5 Rekomendasi Merk Senar Pancing Terbaik (Harga Terjangkau)

Merk senar pancing terbaik – Tentu teman-teman sudah tahu bahwa senar pancing adalah peralatan yang harus dipersiapkan ketika memancing.

Senar merupakan salah satu komponan dari pancing yang tak boleh dilupakan. Tanpa senar bisa dikatakan kita tidak akan bisa memancing.

Sebagaimana komponan alat pancing lainnya yang memiliki jenis dan ukuran yang berbeda-beda, senar juga demikian.

Mulai dari bahan, panjang, dan juga beratnya cukup beragam. Dimana keragaman tersebut penggunaannya harus sesuai dengan kebutuhan pemancing.

Bagi pemancing pemula, tentu memilih senar yang bagus dan terpercaya akan cukup sulit dan membingungkan, mengingat banyak sekali jenis-jenisnya.

Oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini kami mencoba memberikan beberapa rekomendasi merk senar pancing terbaik yang bisa teman-teman gunakan.

Boleh jadi tulisan ini semacam review senar pancing yang bisa jadi bahan pertimbangan teman-teman ketika membelinya.

Sehingga senar yang dibeli benar berkualitas dan tepat guna. Tanpa berlama-lama lagi yuk langsung saja kita simak bersama informasi selengkapnya di bawah ini.


Merk Senar Pancing Terbaik


Rekomendasi brand di bawah ini bisa menjadi bahan pertimbangan teman-teman yang ingin membeli senar pancing.

Senar pancing ini pun mudah ditemukan di pasaran sehingga teman-teman tidak perlu susah-susah mencarinya:

Orca Technium

Kalau kamu mencari senar pancing yang kuat, maka senar dengan merk Orca Technium bisa menjadi pilihannya. Brand ini menyediakan senar pancing tiga lapis yang dijamin sangat kuat.

Selain kekuatannya yang tidak diragukan lagi, kelebihan yang bisa dipertimbangkan adalah karena kelenturannya sehingga bisa mudah digunakan.

Senar ini juga cocok dipakai di area pemancingan kolam loh. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau. Tetapi ingat ya, kalau ingin membeli senar ini pilihlah ukuran yang sesuai dengan kebutuhan.

Braided Line Ocea Xtreme X8 XPower

Sedangkan kalau teman-teman ingin memancing di area pemancingan yang terdapat banyak tanaman air maka merk yang satu ini adalah pilihannya.

Karena memang fleksibilitas atau kelenturan dari senar Braided Line Ocea Xtreme X8 XPower adalah keunggulannya, sehingga senar tidak akan mudah tersangkut.

Ketika ditarik pun senar braided tidak mudah terputus. Pada umumnya jenis ikan yang berada pada area pemancingan tersebut adalah ikan gabus.

Tetapi kalau teman-teman ingin memancing jenis ikan yang lebih besar pun tak menjadi soal.

Vip Access Alphalon

Merk Vip Access Alphalon juga menjadi salah satu brand senar yang cukup dikenal baik oleh pemancing. Senar ini dikenal karena kekuatannya yang bagus dan kenur yang kokoh.

Dengan ukuran 0,3 mm dan kekuatan yang bisa mencapai 25 lbs, senar Vip bisa menahan beban ikan sampai 13 kg.

Jadi kalau teman-teman senang berburu jenis ikan-ikan besar maka, senar ini bisa dipertimbangkan loh ya. Kamu bisa membelinya di berbagai marketplace yang ada.

Ogawa Qianliu

Senar dengan brand Ogawa Qianliu sebenarnya tergolong produk yang masih baru, diluncurkan pada tahun 2015. Meskipun begitu keunggulan yang dimilikinya membuatnya menjadi populer.

Memiliki fleksibilitas yang baik, teksturnya tipis, tetapi kekuatannya mengagumkan , sehingga mampu menahan beban ikan yang cukup berat.

Tetapi perlu diingat senar ogawa qianliu lebih cocok digunakan pada medan atau area pemancingan kolam, sungai, dan sejenisnya.

OPT-HT Optima

Lalu senar yang tak kalah mengesankan adalah merk OPT-HT Optima. Jenis senar transparan ini tidak mengambang pada permukaan air dan mudah tenggelam.

Selain itu senar OPT-HT optima juga memiliki kelenturan yang bagus. Cocok digunakan pada segala area pemancingan.

Karena jenisnya adalah fluorocarbon senar ini cocok dipakai untuk memancing ikan emas yang sangat sensitif dengan lingkungannya.

Memilih Senar Pancing yang Tepat

Sebelum memilih beberapa merk senar pancing terbaik dibawah, ada baiknya kita tahu tentang mitos-mitos yang beredar dikalangan pemancing. Mitos-mitos ini berkaitan dengan tips memilih senar pancing nantinya. Berikut beberapa mitos dan tips senar pancing:

1. Mitos Pertama: Ikan tidak bisa melihat warna merah

Ada mitos di kalangan para pemancing jika ikan tidak bisa melihat warnaa merah atau buta akan warna merah. Sehingga saat kita memakai senar berwarna merah maka ikan tidak akan sadar sedang kita incar.

Anggapan tersebut muncul karna banyak pemancing yang saat memancing dengan senar merah sering cepat dilahap umpannya. Hal tersebut menimbulkan mitos jika ikan buta terhadap warna merah.

Tentu saja anggapan tersebut salah dan hanya sebuah mitos. Jika ikan benar-benar buta warna merah, maka tidak akan ada umpan-umpan buatan yang berwarna merah karena pasti tidak akan dimakan ikan.

2. Mitos Kedua: senar tipe braid menangkap lebih banyak ikan

Ikan-ikan sejenis bandeng memang sedikit bodoh tak heran jika ada umpan bergerak langsung mereka sambar. Munculnya mitos yang kedua ini mungkin dikarenakan para pemancing sering mendapat ikan-ikan saat memakai senar tipe braid.

Sebenarnya ikan-ikan tersebut tidak dapat membedakan senar-senar yang dipakai pemancing. Hanya saja beberapa ikan dapat merasakan kehadiran senar pancing dengan diameter yang lebih besar.

Senar braid mentransmisikan getaran jauh lebih baik daripada monofilamen. Mungkin ikan tidak melihatnya, tapi mereka bisa merasakannya. Jadi, anggapan jika menggunakan senar braid akan lebih banyak memancing ikan tentu hanyalah mitos.

Mari kita lanjut ke tips dalam mencari senar terbaik untuk aktivitas memancing kalian. Berikut ini beberapa tips tentang jenis senar apa yang cocok untuk apa dan jenis senar apa yang cocok untuk joran kalian.

Selalu pastikan kalian sudah memeriksa rekomendasi senar bawaan pada joran milik kalian. Sebisa mungkin cocokkan senar dengan rekomendasi dan jangan takut akan putus.

Tipe Braid

Senar tipe braid lebih banyak digunakan oleh para pemancing. Kanapa tipe braid lebih banyak dipilih karena memang mereka lebih awet dan tahan berbulan bulan jika kalian menggunakannya dengan benar.

Dengan kekuatan yang sama tipe braid lebih sulit diputuskan daripada tipe flouro atau monoline. Ini akan membuat kalian berhemat dnegan senar. Apalagi jika kalian sering mengalami putus senar tatkala memancing.

Bagi kalian dengan budget terbatas memilih tipe braid adalah yang terbaik. Beberapa merk senar pancing terbaik tipe braid, diantaranya: Spectra Power Pro atau Spider Wire.

Tipe Monofilamen

Monofilamen merupakan tipe senar pancing asli atau yang pertama kali digunakan. Jenis ini suda ada sejak tahun 1950-an. Pemancing masa kini mungkin tidak begitu menggemari tipe ini apalagi yang sudah ahli atau pro.

Memang dari segi harga jenis senar ini memang yang paling murah, sehingga masih banyak pemancing yang menggunakannya.

Sayangnya meski murah senar ini lebih mudah putus daripada tipe braid. Jadi, jika dihitung-hitung kembali membeli braid dengan harga yang lebih mahal akan lebih hemat.

Mono memang lebih elastis daripada flouro dan tidak tenggelam juga mudah tersangkut seperti tipe braid. Salah satu merk senar pancing terbaik tipe monofilamen adalah Sufix Elite. Brand tersebut berkualitas baik dan tidak mudah kusut.

Tipe Flourocarbon

Flourokaron bisa dibilang tipe senar paling serbaguna dibanding tipe-tipe lainnya. Mereka dapat digunakan untuk memancing di perairan darat maupun laut. Benang tipe flouro sedikit lebih kaku daripada tipe braid atau mono dan juga lebih kecil diameternya.

Keunggulannya adalah tidak mudah terlihat atau teraba oleh ikan-ikan disekitarnya daripada tipe yang lain. Meski lebih kecil, tapi tipe ini mudah tenggelam sehingga umpan kalian bisa masuk lebih dalam dan cepat disantap.

Salah satu merk senar pancing terbaik tipe flourocarbo adalah seaguar florocarbon.

Leave a Comment