Pengertian Undergraduate, Graduate, dan Postgraduate

Pengertian Undergraduate, Graduate, dan Postgraduate

Mengenal Undergraduate, Graduate, Postgraduate? Oke jadi pada artikel kali ini penulis masih akan membahas jenjang pendidikan di luar negeri, khususnya di negeri paman sam dan negara-negara barat lainnya.

Karena pada artikel sebelumnya juga pernah dibahas mengenai program bachelor degree dimana di USA program tersebut masuk dalam jenjang pendidikan undergraduate.

Dan oleh sebab itu kali ini pembahasannya akan lebih pada pembagian jenjang pendidikan secara umum yang diterapkan di negara-negara barat yaitu undergraduate, graduate, postgraduate.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang jenjang pendidikan tersebut yuk simak rinciannya di bawah ini:


Undergraduate


Ketika seseorang menyelesaikan pendidikan di level high school dan mendapatkan gelar diploma, nah kemudian seseorang tersebut bisa memilih apakah dirinya akan langsung terjun ke dunia kerja atau dia juga bisa melanjutkan pendidikannya kembali di college atau university.

Jika seseorang itu melanjutkan pendidikannya maka dia menempuh program pendidikan di jenjang undergraduate dan akan disebut dengan pelajar undergraduate.

Pada jenjang undergraduate sendiri terdapat tiga program pendidikan yang bisa dipilih di antaranya adalah certificate, associate degree, dan bachelor degree.

Untuk mendapatkan gelar certificate lamanya waktu pendidikan yang harus ditempuh adalah hanya satu tahun.

Certificate ini merupakan program belajar yang memang didesain untuk jangka pendek, yang dikhususkan untuk mahasiswa yang ingin menguasai suatu bidang yang lebih spesifik.

Assosiate degree dapat ditempuh selama dua tahun dengan beban studi 60 SKS. Sedangkan untuk mendapatkan gelar bachelor degree seseorang harus menempuh pendidikan selama kurang lebih empat tahun dengan beban studi 120 SKS.

Jadi cukup jelas ya jika terdapat seseorang yang mengaatakan dirinya adalah seorang pelajar undergraduate berarti dia adalah seorang pelajar yang menempuh pendidikan dengan gelar certificate, associate degree, atau bachelor degree.

Jika memang harus menyetarakan jenjang pendidikan undergraduate ini dengan pendidikan di Indonesia, maka bisa dikatakan undergraduate setara dengan program S1 atau program Diploma.


Graduate


Kemudian setelah seseorang menyelesaikan pendidikan pada program undergraduate selama empat tahun dan ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi maka ia disebut dengan pelajar graduate.

Gelar yang didapat ketika menyelesaika program pendidikan di graduate adalah master degree. Jika di Indonesia jenjang ini setara dengan  program Pasca Sarjana atau S2.

Biasanya lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan graduate berkisar antara 1-2 tahun.

Memang beberapa universitas terkadang menerapkan penggolongan yang berbeda, misalnya terdapat universitas yang menggolongkan gelar master berada pada program graduate, tetapi beberapa universitas lain menggolongkan gelar master termasuk pada program postgraduate.


Postgraduate


Secara sederhana postgraduate dapat diartikan sebagai program pendidikan, yang ditempuh untuk mendapatkan gelar doktor.

Pada umumnya untuk mendapatkan gelar doktor seseorang harus menempuh pendidikan selama kurang lebih tiga tahun.

Kalau memang setelah mendapatkan gelar doktor seseorang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi maka program pendidikan yang ditempuh disebut post-doctoral.


Perbedaan College dan University?


Sebelumnya pada sub bab undergraduate terdapat kata college dan university. Pendidikan di luar negeri memang sangat populer dengan tempat yang disebut college atau university tersebut.

Meskipun jika di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia college berarti kampus, dan kata kampus dalam penggunaannya di Indonesia merupakan kata yang memiliki arti yang sama dengan universitas.

Tetapi apakah keduanya dianggap sama dalam penggunaannya di luar negeri? Yuk simak beberapa penjelasan berikut ini:

Populasi Mahasiswa

Kalau college dan university dibandingkan berdasarkan populasi mahasiswa, tentu saja jumlah mahasiswa yang ada di universitas akan lebih banyak dibanding populasi mahasiswa di college.

Hal ini dikarenakan sebuah universitas sendiri memang lebih besar dibanding dengan sebuah college. Kemudian pada umumnya usia mahasiswa yang belajar di universitas berkisar antara 18-25 tahun.

Meskipun terkadang terdapat universitas yang menawarkan program untuk orang-orang yang telah bekerja. Sedangkan college usia mahasiswa berkisar antara 16 sampai 60 tahun.

Karena program yang ditawarkan dari college berupa kuliah atau pelatihan yang lebih infomal.

Di College seseorang memang mempelajari suatu keahlian, bidang ejuruan, atau program-program yang bersifat spesifik dan memiliki jangka waktu yang pendek.

Pengajaran

Pada universitas biasanya memiliki tenaga pendidik dengan gelar yang lebih tinggi. Selain itu metode pengajarannya pun lebih formal.

Sedangkan di college suasana belajar lebih rileks dengan jumlah murid yang juga lebih sedikit dalam satu kelas.

Sehingga waktu yang digunakan mahasiswanya untuk berinteraksi dengan gurunya lebih banyak.

Prospek jangka panjang

Peluang di dalam dunia kerja keduanya memiliki kesempatan yang sama, bergantung pada tempat dan bidang pekerjaan apa yang diambil.

Karena yang paling terpenting ketika kita melamar kerja adalah seolah kita mumpuni di bidang pekerjaan yang ingin kita lamar tersebut.

Dan juga memiliki pengalaman kerja yang relevan. Jadi biasanya mereka tidak akan mementingkan apakah seseorang itu lulusan universitas atau college.

Fasilitas

Barangkali jika dibandingkan berdasarkan fasilitas yang menunjang pembelajaran, universitas memiliki fasilitas yang lebih lengkap dibanding dengan college.

Memang di college pun memiliki laboratorium komputer, lokakarya, dan ruang kelas tetapi tidak selengkap yang dipunyai universitas.

Tetapi sekali lagi fasilitas berguna jika memang dibutuhkan jadi tidak semua fasilitas yang ada di universitas pun dibutuhkan di college.

Komunitas Sosial

Karena universitas memiliki jumlah mahasiswa yang lebih banyak tentu saja peluang mahasiswanya untuk memiliki perkumpulan mahasiswa, klub, atau komunitas sosial juga lebih banyak.

Terkadang college yang dapat memberikan gelar sarjana bagi lulusannya biasanya bekerjasama dengan universitas.

Dan beberapa universitas memang memberikan ijin untuk memberikan gelar sarjana tersebut dengan catatan tetap menjaga kualitas gelar sarjana tersebut.

Oleh karenanya universitas sendiri turut memonitori dan menjaga kurikulum dan metode pengajaran yang diterapkan.

Pada akhirnya masuk ke college atau universitas adalah pilihan. Keduanya adalah tempat kita mendapatkan ilmu. Beberapa orang yang memilih college memiliki alasan tersendiri seperti biaya kuliah yang cenderung lebih murah.

Selain itu alasan lokasi juga menjadi salah satu alasan. Misalnya banyak dari universitas di luar negeri yang bekerja sama dengan college lokal untuk memberikan gelar sarjana, seperti universitas di Inggris bekerja sama dengan college di Singapore.

Maka beberapa orang Indonesi akan lebih memilih untuk kuliah di Singapore dibanding Inggris karena jaraknya yang lebih dekat dari Indonesia, dan juga biaya hidup lebih terjangkau dibanding di Inggris.

Demikian artikel mengenai undergraduate, graduate, dan postgraduate. Di atas telah dijelaskan pengertian dan penjelasan detail terkait ketiga istilah tersebut.

Jadi kamu tidak perlu bingung lagi ketika mendengar istilah tersebut, atau juga ketika temanmu yang belajar di luar negeri menyebutkan program yang diambilnya.

Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua. Kalau memang terdapat informasi yang kurang lengkap dan kamu bisa melengkapinya jangan lupa berbagi dengan menuliskan informasi tambahan tersebut di kolom komentar ya.

Terimakasih. Selamat membaca artikel selanjutnya!

Leave a Comment