Peralatan Pancing yang Wajib Kamu Tahu Lengkap Beserta Gambarnya

Peralatan pancing – Memancing merupakan kegiatan yang sangat akrab dengan masyarakat Indonesia. Hal ini bisa jadi karena Indonesia adalah negara maritim.

Artinya mencari ikan menjadi mata pencaharian yang sangat umum di Indonesia.

Memancing pada perkembangannya tidak hanya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja, melainkan juga sebagai hobi atau kegemaran.

Banyak orang yang melakukan kegiatan tersebut berdasarkan rasa senang tanpa tuntutan atau keterpaksaan apapun, karenanya jikalau nantinya mereka tidak mendapatkan ikan atau hasil pancingan yang sesuai dengan harapannya, hal tersebut tidak menjadi masalah.

Mereka memancing karena memang suka. Bahkan terkadang seseorang harus merogoh kocek yang cukup tinggi untuk bisa memancing dengan profesional.

Biaya tersebut meliputi biaya peralatan pancing, tempat pemancingan, atau juga alat transportasi ketika memancing.

Dan pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan membagikan informasi mengenai peralatan pancing yang harus diketahui untuk teman-teman yang ingin menghabiskan waktu dengan melakukan kegiatan memancing.


Peralatan Pancing yang Dibutuhkan


Memancing bisa menjadi hiburan yang cukup menyegarkan loh bagi teman-teman yang menyukai perenungan dan tempat yang berkaitan erat dengan alam. Meskipun terlihat sepele, tidak semua orang bisa melakukan kegiatan tersebut.

Karena memancing juga membutuhkan persiapan yang matang, pembelajaran terus menerus, dan keberuntungan yang cukup.

Nah apa saja persiapan tersebut? Salah satunya yakni dengan menyiapkan beberapa peralatan pancing yang akan kami jelaskan di abwah ini:

Senar Pancing

peralatan pancing
image source: tokopedia.com

Senar menjadi bagian dari peralatan pancing yang harus dipersiapkan ketika akan memancing. Senar ini digunakan untuk meletakkan umpan.

Banyak sekali jenis senar yang bisa dibeli di pasaran. Pilihlah jenis senar yang sesuai dengan bobot ikan yang ingin diincar.

Pada umumnya orang-orang memakai senar yang terbuat dari bahan nilon, dan digunakan untuk ikan yang memiliki bobot 3 – 4,5 kilogram.

Salah satu contoh senar pancing yang bisa kamu beli adalah Yakuza Sinori Tournament, Senar Pancing Accustrong yang memiliki panjang sekitar 137, 16 meter dan bobot 9,07 kilogram. Harganya pun cukup terjangkau yakni sekitar Rp. 35.000

Lip Grip

peralatan pancing
image source: troutline.co

Selanjutnya adalah lip grip. Apa lip grip itu? Adalah alat yang digunakan untuk mencabut kait dari mulut ikan. Alat ini bisa melindungi tanganmu ketika melepas kait, karena terkadang beberapa ikan mempunyai gigi yang runcing.

Joran

peralatan pancing
image source: shopee.co.id

Selain lip grip, alat yang sangat penting dan wajib ada ketika memancing adalah joran. Joran merupakan tongkat pancing yang bisa menentukan ukuran ikan yang mungkin bisa ditangkap.

Joran ini juga memiliki beberapa jenis, ada jenis yang digunakan hanya untuk di lokasi pemancingan saja, ada pula yang diperuntukkan ketika memancing di laut lepas.

Untuk pemancingan biasa kamu bisa membeli joran yang terbuat dari bambu, tetapi joran yang lebih mumpuni biasanya terbuat dari stainless steel.

Reel

peralatan pancing
image source: jakartanotebook.com

Komponan pancing yang juga harus kamu ketahui adalah reel atau penggulung senar. Penggulung ini biasanya mampu menggulung tali dengan panjang 200 – 400 meter.

Nah harus diketahui ya teman-teman, bahwa reel yang berkualitas baik adalah yang memiliki berat yang ringan dan mudah dipakai.

Untuk pemula kamu bisa mencoba menggunakan jenis reel Fishing Reel Ogawa SE200A, yang memiliki gulungan senar berasal dari alumunium dan dilengkapi dengan 5 ball bearing.

Umpan

Umpaan adalah peralatan pancing yang tidak boleh terlewatkan, sebab tanpa umpan ikan tidak akan berhasil ditangkap atau didapatkan.

Umpan yang paling populer dan mudah didapatkan adalah cacing. Tetapi ada jenis imitasi yang terbuat dari plastik atau metal berwarna-warni yang juga bisa digunakan.

Kail

peralatan pancing
image source: shopee.co.id

Kail adalah alat untuk mengaitkan mulut ikan, sehingga kita dapat menangkap ikan yang memakan umpan.

Untuk teman pemula bisa mencoba kail pancing bermerek Milano Bradley yang memiliki ukuran mulai dari 1- 10, kail tersebut cukup tajam dan kuat.

Leader

peralatan pancing
image source: youtube.com

Shock leader ini sangat bermanfaat ketika teman-teman mendapatkan ikan yang besar. Fungsinya adalah untuk meminimalisir hentakan ketika ikan memakan umpan.

Timah

image source: shopee.co.id

Kemudian timah bisa digunakan untuk membantu agar umpan dapat tenggelam lebih dalam, sehingga terdapat banyak ikan yang bisa menjadi incaran. Harga dari timah ini beragam mulai dari Rp. 45.000 sampai Rp. 46.000.

Pelampung

peralatan pancing
image source: shopee.co.id

Lalu terakhir adalah pelampung, pada pancingan pelampung berfungsi untuk menahan alat pancing agar tidak tenggelam sepenuhnya.

Pemutar Umpan

image source: shopee.co.id

Ketika ikan memakan umpan kalian, pasti ikan akan melakukan perlawanan saat ditarik. Ikan terkadang berputar-puta sehingga membuat senar pancing terlilit, terpelintir, bahkan bisa putus. Kait pemutar umpan ini sangan dibutuhkan sebagai perlengkapan dasar memancing kalian.

Fungsi alat ini adalah sebagai penghubung antara senar pancing dengan kail umpan. Pemutar umpan memungkinkan ikan bergerak tanpa khawatir senar akan terlilit atau terpelintir. Untuk itu siapkan beberapa pemutar umpan ketika akan pergi memancing.

Alat ini memiliki lingkaran di setiap ujungnya. Satu untuk dikaitkan ke senar pancing dan satu lagi untuk dikaitkan ke kait atau kail.

Perlu kalian tahu, bagian sambungan atau sendi yang bisa berputar dari alat ini mudah putus saat menangkap ikan besar. Berhubung harganya murah, belilah yang berkualitas baik.

Cutter Senar

image source: aliexpress.com

Senar pancing dirancang agar tidak mudah putus atau sangat kuat. Saat kalian pergi memancing dan akan memasang tali pancing pada reel dan joran tentu kalian membutuhkan pemotong. Senar tidak bisa diputus menggunakan tangan kosong.

Selain senar itu kuat, akan berbahaya dan bisa melukai tangan jika dipotong manual dengan tangan. Sebenarnya alat pemotong apapun bisa digunakan, misalnya saja gunting, cutter, pisau, gunting kuku, hingga silet.

Sayangnya membawa peralatan potong, seperti gunting dan lainnya tentu memakan tempat. Biasanya para nelayan atau pemancing yang sudah ahli lebih memilih cutter senar. Disamping lebih praktis, barangnya mudah dibawa dan disimpan.

Namun, jika kalian tidak memiliki cutter senar atau tidak ingin membelinya cukup dengan gunting atau cutter biasa. Bisa juga dengan memanfaatkan pisau untuk menyayat ikan yang kalian siapkan.

Kacamata

image source: tokopedia.com

Apabila kalian memancing di hari yang cerah dengan matahari yang terik, pastinya susah untuk memantau ikan berada. Sinar matahari dapat membuat pentulan pada permukaan air dan itu sangat menyilaukan.

Pastikan kalian membawa kacamata hitam atau kacamata anti UV yang bisa menghalangi sinar matahari menyilaukan. Kacamata anti UV, selain memungkinkan kalian untuk melihaat lebih jelas ke dalam air dapat juga melindungi mata dari sinar UV matahari yang berbahaya.

P3K

Kita semua tentu berharap aman dan nyaman saat pergi memancing, tapi ada kalanya kita bisa terluka saat memancing. Ketika terjadi cedera ringan seperti tergores senar atau tergigit ikan, dan sebagainya kalian bisa dengan mudah mengobati ketika membawa peralatan P3K.

Masukkan beberapa obat penting ke dalam kotak P3K kalian. Perban, plester, antiseptik, alkohol dan beberapa obat lain bisa kalian masukkan dalam kotak atau pouch obat. Lebih praktis lagi jika kalian membeli perlengkapan P3K yang berupa pouch kecil dan isinya.

Sunblock/ Sunscreen

Satu hal lain yang berkaitan ddengan perlindungan tubuh, yakni sunblock atau sunscreen. Sunscreen atau ssunblock tidak hanya diperuntukkan bagi wanita. Ini merupakan perlindungan untuk kulit bagi siapa saja.

Jangan sampai kulit kalian terbakar matahari apalagi saat memancing di pantai atau laut. Beberapa merk sunscreen menawarkan produk yang praktis dan tidak berwarna. Belilah sunblock spray di toko kosmetik atau supermarket.

Semprotkan tabir surya pada bagian tubuh yang terbuka atau terkena matahari sebelum kalian memancing. Belilah tabung yang berukuran kecil agar bisa masuk ke dalam tas kalian. Beli suncreen dengan SPF 70 agar kulitmu terlindungi seharian.

Kotak Perkakas

Barang terakhir yang tak kalah penting adalah kotak perkakas atau kotak peralatan pancing. Pada kotak ini kalian bisa menyimpan berbagai macam peralatan memancing kalian. Sebut saja kait, pemberat, umpan, tang, dan perkakas kecil lainnya.

Adanya kotak perkakas tidak hanya membuat peralatan pancing kalian teratur, tapi juga lebih efektif dan efisien serta aman. Bayangkan saja jika peralatan pancing kalian tidak terorganisir, saat sampai tempat pancing bisa ribet sendiri. belum lagi kalau kait kalian melubangi tas atau nyangkut.

Kotak perkakas tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Tentu semakin bagus harga akan semakin mahal. Beberapa kotak perkakas bahkan ada yang sudah berisi beberapa peralatan pancing, seperti kait, umpan buatan, pemberat, dan pelampung.

Leave a Comment