6 Makanan Ikan Botia untuk Pertumbuhan dan Kesehatan

Ikan botia merupakan ikan air tawar hias yang juga dikenal sebagai ikan badut dan diminati oleh banyak orang untuk dipelihara mengisi di akuarium karena warnanya yang cantik dan menarik.

Jika tertarik ingin memelihara ikan botia terdapat hal yang perlu diperhatikan seperti akuarium yang cukup luas, jika membeli minimal 2 – 5 ekor ikan dan tidak menggabungkan akuariumnya dengan ikan agresif.

Selain yang sudah disebutkan di atas, tentu saja hal lain yang perlu diperhatikan adalah pakan yang diberikannya. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas hidup dan pertumbuhan dari ikan botia itu sendiri.

Pada dasarnya ikan botia merupakan ikan omnivora yang juga tidak jarang memakan tanaman air yang berada di sekitarnya, misalnya dedaunan dengant ekstur lembut.


Makanan Ikan Botia


Jika kamu berminat memelihara ikan botia sebagai untuk mengisi akuarium dan bingung dengan pakan apa saja yang bisa diberikan, berikut merupakan diantaranya.

1. Cacing Darah Beku

√ 6 Makanan Ikan Botia untuk Pertumbuhan dan Kesehatan
tokopedia.com

Sebagai pakan alami yang umum menjadi makanan ikan air tawar, cacing juga bisa dijadikan sebagai makanan untuk ikan botia, tepatnya cacing darah beku.

Cacing darah beku memiliki kandungan protein yang terbilang cukup baik yang bisa membantu perutmbuhan dari ikan botia yang mengonsumsinya.

Pakan alami yang satu ini juga termasuk jenis pakan yang cukup mudah untuk didapatkan.

2. Cacing Tubifex

√ 6 Makanan Ikan Botia untuk Pertumbuhan dan Kesehatan
duniaair.com

Selain cacing darah beku, terdapat jenis cacing lainnya yang juga bisa kamu gunakan sebagai pakan alami untuk ikan botia yang kamu pelihara di rumah sebagai ikan hias yaitu cacing tubifex.

Cacing tubifex atau yang juga dikenal sebagai cacing sutera merupakan jenis pakan alami yang biasanya sangat penting dibutuhkan untuk budidaya perikanan.

Jika kamu ingin menggunakan cacing tubifex sebagai pakan ikan botia, kamu pun bisa dengan mudah mendapatkannya, terlebih kamu juga bisa membelinya di e-commerce secara online.

3. Udang

√ 6 Makanan Ikan Botia untuk Pertumbuhan dan Kesehatan
shopee.co.id

Udang merupakan pakan alami lainnya yang bisa diberikan pada ikan botia. Biasanya udang yang dijual untuk dijadikan pakan ikan adalah udang air tawar yang dibekukan.

Harga udang untuk pakan juga tidak terlalu mahal, terlebih makanan alami yang satu ini mengandung protein yang cukup tinggi dan bagus untuk ikan botia.

Udang untuk pakan ikan juga bisa dengan mudah didapatkan, bahkan bisa dibeli di e-commerce secara online.

4. Potongan Bayam

√ 6 Makanan Ikan Botia untuk Pertumbuhan dan Kesehatan
hidropinikceria.files.wordpress.com

Beralih ke daun-daunan, potongan daun bayam bisa dijadikan sebagai opsi pakan untuk ikan botia.

Daun bayam memiliki kandungan yang bagus untuk dikonsumsi ikan botia. Selain itu daun bayam pun juga termasuk jenis pakan alami yang sangat mudah untuk didapatkan.

Terlebih biasanya jenis pakan ini kerap kali dijadikan sebagai masakan rumahan yang menyehatkan.

5. Daun Selada

√ 6 Makanan Ikan Botia untuk Pertumbuhan dan Kesehatan
thinkstockphotos.com

Selain potongan daun bayam, siapa sangka kalau daun selada juga bisa diajdikan sebagai makanan dari dedaunan untuk diberikan pada ikan botia.

Jika biasanya sering dikonsumsi sebagai lalapan karena menyehatkan, daun selada juga memiliki kandungan manfaat yang baik juga untuk dikonsumsi ikan botia.

Sama seperti daun bayam, daun selada juga merupakan jenis pakan dedaunan yang terbilang sangat mudah untuk didapatkan.

6. Pelet Hikari Sinking Wafers

√ 6 Makanan Ikan Botia untuk Pertumbuhan dan Kesehatan
dominica.desertcart.com

Selain pakan alami, ada juga pakan buatan yang memang dibuat dan untuk dikonsumsi ikan botia. Salah satu produk makanan buatan tersebut adalah Hikari Sinking Wafers

Sebagai pakan buatan, tentunya kandungan nutrisi yang ada di dalam makanan ini sudah disesuaikan dan sudah pasti takaran nutrisinya untuk ikan botia.

Makanan buatan ini juga mudah didapatkan, jika kamu ingin membelinya, untuk ukuran 50 gram dijual dengan harga sekitar Rp 30.000.

Keyword: Makanan Ikan Botia

Leave a Comment