Jenis Strawberry Dibedakan Berdasarkan Tipe Dasar dan Varietasnya

Strawberry merupakan buah yang paling dikenal luas dan menjadi favorit banyak orang. Berbagai jenis strawberry kebanyakan dibudidayakan di daerah yang memiliki hawa dingin atau di dataran tinggi.

Buah strawberry berasal dari negara Amerika, tapi kini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Jarang ada yang mengetahui jika strawberry terdiri dari berbagai jenis.

Berdasarkan varietasnya maka strawberry dapat dibedakan ke dalam beberapa macam. Berikut penjelasan lengkapnya.


Mengenal Berbagai Jenis Strawberry


jenis strawberry
food.detik.com

Kini budidaya strawberry juga sudah masuk kedalam ranah agrowisata. Banyak tempat pertanian strawberry yang menjajakan pengalaman cara bertanam serta memanen strawberry secara mandiri.

Keunikan dari buah strawberry adalah bijinya yang terdapat di bagian luar buah. Hal menarik lainnya adalah kita tidak perlu susah-susah mengupas atau membuang biji saat memakannya.

Selain itu warnanya yang cantik memikat mata banyak orang.

Tempat Asal Strawberry

Kebun strawberry pertama diketahui berada di Inggris dan Perancis pada akhir abad ke-18. Kebun tersebut mengambil strawberry liar yang kemudian dibudidayakan seperti strawberry kebanyakan saat ini.

Ada catatan sejarah bahwa strawberry pertama kali ditemukan di Romawi dan digunakan sebagai pengobatan. Sedangkan Perancis baru mengambil strawberry liar dan dibudidayakan di kebun-kebun pada abad ke-14.

Salah satu peminat strawberry adalah Raja Charles V yang menanamnya di kebun istana. Mulai abad ke-16 pembudidayaan buah strawberry lebih meluas lagi karena semakin banyak peminatnya.

Penyilangan antar spesies strawberry juga mulai dilakukan di beberapa negara di Amerika dan Eropa. Sejauh ini strawberry Amerika adalah jenis strawberry yang banyak dibudidayakan.

Pengolahan Strawberry

Sebagian besar strawberry biasanya dimakan secara langsung, ada pula yang mengolahnya dengan mendinginkan atau bahkan mengeringkannya. Rasa buah strawberry ada yang asam hingga manis.

Strawberry kerap diolah menjadi selai, jus, pie, es krim, milkshake, permen, hingga dodol. Bahkan aroma artifisial strawberry kerap dijadikan aroma produk kosmetik. Sebut saja sabun, lip gloss, parfum, dan lain sebagainya.

Di Inggris ada desert yang populer berbahan dasar strawberry, namanya adalah strawberry and cream. Makanan ini sering dikonsumsi saat turnamen tenis Wimbledon.

Tidak hanya di Inggris makanan sejenis juga disajikan di Meksiko. Sementra di Swedia strawberry sering diolah menjadi bahan pie dan strawberry shortcake. Sedangkan di Italia mereka diolah menjadi bahan es krim gelato.

Pembudidayaan Jenis Strawberry

Belakangan ini strawberry cukup populer dibudidayakan di beberapa daerah di Indonesia. Terutama daerah-daerah dimana terdapat cukup lahan.

Rata-rata mereka membuat semacam agrowisata dengan buah strawberry sebagai obyeknya. Strawberry bisa dibilang cukup mudah dalam pembudidayaannya.

Waktu yang paling pas untuk menanam mereka adalah di bulan Maret hingga Agustus. Tanam atau tempatkan mereka di daerah yang terkena banyak sinar matahari atau tidak terhalang bayangan.

Medianya berupa tanah yang berpasir ditambah dengan pupuk dan vitamin akan mempercepat pertumbuhan. Bisa ditanam di dalam pot atau polybag dengan campuran kompos.

Jangan sampai akar menyentuh tanah alami secara langsung. Tambahkan sabut atau semacamnya di bagian bawah pot atau polybag.

Tanaman ini sebenarnya cukup tangguh dari berbagai kondisi dan penyakit, tapi perlu amat diperhatikan saat musim berbuah. Kelembaban adalah hal yang paling penting dimasa-masa ini terutama jika ditanam di dalam pot.

Jaga juga strawberry dari hama seperti siput dan sejenisnya. Jika dirawat dengan benar tidak cukup waktu lama untuk buahnya bisa kalian panen. Saat sudah matang harus segera dipetik sebelum membusuk di pohon.

Tanda strawberry sudah matang adalah warnanya yang merah sempurna dengan buah yang berukuran besar.

Perlu diperhatikan bahwa tanah yang sudah pernah digunakan untuk menanam strawberry yang telah panen tidak boleh kembali digunakan untuk menanam bibit baru.

Jenis Strawberry Berdasarkan Dua Tipe

jenis strawberry
asgar.or.id

Tahukah kamu bahwa strawberry sangat disukai oleh orang-orang Amerika? Berdasarkan data dari Departemen Pertanian US, rata-rata tingkat konsumsi strawberry di Amerika mencapai 1,5 kg per tahun.

Bahkan di setiap negara bagian di Amerika maupun Kanada diketahui membudidayakan tanaman strawberry nya masing-masing.

Selain karena rasanya yang unik yaitu manis asam, strawberry adalah salah satu buah dengan kandungan nutrisi cukup tinggi. Diketahui terdapat sekitar 32 kcal energi pada setiap 10 gram strawberry.

Kandungan vitamin tertinggi adalah vitamin C kurang lebih sebanyak 58,8 mg per 100 g buah. Tak heran jika orang Amerika menyukai buah yang satu ini karena menjadi sumber daya tahan tubuh.

Selain itu strawberry juga dipercaya dapat mengurangi resiko penyakit kanker karena mengandung antioksidan yang tinggi. Buah ini juga sering digunakan sebagai santapan sehat bagi mereka yang sedang diet.

Kaum hawa juga memanfaatkan strawberry untuk perawatan kecantikan. Diantaranya sebagai obat jerawat, masker untuk mengencangkan kulit agar terlihat lebih awet muda.

Sejuta manfaat dari buah ini membuatnya digemari meskipun rasanya sedikit asam namun tetap menggoda.

Di daerah asalnya, jenis strawberry terbagi ke dalam tipe dasar dan tipe varietas. Tipe dasar adalah penggolongan jenis strawberry berdasarkan waktu berbuah atau waktu panennya.

Adapun strawberry tipe dasar yaitu:

– Day-Neutral Strawberries

Merupakan jenis strawberry dengan puncak berbuah dalam tiga periode terpisah. Dimulai dari awal Juni, pertengahan Juli, dan akhir bulan Agustus.

Saat ketiga musim puncak ini tanaman strawberry akan memproduksi buah melimpah, sehingga buahnya bisa kamu nikmati sepuasnya.

– Everbearing Strawberries

Meski dapat tumbuh dengan subur namun strawberry yang satu ini merupakan golongan dengan hasil panen yang sederhana.

Keistimewaannya terus berbuah hingga akhir musim panas sehingga kamu bisa menikmati strawberry segar berbulan-bulan lamanya.

– June-Bearing Strawberries

Sesuai dengan namanya tipe ini adalah jenis strawberry yang berbuah melimpah pada bulan Juni. Dimana bisa memproduksi hasil panen yang sangat besar pada bulan tersebut.

Strawberry ini merupakan jenis yang paling banyak atau paling umum ditanam di Amerika Serikat. Terkadang musim puncaknya sedikit lebih awal atau lebih akhir dari bulan Juni, namun kebanyakan terjadi pada bulan tersebut.

Berdasarkan varietasnya, maka strawberry dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berikut ini:

– Jewel Strawberries

Merupakan varietas golongan everbearing strawberries, dimana dapat tumbuh subur dan memproduksi buah yang manis. Berukuran besar dengan tekstur yang juicy serta kualitas buah tergolong sangat baik.

– Sweet Charlie

Varietas yang satu ini merupakan strawberry asli dari Amerika Serikat dan ditanam secara luas di dunia. Banyak dibudidayakan karena produktivitas yang tinggi dan cepat berbuah.

– Nyoho

Merupakan varietas yang berasak dari Jepang dan Korea Selatan. Buahnya mengkilap, padat, dengan rasa yang sangat manis dengan bentuk agak mengerucut.

– Chandler

Jenis strawberry yang berbuah melimpah pada bulan Juni. Berwarna merah mengkilap dan berukuran besar dengan hasil panen yang tinggi di seluruh dunia.

– Ozark Beauty

Strawberry ini adalah varietas populer dari tipe everberaring atau strawberry yang tumbuh subur. Buahnya berwarna merah, manis dan agak besar untuk ukuran varietas everbearing.

Beberapa kali dalam setahun tanaman ozark beauty akan memasuki musim panen besar. Diantaranya satu kali di awal musim semi dan satu kali di akhir musim semi.

– Oso Grande

Varietas asli California ini banyak dikonsumsi secara luas di seluruh dunia. Pohonnya menghasilkan panen yang tinggi dengan buah berukuran besar, padat, pada bagian tengah bertekstur seperti busa.

– Sparkle

Merupakan jenis strawberry klasiik dan menjadi favorit banyak orang untuk membuat selai. Strawberry ini adalah varietas berukuran sedang dan juga membutuhkan waktu lama untuk matang.

Berwarna merah tua dan memiliki rasa yang sangat khas, manis, dan tekstur berair yang bisa menyegarkan dahaga.

Itulah beberapa jenis strawberry digolongkan berdasarkan tipe dasar dan tipe varietasnya. Mungkin jarang kamu jumpai di Indonesia karena kebanyakan dibudidayakan di luar negeri.

Leave a Comment