13 Daftar Lagu Dangdut Lawas Terbaik dan Terpopuler

Dangdut menjadi salah satu genre musik yang sangat populer di kalangan pecinta musik tanah air.

Lagu dangdut lawas sekalipun akan selalu mendapat tempat di hati para penggemar musik dari muda sampai tua dan dapat diterima oleh semua lapisan masyarakat.

Musik dangdut terus mengalami perkembangan sampai sekarang. Penikmat musik dangdutpun semakin bertambah tiap tahunnya.

Bahkan beberapa tahun belakangan ini penikmat musik dangdut tidak hanya berasal dari Indonesia namun juga berasal dari mancanegara.

Seiring dengan munculnya lagu-lagu dangdut terbaru dengan aliran koplo dan remix, popularitas lagu dangdut lawas yang masih original dan bernuansa melayu juga tak lekang oleh waktu dan masih sering dinyanyikan oleh para penyanyi dangdut masa kini.


Daftar Lagu Dangdut Lawas Pilihan


Yuk mari kita lihat lagu dangdut lawas apa aja sih yang masih populer sampai sekarang.

1. Sekuntum Mawar Merah – Elvy Sukaesih

Sebagai seorang penyanyi dangdut wanita terbaik Indonesia Elvy Sukaesih mendapatkan julukan “Ratu Dangdut”.

Karir Elvy Sukaesih mulai menanjak ketika menjadi penyanyi pendamping Rhoma Irama pada Orkes Melayu Soneta.

Memulai karir pada tahun 1964, sudah banyak lagu yang dinyanyikan oleh Elvy Sukaesih. Salah satu lagunya yang hits sampai saat ini adalah “Sekuntum Mawar Merah”.

Lagu ini sangat menggambarkan perasaan bahagia seorang wanita yang telah diberikan bunga mawar merah oleh seorang pria yang menyatakan perasannya kepada wanita tersebut untuk menunjukkan rasa cintanya.

Sampai saat ini pun masih banyak pria yang memberikan bunga bawar merah kepada wanita yang ia cintai sebagai tanda cintanya.

2. Mati Aku – Rita Sugiarto

Penyanyi dangdut wanita lainnya yang terkenal dari tahun 70-an sampai sekarang adalah “Rita Sugiarto”.

Tidak jauh berbeda dengan Elvy Sukaesih, nama Rita Sugiarto juga mulai dikenal saat berduet dengan Rhoma Irama.

Jika Elvy Sukaesih mendapat julukan sebagai “Ratu Dangdut” maka Rita Soegiarto lebih dikenal sebagai “Diva Dangdut”.

Lagu dari Rita Soegiarto yang masih sering kita dengarkan pada pentas dangdut di Indonesia adalah lagu yang berjudul “Mati Aku”.

Lagu ini memiliki lirik yang singkat dan sangat mudah dihafalkan.

3. Jatuh Bangun – Meggy Z

Sebagai seorang legenda penyanyi dangdut pria sudah banyak penghargaan yang diperoleh Meggy Z.

Penghargaan pertamanya diperoleh pada ajang Anugerah Dangdut TPI pada tahun 1997 sebagai Penyanyi Rekaman Dangdut Terbaik.

Banyak dari lagu Meggy Z. yang terkenal, salah satunya adalah lagu “Jatuh Bangun”. Lagu ini menceritakan tentang perjuangan seseorang untuk mengejar cintanya.

Walaupun sudah banyak usaha dan pengorbanan yang dilakukan namun tetap tidak mudah untuk mendapatkan cintanya tersebut.

4. Anggur Merah – Meggy Z.

Mengawali karir pada tahun 1988, Meggy Z. mulai mengeluarkan album dangdutnya. Sampai sekarang sudah lebih dari 15 album solo yang dikeluarkan oleh beliau.

Album tersebut belum termasuk album duet, album kompilasi dan album bersama orkes melayu.

Lagu lain yang dipopulerkan oleh Meggy Z. adalah lagu “Anggur Merah”.

Lagu ini memiliki lirik lagu yang cukup panjang sehingga lagu ini pun memiliki durasi yang lebih lama dibandingkan dengan lagu dangdut pada umumnya.

5. Begadang – Rhoma Irama

Membicarakan lagu dangdut lawas pastinya tidak akan lepas dari lagu-lagu yang dipopulerkan oleh sang “Raja Dangdut” yaitu Rhoma Irama.

Sangat banyak lagu-lagu ciptaan beliau yang tetap eksis dari dulu hingga sekarang.

Salah satu lagunya yang banyak digemari para penikmat musik dangdut dan sampai sekarang masih sering dinyanyikan adalah lagu “Begadang”.

Selain musiknya yang enak untuk didengarkan, lagu ini juga memberikan pesan kepada kamu bahwa begadang terlalu sering tidak baik untuk kesehatanmu loh.

6. Pandangan Pertama – A. Rafiq

Penyanyi dangdut pria yang memiliki nama asli Ahmad Rafiq ini juga dikenal sebagai pemain film layar lebar dan juga sempat menjadi sutradara dari sinetron drama semi musikal.

Lagu “Pandangan Pertama” yang dinyanyikan A. Rafiq ini menjadi top hits pada pertengahan tahun 1978.

Lagu ini kembali populer saat dinyanyikan ulang oleh seorang pemain film yaitu Nirina Zubir dan berkolaborasi dengan Slank.

Lagu ini pun dijadikan soundtrack dari film “Get Married” yang diperankan oleh Nirina Zubir pada tahun 2007.

7. Gadis atau Janda – Mansyur S. ft Elvy Sukaesih

Salah satu lagu dangdut duet yang populer sampai sekarang adalah lagu “Gadis atau janda”. Lagu ini tipikal lagu dangdut lawas yang menonjolkan cengkok melayu.

Ciri khas dari lagu ini terletak pada bagian tengah lagu yang disisipkan dengan dialog lucu dan sedikit nakal antara penyanyi wanita dan penyanyi pria yang memberikan kesan humoris pada lagu ini. Dijamin deh pasti kamu terhibur saat mendengarkan lagu ini.

8. Kopi Dangdut – Fahmi Sahab

Menjadi salah satu lagu dangdut lawas, lagu ini masih menjadi favorit untuk dinyanyikan pada acara-acara sampai sekarang.

Alunan musik dari lagu “Kopi Dangdut” ini sangat bersemangat dan akan membuat siapa saja yang mendengarnya akan bergoyang.

Lagu ini sangat cocok dibawakan untuk menambah kemeriahan dan keseruan dari sebuah acara seperti acara reuni dan acara family gathering.

9. Wakuncar – Camelia Malik

Judul lagu “Wakuncar” sebenarnya adalah sebuah singkatan dari “Waktu Kunjung Pacar”.

Lagu ini mulai dipopulerkan oleh Camelia Malik pada tahun 1981 yang terdapat pada album dengan judul yang sama yaitu “Wakuncar”.

Seperti judul lagunya, isi dari lagu ini menggambarkan kehidupan anak muda yang memiliki waktu untuk menemui pacarnya, biasanya malam minggu menjadi pilihan waktu yang tepat untuk bertemu dengan pacar.

10. Secangkir Kopi – Hamdan ATT

Hamdan ATT dikenal sebagai penyanyi dangdut dengan ciri khas lagu-lagunya yang nelangsa atau sedih.

Beberapa lagu yang dinyanyikan oleh beliau antara lain Gubuk Derita, Sepiring Berdua dan Termiskin di Dunia.

Lagu lain yang dipopulerkan oleh Hamdan ATT adalah lagu “Secangkir Kopi” yang menceritakan kekecewaan seorang suami kepada istrinya.

Selain sebagai penyanyi, Hamdan ATT dikenal juga sebagai pencipta lagu.

Beberapa lagu ciptannya juga dinyanyikan oleh penyanyi dangdut terkenal di Indonesia seperti Rhoma Irama, Muchsin Alatas, dan Elvy Sukaesih.

11. Bukan Pengemis Cinta – Jhony Iskandar

Jhony Iskandar terkenal sebagai seorang penyanyi dengan penampilannya yang nyentrik, berambut gondrong, dan sering menggunakan cincin akik dalam jumlah yang banyak pada setiap penampilannya.

Jhony Iskandar merupakan penyanyi dangdut solo dan juga sebagai vokalis utama grup musik dangdut jenaka yang bernama OM PMR.

Sebagai penyanyi dangdut solo, lagu yang dinyanyikannya dan menjadi hits adalah lagu “Bukan Pengemis Cinta”.

Buat kamu pria-pria diluar sana yang sedang sakit hati karena seorang wanita. Sebaiknya kamu mendengarkan lagu ini.

Lagu ini akan membuat kamu bersemangat kembali dan kamu bisa melupakan rasa sakit hati itu.

12. Simalakama – Yopie Latul

Lagu ini mulai dipopulerkan pada tahun 2008. Seiring dengan berjalannya waktu banyak penyanyi dangdut yang menyanyikan kembali lagu ini seperti Soimah, Juwita Bahar, dan Via Vallen.

Beberapa musisi dangdut juga telah merecycle lagu ini menjadi lagu dangdut koplo dan diremix sehingga biasa digunakan sebagai backsound pembuatan video pada aplikasi Tik Tok.

Dengan dipopulerkan kembali oleh para penyanyi dangdut masa kini membuat lagu ini tak lekang oleh waktu.

Lagu ini sangat menarik perhatian dengan liriknya yang mudah dipahami dan irama musiknya yang sangat asik dinikmati dan sangat bisa membuat orang-orang berjoget saat mendengarnya.

13. Gantengnya Pacarku – Nini Karlina

Nini Karlina adalah kakak kandung dari pedangdut Fitri Karlina. Namanya mulai melejit setelah mengeluarkan album pertamanya yang berjudul “Gantengnya Pacarku” pada tahun 1992.

Lagu ini pastinya sangat dikenal para penggemar musik dangdut dari dulu hingga sekarang. Lirik lagu ini sungguh jenaka dengan irama musiknya yang menyenangkan untuk didengar.

Nini Karllina juga dikenal saat berduet dengan Doel Sumbang dalam lagu “Kalau Bulan Bisa Ngomong”. Lagu itupun juga masih sering kita dengarkan sampai sekarang ya.

Leave a Comment