10 Jenis Tanaman Aglaonema Berdaun Cantik Mempesona

Tanaman aglaonema menjadi salah satu jenis tanaman hias yang banyak menarik perhatian para pencinta tanaman.

Sampai jenis tanaman aglaonema ini mempunyai sebutan sebagai ratunya tanaman hias daun.

Daya tarik tanaman ini terletak pada kecantikan bentuk dan warna daunnya yang eksotis sehingga dapat memanjakan mata.

Perawatan tanaman ini juga tidak sulit, tanaman aglaonema dapat tumbuh dan toleran hampir disegala kondisi.


Jenis Tanaman Aglaonema Berdaun Cantik


Macam-macam tanaman aglaonema yang terdapat di seluruh dunia sangat banyak. Setiap jenisnya memiliki kecantikan dan keunikannya masing-masing.

1. Aglaonema Suksom Jaipong (Super Red)

jenis tanaman aglaonema
image source: tokopedia.com

Suksom jaipong memiliki warna daun yang sangat menarik hati. Warna daun aglaonema suksom jaipong didominasi dengan warna merah terang dengan tepian daun berwana hijau.

Supaya dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan warna daun yang indah. Suksom jaipong ini harus diletakkan di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Tinggi tanaman aglaonema suksom jaipong berkisar 25-40 cm.

2. Jenis Aglaonema Stardust

jenis tanaman aglaonema
image source: shopee.co.id

Salah satu jenis unggulan adalah aglaonema stardust. Tanaman ini memiliki warna daun yang sangat menarik perhatian.

Warna daun aglaonema stardust didominasi dengan warna merah dengan bintik-bintik warna orange pada tepian dan tengah daun.

Saat semakin menua, akan muncul warna hijau walaupun dalam jumlah yang sedikit.

3. Aglaonema Dud Anjamani

image source: shopee.co.id

Salah satu jenis terfavorit saat ini adalah jenis tanaman aglaonema dud anjamani. Bentuk daun dud anjamani adalah bulat.

Yang membuat tanaman ini menjadi favorit adalah karena warna daunnya merah muda mengkilap dengan sedikit bercak hijau pada tepian.

Membuat jenis aglaonema ini terlihat indah saat dipandang.

4. Jenis Aglaonema Legacy

jenis tanaman aglaonema
image source: tokopedia.com

Tanaman aglaonema jenis legacy ini memiliki warna daun hijau kekuningan dengan bercak hijau gelap yang tersebar merata.

Bentuk daun dari aglaonema legacy berbentuk bulat dan meruncing pada bagian ujung daunnya.

Tulang daun aglonema legacy berwarna merah lembut.

5. Aglaonema Lady Valentine

jenis tanaman aglaonema
image source: tokopedia.com

Aglaonema jenis lady valentine memiliki warna daun yang sangat manis. Tanaman ini sangat cocok dijadikan hiasan di dalam ruangan rumahmu.

Daun aglaonema lady valentine memiliki warna merah muda yang merona disertai dengan bintik-bintik hijau pada tepian daunnya.

Aglaonema lady valentine memilki bentuk daun bulat dan lebar.

6. Aglaonema Bidadari

image source: shopee.co.id

Aglaonema tipe bidadari merupakan salah satu jenis tanaman aglaonema unggulan yang berasal dari Thailand.

Daun aglaonema bidadari memiliki warna yang sangat cantik dengan kombinasi warna antara warna merah muda, kuning dan hijau.

Karena aglaonema jenis ini memiliki daun yang cantik, maka harga dari tanaman aglaonema ini tergolong mahal.

7. Aglaonema Sexy Pink

Warna daun yang didominasi merah, pink, dan dengan bercak hijau gelap menjadi ciri khas tanaman aglaonema sexy pink. Jenis tanaman ini release pada tahun 2004.

Tulang daun tanaman aglaonema sexy pink berwarna pink menyerupai warna helaian daunnya dan urat daun berwarna merah terang.

Bentuk daunnya berbentuk oval dengan bagian ujung daun yang lancip.

8. Jenis Aglaonema Tiara

Aglaonema tiara memiliki daun dengan corak warna merah dan kombinasi dengan bercak-bercak hijau yang merata.

Jenis tanaman aglaonema yang satu ini menjadi salah satu aglaonema yang sering memenangkan ajang perlombaan.

9. Aglaonema Moonlight

jenis tanaman aglaonema
image source: shopee.co.id

Tanaman aglaonema ini dinamakan moonlight karena memiliki bentuk daun yang bulat. Warna daunnya kekuningan dan bersinar seperti bulan.

Ukuran daunnya lebar dan terdapat urat daun yang berwarna pink serta tulang daun yang mengkilap. Tangkai daun pada aglaonema moonlight berwarna pink.

10. Jenis Aglaonema Widuri

Daun dari aglaonema widuri memiliki warna dasar kekuningan dengan bercak-bercak hijau dan didominasi dengan warna merah muda.

Bentuk daunnya oval dan permukaan daunnya sedikit cekung. Tulang daun utama jenis tanaman aglaonema ini berwarna merah terang.

Peluang Bisnis Aglaonema

Sekarang ini bisnis tanaman hias di tanah air dapat dikatakan cukup berkembang pesat. Hobi untuk memelihara tanaman hias mulai banyak digemari oleh masyarakat di berbagai kalangan.

Secara tidak langsung, hobi memelihara tanaman hias tersebut dapat membuka peluang usaha baru yang menjanjikan. Peminat tanaman hias yang dulu di dominasi oleh para ibu rumah tangga saat ini mulai memasyarakat dengan luas.

Hobi tanaman hias juga dapat dijadikan sebagai usaha sampingan yang cukup menjanjikan. Diantara tanaman hias yang dapat mendatangkan rezeki salah satunya adalah aglaonema.

Aglaonema merupakan salah satu jenis tanaman hias yang daunnya memiliki corak atau warna serta bentuk daun yang menarik. Harga jual dari aglaonema juga terbilang cukup mahal.

Kisaran harga aglaonema sekitar puluhan ribu hingga belasan juta rupiah. Tak heran jika aglaonema menjadi bisnis yang menggiurkan bagi para petani tanaman hias.

Sering kali perhitungan harga tanaman aglaonema ditentukan oleh jumlah daunnya. Ya itu karena tanaman ini memang dinikmati keindahan daunnya saja.

Hal itu juga yang menjadikan petani aglaonema menjadi untung besar ketika tanaman merekaa rimbun dengan corak yang indah. Tak heran bila bisnis aglaonemaa menjadi lahar bisnis yang menggiurkan.

Apalagi perawatannya tidak memerlukan lahan yang luas dan tidak terlalu repot. Cukup dirawat sewajarnya tanpa perlakuan khusus, kecuali jika ingin mendapat warna atau bentuk tertentu.

Agar tanaman aglaaonema tampil memikat dengan daun mulus dan warna yang mengkilap, diperlukan perawatan yang baik. Perhatikanlah media tanam, pemupukan, pengaturan cahaya, kelembaban, suhu, serta sirkulasi udara.

Kiat Memelihara Aglaonema

Perawatan yang baik dan benar adalah kunci agar tanaman aglaonema dapat tumbuh dnegan subur berdaun mulus dan warnanya mengkilap. Hal-hal yang perlu diperhatikan, antara lain adalah media tanam, penyiraman, pemupukan, dan penempatan.

Penting juga untuk menjaga sanitasi lingkungan agar tanaman tetap sehat terutama di saat musim penghujan. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memperoleh daun yang mengkilap.

Para kolektor tanaman hias biasanya senang membuat daun aglaonema menjadi lebih licin dan mengkilap. Apalagi jika koleksi mereka akan diikutsertakan dalam kontes tanaman hias, tentu hal itu tidak boleh dilewatkan.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membuat daun aglaonema mengkilap. Berikut ini beberapa cara yang dapat diterapkan dirumah:

1. Mengelap dengan spon atau kain bersih yang dibasahi air.

Cara ini merupakan yang paling mudah dan murah. Hanya perlu ketelatenan dari pemiliknya. Air yang ddigunakan sebaiknya air sumur. Sementara spon yang digunakan harus spon berserat halus yang lebut.

Begitu juga dengan kain harus kain yang lembut dan tidak melukai daun yang justru membuat permukaan daun menjadi jelek. Pastikan spon atau kain bersih saat digunakan untuk mengelap daun.

2. Menyemprot dengan cairan leaf shine atau semir daun.

Penggunaan semir daun atau leaf shine terbilang praktis. Produknya juga bisa ditemukan di swalayan maupun toko-toko pertanian. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu sering menggunakan leaf shine.

Cukup sebulan sekali menggunakan produk ini karena penggunaan terlalu sering justru dapat membuat bagian tepi daun menggulung. Pengaplikasiannya ckukup dengan menyemprotkan air terlebih dulu ke tanaman, kemudian jemur hingga kering, lalu oleskan semir daun.

3. Mengoleskan susu murni yang tidak mengandung gula.

Penting untuk tidak memakai susu yang mengandung gula karena sisa susu yang manis dapat mendatangkan semut. Keberadaan semut dapat meningkalkan kotoran dan merusak tamoilan daun.

4. Menaburkan ampas kelapa yang sudah diperas santannya.

Kandungan lemak yang tersisa pada ampas kelapa berguna untuk mengkilapkan daun. Itu juga dapat ddipraktekkan pada lantai rumah yang terbuat dari semen. Cukup taburkan ampas kelapa secara merata pada permukaan daun kemudian lap dengan kain bersih.

Leave a Comment