Tips Cara Merawat Reel Pancing yang Wajib Diketahui Pemula

Tips Cara Merawat Reel Pancing yang Wajib Diketahui Pemula

Cara merawat reel pancing – Ada hal penting yang harus diperhatikan setelah kita membeli sesuatu, yakni merawat dan menjaganya.

Hal ini berlaku pada segala hal. Merawat dan mempertahankan adalah hal yang sangat sulit dibanding membeli atau membentuk sesuatu.

Peralatan pancing juga begitu, cara merawatnya adalah hal yang teman-teman harus diketahui supaya nantinya alat tersebut bisa dipakai dengan jangka waktu yang lama.


Cara Merawat Reel Pancing


Tips Cara Merawat Reel Pancing yang Wajib Diketahui Pemula
tokopedia.com

Salah satu alat pancing yang harus dirawat adalah reel pancing. Para angler tentu tahu bahwa reel dalam rangkaian pancing merupakan alat yang sangat penting penggunaannya.

Reel memiliki fungsi sebagai penggulung dan penampung senar, sehingga kegiatan memancingmu bisa dilakukan dengan lebih maksimal.

Karenanya penting bagi para angler untuk merawat reel pancing dengan sebenar-benarnya.

Dan pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan membagikan informasi tentang cara merawat reel pancing, supaya angler tidak salah langkah.

Cara Merawat Reel Pancing: Mencuci Reel Pancing

Salah satu hal yang bisa dilakukan secara rutin adalah dengan mencuci reel yang sering digunakan, jangan sampai membiarkan reel kotor pada pouch berhari-hari.

Kotor dalam hal ini misalnya bekas pemancingan di air laut. Jika tidak segera dicuci air asin tersebut nantinya bisa mengoksidasi material yang terbuat dari metal.

Karenanya segera lakukan pencucian pada reel setelah dipakai di air asin. Bagaimana cara mencucinya?

  • Pertama, siapkan terlebih dahulu tissue, kanebo, dan sabun lembut.
  • Lalu pastikan bagian knob drag terkunci dengan rapat. Untuk mencucinya bisa gunakan air mengalir seperti selang atau kran.
  • Ketika mencucinya posisikan spool menghadap ke atas, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi kemungkinan air yang bisa masuk melalui celah spool dan rotor
  • Jangan lupa untuk mengalirkan air dari atas dengan perlahan, setelah itu silahkan gosok reel menggunakan tangan secara ringan saja, beri sabun dan gosok lagi.
  • Selanjutnya bilas sampai busa sabun pada reel tidak ada yang tertinggal
  • Untuk bagian drag knob, spool, dan handle bersihkanlah menggunakan tissue karena biasanya akan terdapat sisa air
  • Jika dirasa semuanya sudah bersih keringkanlah dengan cara dianginkan pada ruangan dan jangan sampai terkenal sinar matahari langsung.

Catatan tambahan, untuk menghindari terjadinya korosi sebaiknya lepaskan senar pada spool, hal ini berlaku untuk teman-teman yang ingin menyimpan reel dalam jangka waktu yang lama.

Membongkar Total Reel Secara Berkala

Selain dengan mencucinya, para angler juga bisa merawat reel dengan cara membongkar reel secara berkala.

Paling tidak jadwalkan pembongkaran tersebut setiap lima kali atau sepuluh kali penggunaan.

Tetapi kalau teman-teman takut nantinya tidak bisa memasang ulang bagian-bagian reel, coba untuk membaca langkah-langkahnya di schematic reel yang ada pada kemasan.

Atau bisa juga dengan melepasnya satu persatu lalu bersihkan, dan selesaikan sampai bagian terakhir. Sehingga kita tidak bingung untuk menyusunnya dari awal.

Memakai Grease yang Sesuai Standar

Tips merawat reel selanjutnya adalah dengan memastikan bahwa grease yang digunakan merupakan grease standar reel, karena menggunakan grease yang tidak standar dapat merusak sistem seel pada reel.

Kemudian grease sebaiknya juga dipakai secukupnya saja, karena terkadang ada yang memenuhi reel dengan grease sehingga sistem mekanisme tersebut pun terganggu.

Menggunakan Reel Secara Semestinya

Nah tips terakhir dari kami adalah coba untuk selalu menggunakan reel dengan tepat guna.

Jangan sampai membiarkan reel menarik beban karena fungsi reel adalah menahan beban, sedangkan untuk menariknya adalah fungsi dari joran.

Leave a Comment