7 Makanan Ikan Guppy untuk Pertumbuhan dan Warna yang Cantik

Berbicara mengenai ikan hias kecil, maka ikan guppy merupakan salah satu diantara beberapa jenis ikan hias yang populer dan digemari oleh banyak orang untuk dipelihara di dalam akuarium karena aneka warna yang cantik.

Jika ingin memelihara ikan guppy sebagai ikan hias di rumah, tidak perlu khawatir soal pakan yang sulit. Pada dasarnya ikan guppy mudah diberi makan dan akan menghabiskan sebanyak apapun makanan yang diberikan.

Namun, ikan guppy yang makan berlebihan sebenarnya jgua tidak terlalu bagus karena bisa mengakibatkan masalah kesehatan pada ikan. Cukup beri makan dua kali sehari dan pakannya bervariasi.


Makanan Ikan Guppy


Sebagai ikan omnivora, guppy bisa dikatakan dapat menerima berbagai makanan yang kamu berikan. Berikut merupaan beberapa makanan ikan guppy jika kamu ingin menjadikannya ikan hias:

1. Cacing Sutra

√ 7 Makanan Ikan Guppy untuk Pertumbuhan dan Warna yang Cantik
mongabay.co.id

Cacing sutra atau yang juga dikenal sebagai cacing rambut merupakan salah satu makanan alami yang mudah didapatkan dan bisa diberikan pada ikan guppy.

Kandungan protein yang tinggi di dalam cacing ini mampu menunjang pertumbuhan ikan guppy yang dipelihara sebagai ikan hias.

Sebelum diberikan kepada ikan, cacing sutra disarankan agar lebih baik mengkarantinanya terlebih dahulu agar ikan terhindar infeksi penyakit tertentu.

2. Daphnia Magna

√ 7 Makanan Ikan Guppy untuk Pertumbuhan dan Warna yang Cantik
amazon.com

Dapnia magna atau yang juga bisa disebut sebagai kutu air ini merupakan jenis kutu air dengan ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan kutu air lokal.

Pakan alami ikan guppy yang satu ini berasal dari Amerika Utara. Namun, sekarang ini daphnia magna sudah banyak dibudidayakan masyarakat untuk dijual sebagai pakan.

3. Artemia

√ 7 Makanan Ikan Guppy untuk Pertumbuhan dan Warna yang Cantik
bulelengkab.go.id

Dikatakan sebagai salah satu makanan kesukaan ikan guppy, artemia memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi dan tidak kalah dengan pakan lalinnya.

Namun sayangnya, artemia termasuk pakan yang terbilang cukup mahal dan memerlukan waktu penetasan sebelum diberikan sebagai pakan.

Hal ini dikarenakan umumnya penjual menjualnya masih ketika dalam bentuk telur.

4. Jentik Nyamuk

√ 7 Makanan Ikan Guppy untuk Pertumbuhan dan Warna yang Cantik
id.wikipedia.org

Tidak hanya umum dijadikan sebagai pakan untuk ikan cupang, jentik nyamuk pun bisa juga digunakan sebagai makanan alami untuk ikan guppy.

Pakan alami ini terbilang sangat mudah didapatkan dan nutrisi yang terkandung didalamnya juga tidak kalah dengan pakan ikan guppy lainnya.

Untuk mendapatkannya, kamu bisa mencarinya ke got atau air yang menggenang. Jika sulit kamu juga bisa mendapatkannya sendiri di rumah.

Caranya dengan menggunakan ember dengan isi air bekas cucian beras dan diampan di tempat gelap terbuka selama beberapa hari.

5. Blood Worm

√ 7 Makanan Ikan Guppy untuk Pertumbuhan dan Warna yang Cantik
tokopedia.com

Blood Worm atau biasa juga disebut sebagai cacing darah sebenarnya merupakan larva nyamuk Chironomus dan bisa digunakan sebagai pakan ikan guppy.

Pakan alami yang satu ini memiliki kandungan yang cukup tinggi dan bagus untuk pertumbuhan dari ikan guppy.

Beberapa kandungannya adalah 62,5% protein dan 10% lemak. Cukup tinggi bukan protein yang ada di dalamnya?

6. Microworm

√ 7 Makanan Ikan Guppy untuk Pertumbuhan dan Warna yang Cantik
facebook.com

Microworm atau yang bisaa disebut sebagai cacing renik merupakan jenis cacing berwarna putih dengan ukuran yang sangat kecil, yakni 1 mm – 8mm.

Sebagai pakan ikan guppy, cacing ini memiliki banyak kandungan di dalamnya yang dapat menunjang pertumbuhan dari ikan guppy yang dipelihara sebagai ikan hias.

Beberapa kandungan yang ada di dalam Microworm diantaranya adalah protein, gilicogen, lipids air, dan asam organik.

7. Grindal Worm

√ 7 Makanan Ikan Guppy untuk Pertumbuhan dan Warna yang Cantik
killi.co.uk

Grindal Worm atau yang juga dikenal sebagai cacing renik merupakan jenis cacing dengan ukuran yang lebih besar jika dibandingkan Microworm.

Pakan alami ikan guppy yang satu ini memiliki ukuran mulai dari 0,8 cm – 1,5 cm. Selain itu makanan ini juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan ikan guppy.

Oleh karena itu, Grindal Worm juga bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif pakan ikan guppy yang bisa dicoba.

Keyword: Makanan Ikan Guppy

Leave a Comment