10+ Jenis Tanaman dan Buah Pengusir Tikus Paling Ampuh

Tanaman dan Buah Pengusir Tikus – Tikus merupakan salah satu jenis hewan pengerat yang sangat mengganggu. Mereka biasanya akan menempati atap-atap dan terkadang di setiap sudut rumah.

Selain mengganggu kenyamanan, tikus ini juga dapat menyebabkan sebuah penyakit, seperti Murine Thypus, Hantavirus, Pulmonary Syndrome (HPS), Rat-bite Fever (RBF), Salmonella enteric serovar Typhimurium, dan Leptospirosis.

Oleh karenanya, keberadaan tikus di rumah harus segera dihilangkan agar tidak menyebabkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengusir tikus-tikus di rumah, dan salah satu caranya adalah dengan menggunakan bahan alami.

Mengusir tikus secara alami ini dengan menggunakan tanaman dan buah yang memang efektif.

Memangnya ada tanaman yang bisa mengusir tikus? Tentu saja ada.

Ada beberapa jenis tanaman yang dapat mengusir tikus dengan buahnya, bahkan bisa juga hanya dengan menanam tanaman tersebut, tikus-tikus bisa lari terbirit-birit meninggalkan rumah Anda.


Jenis Tanaman Pengusir Tikus


Tanaman apa sajakah itu? Berikut daftar tanaman yang dapat digunakan untuk mengusir hama tikus di rumah.

1. Tanaman Patah Tulang atau Tikel Balung

Image Source: bukalapak.com

Tanaman patah tulang mempunyai nama ilmiah Euphorbia tirucalli, di daerah Jawa biasa disebut tikel balung, sedangkan di luar negeri biasa disebut pencil tree.

Tanaman ini sama sekali tidak mempunyai daun dan memiliki getah beracun yang dapat mengusir tikus, kadal, kutu daun dan tikus tanah.

Cara menggunakan adalah letakkan getah tanaman patah tulang di jalan yang dilewati tikus.

Tapi, yang perlu diingat adalah hati-hati saat mengunakannya karena getahnya juga dapat membuat kulit dan mata menjadi iritasi.

2. Bawang Putih

Image Source: liputan6.com

Bawang putih dapat dipakai untuk mengusir hama tikus yang ada di rumah Anda. Caranya adalah dengan memotong bawang putih menjadi beberapa irisan tipis.

Lalu, irisan tersebut dibungkus dengan  kain kasa dan letakkan di tempat yang biasa dilewati tikus.

3. Cengkeh

Image Source: ramesia.com

Cengkeh memiliki aroma yang harum dan disukai oleh sebagian manusia. Namun hal ini tidak berlaku pada tikus, karena para tikus sangat tidak menyukai aroma dari cengkeh ini.

Cara mengusir tikus dengan cengkeh adalah bungkus cengkeh yang sebelumnya sudah dikeringkan dengan kain kasa. Kemudian letakkan di setiap sudut tempat yang biasa dilewati oleh tikus.

4. Kayu putih

Image Source: agrofarm.co.id

Daun kayu putih ini dapat dipakai untuk mengusir hama tikus yang ada di rumah Anda.

Caranya adalah dengan memotong daun kayu putih menjadi beberapa bagian lalu sebarkan di setiap sudut ruangan yang sering dilewati tikus.

Namun ada cara yang lebih praktis yaitu dengan menyemprotkan minyak kayu putih yang biasa dijual di toko-toko. Selain mengusir tikus, bau dari kayu putih ini dapat menyegarkan ruangan Anda.

5. Daun Mint (Peppermint)

Image Source: klikapa.com

Daun mint dapat digunakan sebagai pengusir hama tikus yang efektif.

Caranya adalah campurkan air dan daun mint, lalu semprotkan campuran tersebut ke tempat-tempat yang sering dilalui oleh tikus.

Para tikus membenci aroma mentol yang keluar dari daun mint. Tanaman mint ini juga bisa ditanam di pekarangan rumah dan menebarkan aroma mentol yang tidak disukai tikus.

6. Cabe Rawit

Image Source: Liputan6.com

Tikus ternyata juga sangat membenci aroma dan rasa dari cabe rawit. Cara mengusirnya adalah dengan memblender cabe rawit, lalu letakkan jus cabe rawit tadi ke tempat-tempat yang biasa dilewati oleh hama tikus.

7. Bawang Bombay

pengusir tikus
image source: agrotek.id

Bernama latin Allium Cepa Linnaeus dan bentuknya bulat besar dari pada bawang pada umumnya. Biasa digunakan sebagai bahan makanan karena memiliki kandungan nutrisi yang baik. Terdapat antioksidan alami dalam bawang bombai.

Selain itu ia mampu menekan efek sinogenik dari senyawa radikal bebas. Fungsi atau khasiat lainnya dari bawang bombay adalah dapat mencegah kanker serta dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit lainnya.

Seperti yang kita ketahui, bawang bombai merupakan bumbu masak yang memiliki aroma pedas. Saat dipotong bawang bombai bahkan bisa membuat kita mengeluarkan air mata seperti orang menangis.

Hal itulah yang kita manfaatkan untuk mengusir tikus. Tempatkan saja bawang bombay utuh atau potongan besar di tempat-tempat yang sering dilalui tikus. Jika tikus penasaran mereka akan memakannya.

Tikus-tikus tidak akan menyukai aroma dan rasa pedas dari bawang bombai. Aroma bawang bombai serta rasanya yang pedas akan membuat tikus kabur dan pergi dari tempat tersebut.

8. Bawang Merah

pengusir tikus
image source: antaranews.com

Sama seperti bawang bombay, bawang merah juga memiliki aroma dan rasa yang tidak disukai tikus. Aromanya yang menyengat dan bisa membuat orang menagis juga dibenci tikus. Apalagi kalau mereka sampai menggigitnya pasti akan langsung kapok.

Cukup taruh beberasa siung bawang merah di tempat-tempat yang suka dilalui oleh tikus. Ganti bawang merah secara berkala saat sudah kisut atau kering karena jika kering tidak akan efektif mengusir tikus. Pastikan untuk mengupasnya agar aroma bawang keluar.

Selain dapat mengusir tikus, bawang merah juga merupakan antibakteri. Bawang merah kupas akan menyerap bakteri diudara sekitar yang ada didekatnya.

Itulah mengapa bawang merah tidak boleh dikupas saat belum mau digunakan karena bisa menyerap bakteri yang tidak baik jika kita konsumsi.

Bagian tanaman ini yang kita manfaatkan sebenarnya merupakan salah satu organ reproduksinya. Umbi lapis bawang merah tak hanya sebagai alat reproduksi, tapi juga tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan ini.

9. Echinacea

pengusir tikus
image source: time.com

Bunga yang satu ini memang hanya ditemukan di Amerika Utara. Di sana, bunga ini terkenal sebagai pengusir tikus. Tak heran bila banyak warga disana yang menanam bunga ini di pekarangan rumah mereka.

10. Timi/ Daun Thyme

pengusir tikus
image source: jualbenihtanaman.com

Timi tau daun thyme adalah tanaman herbal yang memiliki khasiat universal. Teh daun thyme berkhasiat untuk membantu pencernaan dan mengatasi gejala demam. Dapat ditemukan di Eropa, Afrika, hingga Asia.

Umumnya dimanfaatkan sebagai teh dan pelengkap bahan makanan. Untuk mengusir tikus tanam saja tanaman daun tyme di pekarangan rumah kalian. Selain bisa dimanfaatkan sebagai baha makanan, herbal ini juga dapat mengusir tikus.

11. Kemangi

pengusir tikus
image source: lamanqu.id

Kemangi merupakan tanaman herbal yang sering dimanfaaatkan daunnya. Daun kemangi memiliki bau yang tidak disukai tikus karena mengelurkan aroma menyengat. Menanam kemangi di pekarangan rumah dapat menjauhkan tikus dari taman kalian.

Bisa juga memakai daun kemangi yang dikeringkan lalu taburkan di tempat tempat yang dilalui oleh tikus. Sangat ampuh terutama untuk tikus curut yang mengenali arah lewat indra penciuman mereka.

Selain menggunakan tanaman-tanaman diatas, mengusir tikus secara alami juga bisa menggunakan buah-buahan.


Buah Ampuh Usir Tikus


Pengen tahu buah apa saja itu? Yuk simak daftar buah pengusir tikus dan penjelasannya.

1. Buah Durian

Buah durian merupakan salah satu buah yang tidak disukai oleh tikus karena aromanya yang sangat menyengat.

Cara mengusir hama tikus dengan menggunakan durian adalah letakkan kulit durian di tempat-tempat yang sering dilalui oleh tikus.

Selain tidak menyukai aroma yang menyengat, tikus juga tidak menyukai benda-benda yang tajam.

Dan salah satu benda alami yang tajam adalah kulit durian, selain itu bisa menggunakan batang buah salak.

2. Buah Mengkudu

Image Source: orami.co.id

Buah mengkudu biasa disebut juga dengan buah pace. Buah ini terkenal dengan baunya yang menyengat dan tidak sedap. Oleh karenanya, hama tikus sangat tidak menyukai buah mengkudu.

Cara mengusir tikus dengan buah ini adalah letakkan daging buah mengkudu di tempat-tempat yang sering dilewati oleh tikus.

3. Buah Bintaro

Image Source: bukalapak.com

Buah bintaro merupakan salah satu buah yang sangat efektif digunakan untuk mengusir hama tikus. Karena buah bintaro mengandung racun yang dapat membunuh tikus dalam waktu singkat.

Cara mengusir tikus dengan buah ini adalah potong buah bintaro lalu letakkan di tempat yang sering dilewati hama tikus.

Saat tikus-tikus memakan buah ini, maka mereka akan keracunan dan dapat menyebabkan mereka mati.

4. Sirsak

Image Source: deherba.com

Yang digunakan untuk mengusir tikus bukanlah buahnya, tetapi daun sirsak. Hama tikus tidak menyukai bau yang berasal dari daun buah sirsak.

Cara untuk mengusir tikus dengan daun buah sirsak adalah dengan meletakkan daun buah sirsak di tempat-tempat yang sering ditempati atau dilewati hama tikus.

Jika daun sirsak mengering, maka ganti dengan daun sirsak yang baru.

5. Buah Maja / Buah Mojopahit

pengusir tikus
image source: idntimes.com

Nama Mojopahit bukan kareena buah ini ditemukan atau berasal dari kerajaan Majapahit. Dinamakan Mojopahit karena rasa buah maja yang pahit, sehingga orang sering menyebutnya mojopahit.

Indian bael atau buah maja merupakan buah yang berasal dari daerah Asia. Mereka ditemukan di daerah tropis dan subtropis. Maja masih berkerabat dengan buah kawista loh, sayangnya meskipun sekerabat rasa buahnya berbeda 180˚.

Jika kawista berbau sedap dan berdaging manis, lain halnya dengan buah maja yang pahit. Itu juga yang dibenci oleh tikus. Rasa buah maja pahit akan membuat tikus kapok saat mengigitnya. Cukup letakkkan buah maja ditempat biasanya tikus mencari makan.

6. Biji Kopi

Image Source: moneysmart.id

Tikus tidak menyukai biji kopi karena aromanya yang menyengat. Cara menggunakannya adalah letakkan biji kopi di tempat yang menjadi sarang mereka atau ditempat yang sering dilewati mereka.

Jika tidak ada biji kopi, maka sebagai alternatif bisa menggunakan kopi bubuk yang banyak dijual di toko-toko.

Demikian beberapa tanaman dan buah-buahan yang dapat digunakan sebagai pengusir hama tikus secara alami. Jika di rumah Anda banyak tikus pengganggunya, maka jangan ragu untuk melakukan beberapa cara diatas untuk mengusir tikus.

Jika ada saran, kritik, atau tambahan, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Comment