Umpan Ikan Mas Terbaik Paling Jitu dan Mudah Disiapkan

Jika berbicara ikan air tawar, maka ikan mas menjadi salah satu juga yang digemari oleh banyak orang.

Hal ini karena ikan mas sendiri merupakan ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis dan juga sudah tersebar di Indonesia. Namun ada juga yang tidak menyukainya karena durinya yang banyak.

Karena termasuk jenis ikan yang banyak disukai orang, tidak heran jika ikan mas banyak ditemui di tempat pemancingan dan tidak jarang tempat pemancingan yang menyediakan ikan mas.

Ikan mas juga menjadi jenis ikan air tawar yang terbilang cukup mudah untuk dipancing.

Namun meskipun begitu, perlu juga mengetahui umpan yang cocok dan sesuai agar lebih mudah lagi dan lebih spesifik lagi mendapatkan ikan mas ketika memancing.

Tidak harus membelinya, kamu pun bisa membuat umpan untuk memancing ikan mas sendiri di rumah.


Umpan Ikan Mas


Mendengar kata ikan mas mungkin akan terpikirkan berbagai macam spesies ikan. Wajar saja karena jenis ikan mas memiliki banyak spesies, baik yang dikonsumsi maupun ikan mas hias. Dari sekian banyak spesies ikan mas, yang paaling sering diburu atau dipancing adalah Cyprinus carpio.

Cyprinus carpio merupakan ikan mas konsumsi yang hidup di perairan air tawar. Mereka memiliki nilai ekonomis dan sudah tersebar luas di wilayah Inddonesia. Tak hanya hidup di alam bebas, ikan mas juga banyak yang membudidayakan.

Semua ikan mas yang dipelihara atau dibudidayakan di Indonesia di datangkan dari beberapa negara, seperti CIna, Eropa, Taiwan, dan Jepang. Keberadaan mereka sudah dikenal masyarakat Indonesia sejak tahun 1920-an.

Berkat kemajuan ilmu pengetahuan, beberapa spesies ikan mas berhasil disilangkan. Sebut saja ikan mas punten dan ikan mas majalaya yang merupakan hasil seleksi di Indonesia. Berdasarkan indentifikasi karakteristik morfologisnya, setidaknya terdapat 10 ikan mas hingga saat ini.

Dikatahui, saat ini China menjadi produsen terbesar yang menyumbangkan 70 persen produksi ikan mas dunia. Bagi pelaku olahraga mancing, ikan mas merupakan salah satu target yang paling sering dipancing karena sudah banyak dibudidayakan di kolam-kolam pemancingan.

Di Eropa, ikan mas dibudidayakan untuk ditangkap di lokasi pemancingan ikan dan hanya sedikit yang dijual di pasar. Indonesia pun juga sama banyak kolam pemancingan yang menyediakan ikan mas, tapi ikan mas juga masih banyak dijual di pasaran.

Setidaknya terdapat beberapa jenis ikan mas konsumsi di Indonesia. Ada ikan mas punten, ikan mas sinyonya atau putri yogya, ikan mas Taiwan, ikan mas merah, ikan mas majalaya, ikan mas Yamato, dan ikan mas lokal.

Berikut merupakan umpan alami dan racikan untuk memancing ikan mas yang bisa kamu siapkan sendiri di rumah sebelum berangkat pergi memancing:

1. Cacing Tanah

image source: intens.news

Cacing memang sudah umum untuk dijadikan sebagai iming-iming untuk memancing ikan air tawar, tidak terkecuali ikan mas.

Namun jika kamu memancing di kolam yang terdapat banyak jenis ikan air tawar, tentunya kesempatan spesifik mendapatkan ikan mas juga berkurang.

2. Ulat Daun

umpan ikan mas
image source: farmee.id

Selain cacing, ulat daun juga bisa menjadi umpan alami untuk memancing ikan mas.

Ulat daun merupakan jenis umpan yang memiliki aroma khasnya sendiri jika masuk ke dalam air. Selain itu, ulat daun juga mudah untuk dicerna oleh ikan mas.

Untuk menemukannya, kamu bisa mendapatkan ulat daun melalui ulat daun yang ada di daun pisang yang menggulung/melinting, daun cabai atau daun jeruk.

3. Umpan Ikan Mas Racikan Menggunakan Telur Asin

Selain umpan alami, kamu pun bisa membuat racikan umpan untuk ikan mas sendiri di rumah. Misalnya seperti umpan racikan menggunakan telur asin seperti di bawah ini:

Bahan:

  • 2 telur asin
  • Amisan laut ranjau 765
  • Kroto secukupnya

Cara Meracik:

  • Siapkan wadah lalu haluskan telur asin dan amisan menggunakan air panas setengah gelas. Aduk sampai encer.
  • Tambahkan serbuk amisan ranjau dan kroto secukupnya lalu aduk sampai merata
  • Umpan racikan siap digunakan dan dibentuk sesuai dengan mata kail.

4. Umpan Ikan Mas Racikan Menggunakan Pelet Safir

Selain menggunakan ikan asin, ada juga umpan racikan yang menggunakan pelet safir dan bisa kamu coba gunakan untuk memancing dan mendapatkan ikaan mas.

Bahan:

  • 8 sdm pelet safir
  • 1 telur
  • satu santan instan
  • 1 sunbel

Cara Meracik:

  • Rebus semua bahan kecuali pelet safir selama kurang lebih 20 menit.
  • Angkat dan aduk selagi panas.
  • Tambahkan 8 sdm pelet safir wangi dan aduk sampai merata.
  • Umpan ikan mas siap digunakan dan dibentuk sesuai dengan mata kail.

5. Umpan Racikan Menggunakan Biskuit Rasa Kelapa

Tidak hanya bahan alami atau yang berhubungan dengan ikan saja yang bisa dijadikan sebagai racikan umpan, biscuit rasa kelapa pun bisa digunakan sebagai bahan racikan.

Bahan:

  • Biskuit roma rasa kelapa
  • satu telur asin
  • 1 bungkus pelet pancing jitu
  • Air panas secukupnya

Cara Meracik:

  • Haluskan biscuit roma rasa kelapa secukupnya.
  • Tambahkan dan campurkan dengan telur asin lalu aduk sampai rata.
  • Tambahkan air panas sedikit demi sedikit sampai menjadi kenyal.
  • Campurkan pelet pancing jitu secukupnya.
  • iming-iming ikan mas siap digunakan dan dibentuk sesuai bentuk kail.

6. Serangga

Sebagai hewan omnivora tentu lele juga akan menyukai serangga seperti kebanyakan ikan omnivora lainnya. Kalian bisa mengumpankan jangrik, belalang, lalat dan sejenisnya.

Serangga-serangga tersebut mudah ditemukan kalaupun malas mencari membeli dari penjual harganya tetap murah.

Cocok sekali bagi pemancing low budget atau pemula yang mungkin akan berkali-kali kehilangan umpan sebelum ikan tertangkap. Serangga-serangga tersebut dapat digunakan sebagai umpan ikan mas untuk memancing dimana saja, baik itu di rawa maupun di tambak.

7. Umpan Ikan Mas Racikan Putih

Bahan:

1) Daun pandan
2) deho amis
3) Putih telur 4 butir
4) Katulampa
5) Susu bubuk plain
6) Sanbel
7) Kroto

Cara membuat:

Campurkan semua bahan dalam satu wadah besar kecuali deho, kroto, dan katulampa. Aduk hingga semua tercampur rata dan tambahkan daun pandan. Kukus bahan-bahan yang telah dicampur sebelumnya selama kurang lebih 30 menit.

Setelah 30 menit atau saat sudah matang, angkat adonan lalu bubuhkan sedikit deho agar bau umpan menjadi amis. Kemudian tambahkan kroto secukupnya dan gunakan pengeras katulampa.

8. Resep Umpan Ikan Mas

Bahan-bahan:

1) Santan instan
2) Belut sebanyak 1 kg
3) Daun pandan
4) Ubi manis 2 buah
5) Air 1 liter

Cara membuat:

Pertama-tama rebus belut terlebih dulu hingga airnya menyusut kemudian ambil dagingnya saja. Rebus juga ubi hingga matang kemudian hancurkan dan campur dengan daging belut tadi.

Uleni adonan hingga benar-benar kalis. Jika sudah kalis buat adonan bulat-bulat kecil dan bisa langsung digunakan sebagai umpan ikan mas.

Sisa air rebusan belut bisa digunakan untuk membasahi bandul. Bau amis dari air sisa rebusan belut bisa memancing ikan mas keluar. Sangat cocok untuk memancing ikan mas di tambak.

9. Umpan KTA

Kelengkapan:

a) 1 bungkus Pelet ikan mas
b) 1 sendok makan Raja udang
c) 1 bungkus pelet samsu
d) KTA ikan mas 1 bungkus
e) Kiki riri seperempat bungkus

Cara buat:

Haluskan KTA dan beri air panas hingga teksturnya mirip bubur. Masukkan kiki riri dan pelet kemudian aduk hingga merata. Tambahkan raja udang dan aduk kembali hingga tercampur rata. Tambahkan air jika adonan terlalu kering.

Leave a Comment