Umpan Ikan Tawes Alami dan Racikan (Spot Air Jernih atau Keruh)

Salah satu faktor penting ketika memancing ikan adalah penggunaan umpan, termasuk jika kamu ingin memancing ikan tawes.

Tentunya akan berbeda perasaan puas ketika memancing ikan tawes di habitat asli atau dikolam pemancingan.

Jika di kolam, jarang ditemukan ikan tawes yang tubuhnya bisa mencapai sekitar 40 cm atau dengan berat 1,5 kg.

Oleh karena itu kepuasan ketika mendapatkan strike ikan tawes di habitat aslinya, dan tarik menarik ketika umpan berhasil disambar akan terasa berbeda.

Umpan yang digunakan untuk memancing ikan tawes pun dapat bermacam-macam, mulai dari umpan alami sampai umpan racikan juga bisa digunakan.


Umpan Ikan Tawes


Ikan Tawes merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak digemari pemancing. Mereka merupakan ikan asli Asia Tenggara, terutama Indonesia, Thailand, dan Malaysia. Di Indonesia sendiri ikan ini banyak ditemukan di Sumatra dan Jawa.

Nama ilmiah dari ikan ini adalah Barbonymus goninotus. Dalam bahasa Inggris ikan ini disebut dengan Java barb atai Silver barb. Nama tersebut dikarenakan ikan ini pertama kali ditemukan di perairan Jawa selain itu warna sisiknya silver.

Banyak ditemukan dalam sistem perairan darat, baik itu waduk, danau, maupun sungai. Bahkan terkadang tawes sering ditemukan di perairan payau, meskipun sebenarnya mereka lebih menyukai perairan air tawar.

Tawes atau ikan donor memiliki sisik berwarna silver dengan sirip punggung berwarna kuning. Tak heran jika dalam Bahasa Inggris disebut silver barb. Umumnya ikan tawes memiliki kepala kecil dengan mulut yang moncong.

Keberadaan mereka di alam bebas sangat berguna karena berfungsi sebagai pengedali gulma alami. Populasi ikan tawes cukup banyak karena mereka kawin sepanjang tahun. Jadi, tidak usah khawatir kalian tidak akan bisa menangkap tawes ya, cukup siapkan umpan yang tepat.

Beberapa rekomendasi umpan di bawah ini merupakan makanan yang digemari ikan tawas. Umpan-umpan ikan tawes dibawah ini beberapa diantaranya memang makanan sehari-hari mereka. Inilah beberapa rekomendasi umpan ikan tawes dari Rahasia Belajar.

Penasaran ingin memancing ikan tawes dan bingung umpan apa yang perlu digunakan? Berikut merupakan daftar umpan ikan tawes baik alami atau racikan yang bisa digunakan.

1. Daun Sawi

Tidak melulu harus menggunakan cacing sebagai umpan ketika memancing, jika kamu ingin memancing ikan nila, kamu juga bisa menggunakan daun sawi sebagai alternatif umpan alami.

Penggunaan daun sawi untuk umpan ikan nila sebaiknya digunakan pada air atau ketika kondisi air keruh. Potong daun sawi hijau menjadi kecil-kecil supaya mudah dikaitkan pada mata kail.

2. Pisang Matang

Selain dikonsumsi, pisang patang sebenarnya bisa dijadikan sebagai umpan memancing ikan nila.

Pisang yang digunakan untuk umpan nila biasanya adalah pisang barangan. Potong kecil-kecil pisang matang dan sesuaikan dengan mata kail pancing.

3. Usus Ayam

Usus ayam bisa dikatakan sebagai salah satu umpan ikan nila yang cukup mudah untuk didapatkan.

Penggunaan usus ayam sebagai umpan lebih baik digunakan pada area memancing dengan air kolam atau spot air yang jernih dan tidak keruh.

4. Racikan Telur, Tempe Busuk dan Tepung Terigu

Berikut merupakan umpan racikan yang menggunakan perpaduan telur, tepung terigu dan juga tempe busuk:

Bahan:

  • 2 tempe busuh
  • 1 kuning telur ayam/bebek
  • Tepung terigu secukupnya

Cara Meracik:

  • Haluskan tempe busuk sampai benar-benar halus.
  • Siapkan wadah, campurkan tempe busuk yang sudah dihaluskan bersama dengan kuning telur ayam/bebek.
  • Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit smapai bahan umpan mengental dan mudah dibentuk.
  • Bentuk umpan menjadi bulatan kecil atau disesuaikan dengan mata kail pancing yang digunakan.

5. Racikan Tempe, Telur dan Bawang Putih

Berikut merupakan umpan racikan menggunakan perpaduan telur, bawang putih dan tempa yang bisa dicoba untuk digunakan:

Bahan:

  • 2 Tempe
  • 1 Kuning telur bebek
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt garam

Cara Meracik:

  • Haluskan tempe sampai benar-benar halus dengan cara diiris lalu ditumbuk smapai halus.
  • Tumbuk bawang putih bersama dengan garam.
  • Siapkan wadah, masukkan bawang putih dan kuning telur bebek lalu aduk sampai rata.
  • Masukkan tempe yang sudah dihaluskan sedikit demi sedikit sambil diaduk dan bahan mengental.
  • Bentuk bahan umpan menjadi bualatan kecil sesuai dengan mata kail pancing yang digunakan.

6. Racikan Mie Instan, Tempe dan Udang Rebon

Berikut merupakan umpan racikan perpaduan mie instan, tempe, dan udang rebon yang bisa kamu coba gunakan:

Bahan:

  • 1 mie instan
  • 3-4 siung bawang putih & merah
  • 1 bungkus teempe
  • Udang rebon, mentega dan air hangat secukupnya

Cara Meracik:

  • Rebus mie instan sampai matang dan angkat lalu dihaluskan.
  • Haluskan juga tempe dan udang sampai benar-benar halus.
  • Siapkan wadah, campurkan mie dan tempe yang sudah dihaluskan.
  • Tambahkan air hangat sedikit demi sedikit sambil mengaduk sampai rata dan kenyal
  • Masukkan udang rebon lalu aduk lagi sampai rata.
  • Siapkan wajan, panaskan mentega dan goreng bawang yang diiris, lalu bawang dihaluskan.
  • Campurkan bawang ke bahan di wadah lalu aduk lagi sampai tercampur rata.
  • Bentuk umpan sesuai dengan mata kail pancing yang digunakan.

7. Roti Tawar

Roti tawar bisa dibilang merupakan salah satu makanan yang paling umum diumpankan untuk banyak ikan air tawar, termasuk juga ikan tawes. Biasanya, Roti tawar digemari karena mereka mengandung tepung dan serat yang membbbuat ikan cukup kenyang saat memakannya.

Cara memakai umpan dari roti tawar cukup mudah. Ambil roti tawar secukupnya, lalu tekan-tekan hingga roti memadat. Tujuan dari memadatkan roti agar saat dikaitkan pada kail tidak akan mudah terlepas di dalam air.

Tekstur roti akan mudah hancur begitu terkena air. Untuk itu kita perlu memadatkan roti akan tidak terlepas sesaat terkena air. Berhubung roti itu ringan, pakai pemberat berukuran sedang agar kail bisa masuk kedalam air.

8. Serangga Kecil

Serangga kecil, seperti jangkrik, kecoak, dan sejenisnya merupakan makanan kesukaan ikan tawes di habitat aslinya. Di alam bebas mereka memakan serangga-serangga kecil yang kebetulan datang ke air tempat habitat tawes.

Para tawes akan muncul ke permukaan saat mereka melihat mangsa berupa serangga. Terkadang mereka juga bersembunyi di dekat vegetasi menunggu ada serangga yang datang.

9. Tumbuhan Air

Dikenal sebagai hewan omnivora, ikaan tawes memang menyukai beberapa tumbuhan air. Jika kalian tidak memiliki budget cukup, ambil saja beberapa vegetasi ditempat kalian akan memancing. Pastikan mengambil seakar-akarnya.

Jangan lupa gunakan pemberat yang cukup agar umpan kalian dapat masuk ke dalam air. Apalagi jika tumbuhan yang kalian ambil terlalu ringan, pastikan pemberatnya agak berat. Seperti yang kita tahu, tumbuhan air bukanlah tumbuhan berkayu, sehingga berat mereka sangat ringan.

10. Udang

Udang maupun lobster air tawar juga disukai oleh ikan tawes. Ambil udang dan potong kecil-kecil lalu kaitkan ke kail pancing. Jika udangnya terlalu ringan, pakai pemberat yang cukup agar umpanmu bisa masuk ke dalam air.

11. Jagung

Jagung merupakan alternatif umpan ikan tawes yang murah meriah. Tak perlu direbus, cukup ambil beberapa biji jagung yang besar lalu kaitkan pada kail. Jangan lupa pemberat untuk kailmu karena jagung sangat ringan.

12. Umbi-umbian

Umbi-umbian seperti ubi atau ssingkong bisa menjadi alternatif umpan ikan tawes lainnya. Selain mengandung tepung dan gula yang disukai ikan, harga umbi-umbian juga relatif murah. Cara pakainya bisa direbus terlebih dulu atau bisa dipotong kecil dan langsung dikaitkan.

Leave a Comment