salah satu buah yang mudah ditemui. Keberadaannya tidak mengenal musim atau dalam artian dapat ditemukan sepanjang tahun.

Berkat keberadaannya yang melimpah tak heran bila buah yang satu ini menjadi populer untuk diolah menjadi berbagai macam makanan. Hampir setiap orang pasti pernah mengkonsumsi buah pisang karena rasa dan aromanya yang enak.

Selain dikonsumsi segar buah pisang juga dapat diolah menjadi berbagai makanan lezat bahkan untuk terapi penyakit. Aroma buah pisang bahkan merupakan salah satu rasa yang banyak digunakan dalam berbagai produk.

Tidak hanya produk makanan atau minuman, tapi banyak juga produk kecantikan yang menggunakan aroma pisang. Sebut saja pasta gigi rasa pisang, masker pisang, hiingga sabun aroma pisang.

Tanaman pisang dapat tumbuh dimana saja dengan mudah asal tanah dan iklimnya sesuai untuk pertumbuhannya.Tak heran jika banyak orang yang menanam atau bahkan membudidayakan pisang secara komersil.

Olahan Buah Pisang

Bagian dari buah pisang atau daging buahnya dapat dimakan secara langsung atau diolah menjadi berbagai makanan. Rasa dan aroma buah pisang yang manis membuat sebagian besar olahan buah pisang adalah jenis makanan manis.

Olahan yang paling klasik adalah pisang goreng. Sudah banyak dan sangat umum jika pisang diolah menjadi gorengan. Gorengan pisang konvensional yang berbalut tepung terigu banyak dijual bersama jenis gorengan lainnya.

Saat ini pisang goreng tidak hanya berbentuk pisang yang digoreng tepung dan dijual bersama gorengan lainnya. Kini wujud pisang goreng sudah berevolusi menjadi pisang keriting, pisang nugget, dan pisang aroma krispi atau lumpia pisang kering.

Penyajiannya pun cukup menarik karena disuguhkan dengan berbagai macam topping. Mulai dari rasa coklat, greentea, milo, oreo, dan masih banyak lagi. harganya pun beragam tergantung pada topping dan brand atau merk dagangnya.

Daging pisang juga sering disulap menjadi keripik pisang. Dullu keripik pisang hanya tersaji dalam dua rasa saja, yakni asin gurih dan manis. Kini pilihannya beragam.

Rasa asing gurih kini merambah menjadi asin gurih pedas. Sementara keripik pisang manis memiliki varian rasa yang lebih beragam.

Variaan rasanya hampir mirip dengan varian topping pada gorengan pisang modern. Ada keripik pisang rasa greentea, coklat, strawberry, blueberry, dan masih banyak lagi. tentu semuanya menarik untuk dicoba.

Olahan Bagian Pohon Pisang

Selain buahnya bagian dari pohon pisang yang juga dapat diolah dan dikonsumsi adalah jantungnya. Orang-orang tua terutama mereka yang berasal dari pedesaan banyak yang mengolah jantung pisang menjadi lauk pauk.

Salah satu menu masakan olahan jantung pisang adalah oseng-oseng jantung pisang. Bahkan ada juga kerupuk jantung pisang dan menu-menu lainnya.

Walaupun masih jarang dan tidak umum, tapi bagian batang pisang atau gedebongnya juga dapat dikonsumsi loh. Sekarang ini banyak yang mengolah batang pisang menjadi keripik. Rasanya mirip dengan jajanan snack terkenal.

Apa kalian sudah pernah mencobanya? Kalaupun belum sangat mudah kok untuk mencobanya dirumah. Dapat disimpulkan jika tanaman pisang semuanya bermanfaat dan mengandung nilai gizi sehingga layak dikonsumsi.

Leave a Comment