7 Makanan Ikan Aligator | Ikan Predator yang Dilarang di Indonesia

Ikan aligator merupakan ikan predator air tawar yang di Indonesia sendiri terdapat aturan yang melarang ikan ini untuk di pelihara, dirawat, dipasarkan atau bahkan dilepasliarkan.

Aturan pelarangan memelihara ikan ini tertuang di dalam Undang-Undang Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perikanan dan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 41 Tahun 2014.

Hal ini bukan tanpa alasan, karena ikan aligator merupakan jenis ikan yang dianggap bisa membahayakan ekosistem dan memangsa ikan endemik Indonesia karena sifat predatornya.

Sebagai jenis ikan predator, ikan aligator termasuk jenis yang memakan segalanya. Oleh karena itu pertumbuhannya terbilang relatif cepat ditambah dengan sifat karnivoranya yang membahakan ikan endemik lokal.


Makanan Ikan Aligator


Meskipun sudah ada pelarangan, namun masih ada saja yang masih memelihara ikan ini. Untuk kamu yang penasaran apa saja jenis pakan yang dimakan oleh ikan aligator, berikut merupakan diantaranya:

1. Udang

√ 7 Makanan Ikan Aligator | Ikan Predator yang Dilarang di Indonesia
shopee.co.id

Sebagai jenis predator, ikan aligator memakan segalanya yang bisa dimakan, tidak terkecuali udang yang memiliki kandungan yang bagus untuk perkembangan ikan.

Pada dasarnya udang sudah menjadi jenis pakan yang umum untuk digunakan sebagai makanan ikan, terlebih ikan yang dibudidaya.

Udang memiliki kandungan zat astaxanthin yang tinggi dan tidak heran jika ikan aligator memiliki perkembangan pertumbuhan yang terbilang cepat.

2. Ikan Kecil

√ 7 Makanan Ikan Aligator | Ikan Predator yang Dilarang di Indonesia
nationalgeographic.com

Mengonsumsi ikan kecil mungkin sudah bisa dikatakan bukan hal aneh lagi bagi ikan predator, termasuk ikan aligator.

Dikarenakan perkembangan dan pertumbuhannya yang cepat dan sifat predatornya yang kerap memakan ikan kecil, tidah heran jika ikan ini dilarang dipelihara di Indonesia.

Memulai dari memakan ikan kecil sampai bisa memakan ikan lainnya ketika sudah berukuran besar. Hal inilah yang membuat ikan aligator dapat mengancam ekosistem ikan endemik Indonesia.

3. Kepiting

√ 7 Makanan Ikan Aligator | Ikan Predator yang Dilarang di Indonesia
misterfishinc.com

Sebagai salah satu jenis pakan alami, selain udang, kepiting juga memiliki kandungan protein yang terbilang cukup tinggi untuk dikonsumsi ikan aligator.

Namun jika ada orang yang memelihara ikan ini, pemberian pakan alami lebih sering menggunakan udang jika dibandingkan kepiting.

Hal ini dikarenakan kandungan protein yang tinggi pada kepiting membuatnya dijadikan sebagai makanan selingan agar tidak berlebihan.

4. Ayam

√ 7 Makanan Ikan Aligator | Ikan Predator yang Dilarang di Indonesia
shutterstock.com

Menjadi ikan pemakan segalanya, bahkan daging ayam pun bisa menjadi makanan dan dikonsumsi oleh ikan aligator ini.

Untuk orang yang memelihara ikan ini, pemberian ayam sebagai makanan biasanya ketika ikan sudah memiliki ukuran lebih dari 50 cm.

Namun meskipun harga ayam terbilang lumayan, kandungan yang ada di dalam ayang juga bisa dikatakan tinggi dan bisa membuat ikan cepat besar.

5. Cacing

√ 7 Makanan Ikan Aligator | Ikan Predator yang Dilarang di Indonesia
shutterstock.com

Sudah bukan rahasia lagi jika cacing kerap kali dikonsumsi sebagai makanan oleh ikan air tawar, tidak terkecuali ikan aligator yang termasuk predator ini.

Cacing juga memiliki kandungan protein yang tinggi dan dapat membantu ikan untuk tumbuh dan berkembang lebih cepat.

Ikan aligator dapat mengonsumsi berbagai macam jenis cacing mulai daric acing beku, kalung, darah, tanah atau juga sutera.

6. Katak

√ 7 Makanan Ikan Aligator | Ikan Predator yang Dilarang di Indonesia
timesofindia.indiatimes.com

Selain cacing katak kerap kali dijadikan sebagai pakan atau umpan ketika sedang memancing. Katak juga menjadi salah satu pakan alami yang bisa dikonsumsi ikan aligator.

Sebagai pakan alami, di habitat aslinya katak juga bisa dijadikan santapan dan membantu ikan aligator ini untuk tumbuh dan berkembang lebih cepat.

Hal ini dikarenakan katak juga memiliki kandungan yang terbilang cukup tinggi.

7. Jangkrik

√ 7 Makanan Ikan Aligator | Ikan Predator yang Dilarang di Indonesia
rakyatku.com

Beralih ke serangga, jangkrik mungkin juga sudah tidak asing lagi jika menyangkut sebagai pakan, makanan atau umpan ketika memacing ikan.

Jangkrik pun bisa menjadi salah satu opsi makanan untuk dikonsumsi ikan aligator. Selain itu pakan jangkrik pun termasuk yang cukup mudah untuk didapatkan.

Keyword: Makanan Ikan Aligator

Leave a Comment