Umpan Ikan Predator Air Tawar yang Alami (Mudah Didapat)

Umpan Ikan Predator Air Tawar – Memancing ikan air tawar untuk dikonsumsi seperti mujair, lele, gurame, ikan mas, nila atau patin mungkin bisa dikatakan sudah biasa.

Namun bagaimana jika memancing ikan predator air tawar? Tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi para pemancing.

Sebenarnya pada beberapa artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai umpan memancing ikan gabus, yang mana ikan gabus ini termasuk jenis ikan predator air tawar.

Namun jika dibandingkan dengan tampilan ikan predator air tawar lainnya, mungkin ikan gabus masihlah terlihat tidak terlalu menyeramkan. Ikan predator sendiri umumnya kerap kali dijadikan sebagai ikan hias.

Karena sifat predatornya, jika ingin memancing ikan predator air tawar di habitat aslinya, penggunaan umpan alami bisa menjadi pilihan yang tepat.

Ikan predator selalu menarik perhatian para pemancing karena kekuatan dan kecepatan mereka. Beberapa pemancing ada yang mengincar ikan predator untuk mengisi akuarium hias mereka ada juga yang mengincar untuk dikonsumsi.

Sebenarnya ikan predator tidak mudah untuk dipelihara apalagi jika disatukan dengan jenis ikan lainnya. Penanganan dan perawatan mereka akan lebih mahal dari ikan hias biasa.

Sementara untuk konsumsi ikan predator diminati karena kebanyakan jenisnya berukuran besar dan bergaging banyak.

Selain dagingnya banyak nilai gizi yang terdapat dalam ikan predator juga sangat bagus. Salah satu hal yang masih menjadi kesalahan dalam pemahaman orang awam adalah definisi dari ikan predator itu sendiri.

Seringnya ikan predator didefinissikan sebagai ikan yang lebih besar dimana mereka memangsa ikan-ikan yang lebih kecil. Sering juga didefinisikan sebagai ikan karnivora yang memakan ikan-ikan lainnya dengan ukuran dibawahnya.


Umpan Ikan Predator Air Tawar


Tentu saja pemahaman jika ikan predator hanya memakan ikan-ikan yang lebih kecil dari mereka itu salah. Para predator air tawar tidak sepenuhnya memakan ikan-ikan yang lebih kecil dari mereka, tapi juga beberapa hewan lain yang ada di habitata mereka.

Makanan yang mereka makan di habitat mereka itulah yang bisa menjadi referensi umpan bagi pemancing. Sebagian besar ikan predator air tawar memang umumnya memakan ikan kecil dan juga udang air tawar.

Selain ikan kecil dan udang air tawar mereka juga memakan serangga, seperti capung, lalat, atau belalang yang jatuh ke air. Berbagai makanan tersebut bisa kita jadikan umpan untuk menarik perhatian ikan predator air tawar.

Serangga sangat menarik perhatian bagi ikan predator air tawar. Pemancing bisa bereksperimen dengan berbagai macam serangga, seperti lalat hijau, belatung, ulat bambu, dan jangkrik.

Ikan-ikan predator yang lebih kecil bahkan sangat menyukai udang rebon, jentik nyamuk, dan cacing darah.

Umpan-umpan, seperti cacing dan lintah sering menarik perhatian berbagai macam ikan. Bahkan umpan-umpan tersebut adalah umpan paling umum bagi ikan pemakan bangkai, seperti lele, gurame, hingga sapu-sapu.

Penasaran dan tertantang memancing ikan predator air tawar di habitat aslinya? Berikut merupakan daftar umpan yang bisa kamu gunakan.

1. Jangkrik

Jangkrik bisa dikatakan sebagai umpan alami yang cukup cocok jika ingin digunakan sebagai umpan untuk memancing ikan predator air tawar. Karena jangkrik cukup disukai oleh ikan gabus atau ikan arwana.

Memancing ikan gabus menggunakan jangkrik sudah bisa dikatakan sebagai hal yang umum. Hal ini karena pada dasarnya ikan predator air tawar memakan segalanya.

2. Ikan Kecil

Selain jangkrik umpan alami lainnya yang bisa digunakan untuk memancing ikan predator air tawar adalah ikan kecil. Ikan kecil sendiri merupakan makanan yang kerap kali dimakan oleh predator air tawar.

Misalnya saja seperti ikan gabus, ikan belida atau ikan peacock bass yang juga memakan ikan kecil. Karena sebagai makanan yang biasa dimakan, tidak jarang ikan kecil dijadikan sebagai umpan.

3. Anak Katak

Dihabitat aslinya kerap kali anak katak atau katak kecil menjadi santapan ikan predator air tawar. Oleh karena itu penggunaan anak katak sebagai umpan alami juga bisa dijadikan sebagai salah satu opsi yang digunakan.

Jika mencoba memulai memancing ikan predator mulai dari jenis kecil seperti ikan gabus, penggunaan anak katak juga bisa dijadikan sebagai opsi. Anak katak juga menjadi umpan yang mudah didapatkan.

4. Anak Ikan Mas

Selain ikan kecil seperti ikan wader kecil, anak ikan mas pun bisa dijadikan sebagai umpan untuk memancing ikan predator air tawar. Beberapa ikan air tawar misalnya seperti ikan belida bisa memakan anakan ikan mas.

Selain itu berdasarkan sifat dasar alami dari ikan predatoryangmemakan segalanya termasuk ikan kecil, maka anak ikan mas pun juga bisa kamu jadikan sebagai umpan untuk memancingnya.

5. Cacing Darah beku

Selain cacing tanah yang sudah umum digunakan sebagai umpan untuk memancing, cacing darah beku pun juga bisa kamu jadikan sebagai umpan alami, terlebih untuk ikan predator air tawar.

Kamu bisa menggunakan cacing darah beku misalnya jika ingin mencoba memancing ikan predator seperti peacock bass.

6. Cacing Tanah

Cacing tanah merupakan umpan yang tidak asing dan bahkan sudah menjadi hal umum dikalangan para pemancing.

Tidak hanya digunakan untuk memancing ikan air tawar yang biasa saja, cacing tanah pun bisa digunakan untuk ikan predator air tawar.

Hal ini karena cacing mengeluarkan aroma amis dan gerakan tubuhnya di dalam air dapat menarik perhatian berbagai macam jenis ikan.

7. Belalang

Serangga lainnya yang bisa kamu gunakan sebagai umpan alami untuk memancing selain jangkrik adalah belalang.

Biasanya penggunaan belalang sebagai umpan adalah dengan melepaskan bagian sayapnya terlebih dahulu.

Ikan predator seperti gabus juga menyukai belalang jika dijadikan sebagai umpan. Oleh karena itu penggunaan belalang sebagai umpan alami ikan predator juga bisa dijadikan pilihan.

8. Udang Air Tawar

Untuk umpan ikan predator air tawar, seperti ikan trout, ikan tombak kuning, dan baramundi sangat menyukai udang atau lobster air tawar. Penggunaan udang sebagai umpan tidak boleh terlalu banyak.

Kemungkinan udang mengandung thiaminase yang tinggi. Jika kalian memancing untuk ikan hias, maka lebih baik jangan terlalu sering memberi mereka udang. Thiaminase pada udang akan mengakibatkan ikan kekurangan vitamin B1.

Apabila kalian memancing ikan predator untuk konsumsi, memilih udah sebagai umpan merupakan pilihan yang baik. Aroma udang mudah menarik perhatian ikan-ikan predator. Kalian tidak perlu umpan udang hidup, udang beku pun tetap menarik perhatian ikan-ikan.

Cara pemakaiannya cukup mudah. Jika kalian membawa umpan udag berukuran kecil, cukup kaitlan langsung ke dalam kail. Beri pemberat dan biarkan mereka berada di dasar perairan seperti habitat aslinya.

Nanti ikan yang mendekat tidak akan sadar jika umpan udag tersebut hanyalah jebakan. Bila umpan kalian berupa udang beku atau udang yang cukup besar, bisa di potong lebih kecil lalu kaitkan ke kail. Boleh dibuang cangkang pelapisnya atau biarka begitu saja.

9. Tikus Kecil

Bagi ikan predator berukuran besar, menarik perhatian mereka dengan tikus juga bisa menjadi alternatif bagi para pemancing. Apabila dirumah kalian banyak tikus, seperti tikus curut atau mencit bisa digunakan sebagai umpan.

Hitung-hitung mengurangi populasi hama tikus dirumah sekalian bisa untuk memancing ikan. Jangan potong-potong tikus karena itu juga menjijikan. Langsung kaaitkan saja tikus tangkapan kalian ke kail. Kaitkan pada bagian punggung atau mulut tikus.

10. Siput

Siput juga merupakan alternatif umpan lainnya untuk memancing ikan predator. Selain mudah ditemukan, siput juga terjangkau harganya. Cara memakainya cukup pecahkan cangkang ssiput dan kaitkan daging siput ke kail pancing.

Leave a Comment