Tanaman Hias untuk Indoor Mulai Dari Jenis Daun, Bunga, Hingga Kaktus

Belakangan ini hobi mengoleksi berbagai jenis tanaman hias indoor yang sudah lama ditinggalkan kembali merajalela di kalangan masyarakat.

Masa pandemi yang memaksa kita untuk mengurangi aktivitas dan berdiam diri saja di rumah. Lama kelamaan tentu kejenuhan akan menghampiri dan pikiran menjadi suntuk.

Mencari pelarian yang positif kini banyak dari mamah-mamah muda mulai mempelajari bagaimana cara merawat tumbuhan hias melalui media sosial.

Tak sedikit pula yang serius menekuni hobi ini demi menciptakan suasana baru nan asri di dalam rumah tercinta. Selain memiliki fungsi sebagai penghias dan pemanis ruangan maupun dekorasi.

Masih banyak manfaat lain dari tanaman hias, salah satunya adalah memperbaiki siklus udara yang buruk. Sehingga ruangan terasa lebih segar dengan kapasitas udara yang pas.

Ada berapa jenis tanaman hias indoor yang sudah kamu kenal? Atau ada yang kamu ketahui bentuknya namun tidak kenal dengan namanya. Berikut ulasan mengenai berbagai jenis tanaman hias indoor yang wajib kamu simak.


Rekomendasi Jenis Tanaman Hias untuk Indoor


Menekuni hobi merawat tanaman hias terbilang susah-susah gampang. Terlebih lagi tanaman hias jenis indoor, tentu kebersihan menjadi faktor utama yang harus dijaga.

Masing-masing tanaman hias membutuhkan perawatan dan perlakuan yang berbeda. Ada yang butuh cahaya matahari banyak untuk pertumbuhannya namun ada pula yang tidak.

Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu per satu jenis tanaman hias untuk indoor berikut ini:

1. Anthurium

Jenis Tanaman Hias untuk Indoor
indiamart.com

Anthurium ini berasal dari keluarga Araceae, sekaligus sebagai tanaman dengan genus terbanyak dalam keluarganya. Diperkirakan ada 1000 jenis yang berasal dari marga Anthurium.

Daya tarik utama pada tanaman ini terdapat pada bentuk daunnya yang cantik dan unik. Konon dahulu kala tanaman ini menjadi salah satu penghias taman istana kerajaan-kerajaan di Jawa. Sehingga banyak yang menyebut tanaman para raja.

Tanaman anthurium memiliki keindahan tersendiri dan cocok untuk di jadikan sebagai penghias ruangan anda. Merupakan salah satu tanaman dengan nilai ekonomi yang cukup tinggi dimana terdapat lebih dari 500 spesies dan beberapa varietas.

Tanaman Anthurium dapat tumbuh dengan baik di bawah naungan. Dapat dikembangkan melalui biji dan vegetatif atau dengan stek batang. Pada habitat aslinya tanaman ini tumbuh secara epifit, yakni menempel di batang pohon.

2. Gerbera Daisy

indoorgardener.org

Dari keindahan bentuknya sudah pasti banyak orang yang suka. di Indonesia tanaman ini disebut herbras, Gerber Daisy masuk dalam keluarga Asterance.

Gerbera daisy atau herbras ini berasal dari negara Afrika, tepatnya dari provinsi Transvaal oleh Traugott Gerber. Bunga ini kaya dengan warna mahkota bunganya, mulai dari warna putih, oranye, merah jambu, kuning dan ungu.

3. Bunga Azalea

Jenis Tanaman Hias untuk Indoor
bibitonline.com

Azalea atau Saliyah termasuk dalam jenis tanaman berbunga dari keluarga Ericaceae dan Biasa tumbuh pada iklim sedang. Banyak dijumpai dan tumbuh subur di beberapa negara Asia timur dan Amerika Utara.

Azalea banyak dikembangkan sehingga saat ini menjadi salah satu jenis tanaman hias yang cukup populer pada habitat asli tumbuhan ini tumbuh di daerah rawa dan hutan.

4. Anggrek

Jenis Tanaman Hias untuk Indoor
thegorbalsla.com

Bunga anggrek ini tumbuhan yang paling banyak jenisnya, jenis paling populer di Indonesia adalah anggrek bulan.

Tumbuhan ini bisa dibilang sulit dalam hal perawatan, sebelum membelinya alangkah baiknya kamu belajar cara merawat bunga anggrek atau bisa konsultasi terlebih dahulu dengan si penjual mengenai perawatannya.

Anggrek dari keluarga Orchidaceae, dengan lima anak suku yaitu Apostasiodeae, Cypripediodeae, Epidendroideae , Orchidoideae, Vanilloideae.

5. Palem Kuning

99.co

Palem kuning ini banyak juga diminati bagi pecinta tanaman hias, tanaman ini sangat cocok di iklim tropis dan subtropis.

Meskipun jenis tanaman hias ini berukuran besar namun juga cocok diletakkan di dalam ruangan. Pastikan palem kuning memperoleh sinar matahari yang cukup agar dapat tumbuh dengan baik.

Palem kuning dapat bertahan di dalam ruangan kurang lebih satu minggu. Keunikan tanaman ini bisa ditanam di tempat yang teduh maupun langsung di bawah sinar matahari.

Menurut sebagian orang selain mempercantik pandangan palem kuning juga mampu membersihkan udara di sekitarnya, sehingga membuat paru-paru kamu akan lebih sehat tentunya.

6. Sirih Gading

Jenis Tanaman Hias untuk Indoor
haibunda.com

Sirih gading adalah tanaman hias indoor yang paling banyak dicari karena tidak membutuhkan perawatan yang sulit.

Tidak membutuhkan banyak sinar matahari, sirih gading mampu hidup dan tumbuh baik di ruangan yang redup. Oleh karena sirih gading lebih sering diletakkan di dalam rumah ketimbang di luar ruangan.

Selain itu, sirih gading juga tak membutuhkan air yang banyak. Jadi cocok dijadikan sebagai hiasan dekorasi rak buku atau dinding polos.

Ruang tamu kamu juga akan terasa semakin bersih apabila dihiasi dengan tanaman sirih gading. Karena tanaman ini dipercaya memiliki kemampuan membersihkan udara di sekitarnya.

7. Sedum Morganianum

cb2.com

Kampung asli jenis tanaman hias gantung ini yaitu dari selatan Meksiko dan Honduras. Untuk menghasilkan warna daun yang bagus, kaktus ini sebaiknya ditanam di bawah sinar matahari yang cukup.

Sedum Morganianum termasuk ke dalam kelas Magnoliopsida atau dengan nama lain tanaman dikotil. Terkadang orang menyebut kaktus ini dengan nama ekor keledai. Memiliki tampilan daun berwarna hijau dengan bentuk seperti tetesan air berukuran gemuk.

Perawatan tanaman jenis kaktus ini sangat mudah, tidak membutuhkan banyak air cukup digantung di tempat dengan intensitas cahaya matahari tinggi. Bentuknya yang unik menjadi daya tarik tersendiri dari tanaman ini.

8. Fuschia

derdomus.ru

Nama lokal dari tanaman hias ini adalah kembang anting-anting. Sesuai dengan bentuknya yang memiliki bunga yang tergerai cantik menyerupai anting-anting.

Agar ruanganmu lebih cantik lagi, kamu dapat mengkombinasikan variasi bunga ini dari mulai warna merah, pink, putih, dan ungu.

Untuk perawatannya, selain rajin disiram gantungkan bunga ini di tempat yang sejuk tak terkena sinar matahari langsung agar terhindar dari kekeringan.

9. Lidah Mertua

Jenis Tanaman Hias untuk Indoor
99.co

Jangan membayangkan lidah mertua yang sadis dan menyakitkan ya. Lidah mertua disini adalah nama jenis tanaman hias daun dengan rupa yang sangat indah dan menyenangkan.

Dinamakan lidah mertua karena bentuk daunnya yang tegak lurus memanjang ke atas dengan ujung runcing menyerupai lidah.

Tanaman yang banyak penggemarnya ini terbagi dalam dua jenis yaitu lidah mertua mini dan lidah mertua panjang. Sangat manis jika ditaruh di dalam vas dan diletakkan di meja tamu, ruang belajar, maupun ruang keluarga.

anaman yang mampu tumbuh di kondisi ekstrim ini juga memiliki kemampuan menyerap racun di udara. Selain itu lidah mertua dipercaya dapat digunakan sebagai obat penyubur rambut.

10. Kaktus

idntimes.com

Menjadi tanaman yang sedang tren dan populer di kalangan pecinta tanaman hias. Tanaman khas gurun pasir dengan bentuk besar berduri di seluruh permukaannya ini disulap dalam bentuk mini dan unik di dalam sebuah pot kecil.

Bentuk kaktus yang mini namun berduri ini menjadi favorit banyak orang untuk dijadikan sebagai tanaman hias indoor maupun outdoor.

Kaktus tergolong ke dalam jenis tanaman hias daun, meski ada beberapa kaktus yang menghasilkan bunga yang cantik. Namun pada dasarnya keunikan kaktus sendiri terletak pada daun dan durinya.

Demikianlah pembahasan singkat tentang jenis tanaman hias untuk indoor. Semoga dari kesepuluh tanaman di atas salah satunya sudah kamu miliki di rumah ya.

Untuk menemukan tanaman hias tidaklah sulit, kini juga banyak dijual secara online. Sehingga dengan sekali klik kamu bisa memesannya dari rumah dan menunggu tanaman kesayanganmu sampai.

Leave a Comment