Pengertian LED dan 2 Hal Penting Lainnya Mengenai LED

Pengertian LED mungkin akan mudah dipahami, karena istilah ini sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Lampu, sebagaimana yang kita lihat saat ini, pada mulanya adalah hal yang tak terbayangkan. Masih ingat kan peristiwa percobaan berkali-kalinya Thomas Alfa Edison.

Setelah lampu ditemukan, cahaya secara perlahan mampu dikreasi oleh manusia untuk menerangi dunia. Manusia tidak hanya bergantung pada sinar matahari dan nyala api saja.

Secara lebih lanjut, lampu yang awalnya sederhana itu kemudian menjadi semakin canggih. Kecanggihan lampu itu seperti saat ditemukannya lampu LED.

Apakah lampu LED Itu?. Nah pada kesempatan kali ini kita akan banyak mengulasnya, tentang apa saja komponen yang ada di dalamnya dan lain-lain.

Lampu LED, sebagaimana yang kita tahu sekarang, sangat bermanfaat untuk umat manusia. LED memungkinkan kecanggihan dan efektifitasnya dalam satu waktu.

Bagaimanakah pengertian yang mendetail tentang lampu LED?. Nah ikuti tulisan ini dari awal sampai akhir ya.

Pengertian LED dan 2 Hal Penting Lainnya

Poin-poin berikut ini adalah penjelasan mengenai LED. Semoga bisa memberikan informasi dan referensi yang diperlukan oleh para pembaca tentunya.

Pengertian LED: Adalah diode pancaran cahaya yang dijadikan lampu

Pengertian LED dan 2 Hal Penting Lainnya Mengenai LED
belajaronline.net

Lampu LED adalah produk diode pancaran cahaya (LED) yang disusun menjadi sebuah lampu. Lampu LED memiliki usia pakai dan efisiensi listrik beberapa kali lipat lebih balik daripada lampu pijar dan tetap jauh lebih efisien daripada lampu neon.

Beberapa chip bahkan dapat menghasilkan lebih dari 300 lumen per watt. Pasar lampu LED diperkirakan akan meningkat hingga 12 kali lipat dalam satu dekade ke depan.

Penggunaannya berkisar dari US$2 miliar diawal tahun 2014 menjadi US$25 miliar pada tahun 2023. Lampu LED hanya butuh energi sebesar 10% dari energi yang dibutuhkan lampu pijar.

Tidak seperti lampu pijar dan lampu neon, lampu LED akan menghasilkan terang sepenuhnya tanpa perlu waktu pemanasan (warm-up). Usia pakai lampu neon juga berkurang jika sering menyalakan dan mematikan lampu.

Biaya awal lampu LED umumnya lebih mahal. Degradasi pewarna LED dan material pembungkus mengurangi keluaran cahaya seiring waktu.

LED hanya akan memancarkan cahaya apabila dialiri tegangan maju dari Anoda ke Katoda

Pengertian LED dan 2 Hal Penting Lainnya Mengenai LED
pintarelektro.com

Cara kerja dari LED hampir sama dengan keluarga dioda yang memiliki dua kutub, yaitu Kutub Positif (P) dan Kutub Negatif (N). LED hanya akan memancarkan cahaya apabila dialiri tegangan maju (bias foward) dari Anoda ke Katoda.

LED sendiri terdiri atas sebuah chip semikonduktor yang didopping. Hal ini menciptakan junction antara kutub P dan kutub N.

Proses dopping dalam semikonduktor adalah proses untuk menambahkan impurity / ketidakmampuan pada semikonduktr yang murni. Proses ini dapat menghasilkan karakteristik kelistrikan yang diinginkan.

Ketika LED dialiri tegangan maju yaitu dari Anoda (P) menuju Katoda (N), kelebiha elektron pada N- type material akan berpindah ke wilayah yang memiliki lubang lebih banyak. Wilayah ini ada pada wilayah bermuatan positif (P- type material).

Saat elektron berjumpa dengan hole akan melepaskan proton dan memancarkan cahaya monokromatik (satu warna). LED yang memancarkan cahaya ketika dialiri tegangan maju ini juga dapat digolongkan sebagai Transduser yang dapat mengubah energi listrik menjadi energi cahaya.

LED dan Kecanggihanya pada kehidupan sehari-hari

Pengertian LED dan 2 Hal Penting Lainnya Mengenai LED
fanos.co.id

Dikarenakan teknologi LED yang dapat menghasilkan cahaya tanpa menimbulkan panas. Hal ini membuatnya banyak digunakan dalam berbagai perangkan elektronik.

Terdapat juga kelebihan LED lainnya yaitu usianya yang tahan lama, tidak mengandung bahan berbahaya seperti merkuri, dan hemat listrik serta bentuknya yang kecil. LED sangat popular dalam bidang pencahayaan.

Terutama pada era digital saat ini, media advertising mulai menggunakan teknologi LED. Salah satunya yaitu Videotron atau Megatron.

Bisa juga disebut LED Videotron merupakan sebuah media advertising digital. LED videotron ini dapat menyampaikan informasi (iklan) dengan tampilan yang berbeda dengan media advertising konvensional lainnya.

Jangkauan pengelihatan yang dapat dijangkau oleh Videotron jauh lebih canggih dan menarik dengan tampilan yang lebar dan memiliki jarak pandang maupun sudut pandang yang cukup baik. Jaraknya dari jarak 40 hingga 200 meter.

Leave a Comment