12 Cara Memandikan Kelinci yang Baik Agar Bersih dan Aman

Cara Memandikan Kelinci yang tepat itu bagaimana sih? Yuk simak artikel ini kalau kamu penasaran.

Memiliki hewan peliharaan adalah hal yang membahagiakan bagi sebagian orang. Terkadang hewan tersbebut menjadi sesuatu yang lebih berharga dari sekedar peliharaan.

Sebab mereka menjadikan hewan tersebut sebagai teman yang bisa menghibur seseorang di kala sedih, paling tidak hanya dengan melihat tingkah lucunya perasaan lelah menjadi lenyap.

Tak heran kalau banyak orang yang merogoh kocek cukup besar untuk merawat sang hewan, bahkan terkadang biaya perawatannya pun lebih besar dari biaya hidup dirinya sendiri.

Maka kuncul kelakar bahwa sebenarnya hewan peliharaan adalah sang majikan yang sebenarnya, sedangkan manusia adalah pembantunya hehe.

Terdapat beragam macam hewan yang bisa dipelihara di rumah, mulai dari kucing, anjing, atau bahkan hewan buas sekalipun.

Selain hewan yang disebutkan di atas ada satu hewan lucu yang hampir dikagumi oleh banyak orang di masa kanak-kanaknya.

Kelinci, hewan yang memiliki bentuk telinga memanjang ini bisa menjadi salah satu hewan kesayangan yang menggemaskan loh.

Tetapi jangan lupa kalau kamu ingin memeliharanya, rawatlah ia dengan sebenar-benarnya baik dari segi kebersihannya maupun kesehatannya.

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam perawatan kelinci, adalah cara memandikan kelinci yang benar.

Kelinci kendati tampak bersih, namun sekali-kali pasti mereka pun bermain-main di atas kotorannya.

Hal itu pasti lah akan mengakibatkan kelinci anda kotor dan bau. Kelinci umumnya mampu memandikan dirinya sendiri dengan cara menjilat-jilat bulunya sama seperti kucing.

Namun jika kelinci benar-benar kotor, anda mesti menyediakan waktu guna memandikannya. Lalu bagaimana cara memandikan kelinci yang benar?.


Cara Memandikan Kelinci


6 Cara Memandikan Kelinci yang Baik Agar Bersih
animalsnaila.blogspot.com

Memandikan kelinci mungkin terdengar sepal, tetapi ternyata tidak boleh sembarangan loh. Bisa-bisa malah jadi boomerang bagi sang kelinci sendiri, sebab sekali lagi kelinci bukanlah hewan yang senang bermain air.

Berikut hal-hal yang harus anda cermati dalam memandikan kelinci kelinci anda. Perlu diingat bahwa cara memandikan kelinci sedikit berbeda dengan memandikan kucing.

1. Siapkanlah Perlengkapan Mandi

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika akan memandikan kelinci adalah siapkan terlebih dahulu perlengkapan mandinya.

Sebab jika tidak disiapkan kamu akan membuat kelinci menunggu dan membuatnya kedinginan. Jadi apa saja yang harus disiapkan?

Bak mandi, beberapa handuk, alas untuk menyabuni, shampoo, cotton buds, sisir, hairdryer.

2. Cara Memandikan Kelinci: Sediakan Air Hangat

Sediakan air hangat dalam ember, kurang lebih setinggi 2,5 cm dari dasar ember. Air untuk memandikan kelinci jangan kelewat panas sebab dapat membahayakan kelinci.

Anda tidak boleh meninggalkan kelinci sendiri dalam ember sebab boleh jadi kelinci akan meloncat dan mengakibatkan dia terluka.

3. Ada yang membantu saat memandikan kelinci

Upayakan ada yang membantu kala memandikan kelinci. Bila anda yang memegang si kelinci maka teman anda yang memandikan kelinci dengan memakai sikat yang halus.

4. Masukkan kelinci secara perlahan

Hal ini perlu dilakukan agar kelinci tidak kaget dan bisa beradaptasi secara perlahan. Jika ia kaget maka bisa saja kelinci berontak dan membuat air tumpah.

5. Cara Memandikan: Menyiram kelinci

12 Cara Memandikan Kelinci yang Baik Agar Bersih dan Aman
youtube.com

Menyiram kelinci juga tidak boleh asal saja pakai gayung loh ya. Siramlah secara perlahan mulai dari bagian belakang kemudian bagian depan.

Hal yang ekstra diperhatikan ketika menyiram adalah bagian telinga kelinci. Jadi usahakan tutup telinga kelinci dengan kapas agar air tidak masuk ke telinga.

6. Memijat dan menggosok

Sebelum memakai sabun jangan lupa untuk memijat dan menggosok tubuh kelinci secara halus, karena jika tidak dipijat air tidak bisa masuk sampai ke dalam kulitnya dan hanya melewati bulunya saja.

7. Cara Memandikan Kelinci: Jangan memakai sabun

Jangan memakai sabun sebab dikhawatirkan jika sabun yang digunakan tidak dibilas sampai bersih maka akibatnya malah bisa tertelan oleh sang kelinci kesayangan anda ketika dia menjilati bulunya.

Sebagai gantinya silakan gunakan shampoo terutama shampoo bayi supaya jika terkena mata kelinci tidak perih.

8. Pijat lagi secara perlahan

Pijatan yang kedua ini berguna untuk meratakan shampoo sehingga seluruh bagian tubuh kelinci dapat tercuci dengan bersih.

Tak hanya itu pemijatan dilakukan supaya bulu yang sudah mati dapat rontok sehingga bulu kelinci akan lebih terlihat bersih dan indah.

Pada bagian yang sulit dijangkau atau yang terlalu kotor boleh untuk disikat tetapi dengan menggunakan bulu sikat yang halus dan dilakukan secara perlahan.

9. Bilaslah sampai bersih

Seperti halnya manusia ketika mandi, shampoo di tubuh kelinci haruslah dibilas sampai bersih jangan ada yang tersisa.

Sebab sisa shampoo yang menempil ini akan membuat bulu kelinci lembab dan membuat kotoran mudah menempel, lalau akhirnya bisa menjadi sarang penyakit.

10. Jika sudah disikat/dipijat dan dibilas, angkat kelinci secara hati-hati dari dalam ember

Bila telah selesai disikat, angkat kelinci secara hati-hati dari dalam ember. Ketika mengangkatnya, Anda dapat memegang pada tengkuk kelinci.

Upayakan jangan terlalu kuat memegangnya. Mintalah teman anda tadi untuk memegang kaki belakang kelinci, supaya ia tak menendang-nendangkan kakinya dengan kuat.

11. Keringkan tubuh kelinci

12 Cara Memandikan Kelinci yang Baik Agar Bersih dan Aman
faunafella.com

Keringkan tubuh kelinci menggunakan handuk dan selimuti badannya menggunakan handuk supaya tak kedinginan.

Anda boleh menepuk-nepuk badannya perlahan saja hingga seluruh bulunya kering. Hal ini normalnya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam.

Anda pun boleh mengeringkan badan kelinci kesayangan anda memakai hair drier. Set temperatur panasnya sehingga tak akan menyakiti sang kelinci.

Dalam pemakaian hair drier ini, anda mesti mencermati kelinci anda, sebab umumnya kelinci takut pada suara berisik. Bila terlihat kelinci tak tenang maka sebaiknya pemakaian hair drier harus anda hentikan.

12. Menyisir dan menyikat bulu kelinci

Tahapan cara memandikan kelinci terakhir adalah menyisir dan menyikat bulu kelinci supaya bulu pada badannya menjadi lurus dan mengembang.

13. Memotong kuku dan menggunting bulu

Perawatan tambahan yang bisa dilakukan setelah mandi adalah memotong kuku dan bulu kelinci. Tetapi perlu diingat jangan lakukan pemotongan kuku pada kelinci hamil atau indukan ya, karena kuku kelinci tersebut akan berguna untuk menggali lubang untuk bersarang.

Menggunting bulu ini juga tidak boleh sembarangan, cukup gunting bulu yang terlihat menggumpal. Biasanya bulu ini berada di dekat anus dan kemaluannya.

Terakhir taburkan bedak bayi pada tubuh kelinci, supaya kelinci terhindar dari kutu dan telur-telurnya.

Leave a Comment