5 Tips Cara Memilih Reel Pancing yang Tepat untuk Pemancing Pemula

5 Tips Cara Memilih Reel Pancing yang Tepat untuk Pemancing Pemula

Cara memilih reel pancing – Jika postingan sebelumnya kami sudah membagikan tips cara merawat reel pancing dengan baik dan benar.

Maka pada kesempatan yang berbahagia ini kami masih akan membagikan informasi seputar reel pancing, tepatnya kali ini adalah tentang cara memilih reel pancing.

Seperti yang diketahui, di pasaran atau marketplace terdapat banyak sekali produk reel pancing dari berbagai ukuran dan berbagai brand atau merek.

Hal tersebut bagi angler pemula tentu terkadang cukup membingungkan, terlebih bagi seseorang yang sebelumnya memang tidak pernah mengetahui dunia pancing-memancing.


Cara Memilih Reel Pancing


5 Tips Cara Memilih Reel Pancing yang Tepat untuk Pemancing Pemula
karuniapancing.com

Memilih reel pancing pada prinsipnya adalah yang sesuai dengan kebutuhan.

Tetapi tentu sebelumnya kita perlu tahu terlebih dahulu pengetahuan dasar terkait tips memilihnya.

Jika dideskripsikan bagaimana tips memilih reel secara detail, pasti akan membutuhkan waktu yang sangat lama, dan mungkin akan membuat teman-teman bosan membacanya.

Karena itu di bawah ini kami sajikan beberapa tips dasar dan penting yang secara ringkas harus diketahui teman-teman ketika memilih reel pancing.

Pastikan untuk Memilih Ukuran Reel Pancing dengan Tepat

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan ketika kita memilih reel pancing adalah pastikan terlebih dahulu ukuran reel tersebut sesuai dengan teknik apa yang digunakan, medan pemancingan yang bagaimana, dan lain sebagainya.

Prinsipnya semakin kecil line yang dipakai, maka semakin kecil pula reel pancing yang digunakan.

Jadi silahkan pastikan reel yang dibeli sama ratingnya dengan pound-test senar yang dibutuhkan.

Untuk mengetahui ukuran reel ini silahkan lihat pada spool reel. Berikut ini kami sajikan beberapa contoh ukuran reel pancing yang disesuaikan dengan area pemancingan yang berbeda-beda:

  • Size/Ukuran 500-1000 : Cocok digunakan dikolam Harian, Sungai, Rawa dan Danau (Frees Water).

Teknik Memancing : Casting dan Kolam Harian.

  • Size/Ukuran 1000-2500 : Cocok digunakan di Kolam, Sungai, Rawa, Danau, Muara bahkan di Tepian Pantai.

Teknik Memancing : Galatama Lele/Mas, Casting dan Kolam Harian.

  • Size/Ukuran 2500-3000 : lebih Cocok digunakan di Kolam Monsterfish, Koncer mancing Tenggiri, Muara, Tepi Pantai dan sungai

Teknik Memancing : Light Jigging, Buttom fishing (teknik Dasaran), Koncer dan Galatama Patin/Bawal.

  • Size/Ukuran 4000 keatas : Sangat cocok digunakan di Laut (Salt Water).

Teknik Memancing : Dasaran, RockFishing, Surf Fishing, Jigging dan Popping

Perhatikan Kualitas Drag System Reel Pancing

Drag berguna untuk memberikan tekanan pada ikan yang terjerat pancing, sehingga kita harus memilih sistem drag yang bagus.

Jadi kalau kamu ingin membeli reel pastikan bahwa bagian dragnya mulus dan non-konstriktif.

Kemudian untuk teknik popping sebaiknya gunakan drag yang memiliki berat di atas 10 kg. Hal tersebut dimaksudkan untuk menghindari ikan masuk ke dalam karang.

Cara Memilih Reel Pancing: Perhatikan Tipe Reel Pancing

Selanjutnya hal yang harus dipertimbangkan adalah terkait tipe reel pancing, sebab hal ini akan bermanfaat supaya reel pancing yang dipilih bisa tepat guna.

Banyak sekali tipe reel pancing yang beredar di pasaran, misalnya ada tipe dengan tulisan angka 1.000, 2.000 sampai 20.000 yang menjelaskan tentang kelas reel.

Perbandingan Gear Ratio Reel Pancing

Dengan mengetahui gear rasio pada reel yang akan dibeli maka kita bisa mengestimasi berapa banyak putaran lengkap pada spool sehingga dapat membuat satu putaran handle dengan tepat.

Tips untuk teman-teman yang hanya ingin memilih satu reel spining, sebaiknya pilihlah model kecepatan yang sedang yakni misalnya dengan gear ratio 4 – 4.5:1.

Tetapi kalau ingin membeli lebih dari satu sebaiknya pilih yang mode kecepatan tinggi dan kecepatan rendah, sehingga reel pancing dapat digunakan pada semua keadaan.

Pada umumnya gear ratio yang digunakan pada teknik jigging dan mancing dasar adalah di bawah 4,9:1, sedangkan pada teknik casting dan popping menggunakan rasio di atas atau tepat 5,0:1.

Spool Pada Reel Pancing

Seperti yang diketahui spool pada reel pancing sangat berkontribusi besar. Spool berfungsi sebagai pegangan senar serta untuk mengatur jarak lemparan dan kehalusan.

Material spool pada umumnya terbuat dari bahan alumunium anodized dan grafit. Grafit ini lebih ringan, tetapi jika kamu lebih memilih kekuatan yang lebih besar, alumunium adalah yang lebih tepat.

Leave a Comment