10 Rekomendasi Jenis Tanaman Hias Merambat yang Cantik

Salah satu jenis tanaman yang bisa digunakan sebagai tambahan dekorasi dari rumah adalah tanaman hias merambat.

Tanaman hias merambat terdiri dari dua jenis yaitu tanaman hias merambat berbunga dan tidak berbunga.

Jenis tanaman hias merambat hias berbunga cocok sekali untuk mempermanis rumahmu sedangkan tanaman hias merambat tidak berbunga akan membuat rumahmu terlihat semakin teduh.

Tanaman hias ini merupakan tanaman yang paling cocok diaplikasikan pada pembuatan vertical garden.

Vertical garden tidak membutuhkan tempat yang luas jadi sangat menguntungkan buat kamu yang tidak memiliki pekarangan rumah yang luas namun tetap ingin rumahnya terlihat hijau dan asri.


Rekomendasi Jenis Tanaman Hias Merambat


Mendengar jenis tanaman rambat pasti akan terpikir juga oleh kita sarana penyangganya dan tempat dimana tanaman tersebut nantinya akan merambat. Sarana penyangga untuk tanaman rambat bisa bermacam-macam.

Mulai dari barang-barang sederhana sampai bahan-bahan yang eksklusif. Sebut saja bilah bambu atau kayu yang ditancapkan berderet-deret, tali-temali yang di desain menarik, hingga rangka plastik maupun alumunium khusus untuk tanaman rambat.

Perlunya penyangga dan tempat merambat dikarenakan jenis tanaman ini memiliki akar yang tumbuh di setiap ruas batang. Apabila tidak ada media untuk merambaat atau penyangganya, maka tanaman akan rebah dan tidak terllihat indah.

Sebenarnya para pecinta tanaman hias rambat tidak selalu harus menyiapkan sarana penyangga. Mereka bisa saja menjadikan pagar rumah sebagai sarana perambat bagi tumbuhan yang dirawat.

Bahkan pagar rumah yang full tertutup oleh tanaman rambat justru bisa menonjolkan kesan asri.
Bisa juga menggunakan pergola jika kalian memiliki halaman rumah yang cukup luas.

Tanaman-tanaman yang merambati pergola akan membuatnya terlihat teduh dan mempercantik halaman rumah. Jika memiliki dana lebih membuat gazebo dengan pergola menjadi pilihan tepat.

Apalagi halaman rumahnya cukup luas, menaruh gazebo di sudut atau di tengah taman dengan tanaman rambat akan mempercantik kondisi taman. Kesan asri dan elegan akan terlihat pada taman dengan tanaman merambat yang berbunga.

Terdapat beberapa jenis tanaman rambat yang berbunga. Diantara tanaman-tanaman tersebut ada yang memiliki tampilan bungan yang unik, berikut contohnya:

Air Mata Pengantin

jenis tanaman hias merambat
image source: id.carousell.com

Air mata pengantin dengan nama latin Antigonon leptosus sering disebut juga sebagai bunga pengantin atau bunga air mata pengantin. Dalam bahasa Inggris disebut juga coral creeper. Di Belanda dinamakan rode bruidstranen atau valse bruidstranen.

Bunga pengantin memiliki pembelit yang fungsinya sebagai pendukung tanaman atau bunganya. Akarnya menggelembung, panjang, dan sedikit berbentuk umbi dan berbunga sepenjang tahun.

Bunganya berderet dalam untaian rapat berwarna putih atau merah jambu. Termasuk bunga majemuk yang tumbuh dari ketiak daun dan berkelamin ganda.

Daun mahkota bunga berjumlah lima lembar. Terdiri atas tiga lembar daun yang paling luar bulat telur betuk jantung dan dua sisanya menyempit.

Buahnya berbentuk bulat telur mengerucut dengan panajng 1 cm dan ujungnya runcing hingga segitiga. Akan tumbuh baik di area terbuka yang sedikit terlindung, tapi kena matahari langsung.

Nona Makan Sirih

image source: bibitbunga.com

Nama tanaman ini cukup menarik, seolah-olah ada perempuan muda yang sedang makan sirih. Padahal bentuknya tidak menyerupai perempuan yang makan sirih. Dilihat dari penampakannya, tanaman ini memiliki kemiripan dengan tanaman sirih.

Batang dan daun tanaman ini mirip dengan sirih. Bagian batangnya suka berbelit dan merambat dengan daun yang mirip dengan sirih hanya saja berwarna lebih gelap.

Sekilas bunganya yang kecil-kecil terlihat berwarna putih bercampur merah. Sebenarnya warna putih itu adalah keloak daun sementara bagian bunga aslinya berwarna merah.

Nona makan sirih (Clerodendrum thomsoniae) termasuk tanaman yang rajin berbunga. Terutama jika pemiliknya rajin merawat tentu akan tumbuh subur dan cantik.

Pangkaslah batang yang sudah tua dan rajin membuang bunga yang layu. Tentunya mereka akan lebih rajin berbunga. Nona makan sirih juga suka terkena sinar mataahari secara langsung.

Tempatkanlah mereka secara outdoor atau taman di dalam rumah, tapi yang terkena sinar matahari secara langsung.

Jangan lupa untuk rajin menyiraminya agar tidak kekurangan air. Pastikan untuk sesekali memberikan pupuk. Pupuk NPK misalnya 3 bulan sekali diberi 3 sendiok makan. Jika ingin memperbanyak tanaman lakukan stek batang atau menyemai biji-bijinya.

Membuat vertical garden dengan tanaman hias merambat yang rimbun akan membuat rumahmu terlihat lebih hijau, lebih segar dan lebih sejuk.

Morning Glory

Morning glory merupakan salah satu tanaman hias merambat berbunga yang paling populer. Tanaman ini memiliki batang yang ramping dengan daun berbentuk segitiga.

Morning glory memiliki bunga yang cantik dengan warna yang cerah.

Warna bunga dari morning glory antara lain putih, ungu, biru, merah muda dan magenta. Perawatan untuk tanaman ini juga relatif mudah.

Di Indonesia tanaman ini sering ditemukan karena tanaman ini mampu hidup di daerah tropis.

English Ivy

Salah satu tanaman hias merambat yang tidak berbunga adalah English Ivy. Nama latin dari tanaman ini adalah Hedera helix.

Tanaman ini bisa tumbuh baik di sisi dinding ataupun di tanah sebagai groundcover.

Tanaman ini juga termasuk kedalam jenis tanaman evergreen dan memiliki kemampuan hidup yang cukup panjang.

Bunga Alamanda

Bunga alamanda juga sering disebut bunga lonceng kuning atau bunga terompet emas. Alamanda mempunyai bentuk yang indah dan berwarna kuning dan merah muda.

Pada iklim tropis, bunga alamanda dapat tumbuh dengan cepat. Tanaman ini juga akan berbunga dengan baik jika mendapat sinar matahari yang cukup.

Sirih Gading

Tanaman hias merambat ini memiliki bentuk daun berbentuk jantung hati seperti tanaman sirih pada umumnya.

Sirih gading memiliki warna daun hijau dengan belang kuning pucat atau kuning cerah. Sirih Gading dapat tumbuh pada media apapun dan perawatannya sangat mudah.

Jenis Tanaman Hias Merambat, Dipladenia

Tanaman Dipladenia merupakan tanaman semak yang biasa tumbuh menggantung. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan yang biasa tumbuh di hutan tropis.

Dipladenia memiliki bunga yang berwarna cerah dan daun yang runcing serta halus. Tanaman ini sangat cocok sebagai tanaman hias merambat untuk menghiasi kanopi rumah.

Jenis Tanaman Hias Merambat, Dolar

image source: shopee.co.id

Ficus pumila merupakan nama latin dari tanaman dolar. Tanaman ini memiliki ukuran daun yang lebar dengan warna daun hijau mengkilap.

Dolar biasanya menjadi penghias untuk tembok atau pagar rumah.

Tanaman hias merambat ini memiliki akar yang kuat dan dapat tumbuh baik pada permukaan yang kasar.

Jenis Tanaman Hias Merambat, Clematis

image source: tokopedia.com

Clematis merupakan tanaman hias merambat yang memiliki bunga yang cantik.

Bunga dari tanaman ini memiliki pilihan warna yang cukup banyak yaitu kuning, putih, ungu, biru, merah dan merah muda.

Untuk pertumbuhan yang baik tanaman ini memerlukan sinar matahari yang cukup. Tanaman ini dapat mempercantik dinding dan pagar.

Tinggi tanaman ini bisa mencapi 12 meter.

Jalaran Api

jenis tanaman hhias merambat
image source: tanobat.com

Jenis tanaman hias merambat terakhir yang bisa mempercantik rumahmu adalah tanaman jalaran api.

Tanaman ini bernama jalaran api karena memiliki bunga berwarna orange kemerahan yang menyerupai warna api.

Jalaran api akan membuat rumah kamu menjadi terang dan berwarna dengan warna bunganya yang sangat cerah.

Tanaman ini juga dapat dijadikan penghias pilar-pilar rumahmu di luar ruangan.

Leave a Comment