24 Lagu Ungu Religi Terbaik yang Sobat Cliquers Perlu Tahu

Lagu Ungu Religi – Siapa yang tak tahu band Ungu. Sebuah Band yang digawangi oleh Pasha atau Sigit Purnomo pada vokal, Enda dan Onci pada Gitar, Makki pada bass, dan Rowman pada drum.

Band Ungu terbentuk di tahun 1996 dan selama berkarir telah banyak melahirkan lagu-lagu hits. Setelah beberapa kali bongkar pasang beberapa pemain, kini ungu konsisten dengan lima personilnya.

Vokal oleh Pasha, Gitar oleh Enda dan Onci, Bass oleh Makki, dan Rowman di drum.
Di tahun 2002, Ungu merilis album pertama mereka bertajuk Laguku.

Sayangnya saat itu legu Ungu belum terlalu booming. Puncak kesuksesan Ungu terapai ketika mereka merilis album Melayang dibawah label Trinity Optima.

Kala itu penjualan RBT album Melayang mencapai 5.800.000 pengguna selama kurun waktu 2006 – 2007. Ini masa-masa sang vokalis Pasha masih berambut gondrong. Tak hanya sukses ddengan lagu-lagu komersil bertema cinta, Ungu juga sukses dalam album religi.

Album religi pertama Ungu berjudul SurgaMu yang dirilis tahun 2006. Sejak saat itu Ungu langganan merilis album religi terutama saat bulan Ramadhan.

Kini mereka juga tengah mempersiapkan single religinya dengan formasi lengkap setelah Pasha selesai dengan tugas sebagai wakil walikota Palu.

Ungu sudah banyak mengeluarkan lagu-lagu hits yang banyak merajai tangga lagu di Indonesia.

Tak hanya lagu tentang percintaan ungu juga kerap mengeluarkan lagu-lagu religi terutama untuk memeperingati hari-hari penting dalam Islam.


Lagu Ungu Religi


Band ini biasanya merilis lagu Ungu religi mereka saat bulan ramadhan seperti kebanyakan musisi lainnya yang juga merilis lagu religi di bulan suci.

Hingga tahun 2015 Ungu telah merilis 5 album religi. Sempat dianggap melecehkan karena merilis lagu religi dengan simbol band mereka yang mirip dengan lambang setan.

Para Anggota band memberi pernyataa kalau itu hanyalah sebuah simbol dan tidak bermaksud apa-apa.

Ditambah lagi semua personil Unggu beragama Islam sehingga tidak mungkin bagi mereka untuk berniat melecehkan agamanya sendiri.

Hal ini dianggap oleh beberapa tokoh Islam bertolak belakang dan menjurus ke arah penghinaan.

Meskipun sempat menuai kontroversi nyatanya lagu-lagu religi dari band Ungu dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

Berikut lagu religi dari 5 album Band Ungu.

Lagu Ungu Religi di Album Surgamu

Surgamu merupakan sebuah mini album yang dirilis oleh Ungu dalam rangkan menyambut bulan Ramadhan 1427 H. tepatnya di bulan September 2006.

Sebanyak 150.000 kopi album Surgamu terjual dalam waktu 10 sejak tanggal rilisnya.

Berkat hal itu pula Ungu mendapat apresiasi langsung dari wakil presiden Jusuf Kalla dengan memberi penghargaan Inspiring, meskipun tidak dapat diterima langsung karena Kostum Ungu yang dianggap tidak tepat masuk istana merdeka.

1. SurgaMu
2. Andai Ku Tahu
3. Selamat Lebaran
4. Doa
5. Shalawat

Album Para Pencarimu

Pada Ramadhan tahun berikutnya, yaitu di 2007 atau tahun 1428 H lagi-lagi Ungu mengeluarkan album religi yang bertajuk Para PencariMu.

Ungu berkolaborasi dengan Ustadz Jeffry AL Buchori dalam salah satu lagunya yang berjudul surga hati. Tiga dari lima lagu di album ini terpilih sebagai soundtrack salah satu sinetron Ramadhan.

Sinetron tersebut adalah sinetron religi Para Pencari Tuhan untuk lagu Para Pencarimu serta Sesungguhnya untuk sinetron Soleha..

1. Para Pencarimu diciptakan oleh Pasha
2. Sembah Sujudku diciptakan oleh Enda
3. Surga Hati diciptakan oleh Pasha. Di lagu ini mereka berkolaborasi dengan Ustadz Jeffy atau Alm. Uje.
4. Sesungguhnya diciptakan oleh Onci
5. Tuhanku diciptakan oleh Enda

Album Aku dan Tuhanku

Lagu utama dari album Aku dan Tuhanku adalah Dengan Nafasmu serta Syukur. Dirilis pada tahun 2008 dan merupakan album religi ketiga dari band Ungu.

Berikut lagu-lagunya:

1. Dengan Nafasmu oleh Enda
2. HIdup Hanya Sementara oleh Pasha
3. Syukur Alhamdulillah oleh Pasha
4. CahayaMu oleh Oncy
5. Doa yang Terlupakan oleh Enda.

Album Maha Besar

Merupakan mini album musik religi yang keempat dari Ungu. Dirilis di tahun 2009 dengan 6 buah lagu di dalamnya. 3 lagu versi biasa dan 3 lagu versi karaoke.

Dia Maha Sempurna merupaka single hits dari album ini. Inilah daftar lagunya:

1. Hanya Kau
2. Dia Maha Sempurna
3. Maha Besar

Lagu Ungu Religi di Album Ruang Hati

Di album religi milik Ungu yang kelima ini berisikan 13 buah lagu. Ada 2 lagu baru dan sisanya merupakan lagu-lagu lama dengan single hits Bila Tiba.

Ruang hati merupakan Album religi kompilasi terakhir sebelum Pasha sang vokalis hiatus karena menjabat sebagai wakil walikota Palu.

Pasha mulai dilantik sebagai wakil wali kota pada tanggal 17 Februari 2016. Meski sudah menjabat sebagai pejabat daerah sesekali Pasha masih manggung bersama Ungu.

Dibawah ini dua lagu baru yang ada di dalam album Ruang Hati:

1. Bila Tiba
2. Doa Untuk Ibu
3. Asmara Terindah

1000 Malam (2010)

1000 Malam merupakan lagu dengan tempo slow yang liriknya bersifat universal. Maksud universal disini liriknya bisa diartikan sebagai kehilangan cinta seseorang dan bisa juga diartikan sebagai ditinggalkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Ditengah-tengah lagu disisipkan sebuah puisi. Dimanan puisi tersebut memperinci makna dari lirik lagu Ungu religi 1000 malam. Pasha sang vokalis membacakan penggalan puisi tersebut. Isi puisinya menggambarkan seseorang yang sadar apa yang hilang dari hidupnya.

Kehampaan tersebut datang karena selama ini tujuan hidupnya tidak pasti. Hingga pada akhirnya dia menyedari jika tujuan hidup yang utama adalah Allah. ia hijrah untuk menjadi manusia yang lebih baik. Mengabdikan hidupnya hanya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Segala Puji Syukur (2014)

Untuk menyambut bulan suci Ramadhan pada tahun 2014, Ungu merilis sebuah single religi dengan judul Segala Puji Syukur. Segala Puji Syukur merupakan sebuah lagu religi Ungu yang diciptakan oleh sang vokalis Sigit Purnomo Samsudin Said atau Pasha.

Suasana dalam lagu ini terdengar lebih ceria ala-ala lebaran. Video klipnya sendiri memang mengusung tema kumpul-kumpul saat lebaran Idul Fitri. Terdapat kalimat-kalimat dzikir dalam lirik lagu Segala Puji Syukur.

Diantara kalimat tahlil tersebut Pasha memasukkan bacaan tasbih, tahmid, tahlil, dan takbir. Terdapat juga lirik syahadatain. Kalimat-kalimat tersebut merupakan inti dari lirik Segala Puji Syukur. Pasha bermaksud mengajak pendengarnya untuk banyak-banyak berdzikir.

Hasbunallah (2019)

Setelah sempat vakum selama dua tahun, akhirnya Ungu kembali menyapa penggemarnya. Lewat single religi Hasbunallah Ungu comeback di bulan Ramadhan dengan formasi lengkap. Single ini bukan sekedar lagu Ungu religi saja, tapi juga pengingat bagi personil Ungu.

Semoa anggota Ungu pernah mengalami masa-masa dimana mereka terpuruk. Disaat itulah mereka kembali ke jalan Allah yang merupakan satu-satunya cara agar mereka dapat berdiri kembali. Video musik untuk lagu ini juga menggambarkan perasaan dari lirik lagu ini.

Meski sempat hiatus, tapi kini pasha bersama teman-temannya di Ungu siap kembali ke belantikan musik Indonesia. Tahun 2021 ini Ungu juga akan merilis single religi berkolaborasi dengan Lesti Kejora untuk bulan Ramadhan.

Pastinya Cliquers sudah tidak sabar menunggu comeback mereka kan? Kita doakan semoga perilisannya lancar dan tidak tertunda atau mendapat halangan karena sesuatu. Jadi benar-benar ga sabar nih melihat duet antara Ungu dengan Lesti.

Ini kali kedua Ungu berduet dengan penyanyi dangdut setelah sebelumnya sempat berkolaborasi dengan Iis Dahlia pada lagu Hampa Hatiku. Pasti akan ciamik, melihat Lesti juga merupakan juara pertama kompetisi dangdut, apalagi sedang naik daun.

Lagu Ungu religi yang berkolaborasi dengan Lesti berjudul Bismillah Cinta. Dimana akan rilis bersamaan dengan sebuah program televisi Ramadhan yang mengambil lagu Bismillah Cinta sebagai Soundtracknya.

Proses recording dan pembuatan video klip sudah selesai digarap oleh mereka.

Kita sebagai penggemar tinggal menunggu saja tanggal rilisnya. Buat kalian para Cliquers sejati, jangan lupa streaming lagunya dan jadikan trending satu di Youtube ya jika sudah rilis.

Demikian penjelasan kami mengenai lagu ungu religi. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment