Pengertian Arduino dan 5 Hal Yang Perlu Kamu Tahu Tentangnya

Pengertian arduino mungkin masih asing bagi banyak orang. Dunia IT merupakan dunia yang penuh kesan kecanggihan dan kemudahan. Alhasil, digitalisasi yang terjadi di zaman ini membawa perubahan ke arah kemajuan yang lebih baik.

Membicarakan perangkat IT tentu adalh usaha mengurai kompleksitas di dalamnya. Contohnya adalah komponen, material, dan berbagai macamnya ini tak terkecuali menjadi bahasan juga.

Dalam sistem informatika umumnya kita mengenal istilah peangkat keras dan perangkat lunak. Hal ini menentukan kegunaan dan fungsi yang dimungkinkannya masing-masing.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Arduino. Apa pengertiannya, kegunaannya, dan juga jenisnya.

Selengkapnya adalah sebagai berikut. Simak sampai tuntas di bawah ini ya.

Pengertian Arduino dan 5 Hal Tentang Arduino

Informasi-informasi penting mengenai Arduino adalah berikut. Semoga menambah referensi para pembaca semua.

Pengertian Arduino: adalah papan rangkaian elektronik

Pengertian Arduino dan 5 Hal Yang Perlu Kamu Tahu Tentangnya
felderans.com

Arduino ,singkatnya, adalah kit elektronik atau papan rangkaian elektronik open source. Perangkat yang ada di dalamnya terdapat komponen utama, yaitu sebuah chip mikrokontroler dengan jenis AVR dari perusahaan Atmel.

Mikrokontroler itu sendiri adalah chip atau IC (integrated circuit) yang bisa diprogram menggunakan komputer. Tujuan menanamkan program pada mikrokontroler adalah agar rangkaian elektronik dapat membaca input, memproses input tersebut dan kemudian menghasilkan output sesuai yang diinginkan.

Jadi mikrokontroler bertugas sebagai ‘otak’ yang mengendalikan input, proses dan output sebuah rangkaian elektronik. Mekanismenya seperti itu.

Arduino bisa dijadikan pengontrol

Kegunaan Arduino tergantung kepada kita yang membuat program. Arduino bisa digunakan untuk mengontrol LED, bisa juga digunakan untuk mengontrol helikopter.

Contoh yang sudah pernah dibuat adalah MP3 player, pengontrol motor, mesin CNC, monitor kelembaban tanah, pengukur jarak, dan penggerak servo. Contoh yang lain ada juga seperti balon udara, pengontrol suhu, drum elektronik, GPS logger, monitoring bensin dan masih banyak lagi.

Mikrokontroler ada pada perangkat elektronik di sekeliling kita. Misalnya handphone, MP3 player, DVD, televisi, AC, dll.

Mikrokontroler juga dipakai untuk keperluan mengendalikan robot. Baik robot mainan, maupun robot industri.

Karena komponen utama Arduino adalah mikrokontroler, maka Arduino pun dapat diprogram menggunakan komputer sesuai kebutuhan kita. Mudah dan praktis tentunya.

Bahasa Programnya Relatif lebih mudah

Bahasa pemrograman Arduino adalah bahasa C. Tetapi bahasa ini sudah dipermudah menggunakan fungsi-fungsi yang sederhana sehingga pemula pun bisa mempelajarinya dengan cukup mudah.

Untuk membuat program Arduino dan mengupload ke dalam board Arduino. Anda membutuhkan software Arduino IDE (Integrated Development Enviroment) yang bisa di download gratis di http://arduino.cc/en/Main/Software

Panduan bahasa juga disediakan. Pemograman Arduino beserta dengan contoh-contohnya bisa dibaca di halaman http://arduino.cc/en/Reference/HomePage

Arduino ditemukan di Italia

Semuanya berawal dari sebuah thesis yang dibuat oleh Hernando Barragan, di Institute Ivrea, Italia pada tahun 2005, dikembangkan oleh Massimo Banzi dan David Cuartielles dan diberi nama Arduin of Ivrea. Lalu diganti nama menjadi Arduino yang dalam bahasa Italia berarti teman yang berani.

Tujuan awal dibuat Arduino adalah untuk membuat perangkat mudah dan murah, dari perangkat yang ada saat itu. Dan perangkat tersebut ditujukan untuk para siswa yang akan membuat perangkat desain dan interaksi.

Arduino memiliki banyak jenis

Pengertian Arduino dan 5 Hal Yang Perlu Kamu Tahu Tentangnya
komputermedia.com

Arduino ternyata memiliki banyak jenis. Penulis tampilkan 4 diantaranya.

1.Arduino Uno

Jenis yang ini adalah yang paling banyak digunakan. Terutama untuk pemula sangat disarankan untuk menggunakan Arduino Uno.

Banyak sekali referensi yang membahas Arduino Uno. Versi yang terakhir adalah Arduino Uno R3 (Revisi 3), menggunakan ATMEGA328 sebagai Microcontrollernya, memiliki 14 pin I/O digital dan 6 pin input analog.

Untuk pemprograman cukup menggunakan koneksi USB type A to To type B. Sama seperti yang digunakan pada USB printer.

2. Arduino Due

Berbeda dengan saudaranya, Arduino Due tidak menggunakan ATMEGA, melainkan dengan chip yang lebih tinggi ARM Cortex CPU. Memiliki 54 I/O pin digital dan 12 pin input analog.

Untuk pemprogramannya menggunakan Micro USB. Contohnya terdapat pada beberapa handphone.

3. Arduino Mega

Mirip dengan Arduino Uno, sama-sama menggunakan USB type A to B untuk pemprogramannya. Tetapi Arduino Mega, menggunakan Chip yang lebih tinggi ATMEGA2560.

Dan tentu saja untuk Pin I/O Digital dan pin input Analognya lebih banyak dari Uno. Lebih canggih tentunya.

4. Arduino Leonardo.

Bisa dibilang Leonardo adalah saudara kembar dari Uno. Dari mulai jumlah pin I/O digital dan pin input Analognya sama. Hanya pada Leonardo menggunakan Micro USB untuk pemprogramannya.

Leave a Comment