Pengertian Generator Serta Penjelasan Tentang Jenis, Cara Kerja, dan Penemunya

Pengertian generator? Apakah itu? Masih tentang listrik, sejak awal kemunculannya, listrik selalu memiliki berbagai perkembangannya yang beraneka ragam. Hal itu mulai dari yang bagitu sederhana, sampai yang paling rumit.

Listrik sudah tentu menjadi idaman banyak orang. Tidak hanya untuk mereka yang berduit, tapi juga untuk segalanya yang berhubungan dengan publik.

Namun listrik tidak bisa berdiri sendiri. Listrik selalu berhubungan dengan komponen penunjangnya yang membuat aliran listrik bisa terus berjalan dengan stabil.

Diantara komponen penting listrik tersebut ada yang berperan sebagai pembangkit, penyalur, juga pengendali. Listrik membutuhkan itu semua untuk bisa bekerja.

Pekerjaan listrik menjadi penting dengan adanya generator. Sebuah alat yang memanfaatkan gerak mekanik sesuatu untuk dijadikannya listrik.

Pada kesempatan kali ini kta akan mengulas mengenai generatot. Apa penjelasan dan bagaimana pentingnya.

Selengkapnya adalah sebagai berikut. Ikuti tulisan ini dari awal sampai akhir ya para pembaca semua.

Pengertian Generator dan 4 Hal Penting Tentang Generator

Generator, mesin yang kita bayangkan bentuknya besar itu sebenarnya apa sih. Nah poin-poin berikut ini akan coba menjelaskannya.

Pengertian Generator

Pengertian Generator Serta Penjelasan Tentang Jenis, Cara Kerja, dan Penemunya
ilmudasar.id

Generator listrik adalah mesin yang digunakan untuk menghasilkan energi listrik dari sumber energi mekanik. Prinsip kerja dari generator listrik adalah induksi elektromagnetik.

Berdasarkan jenis arus listriknya, generator dibagi menjadi generator arus searah dan generator arus bolak-balik. Perbedaan keduanya yaitu penggunaan komutator pada generator arus searah dan cincin selip pada generator arus bolak-balik.

Proses kerja generator listrik dikenal sebagai pembangkit listrik. Walau generator dan motor punya banyak kesamaan, tetapi motor adalah alat yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik.

Generator mendorong muatan listrik untuk bergerak melalui sebuah sirkuit listrik eksternal.Tetapi generator tidak menciptakan listrik yang sudah ada di dalam kabel lilitannya.

Hal ini bisa dianalogikan dengan sebuah pompa air. Pompa air yang menciptakan aliran air tetapi tidak menciptakan air di dalamnya.

Sumber enegi mekanik bisa berupa resiprokat maupun turbin mesin uap, air yang jatuh melalui sebuah turbin maupun kincir air, mesin pembakaran dalam,  dan turbin angina. Bisa juga engkol tangan, energi surya atau matahari, atau apa pun sumber energi mekanik yang lalu lalang.

Penemu Pertamanya adalah Micheal Faraday

Pengertian Generator Serta Penjelasan Tentang Jenis, Cara Kerja, dan Penemunya
id.aliexpress.com

Pada 1831-1832 Michael Faraday menemukan bahwa perbedaan potensial dihasilkan antara ujung-ujung konduktor listrik yang bergerak tegak lurus terhadap medan magnet. Dia membuat generator elektromagnetik pertama berdasarkan efek ini.

Faraday menggunakan cakram tembaga yang berputar antara kutub magnet tapal kuda. Proses ini menghasilkan arus searah yang kecil.

Desain alat yang dijuluki ‘cakram Faraday’ itu tidak efisien dikarenakan oleh aliran arus listrik yang arahnya berlawanan di bagian cakram yang tidak terkena pengaruh medan magnet. Arus yang diinduksi langsung di bawah magnet akan mengalir kembali ke bagian cakram di luar pengaruh medan magnet.

Arus balik itu membatasi tenaga yang dialirkan ke kawat penghantar dan menginduksi panas yang dihasilkan cakram tembaga. Namaya juga penemuan awal.

Jenis Generator Ada 2

Pengertian Generator Serta Penjelasan Tentang Jenis, Cara Kerja, dan Penemunya
vtconline.co.id

Generator arus searah hanya menggunakan komutator satu cincin yang terbelah dua sehingga menghasilkan arus searah. Sedangkan generator arus bolak-balik memiliki dua cincin yang terpisah.

Ketika gaya gerak listrik timbul, kontak dengan rangkaian beban berganti terminal sehingga tegangan keluaran hanya mempunyai satu tanda. Satu tanda itu kemudian menghasilkan arus searah.

Penambahan jumlah kumparan yang dihubungkan ke komutator dengan cincin komutator yang terdiri dari beberapa segmen. Hal ini mampu mengurangi riak pada tegangan listrik arus searah.

Generator arus bolak-balik terdiri dari suatu kumparan dan lilitan kawat yang diputar di dalam medan magnet. Bagian dalam generator arus bolak-balik disebut sebagaiarmatur.

Isi armatur ialah silinder besi yang digunakan sebagai tempat bagi kumparan kawat untuk dililitkan. Terminal generator bmemiliki dua cincin putar yang dihubungkan dengan beban listrik melalui bushing yang terbuat dari tembaga lunak.

Medan magnet dibentuk oleh magnet permanen atau elektromagnet. Energi untuk memutar armatur dapat berupa tenaga manusia, pembakaran, atau energi potensial air.

Rumus Cara Kerjanya

Keberadaan medan magnet di suatu tempat akan mempengaruhi lingkungan sekitarnya. Salah satu pengaruh medan magnet yang dijadikan sebagai prinsip dasar kerja generator.

Gambarannya adalah: Apabila ada suatu material konduktor, contoh: kawat, bergerak dengan kecepatan tertentu dan melewati suatu medan magnet, maka pada wire yang bergerak tersebut akan terinduksi tegangan listrik sebagi akibat dari adanya medan magnet tersebut.

 

Leave a Comment