Umpan Ikan Lele Paling Ampuh Cepat Strike | Alami dan Racikan

Sebagai salah satu jenis ikan yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia, ikan lele juga menjadi salah satu ikan yang ingin didapatkan ketika memancing.

Sebenarnya jika kamu melakukan budidaya ikan lele, tidakalah sulit untuk mendapatkan ikan lele, namun memancing memberikan sensasi yang berbeda.

Ketika kamu memancing, ada perasaan berdebar menunggu umpan yang disiapkan disambar ikan, lalu ketika umpan berhasil dimakan, terdapat sensasi menyenangkan tarik menarik dengan ikan.

Sama halnya dengan ikan lele, ikan lele seperti ikan lainnya akan menjadi kepuasan tersendiri jika bisa didapatkan dengan memancing.

Selain itu, mengingat lele merupakan ikan yang mudah memakan apa saja, maka pemancing juga tidak perlu pusing memikirkan umpan yang digunakan.

Namun, untuk meningkatkan persentase keberhasilan mendapatkan ikan lele ketika memancing, tentunya umpan yang sesuai perlu disiapkan agar lebih cepat disambar.

Lele memang terkenal sebagai ikan yang tidak terlalu selektif dalam memilih makanan mereka. Itulah mengapa lele yang hidup di sungai tercemar bahkan bisa memakan kotoran termasuk kotoran manusia. Lantaran hal itu juga lele dianggap sebagai ikan yang mudah ditangkap.

Meski bukan ikan pemilih, tapi bukan bearti ikan lele mudah ditangkap. Ada beberapa faktor alam yang mempengaruhi keberadaan lele. Sehingga saat lele tidak keluar dari persembunyiannya kita harus memancing mereka dengan umpan yang tepat.

Fakta mengenai ikan lele lainnya adalah mereka bisa mencium dan merasakan aliran arus sungai dengan ikan lain yang melintas didekatnya. Di dalam sungai, arus akan membawa aroma dan rasa yang menarik juga yang tidak menarik bagi lele.

Sementara di air yang tenang, ikan lele cenderung lebih banyak bergerak untuk mencari makanan mereka. Terkadang mereka mengabaikan beberapa rangsangan yang serupa bahkan mereka tidak akan peduli jika itu umpan para pemancing.


Umpan Ikan Lele


Itu berarti memancing di perairan yang tenang memungkinkan kita untuk menangkap banyak ikan lele. Sebenarnya lele adalah ikan omnivora atau pemakan segala sehingga mereka bisa memakan apa saja baik itu materi hewani maupun nabati dengan ukuran yang sesuai.

Saat memilih umpan ikan lele terbaik beberapa pemancing awam menanyakan hal-hal mendasar yang mungkin sepele bagi profesional. Misalnya saja, seperti lebih efektif mana umpan hidup atau buatan dan lebih baik umpan hidup dipotong atau diumpankann secara utuh.

Kebanyakan predator akan menyukai mangsanya yang aktif, termasuk juga lele. Dengan kata lain, jika kalian memakai umpan hidup pakai saja secara utuh dan tidak perlu di potong-potong. Iming-iming yang kalian tawarkan akan menarik perhatian lele untuk mendekat.

Meski begitu umpan yang dipotong-potong tetap bisa menarik perhatian ikan lele. Tergantung seberapa beruntung saja kita saat memancing. Apabila waktunya tepat dimana lele sedang aktif mencari makan, maka umpan apapu akan di lahap.

Berikut merupakan umpan ikan lele baik yang alami atau racikan yang bisa digunakan untuk kamu yang ingin mendapatkan ikan lele ketika memancing:

1. Jangkrik

Jangkrik merupakan salah satu umpan alami yang bisa digunakan untuk memancing ikan lele. Jika ingin menggunakan jangkrik sebagai umpan, gunakan secara utuh tanpa ada bagian tubuh jangkrik yang dibuang.

Hal ini dikarenakan agar umpan terlihat secara alami karena bergerak dan dapat menarik perhatian ikan lele. Sebagai variasi, kamu juga bisa menambahkan beberapa atau sedikit tetes essens pada jangkrik.

2. Ulat Bambu

image source: pertanianku.com

Selain jangkrik, ulat bambu pun bisa kamu gunakan sebagai umpan ikan lele. Ada juga yang mengatakan ulat bambu merupakan salah satu umpan terbaik untuk memancing ikan lele.

Jika kamu tinggal di kota besar dan kesulitan mencari ulat bambu, kamu bisa membelinya di toko alat pancing atau toko burung terdekat di area tempat kamu tinggal.

3. Ulat Daun Pisang

umpan ikan lele
image source: pertanianku.com

Masih tentang ulat, ulat daun pisang juga bisa kamu gunakan untuk dijadikan sebagai umpan ikan lele. Ulat daun pisang sendiri bukan menjadi rahasia lagi sebagai umpan alami dikalangan para pemancing.

Ulat pisang juga cukup mudah untuk didapatkan, jika di area kamu banyak pohon pisang, temukan daun pisang yang melinting, karena disitulah ulat daun pisang ada dan bisa ditemukan.

4. Jeroan Ikan Bandeng

Jika kamu hobi memancing, akan sayang jika jeroan dari ikan bandeng yang kamu beli dibuang, karena bisa dijadikan sebagai umpan memancing.

Persiapannya pun juga tidak sulit, ambil jeroan ikan bandeng segar, siapkan wadah dan taruh jeroan di dalam wadah lalu diamkan selama satu minggu sebelum siap digunakan.

5. Umpan Ikan Lele Galatama Racikan

Selain umpan alami, kamu pun dapat membuat umpan racikan untuk ikan lele sendiri di rumah. Salah satu yang termudahnya adalah racikan lele galatama yang menggunakan sarang tawon.

Bahan:

  • Sarang Tawon

Cara Meracik:

  • Pisahkan kepompong/anak tawon dari sarang yang mengandung madu tersebut.
  • Tumbuk sarang sampai halus untuk dijadikan sebagai taburan umpan utama
  • Gunakan kepompong tawon sebagai umpan utama pada kail pancing lalu taburkan sarang tawon yang sudah dihaluskan sebelumnya.

6. Umpan Ikan Lele Kolam Racikan

Umpan racikan selanjutnya menggunakan campuran kuning telur dan juga bawang putih, berikut merupakan bahan dan cara meraciknya:

Bahan:

  • 1 kuning telur ayam
  • Bawang putih secukupnya
  • Pelet ikan 781-1 SP secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Meracik:

  • Rebus kuning telur sampai matang.
  • Siapkan wadah lalu campurkan semua bahan dan aduk sampai rata sampai kenyal (jangan sampai encer).
  • Umpan racikan siap dibentuk sesuai mata kail pancing untuk digunakan.

7. Jeroan Ayam

Jeroan ayam, seperti hati ayam, ampela, dan usus sangat disukai lele. Tidak perlu mencucinya terlebih dulu. Cukup potong kecil-kecil jeroan ayam, tapi jangan terlalu kecil. Lalu potongan-potongan tersebut siap dijadikan umpan ikan lele.

8. Udang

Udang yang masih hidup dan bergerak bisa menarik perhatiaan lele. Jika tidak ada udang segar yang masih hidup, udang busuk pun masih bisa digunakan. Caranya cukup potong-potong udang busuk sesuai mulut lele dan umpan siap dipakai.

9. Anak Kodok

Anak kodok yang masih berekor bisa dijadikan iming-iming hidup bagi ikan lele. Ambil anak kodok yang berukuran kecil lalu kaitkan bagian punggungnya ke kail. Persiapan umpan anak kodok langsung bisa digunakan.

Jika tidak ada kodok hidup, kodok mati pun tidak masalah atau kodok besar yang daging dan jeroannya dipotong-potong juga bisa dijadikan umpan. Bau juga menentukan apakah umpan akan diambil atau tidak.

10. Umpan Ikan Lele yang Berbau Menyengat

Setiap umpan yang berbau menyengat akan menarik perhatian lele bahkan sabun sekalipun. Ini dapat digunakan dalam kondisi yang tepat, misalnya saat cuaca hangat sehingga suhu air juga sedang hangat. Saat air hangat otomatis bau yang ddikeluarkan umpan akan semakin menyengat.

Bisa juga mencelupkan umpan bau kalian ke wadah berisi air panas sebentar lalu lempar umpan ke dalam air. Itu akan membuat bau umpan menyebar bersama dengan mengalirnya arus air. Anakan lele bahkan tidak tertarik dengan warna dan mereka hanya mendekati bau makanan.

Kapas yang dicelupkan ke dalam essen pun bisa mengundang lele mendekat. Bahkan bagia kalian yang low budget, makanan basi yang berbau menyengat juga bisa dijadikan umpan. Terasi juga bisa dijadikan umpan, intinya semua hal yang berbau menyengat.

Leave a Comment