5 Komponen AC Ruangan yang Penting dan Wajib Kamu Tahu

Komponen AC ruangan ada apa aja ya? Air Conditioner atau yang akrab disapa AC merupakan mesin pendingin ruangan yang praktis.

AC memadukan kemampuan listriknya menjadi suhu dingin yang menyejukkan ruangan. AC membantu menghilangkan pengap pada ruang sempit yang tertutup. Bahkan bisa menjadi pilihan untuk tempat-tempat yang sering memiliki masalah dengan udara panas.

Penemuan teknologi termutakhir selalu memiliki banyak manfaat untuk umat manusia. Tak terkecuali mesin yang membantu kehidupan sehari-hari.

Teknologi ini menjadi menyenangkan ketika diproduksi dalam jumlah yang massif serta murah. Terlebih jika produksinya menggunakan tenaga sumber daya manusia yang unggul dan dipenuhi kesejahteraannya dalam bekerja.

Mengenai AC, tentu saja benda ini sangat sering dijumpai di berbagai tempat. Seperti perkantoran, restoran, bahkan rumah-rumah yang mewah dan minimalis.

AC tak ubahnya seperti mesin yang semakin hari semakin digandrungi. Hal ini terlihat dari jasa pemasangan dan layanan pembersihannya yang banyak sekali.

Lebih lanjut, pemahaman atas komponen yang ada di AC ini menjadi penting untuk diketahui. Pasalnya, kerusakan atau permasalahan dalam alat atau mesin tertentu sering terjadi karena kekurangpahaman atau ketidaktahuan atas benda tersebut.

Maka dari itu, tulisan ini akan berusaha menjelaskan beberapa komponen penting tersebut. Penulis menyusunnya dari berbagai sumber untuk menambah pengetahuan dan penjelasan yang bias dipahami terkait komponen AC tersebut.

Beberapa komponen di bawah ini adalah yang menentukan struktur dari AC-nya. Selengkapnya adalah sebagai berikut.

5 Komponen penting yang ada di dalam AC

5 Komponen AC Ruangan yang Penting dan Wajib Kamu Tahu
teknik-otomotif.com

Beberapa komponen penting ini adalah yang menunjang kualitas AC dari sparepart yang ringan sampai bagian paling pentingnya. Mari, silahkan disimak.

Komponen AC Ruangan 1: Kondensor

Kondensor merupakan sebuah alat yang mempunyai fungsi sebagai penukar kalor, mengubah wujud refrigerant dari bentuk gas sampai menjadi cair, dan menurunkan suhu temperature refrigerant.

Pada bagian ini biasanya menggunakan udara untuk sebagai media pendinginnya. Sejumlah kalor yang terdapat pada refrigerant dilepaskan ke udara lepas dengan bantuan kipas motor pada AC.

Supaya pelepasan kalor lebih cepat, pipa pada kondensor di desain berliku-liku dan dilengkapi dengan sirip.

Oleh karena itu pembersihan sirip pipa pada bagian kondensor sangatlah penting supaya perpindahan kalor dari refrigerant tidak terganggu.

Dan apabila sirip pada kondensor dibiarkan dalam keadaan kotor, bisa menyebabkan turunnya performa kinerja Ac yang dapat membuat AC menjadi kurang dingin.

Komponen 2: Kompresor

5 Komponen AC Ruangan yang Penting dan Wajib Kamu Tahu
dehome.org

Komponen ini merupakan alat yang memiliki fungsi sebagai pusat sirkulasi (mengedarkan dan memompa) bahan pendingin atau refrigerant ke seluruh bagian Air Conditioner atau AC.

Kompresor juga berguna untuk membentuk dua daerah tekanan yang berbeda-beda, antara daerah yang mempunyai tekanan rendah dan daerah yang mempunyai tekanan tinggi.

Komponen AC ruangan 3: Pipa Kapiler

Pipa kapiler adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi untuk menurunkan tekanan refrigerant serta mengatur aliran refrigerant menuju evaporator.

Fungsi utama dari pipa kapiler sendiri sangatlah vital, sebab pipa ini mempunyai hubungan dengan dua bagian tekanan yang berbeda-beda, yaitu tekanan rendah dan tekanan tinggi.

Refrigerant yang bertekanan lebih tinggi sebelum melewati pipa ini akan diturunkan atau diubah tekanannya.

Penurunan tekanan pada refrigerant mengakibatkan terjadinya penurunan suhu. Pada bagian inilah yang bisa mnyebabkan udara mencapau suhu terendah atau dingin.

Evaporator

5 Komponen AC Ruangan yang Penting dan Wajib Kamu Tahu
serviceacjogja.pro

Fungsi dari evaporator ini adalah mengalirkan dan menyerap panas dari udara ke dalam ruangan refrigerant. Wujud cair dari refrigerant akan berubah menjadi gas setelah melalui pipa kapiler.

Bisa disebut bahwa evaporator ini merupakan sebuah komponen AC yang mempunyai fungsi sebagai penukar panas.

Pada dasarnya udara yang berada di ruangan ber AC, diserap oleh evaporator dan masuk melalui sirip pipa kapiler sehingga suhu udara yang keluar dari sirip-sirip menjadi lebih randah dari keadaan semula atau pada saat udara kondisi dingin. Proses sirkulasi di dalam ruangan ini diatur oleh blower indoor.

Blower atau Fan

Pada AC di rumah, unit indoor maupun outdoornya memiliki komponen fan atau blower ini. Pada unit indoor bentuknya sepeti tabung bersirip karena fungsinya adalah sebagai sirkulasi udara. Kemudian, komponen yang terdapat pada bagian outdoor berbentuk seperti kipas dan berfungsi mendinginkan refrigerant pada kondensor.

Leave a Comment