Lagu Anak-Anak TK | Sering Dinyanyikan di Taman Kanak-Kanak/PAUD

Masa-masa Taman Kanak-kanak (TK) adalah masa yang paling indah. Bagaimana tidak indah bila sehari-hari diisi dengan kegiatan belajar sambil bermain dan mendengarkan lagu anak-anak TK.

Saat duduk di bangku taman kanak-kanak kita juga tidak pernah dipusingkan dengan pekerjaan rumah yang beraneka ragam maupun ulangan serta ujian sekolah dengan soal level dewa.

Masa taman kanak-kanak sehari-harinya lebih banyak diisi dengan berbagai nyanyian dari lagu lagu yang tentunya edukatif.

Lewat lagu anak-anak, murid-murid TK akan lebih mudah menyerap kata-kata didalamnya.

Dengan banyak bernyayi dan bertepuk tangan secara tidak langsung anak-anak dilatih untuk motorik kasarnya sekaligus vokal.

Lagu anak-anak TK tidak sebatas pada lagu tentang huruf maupun angka saja.

Lagu untuk anak taman kanak-kanak banyak ragamnya. Hampir setiap kegiatan yang ada di taman kanak-kanak diawali dan diakhiri dengan nyanyian.

Itulah mengapa lagu anak-anak TK banyak sekali bahkan banyak dinyanyikan diluar sekolah oleh anak-anak untuk menghibur diri.

Selain sebagai hiburan lagu merupakan media yang pas untuk digunakan dalam pembelajaran pada anak-anak usia dini.

Biasanya lagu-lagu anak TK memiliki melodi yang sama dari nada lagu-lagu populer yang ada untuk isi atau liriknya tergantung kreativitas guru dan kebutuhan belajar.

Bahkan adapula lagu-lagu TK berbahasa Indonesia yang diterjemahkan dari lagu-lagu anak berbahasa Inggris.


Lagu Anak-Anak TK


Berikut beberapa lagu anak-anak TK yang umum diajarkan di sekolah.

1. Lagu tentang Huruf /Abjad

Di berbagai negara atau belahan dunia mana pun lagu tentang huruf atau abjad pasti diajarkan di sekolah-sekolah setingkat PAUD dan taman kanak-kanak.

Tahapan memberikan huruf sebelum memulai membaca menjadikan lagu tentang huruf atau abjad diajarkan di taman kanak-kanak.

Seperti yang kita tahu kalau anak-anak usia dini atau TK lebih baik tidak dipaksa untuk membaca, menulis, maupun berhitung.

Sehingga memberikan lagu tentang abjad atau huruf sebagai pengganti sesi belajar membaca adalah pilihan yang tepat.

2. Lagu tentang Angka / Nomor

Selain membaca dan menulis anak-anak juga tidak boleh dipaksa untuk berhitung atau belajar matematika. Sebagai gantinya anak-anak usia dini atau TK bisa diberikan lagu-lagu tentang angka atau nomor.

Sehingga anak-anak dapat mengenali dan mengingat angka sebelum akhirnya mulai berhitung untuk matematika.

Itulah mengapa lagu tentang angka pasti diberikan untuk anak-anak usia taman kanak-kanak di sekolah mana pun.

3. Lagu Bersiap Belajar / Sekolah

Sebelum masuk ke dalam kelas atau sebelum memulai pelajaran biasanya anak-anak TK akan bernyanyi lagu-lagu seperti dibawah ini:

a) Lagu Mau Berdoa
b) Lagu Perkenalan
c) Lagu baris berbaris
d) Lagu Duduk Rapi

4. Lagu di Jam Belajar

Ada pula beberapa lagu yang biasanya diselipkan guru di sela-sela pelajaran yang tentunya sesuai dengan tema yang diajarkan, seperti:

a) Lagu tentang buah
b) Lagu tentang hewan
c) Lagu tentang kendaraan
d) Lagu tentang jari
e) Lagu tentang anggota badan

5. Lagu untuk Istirahat

Saat beristirahat anak-anak taman kanak-kanak biasanya tidak akan langsung makan atau bermain.

Para guru akan membimbing untuk cuci tangan dan berdoa, tapi sebelum keluar kelas mereka akan bernyanyi terlebih dahulu tentang cuci tangan dan makan sebelum berdoa hingga tangan apa yang digunakan untuk makan.

6. Lagu untuk Pulang sekolah

Tak hanya berangkat sekolah saat pulang sekolah pun mereka akan bernyanyi terlebih dahulu sebelum bersiap untuk pulang kerumah masing-masing.

a) Lagu Sayonara
b) Lagu Gelang Sepatu Gelang
c) Lagu Mari Pulang

7. Macam-macam Tepuk

Selain nyanyian atau lagu di taman kanak-kanak juga diajarkan berbagai macam tepuk.

Ada tepuk profesi yang berisi tentang penjelasan singkat tentang sebuah profesi atau kebiasaan yang dikakukan profesi tersebut dengan sedikit lelucon tentunya.

Adapula tepuk kendaraan yang isinya tentang deskripsi sebuah kendaraan. Masih banyak tepuk-tepuk lain yang biasanya dikreasikan sendiri oleh para guru TK.

Berikut beberapa contoh tepuk.

a) Tepuk Polisi
b) Tepuk Dokter
c) Tepuk Bemo
d) Tepuk Kereta
e) Tepuk Sambel
f) Tepuk Semangat
g) Tepuk Malam
h) Tepuk Tunggal
i) Tepuk Satu

8. Wash Your Hand Songs

Untuk mengajarkan anak-anak cara hidup yang bersih dan sehat bisa dimulai dari lagu Masih dari “Wash Your Hand Songs” ini.

Dirilis tahun lalu tepatnya sejak pandemi melanda. Tujuan utama lagu ini adalah untuk mengingatkan kita semua untuk rajin mencuci tangan.

Tak hanya anak-anak namun orang dewasa juga dapat belajar cara cuci tangan yang baik dari lagu ini.

Sejak pandemi melanda, dunia seolah diingatkan untuk menjaga kebersihan. Salah satu yang disarankan WHO adalah rutin mencuci tangan dan selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Mencuci tangan pun ada urutannya, tak hanya sekedar asal-asalan. Ada cara khusus yang sudah diajarkan oleh para tenaga kesehatan kepada kita.

Mencuci tangan dengan baik dan benar bermanfaat untuk membasmi seluruh bakteri dan virus (kuman) yang ada di tangan.

Jangan sampai kuman masih bersarang di tangan padahal kamu sudah rajin mencuci tangan secara rutin. Lagu ini diiringi musik yang ceria, jadi pasti disukai anak-anak TK atau PAUD.

9. Anak Kambing Saya

Kalau lagu yang satu ini seolah menjadi lagu wajib di Taman Kanak-Kanak manapun.

Anak Kambing Saya sekarang dirilis dalam versi baru lho, salah satunya kamu bisa dengarkan di channel Youtube Bibitsku.

Sebuah lirik yang singkat tentang seorang anak yang mencari anak kambingnya yang hilang. Lagu ini merupakan lagu lama yang sudah turun temurun diajarkan kepada kakek-nenek kita.

Lagu lawas yang selalu diremake sesuai perkembangan zaman setiap waktunya.

Sama seperti lagu sebelumnya, lagu ini juga diiringi oleh musik yang riang. Setiap anak yang mendengarkannya pasti akan ikut menari-nari.

Siapa yang sudah hapal dengan lagu ini? Liriknya singkat kok gais..

10. Baby Shark Dance

 

Wah kalau lagu yang satu ini jangan ditanyakan lagi kepopulerannya.

Pertama kali dirilis pada tahun 2018, lirik lagu “Baby Shark Dance” sudah menggema dan membekas di ingatan kita semua.

Tak hanya di kalangan anak-anak, lagu ini juga membekas di kalangan orang dewasa. Mungkin karena memang irama lagunya yang asyik dan variatif sehingga banyak orang dewasa yang suka.

Saking populernya, lagu ini dibuat ke dalam berbagai versi bahasa lho, salah satunya bahasa Korea. Bahkan irama lagu ini dibuat dalam versi lirik lainnya, yaitu lagu tentang monyet dan pisang.

Di TK manapun lagu ini pasti sering sekali diputar, entah untuk hiburan atau sebagai theme song untuk kegiatan olahraga.

Hey, jangan-jangan salah satu playlist kamu lagu ini ya???

11. Potong Bebek Angsa

Kembali lagi ke lagu Indonesia nih teman-teman.

Lagu “Potong Bebek Angsa” biasanya diajarkan pada murid TK yang sudah berumur di atas 4 tahun. Lagu yang selalu berjaya dari zaman old ini tetap menjadi favorit di hati anak-anak zaman now.

Keistimewaan dari lagu ini yaitu terletak pada liriknya yang mengajak kita untuk ikut bergoyang sesuai instruksi yang ada pada lirik tersebut.

Secara langsung anak-anak berlatih rangsang otak mereka sembari bernyanyi dan menyesuaikan gerakan.

Nah, para orang tua sendiri sudah bisa menyesuaikan dengan baik belum antara lagu dan gerakan?

12. Alif Ba Ta

Kalau lagu yang satu ini biasanya khusus diajarkan di TK Islam.

Lagu yang mengajarkan anak-anak menghapalkan huruf hijaiyah ini terdiri dari banyak versi. Salah satu versi lama yaitu yang dinyanyikan oleh Upin Ipin dan kawan-kawan.

Namun ada juga versi terbaru lho teman-teman.

Khususnya bagi yang beragama Muslim nih, jika merasa bosan dengan versi lama coba dengarkan lagu Alif Ba Ta versi terbaru dari Omar & Hana.

Lagu ini dirilis pada tahun 2020 lalu. Untuk dapat mendengarkan sekaligus menonton video klipnya, langsung saja berkunjung ke channel youtubenya Omar & Hana ya.


Nah, itu tadi lagu anak-anak TK yang sering diajarkan saat di sekolah. Selain lagu di atas masih ada lagu tentang Taman Kanak-kanak dan lagu Anak PAUD yang juga menjadi lagu wajib di TK.

Yuk, dukung musik anak untuk generasi penerus bangsa. Jangan sampai anak-anak menyanyikan lagu yang tidak cocok bagi usia mereka.

Baca Juga: Lagu Anak-Anak Terbaru

Leave a Comment