7 Umpan Alami untuk Memancing Ikan Predator Air Tawar

7 Umpan Alami untuk Memancing Ikan Predator Air Tawar

Memancing ikan air tawar untuk dikonsumsi seperti mujair, lele, gurame, ikan mas, nila atau patin mungkin bisa dikatakan sudah biasa.

Namun bagaimana jika memancing ikan predator air tawar? Tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi para pemancing.

Sebenarnya pada beberapa artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai umpan memancing ikan gabus, yang mana ikan gabus ini termasuk jenis ikan predator air tawar.

Namun jika dibandingkan dengan tampilan ikan predator air tawar lainnya, mungkin ikan gabus masihlah terlihat tidak terlalu menyeramkan. Ikan predator sendiri umumnya kerap kali dijadikan sebagai ikan hias.

Karena sifat predatornya, jika ingin memancing ikan predator air tawar di habitat aslinya, penggunaan umpan alami bisa menjadi pilihan yang tepat.


Umpan Ikan Predator Air Tawar


Penasaran dan tertantang memancing ikan predator air tawar di habitat aslinya? Berikut merupakan daftar umpan yang bisa kamu gunakan.

1. Jangkrik

Jangkrik bisa dikatakan sebagai umpan alami yang cukup cocok jika ingin digunakan sebagai umpan untuk memancing ikan predator air tawar. Karena jangkrik cukup disukai oleh ikan gabus atau ikan arwana.

Memancing ikan gabus menggunakan jangkrik sudah bisa dikatakan sebagai hal yang umum. Hal ini karena pada dasarnya ikan predator air tawar memakan segalanya.

2. Ikan Kecil

Selain jangkrik umpan alami lainnya yang bisa digunakan untuk memancing ikan predator air tawar adalah ikan kecil. Ikan kecil sendiri merupakan makanan yang kerap kali dimakan oleh predator air tawar.

Misalnya saja seperti ikan gabus, ikan belida atau ikan peacock bass yang juga memakan ikan kecil. Karena sebagai makanan yang biasa dimakan, tidak jarang ikan kecil dijadikan sebagai umpan.

3. Anak Katak

Dihabitat aslinya kerap kali anak katak atau katak kecil menjadi santapan ikan predator air tawar. Oleh karena itu penggunaan anak katak sebagai umpan alami juga bisa dijadikan sebagai salah satu opsi yang digunakan.

Jika mencoba memulai memancing ikan predator mulai dari jenis kecil seperti ikan gabus, penggunaan anak katak juga bisa dijadikan sebagai opsi. Anak katak juga menjadi umpan yang mudah didapatkan.

4. Anak Ikan Mas

Selain ikan kecil seperti ikan wader kecil, anak ikan mas pun bisa dijadikan sebagai umpan untuk memancing ikan predator air tawar. Beberapa ikan air tawar misalnya seperti ikan belida bisa memakan anakan ikan mas.

Selain itu berdasarkan sifat dasar alami dari ikan predatoryangmemakan segalanya termasuk ikan kecil, maka anak ikan mas pun juga bisa kamu jadikan sebagai umpan untuk memancingnya.

5. Cacing Darah beku

Selain cacing tanah yang sudah umum digunakan sebagai umpan untuk memancing, cacing darah beku pun juga bisa kamu jadikan sebagai umpan alami, terlebih untuk ikan predator air tawar.

Kamu bisa menggunakan cacing darah beku misalnya jika ingin mencoba memancing ikan predator seperti peacock bass.

6. Cacing Tanah

Cacing tanah merupakan umpan yang tidak asing dan bahkan sudah menjadi hal umum dikalangan para pemancing.

Tidak hanya digunakan untuk memancing ikan air tawar yang biasa saja, cacing tanah pun bisa digunakan untuk ikan predator air tawar.

Hal ini karena cacing mengeluarkan aroma amis dan gerakan tubuhnya di dalam air dapat menarik perhatian berbagai macam jenis ikan.

7. Belalang

Serangga lainnya yang bisa kamu gunakan sebagai umpan alami untuk memancing selain jangkrik adalah belalang.

Biasanya penggunaan belalang sebagai umpan adalah dengan melepaskan bagian sayapnya terlebih dahulu.

Ikan predator seperti gabus juga menyukai belalang jika dijadikan sebagai umpan. Oleh karena itu penggunaan belalang sebagai umpan alami ikan predator juga bisa dijadikan pilihan.

Keyword: Umpan Ikan Predator Air Tawar

Leave a Comment