Jenis-Jenis Snap Pancing Beserta Gambarnya yang Wajib Diketahui

Jenis-Jenis Snap Pancing Beserta Gambarnya yang Wajib Diketahui

Jenis snap pancing – Hai hai kawan-kawan semua, bagaimana kabarnya? Kami berharap kita semua masih diberi kesehatan dan kebahagiaan yang melimpah, sehingga nantinya kita bisa melakukan kesenanngan atau hobi yang disenangi, misalnya saja memancing.

Kalau di antara teman-teman ada yang gemar atau sedang ingin bergelut di dunia pemancingan berikut ini akan kami bahas artikel yang berhubungan dengan memancing.

Tepatnya yakni mengenai peralatan pancing yang disebut dengan snap. Para angler tentu sudah tidak asing lagi dengan benda satu ini, tetapi bagi beberapa pemula terkadang masih bingung apa itu snap, bagaimana bentuk dan jenis, serta fungsinya.

Snap dikenal juga dengan sebutan peniti, karena memang bentuknya sangat mirip dengan peniti yang digunakan untuk mengaitkan sesuatu.

Meskipun peralatan ini biasanya hanya dibutuhkan pada teknik memancing tertentu saja seperti popping, casting, dan jigging.

Fungsi utama dari peralatan snap adalah untuk memudahkan pemancing ketika mengganti lure (umpan imitasi) dan kail dengan lure dan kail yang baru.

Dengan peniti ini kita tak perlu mengubah atau membongkar rangkaian pancing dari awal ketika mengganti lure baru.

Snap juga memiliki jenis yang sangat beragam, apa saja itu? Untuk menjawabnya, yuk simak penjelasan tentang jenis snap pancing di bawah ini:


Jenis Snap Pancing


Berikut terdapat beberapa jenis dan model peniti pancing yang terbuat dari berbagai material seperti stainless stell, kuningan, dan nikel.

Tetapi pada umumnya snap terbuat dari stainles steel agar terhindar dari korosi. Kalau kamu masih bingung peniti seperti apa yang akan kamu beli, di bawah ini kami sajikan jenis-jenis snap.

Hooked Snap

Jenis yang mudah ditemukan di pasaran adalah peniti hooked. Memiliki model atau desain yang sangat sederhana sehingga sangat mudah untuk diaplikasikan.

Sayangnya memang ketahanan dan kekuatannya cenderung medium ke bawah.

Jadi biasanya snap ini hanya cocok digunakan untuk memancing di area pemancingan air tawar.

Dan untuk tambahan, jika teman-teman menggunakan hooked snap, sebaiknya jangan terlalu sering membuka dan menutupnya karena akan membuatnya lemah.

Cross-Lok Snap

Berbeda dengan sebelumnya, cross-lok snap adalah jenis yang cocok digunakan untuk memancing berat atau profesional.

Terbuat dari bahan yang kuat yakni stainless steel, sehingga bisa menahan beban yang cukup besar.

Kelemahannya terletak pada pengaplikasiannya, terlalu rumit ketika membuka dan menutupnya, karena memiliki detail yang cukup kompleks. Bentuk dari snap ini bisa dilihat pada gambar di atas ya.

Jenis Snap Pancing: Interlock Snap

Selanjutnya adalah interlock snap, jenis yang banyak dipakai pemancing pada umumnya.

Cocok digunakan di air tawar dan sangat tidak dianjurkan untuk dipakai di air laut.

Cara pengaplikasiaanya kurang lebih memiliki kesamaan dengan penggunaan peniti pada umumnya. Sayangnya snap ini memiliki ganjalan yang mudah patah.

Coastlock Snap

Jenis coastlock memiliki model atau bentuk bolongan atau eye yang digunakan untuk memasukkan senar, sehingga secara cara kerjanya sangat mudah digunakan.

Hanya saja jenis ini juga rawan ketika terlalu sering membuka dan menutupnya, karena akan membuatnya lebih cepat melemah.

Safety Snap

Safety snap memiliki banyak kesamaan dengan interlock snap, termasuk juga keskurangannya yakni ganjalannya mudah patah.

Meskipun begitu bentuk ganjalan pada dua jenis peniti tersebut berbeda. Ganjalan pada safety snap menyatu dengan bagian ujungnya, sedangkan interlock mempunyai ganjalan yang kecil.

Jenis Snap Pancing: Fastlink Snap

Jenis yang biasa digunakan pada teknik memancing surf castng ini sangat mudah untuk diaplikasikan, meskipun ukurannya sangat terbatas.

Cara penggunaannya yakni hanya dengan memasukkan senar atau swivel pada snap tanpa perlu menutupnya, karena snap tersebut otomatis akan menutup sendiri.

Leave a Comment