Buah Cucamelon (Bentuk Anggur, Kulit Semangka, Rasa Mentimun)

Buah cucamelon? Pernahkan kamu memakannya? Atau sekedar melihatnya? Bagi sebagian orang nama buah ini tentu cukup asing.

Karena memang pemasarannya tidak sepopuler buah apel, jeruk, semangka, anggur, dan lain sebagainya.

Meski begitu sebenarnya buah ini sudah beredar di pasaran loh dan bahkan bibitnya pun mudah dibeli.

Jika Anda membayangkan perpaduan anggur, semangka dan mentimun menjadi satu, maka hal itu tidaklah mustahil, buah cucamelon jawabannya.

Memang buah ini cukup unik, dan terlihat seperti rekayasa atau buatan karena memiliki perpaduan beberapa buah.

Pada tahun 2012, cucamelon populer dijadikan sebagai tanaman hias oleh masyarakat Amerika Serikat.

Karena merupakan tanaman rambat pada umumnya buah ini ditanam dengan menggunakan bantuan tiang.

Hal ini membuat cucamelon dapat merambat dengan rapi. Mereka juga merupakan tanaman yang tahan akan panas dan hama, sehingga cocok untuk ditanam di luar ruangan.


Apa itu buah cucamelon?


Buah Cucamelon (Bentuk Anggur, Kulit Semangka, Rasa Mentimun)
terpanas.id

Buah cucamelon merupakan salah satu jenis mentimun yang memiliki rasa segar atau citrus. Buan ini berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko, biasa dikenal dengan melon tikus atau acar asam Meksiko.

Buah cucamelon memiki bentuk yang sangat mirip dengan buah anggur, dengan corak kulit yang mirip buah semangka dan dengan rasa segar khas mentimun.

Tak hanya itu, rasa khas yang bisa teman-teman nikmati pada buah ini adalah rasa asam yang tajam.

Mereka memiliki panjang kurang lebih 1,25 inci, serta lebar 0,8 inci. Kalau kamu penasaran dengan buah ini bisa loh kamu tanam sendiri di rumah.

Buat Anda yang ingin menanam buah unik ini, maka jangan khawatir, ternyata buah ini memag hidup di iklim tropis layaknya anggur, sehingga Anda bisa menanamnya di halaman rumah.

Nah untuk mendapatkannya juga mudah kok, buah cucamelon ini sudah di jual di pasaran oleh beberapa petani dan juga bibitnya sudah banyak di jual secara online.

Oh iya, Anda harus menabur dan menanam bibit buah cucamelon di bulan April-Mei dan ditaruh di dalam ruangan. Tanaman cucamelon ini membutuhkan kayu atau teralis untuk merambat persis seperi tanaman anggur.

Untuk memakan cucamelon ini, paling enak kalau makan yang langsung dari pohon, dijamin nampol segarnya. Cucamelon juga enak dijadikan tambahan salad buah atau sayur, juga cocok untuk dijadikan sebagai hiasan di gelas minuman.


Ciri-Ciri Cucamelon


Cucamelon | Bentuk Anggur, Kulit Semangka dan Rasa Mentimun
adn.com

Seperti yang telah dijelaskan di atas, karena buah ini tidak populer di Indonesia maka sangat wajar kalau pembaca sekalian juga tidak mengetahui bagaimana bentuknya.

Supaya teman-teman bisa mendapatkan gambaran tentang buah cucamelon dengan baik, berikut ini kami uraikan secara detail bagaimana ciri-ciri dari buah tersebut.

Tak hanya itu kami juga menyertakan gambarnya, agar lebih mudah dalam memahami uraian ciri-ciri berikut.

Jadi simak dengan baik ya, paling tidak kalau kamu belum pernah memakannya, kamu cukup tahu bahwa buah tersebut ada di dunia ini hehe.

  1. Buah cucamelon adalah buah kecil berbentuk bulat lonjong. Bentuk dan ukurannya hampir seperti anggur.
  2. Kulitnya berwarna hijau dengan semburat warna putih, persis seperti kulit semangka atau watermelon.
  3. Bila dibelah, bagian dalam buah cucamelon terlihat seperti mentimun, yaitu berdaging lunak berwarna bening dan mengandung banyak biji.
  4. Jika dicicipi, cucamelon punya rasa seperti mentimun dengan sedikit rasa jeruk nipis. Perpaduan rasa segar yang digemari banyak orang kala musim panas tiba.

Dapat Dijadikan Berbagai Macam Olahan


Buah Cucamelon (Bentuk Anggur, Kulit Semangka, Rasa Mentimun)
inkuiri.com

Sebagaimana buah-buahan pada umumnya yang juga bisa diolah menjadi berbagai makanan santapan lezat, begitu pula dengan buah yang mempunyai nama latin Melothria Scabra.

Pada umumnya semangka anggur atau melon tikus (nama lain) ini digemari oleh orang-orang terutama pada musim panas.

Karena kandungan airnya yang banyak tentu sangat cocok dijadikan makanan musim panas. Kamu bisa mengkonsumsinya secara langsung.

Atau mengolahnya menjadi campuran salad dan cocok untuk melengkapi wortel, tomat, jagung, serta saus.

Tak hanya itu olahan yang paling populer dari bahan cucamelon adalah acar. Karenanya buah ini juga lekat dengan julukan acar Meksiko.

Olahan terbaru yang katanya juga enak adalah sebagai tambahan dalam es buah, tetapi penulis sendiri belum pernah mencobanya.


Manfaat Buah Cucamelon


Buah Cucamelon (Bentuk Anggur, Kulit Semangka, Rasa Mentimun)
liputan6.com

Selain rasanya yang segar, hal baik yang bisa kamu dapatkan dengan memakan buah ini adalah khasiat atau manfaatnya yang baik untuk kesehatan.

Karena cucamelon mengandung vitamin, nutrisi mikro, mineral, dan juga antioksidan yang memang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, melindungi serta meremajakan jaringan, sel, dan organ.

Maka tak heran kalau buah tersebut dikelompokkan dalam superfood yakni jenis makanan yang menjadi sumber nabati, ikan-ikan dan susu.

Nah yang ingin punya kulit bagus dan tubuh yang sehat, bisa loh mengkonsumsi buah ini. Tapi tentu saja harus secara rutin dan dalam waktu yang lama.

Adapun secara detail manfaat buah cucamelon untuk tabuh manusia adalah:

  1. Memperbaiki fungsi Jantung
  2. Sebagai antioksidan
  3. Menurunkan Kolestrol jahat
  4. Melindungi sistem kardiovaskukar
  5. Menjaga fungsi Mata
  6. Mencegah stroke
  7. Mencegah penyakit Jantung
  8. Mencegah penyakit kanker
  9. Mencegah penuaan dini

Penutup

Demikianlah informasi mengenai buah unik asal Meksiko, yang bisa kami sajikan. Semoga dapat menambah pengetahuanmu ya, meski masih banyak infromasi lain yang belum tersampaikan.

Jika ada tambahan infromasi dari teman-teman, silahkan tambahkan di kolom komentar ya, supaya dapat berbagi dengan teman-teman yang lain.

Terimakasih semuanya, selamat menanam, atau memakan cucamelon dengan gembira. Silahkan juga untuk bereksperimen mengolah buah tersebut ya.

Siapa tahu akan jadi inspirasi untuk orang banyak.

Leave a Comment