9 Jenis Buah Salak Unggulan Berbagai Daerah di Indonesia

Salak memiliki nama ilmiah Salacca zalacca. Dalam Bahasa Inggris disebut snake fruit karena kulit buahnya yang bersisik mirip dengan sisik ular.

Salak merupakan jenis buah yang bisa dikonsumsi secara segar ataupun diolah terlebih dahulu.

Namun tahukah kamu diolah menjadi apa sajakah berbagai jenis salak tersebut?

Biasanya salak diolah untuk dijadikan asinan, manisan, keripik, dikalengkan ataupun dibuat minuman sari salak.

Di beberapa daerah, buah salak sudah dijadikan pilihan buah tangan atau oleh-oleh dari daerah penghasil salak seperti Bali dan Yogyakarta.


Jenis Salak dari Berbagai Daerah yang Berbeda


Menyebarnya tanaman salak di berbagai daerah di Indonesia membuat salak sangat beragam jenisnya dan setiap memiliki karakteristik yang berbeda satu dengan yang lainnya.

1. Salak Pondoh

Salah satu salak unggulan dari Indonesia adalah Salak Pondoh. Salak ini mulai ditanam pada lereng Gunung Merapi mulai tahun 1980-an.

Yang membuat salak ini menjadi unggulan adalah daging buahnya yang berasa manis, tidak sepet dan garing, daging buahnya juga renyah.

Produktivitas tanaman salak ini termasuk yang tinggi.

Bahkan salak jenis ini sudah terkenal hingga mancanegara sebagai oleh-oleh khas daerah tersebut.

Salak pondoh terbagi lagi menjadi lima jenis yaitu salak pondoh kuning, salak pondoh merah kuning, salak pondoh merah, salak pondoh merah hitam, dan salak pondoh hitam.

2. Salak Gading

Sama-sama berasal dari lereng Gunung Merapi, salak ini memiliki rasa yang manis namun masih kalah dibandingkan dengan Salak Pondoh.

Ciri khas buah ini memiliki kulit buah bersisik dengan warna kuning cerah, daging buahnya tebal dan berwarna putih kekuningan.

Sayangnya, jenis salak ini sekarang mulai sulit dicari karena tanamannya sudah mulai langka.

3. Salak Madu

Seperti Salak Gula, Salak Madu juga memiliki rasa yang sangat manis menyerupai madu.

Tektsur daging buah ini renyah dan empuk dengan daging buah yang tebal.

Salak yang berasal dari daerah Sleman Yogyakarta ini, akan berbuah sepanjang tahun, tanpa mengenal musim.

4. Salak Gula

Memiliki rasa yang sangat manis membuat salak ini disebut sebagai Salak Gula. Salak jenis ini berasal dari Karang Asem, Bali.

Selain rasanya yang manis, salak jenis ini memiliki biji berukuran kecil, daging buahnya tebal dan ukuran buahnya yang kecil menyerupai salak pondoh.

Hanya saja salak ini memiliki kandungan air yang rendah.

5. Salak Super

Keunggulan salak ini terletak pada ukuran buahnya yang cukup besar dengan rasanya manis dan berdaging buah masir. Jenis salak ini berasal dari daerah Banjarnegara, Jawa Tengah.

6. Salak Manonjaya

Berasal dari Tasikmalaya, Salak Manonjaya terbagi lagi menjadi tiga jenis yaitu salak putih, salak kuning, dan salak hitam.

Perbedaan ketiga jenis tersebut terletak pada warna kulit buahnya.

Rasa buah salak ini manis dan tidak sepet dengan daging buah yang cukup tebal dan banyak mengandung air.

7. Salak Bali

Dengan melihat namanya kita sudah mengetahui bahwa jenis salak ini berasal dari Pulau Bali. Dengan warna kulit buahnya yang putih, salak ini juga disebut salak putih.

Karakteristik salak ini adalah berbentuk bulat dengan ukuran yang kecil, memiliki rasa buah manis dan tesktur yang renyah serta kandungan airnya banyak.

8. Salak Sidempuan

Salak yang bersal dari daerah Tapanuli Selatan ini sudah mulai ditanam sekitar tahun 1930-an. Buah ini memiliki ukuran yang variatif dari ukuran kecil sampai besar.

Warna daging buahnya kuning tua semburat merah dengan daging buah yang tebal dan rasanya manis bercampur masam, tidak sepet dan berair.

Kulit buahnya bersisik dengan warna coklat kehitaman.

9. Salak Nangka

Salak ini berasal dari Desa Bejalen, Ambarawa. Dinamakan Salak Nangka karena buah ini memiliki aroma harus seperti aroma buah nangka dan daging buahnya berwarna kuning nangka.

Salak nangka berbentuk bulat dengan daging buahnya berasa manis dan agak sepat dengan kandungan air yang cukup tinggi.

Yang mana nih snake fruit favorit kamu guys? Boleh juga kok kalau suka semua jenis salak di atas.

Leave a Comment