Cara Memilih Reel Pancing yang Tepat untuk Pemancing Pemula

Cara memilih reel pancing – Jika postingan sebelumnya kami sudah membagikan tips cara merawat reel pancing dengan baik dan benar.

Maka pada kesempatan yang berbahagia ini kami masih akan membagikan informasi seputar reel pancing, tepatnya kali ini adalah tentang cara memilih reel pancing.

Seperti yang diketahui, di pasaran atau marketplace terdapat banyak sekali produk reel pancing dari berbagai ukuran dan berbagai brand atau merek.

Hal tersebut bagi angler pemula tentu terkadang cukup membingungkan, terlebih bagi seseorang yang sebelumnya memang tidak pernah mengetahui dunia pancing-memancing.

Apa sih reel pancing itu? Mungkin bagi kalian yang awam belum tahu bagian pada alat mancing yang satu ini. Reel pancing adalah alat mekanis yang menahan sekaligus mengulurkan tali pancing.

Kumparan penggulung (reel pancing) ini memiliki semacam rem untuk memperlambat atau menahan ikan yang berlari saat memakan umpan. Kumparan ini juga memiliki pegangan untuk memutar tali pancing serta braket untuk mengencangkan alat ini ke joran.


Cara Memilih Reel Pancing


5 Tips Cara Memilih Reel Pancing yang Tepat untuk Pemancing Pemula
karuniapancing.com

Memilih reel pancing pada prinsipnya adalah yang sesuai dengan kebutuhan.

Tetapi tentu sebelumnya kita perlu tahu terlebih dahulu pengetahuan dasar terkait tips memilihnya.

Jika dideskripsikan bagaimana tips memilih reel secara detail, pasti akan membutuhkan waktu yang sangat lama, dan mungkin akan membuat teman-teman bosan membacanya.

Karena itu di bawah ini kami sajikan beberapa tips dasar dan penting yang secara ringkas harus diketahui teman-teman ketika memilih reel pancing.

Pastikan untuk Memilih Ukuran Reel Pancing dengan Tepat

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan ketika kita memilih reel pancing adalah pastikan terlebih dahulu ukuran reel tersebut sesuai dengan teknik apa yang digunakan, medan pemancingan yang bagaimana, dan lain sebagainya.

Prinsipnya semakin kecil line yang dipakai, maka semakin kecil pula reel pancing yang digunakan.

Jadi silahkan pastikan reel yang dibeli sama ratingnya dengan pound-test senar yang dibutuhkan.

Untuk mengetahui ukuran reel ini silahkan lihat pada spool reel. Berikut ini kami sajikan beberapa contoh ukuran reel pancing yang disesuaikan dengan area pemancingan yang berbeda-beda:

  • Size/Ukuran 500-1000 : Cocok digunakan dikolam Harian, Sungai, Rawa dan Danau (Frees Water).

Teknik Memancing : Casting dan Kolam Harian.

  • Size/Ukuran 1000-2500 : Cocok digunakan di Kolam, Sungai, Rawa, Danau, Muara bahkan di Tepian Pantai.

Teknik Memancing : Galatama Lele/Mas, Casting dan Kolam Harian.

  • Size/Ukuran 2500-3000 : lebih Cocok digunakan di Kolam Monsterfish, Koncer mancing Tenggiri, Muara, Tepi Pantai dan sungai

Teknik Memancing : Light Jigging, Buttom fishing (teknik Dasaran), Koncer dan Galatama Patin/Bawal.

  • Size/Ukuran 4000 keatas : Sangat cocok digunakan di Laut (Salt Water).

Teknik Memancing : Dasaran, RockFishing, Surf Fishing, Jigging dan Popping

Perhatikan Kualitas Drag System Reel Pancing

Drag berguna untuk memberikan tekanan pada ikan yang terjerat pancing, sehingga kita harus memilih sistem drag yang bagus.

Jadi kalau kamu ingin membeli reel pastikan bahwa bagian dragnya mulus dan non-konstriktif.

Kemudian untuk teknik popping sebaiknya gunakan drag yang memiliki berat di atas 10 kg. Hal tersebut dimaksudkan untuk menghindari ikan masuk ke dalam karang.

Perhatikan Tipe Reel Pancing

Selanjutnya hal yang harus dipertimbangkan adalah terkait tipe reel pancing, sebab hal ini akan bermanfaat supaya reel pancing yang dipilih bisa tepat guna.

Banyak sekali tipe reel pancing yang beredar di pasaran, misalnya ada tipe dengan tulisan angka 1.000, 2.000 sampai 20.000 yang menjelaskan tentang kelas reel.

Perbandingan Gear Ratio Reel Pancing

Dengan mengetahui gear rasio pada reel yang akan dibeli maka kita bisa mengestimasi berapa banyak putaran lengkap pada spool sehingga dapat membuat satu putaran handle dengan tepat.

Tips untuk teman-teman yang hanya ingin memilih satu reel spining, sebaiknya pilihlah model kecepatan yang sedang yakni misalnya dengan gear ratio 4 – 4.5:1.

Tetapi kalau ingin membeli lebih dari satu sebaiknya pilih yang mode kecepatan tinggi dan kecepatan rendah, sehingga reel pancing dapat digunakan pada semua keadaan.

Pada umumnya gear ratio yang digunakan pada teknik jigging dan mancing dasar adalah di bawah 4,9:1, sedangkan pada teknik casting dan popping menggunakan rasio di atas atau tepat 5,0:1.

Spool Pada Reel Pancing

Seperti yang diketahui spool pada reel pancing sangat berkontribusi besar. Spool berfungsi sebagai pegangan senar serta untuk mengatur jarak lemparan dan kehalusan.

Material spool pada umumnya terbuat dari bahan alumunium anodized dan grafit. Grafit ini lebih ringan, tetapi jika kamu lebih memilih kekuatan yang lebih besar, alumunium adalah yang lebih tepat.

Tipe-tipe Reel Pancingan

Memahami tipe-tipe reel pancingan tidak sesulit yang kalian bayangkan. Di pasaran terdapat banyak variasi reel atau kumparan penggulung. Mulai dari reel selancar hingga reel trolling. Sebenarnya hanya ada empat jenis tipe reel pancing yang utama.

Berikut ini empat tipe reel pancingan yang perlu kalian tahu untuk mempertimbangkan akan memilih yang mana. Masing-masing gulungan tentu memiliki spesifikasi yang berbeda-beda:

Reel Spincast/ Overhead

Cocok digunakan di lautan karena kepala atau bentuk reelnya besar sehingga kuat untuk ikan besar.

Spinning Reel

Model ini mirip dengan pengocok telur karena karakteristiknya yang mirip. Spinning reel merupakan reel yang paling serbaaguna dibanding tipe lainnya.

Baitcaster Reel

Model ini dirancang khusus untuk joran serupa, meski termasuk reel serbaguna sebenarnya lebih direkomendasikan untuk yang berpengalaman. Meskipun terkenal gampang kusut, tapi jenis ini memiliki tingkat akurasi dan kontrol yang tinggi. Asal terbiasa memakainya pasti gampang.

Hadir dalam bentuk bulat atau profil rendah. Dimana profil rendah ini memungkinkan pemancing bisa menggenggam reel selama casting. Gulungan bundar umumnya memiliki benang pancing yang ideal untuk ikan yang lama menggigit umpan.

Fly Reel

Tipe fly reel dirancang khusus untuk joran serupa. Secara umum, desain mereka sederhana begitu juga konstruksinya. Gulungan yang lebih modern memiliki sistem rem tipe cakram yang lebih mumpuni. Mereka tahan terhadap gesekan-gesesak rem cakram.

Biasanya tipe fly reel dan spincast digunakan untuk memancing di perairan darat atau memancing ikan tawar. Sementara gulungan berputar (spinning) dan baitcaster biasanya dipakai untuk memancing di lautan atau memancing ikan air asin.

Memilih Reel yang Tepat

Saat akan memilih reel pancingan, pertama-tama yang harus kalian lakukan adalah menyesuaikan dengan jenis ikan yang akan dipancing. Luangkan waktu sejenak untuk mengenal jenis ikan yang menjadi target kalian. Pelajari tentang gambaran umum spesies ikan tersebut.

Selain mempertimbangkan jenis ikan yang akan dipancing, perhatikan juga jenis umpan yang akan digunakan. Umumnya spinning reel atau reel (kumparan) berputar cocok untuk umpan-umpan kecil. Sedangkan tipe baitcaster cocok untuk jenis umpan yang besar dan berat.

Mencocokkan Reel dengan Joran

Ketika kalian pergi berbelanja alat pancing atau perlengkapan memancing, pasti akan menemukan banyak merk reel dengan ukuran yang berbeda-beda. Ada ukuran 100, 200, 400, dan sebagainya. Semuanya didasarkan pada kapasitas reel yang menentukan ukuran reel secara keseluruhan.

Apabila kalian berencana memancing ikan yang besar dan kuat, maka kalian memerlukan reel yang lebih besar dan mampu menghasilkan gaya tarik yang besar. Begitu juga sebaliknya, jika hanya memancing ikan kecil tidak perlu reel berukuran besar.

Kapasitas kumparan atau reel ditentukan oleh uji coba yang dilakukan sebelumnya. Biasanya uji coba berat dan kekuatan menahan. Benang pancing yang kuat memiliki diameter yang lebih besar, sehingga akan lebih pendek daripada benang pancing tipis.

Muatan gulungan reel memang ditentukan seberapa kuat tali pancing yang digulung pada reel tersebut. Kalian akan menemukan tanda pada reel, seperti 230/6lb, itu berarti reel tersebut dapat menampung benang pancing sepanjang 230 yard dan uji monofilamen seberat 6 pon atau 12 kg.

Hal lain yang tak kalah penting saat akan memilih reel adalah yang memiliki kekuatan yang sama dnegan joran kalian tentunya selain seberapa besar ia dapat menampung benang pancing.

Leave a Comment