5 Rekomendasi Jenis Tanaman Hias Outdoor yang Indah

Seperti yang sudah pernah dibahas di rubrik sebelumnya nih gengs, berdasakan letaknya tanaman hias terbagi menjadi dua yaitu tanaman hias indoor dan tanaman hias outdoor.

Di tulisan kali ini kita akan fokus membahas tanaman hias outdoor saja.


Jenis Tanaman Hias Outdoor


Sebenarnya tida ada aturan tegas dan jelas untuk menentukan tanaman mana yang termasuk jenis outdoor dan mana yang indoor. Apa yang menjadi trend di kalangan para pecinta tanaman hias adalahsenang mendekorasi rumah mereka dengan berbagai tanaman.

Mereka yang memiliki rumah besar, biasanya menghiasi rumah mereka dengan tanaman-tanaman besar. Tanaman-tanaman tersebut biasanya ditanam secara outdoor di halaman rumah karena tidak mungkin ditanam di dalam rumah.

Sebagai pedoman umum, tanaman hias outdoor biasanya cenderung dapat bertahan dengan baik dalam berbagai suhu dan pencahayaan. Biasanya tanaman hias outdoor akan semakin subur jika ditanam diluar ruangan.

Ada banyak pilihan bagi mereka yang menginginkan tampilan pekarangan rumah lebih sejuk dan hijau. Pilihan tanaman luar ruangan atau outdoor sangat banyak tipenya. Mulai dari tipe semak belukar, tanaman berbunga, pohon teduh, hingga tanaman untuk menghiasi kolam.

Beberapa orang memilih untuk menata kebun mereka dengan tanaman hias outdoor yang disukai. Ada yang menghiasi dengan baanyak bunga dan adapula yang menghiasi dengan pohon teduh. Semua itu sama saja karena bisa menghiasi pekarangan rumah agar tidak kosong.

Pilihlah tanaman yang cocok dengan selera kalian. Entah itu tanaman berkayu, tanaman non kayu, umbi-umbian, succulents, hingga tanaman air. Setelah melihat-lihat tanaman outdoor pertimbangkan juga ruang dan iklim tempat tanaman tersebut akan hidup.

Jika sudah mempersiapkan semuanya dan menyesuaikan kondisinya, barulah tanam tanaman hias outdoor yang kalian sukai. Berikut pertimbangan untuk tipe-tipe tanaman outdoor:

Tanaman Berkayu

Kategori tanaman hias outdoor yang paling umum adalah tanaman berkayu. Ini adalah jenis tanaman yang berkayu keras dengan tingkat adap tasi paling baik, meliputi tanaman yang berbuah atau tidak. Biasanya umur tanaman kayu lebih lama dibanding tanaman lainnya.

Tanaman Bedding / Hamparan

Umumnya tipe ini adalah jenis tumbuhan non kayu semusim, seperti sayuran dan herba. Jangan salah, sekalipuh sayur mayur jika ditata sesuai warna akan menjadikan pekarangan rumah menjadi lebih cantik.mereka juga bisa ditempatkan di pot-pot lalu ditata sedemikian rupa.

Umbi-Umbian

Jenis tanaman umbi-umbian termasuk jenis tanaman outdoor. Disamping bisa digunakan untuk menghias pekarangan umbi yang dihasilkan juga bisa kita panen. Sehingga dengan menanam umbi-umbian dapat dua manfaat yang kita rasakan.

Umbi memang jenis tanaman luar ruangan yang butuh sinar matahari dan tanah dengan kandungan hara yang baik. Untuk itu menanam umbi diluar ruang akan menghasilkan ubi yang bagus. Baik itu singkong, kentang, maupun ketela rambat.

Succulent

Succulent merupakan tanaman yang menyimpan air baik di akar, batang, maupun daunnya. Cadangan airnya seringkali membuat jenis tanaman outdoor tipe ini nampak bengkak dan berdaging.

Contohnya saja tumbuhan kaktus yang kuat hidup ditengah terik matahari dan tanah yang tandus.

Fitur tersebut beguna untuk menyimpan cadangan air sehingga tanaman jenis ini bisa bertahan diluar ruangan dnegan kondisi curah hujan yang rendah. Succulent yang paling terkenal adalah kaktus. Selain kaktus ada juga lidah buaya yang terkenal akan khasiatnya.

Tanaman Air

Dapat dikategorikan sebagai jenis tanaman hias ooutdoor karena banyak tipe tumbuhan ini yang dibiarkaan di kolam terbuka. Sebut saja teratai, eceng gondok, dan lain sebagainya. Meski akarnya berada dibawah air, tapi bagian utamanya ada diatas air.

Bunga dan daun teratai misalnya, bisa kita nikmati karena hanya akarnya yang berada di air sementara sisanya muncul di permukaan air. Jika kalian memiliki kolam ikan outdoor, tanaman tipe ini cocok untuk menghiasi kolam kalian agar lebih hijau.

Tak hanya itu tanaman air juga berhuna bagi ekosistem kolam. Mereka menyediakan makanan untuk beberapa mahluk air dan juga tempat berlindung ikan. Trkadang kodok yang suka memakan seranggga termasuk nyamuk juga sering hinggap di atas daun teratai.


Contoh Tanaman Luar Ruangan


Sudah berapa banyak nih jenis tanaman hias outdoor yang kamu ketahui? Atau kamu memang hobi mengoleksi tanaman hias outdoor di rumah.

Berikut ada beberapa tanaman hias outdoor yang akan ikut meramaikan meriahnya taman rumah kamu. Silahkan disimak!

1. Palem

image source: tanamanbibit.com

Tumbuhan palem biasanya ditanam di sudut pekarangan rumah atau di sepanjang sisi kanan-kiri jalan.

Tanaman hias palem ini akan membuat rumah kamu terlihat lebih asri dan teduh.

Palem dapat tumbuh menjulang tinggi hingga 20 meter atau bahkan lebih.

Tanaman ini butuh cahaya matahari yang cukup dan tahan terhadap cuaca panas dan kekeringan.

Salah satu jenis palem yang sering ditanam di pekarangan rumah yaitu palem kuning.

Palem kuning merupakan jenis tanaman hias dengan ukuran besar. Biasa ditanam di luar pekarangan rumah untuk mempercantik lingkungan.

Palem kuning membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk tumbuh, sehingga tanaman hias ini tidak cocok jika diletakkan di dalam ruangan.

Menurut sebagian orang selain mempercantik pandangan palem kuning juga mampu membersihkan udara di sekitarnya, sehingga membuat paru-paru kamu akan lebih sehat tentunya.

2. Kaktus Centong (Opuntia cochenillifera)

jenis tanaman hias outdoor
image source: bukalapak.com

Orang Jawa menyebut kaktus ini dengan nama “tentong”, sedangkan di Inggris disebut dengan nama “warm hand” dan “nopal cactus”.

Kaktus ini masih satu famili dengan tumbuhan duri tentong, duri cangkang, kaktus totol, kaktus sinterklas, dan kaktus lidah sapi.

Kaktus centong memiliki buah beri berwarna merah, dengan bentuk kelopak dan mahkota bunga menyatu membentuk sebuah hypanthium.

Seperti tumbuhan kaktus pada umumnya, kaktus ini dapat tumbuh di lahan kering dengan formasi semak belukar.

Jika ingin mengoleksi kaktus ini di rumah, dapat ditanam di areal pekarangan dan tegalan.

3. Buah Naga

Jika dari tadi kita hanya berbicara tentang tanaman hias bunga, batang, dan daun, kali ini ada buah naga yang juga dapat difungsikan sebagai tanaman hias buah.

Pasti kamu baru tahu ya? Memang selama ini buah naga ditanam di satu perkebunan khusus untuk dimanfaatkan buahnya saja.

Namun siapa sangka jika buah naga juga dapat mempercantik pekarangan rumah kamu.

Selain dapat dimakan buahnya, daun dari buah naga sendiri tergolong unik hingga dapat menambah nuansa warna-warni taman rumah kamu.

4. Bunga Kamboja

image source: suara.com

Dari golongan bunga ada bunga kamboja nih gengs yang tahan dengan panasnya cahaya matahari. Daya pikat bunga kamboja terletak pada bagian kelopaknya.

Kelopak bunga ini memiliki warna yang sangat cantik, mulai dari putih, kuning, pink, dan kombinasi ketiga warna tersebut.

Bunga kamboja memiliki daya tahan tubuh yang kuat, bahkan dapat tumbuh di tanah gersang yang sedikit air.

5. Tabebuya

image source: tokopedia.com

Memiliki tinggi pohon yang hampir serupa dengan bunga kamboja, tabebuya adalah jenis bunga asal Brazil yang sering disebut sebagai tanaman Sakura.

Bunganya yang berwarna kuning mekar hampir mirip dengan bunga sakura.

Selain kuning, bunga tabebuya ada juga yang berwarna merah muda.

Tanaman hias yang populer di berbagai penjuru dunia ini dapat tumbuh di segala jenis tanah baik tropis maupun subtropis.

Itulah lima jenis tanaman hias outdoor yang bisa rahasiabelajar.com rekomendasikan.

Kamu mungkin punya tanaman hias lain yang bisa dijadikan referensi, boleh dishare di kolom komen ya. Terimakasih!

Leave a Comment