Rumus Cepat Rambat Gelombang dan Contoh Soalnya

Rumus cepat rambat gelombang – hai hai selamat siang teman-teman apa kabarnya? Semoga tetap sehat selalu ya.

Pada hari yang cukup terik ini kami kembali lagi untuk memberikan ilmu pengetahuan yang bisa dijadikan bahan pembelajaran terutama untuk para pelajar yang sedang melaksanakan kegiatan belajar dari rumah.

Kalau sebelumnya kami telah membahas tentang ilmu fisika yakni energi kinetik, tema kali ini masih berhubungan dengan fisika tepatnya yaitu cepat rambat gelombang.

Pada mata pelajaran fisika materi tersebut akan dipelajari dan kemudian dijadikan bahan untuk soal ujian. Karenanya penting bagi kita, khususnya pelajar untuk memahami rumus cepat rambat gelombang dengan baik.

Meskipun memang bagi sebagian orang yang tidak suka dengan fisika materi ini dianggap sulit dan sangat melelahkan.

Tetapi sebaiknya kita coba untuk mempelajarinya terlebih dahulu. Tak perlu terburu-buru kita bisa belajar materi tersebut dengan perlahan-lahan.

Karenanya mari simak artikel ini sampai selesai ya, karena kami akan memaparkan rumus cepat rambat gelombang dan juga contoh soal yang bisa dijadikan bahan latihan.


Macam- Macam Gelombang


Rumus Cepat Rambat Gelombang Beserta Contoh Soalnya
youtube.com

Hal pertama yang akan dibahas dalam artikel ini adalah mengenai jenis atau macam dari gelombang itu sendiri.

Tetapi sebelumnya mari kita definisikan terlebih dahulu apa itu gelombang. Jadi mudahnya gelombang merupakan getaran yang merambat.

Nah berdasarkan arah perambatan getarannya ini, gelombang terbagi menjadi dua macam yaitu gelombang tranversal dan longitudinal.

Gelombang tranversal

Adalah gelombang yang mempunyai arah getaran yang tegak lurus terhadap arah perambatannya. Contohnya adalah gelombang air di lautan.

Gelombang longitudinal

Sedangkan gelombang jenis ini mempunyai arah getaran yang sama dengan arah perambatannya. Contoh dari gelombang longitudinal adalah gelombang bunyi.


Pengertian Cepat Rambat Gelombang Bunyi


Sebelum kita mengenal tentang rumus-rumus yang digunakan untuk menghitung cepat rambat gelombang bunyi, sebaiknya terlebih dahulu kita memahami apa sih sebenarnya bunyi itu? apa yang dimaksud dengan cepat rambat gelombang bunyi?

Oke mari pertama kita uraikan satu persatu, apa itu bunyi? Bunyi bisa diartikan sebagai suatu gelombang longitudinal yang disebabkan getaran, kemudian merambat ke telinga makhluk hidup yaitu manusia dan hewan.

Lalu selanjutnya kita akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan cepat rambat bunyi? Mudahnya cepat rambat bunyi adalah  jarak yang dilalui oleh gelombang bunyi pada setiap satuan waktu.


Rumus Cepat Rambat Gelombang Bunyi


Rumus Cepat Rambat Gelombang Beserta Contoh Soalnya
rumusrumus.com

Kalau kita sudah memahami tentang definisi di atas, sekarang saatnya kita mempelajari tentang rumus cepat rambat gelombang bunyi tersebut.

Rumus sederhana atau dasar yang bisa digunakan untuk menghitung cepat rambat bunyi ini dapat dilihat di bawah ini:

V = s / t atau  Kecepatan (m/s) = jarak (m) / waktu (s)

Mudah bukan? Ya karena rumus di atas memang rumus sederhananya. Masih terdapat rumus lain yang bisa digunakan jika yang diketahui bukanlah jarak atau waktu, melainkan frekuensi , panjang gelombang, dan periodenya.

Adapun rumus tersebut adalah:

v = λ x f atau v = λ / f

Keterangan:

v adalah kecepatan (m/s)

λ adalah panjang gelombang = (m)

f adalah frekuensi (Hz)

Sebenarnya prinsip dari dua rumus di atas sama saja hanya memang yang unsur-unsur yang diketahui berbeda.


Contoh soal


Supaya teman-teman bisa lebih memahami bagaimana penggunaan rumus di atas bagaimana kalau kalian mencoba untuk mengerjakan contoh soal di bawah ini.

Contoh soal tersbeut akan disertai dengan pembahasannya kok, dan dirangkum dari sumber terpercaya juga jadi tidak perlu khawatir.

Kalau begitu yuk langsung saja kita perhatikan beberapa contoh di bawah ini dengan cermat, selamat belajar:

Contoh 1

Tentukanlah frekuensi dan periode dari sebuah gelombang bunyi jika panjang gelombang nya adalah 20 meter dan cepat rambat bunyi nya 400 m/s ?

Jawab :

Di ketahui :

v = 400 m/s
λ  = 20 m

Di tanya : frekuensi dan  periode…?

Jawab :

Frekuensi :
v = λ x f
f = v / λ
f = 400 m/s  / 20 m = 20 Hz

Periode :
v = λ / T
T =  λ / v
T = 20 m / 400 m/s = 1 / 20 sekon

Contoh 2

Sebuah kapal mengukur kedalaman laut dengan menggunakan perangkat suara. Jika bunyi nya di tembakkan ke dasar laut, maka bunyi pantul akan di terima setelah 15 detik. Maka tentukanlah kedalaman laut tersebut jika cepat rambat bunyi adalah 2000 m/s ?

Jawab :

Di ketahui :
t  = 15 s
v = 2000 m/s

Di tanya : s…?

Jawab :
s = vt / 2 ( gelombang akan memantul dan kembali lagi ke kapal, jadi harus di bagi dengan angka 2 )
s = 2000 m/s x 15 s / 2 = 15.000 m


Bagaimana penjelasan di atas? apakah rumit sulit dan berkelit? sebelumnya kami mohon maaf jikalau pemaparan pada artikel ini agak membingungkan.

Tetapi kami tetap berharap kalau tulisan ini tetap bisa bermanfaat untuk teman-teman sekalian meskipun dalam level yang paling sedikit.

Demikianlah pembahasan tentang rumus cepat rambat gelombang yang bisa kami sajikan. sekali lagi semoga bermanfaat.

Oiya jika ada tambahan informasi silahkan tulis di kolom komentar ya, semoga nantinya kita bisa sama-sama belajar lebih baik lagi.

Leave a Comment