15 Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Sopan

Contoh Surat Pengunduran Diri – Dalam dunia kerja banyak hal yang kita alami, pengalaman dalam pekerjaan tidak ada habis-habisnya jika kita ungkap, apalagi lama bekerja sudah mencapai puluhan tahun.

Pengalaman pahit, manis, baik dan buruk pasti pernah dialami pekerja dalam pekerjaannya.


Penyebab Berhenti dari Pekerjaan


Berhenti dari pekerjaan disebabkan oleh dua hal :

1. Pemutusan Hubungan Kerja

Pemutusan Hubungan Kerja yang biasa kita kenal dengan istilah PHK, terjadinya PHK biasanya terjadi di perusahaan swasta, ini dilakukan disebabkan beberapa alasan seperti bangkrutnya perusahaan atau kesalahan fatal dari pekerja.

Jika sudah terjadi PHK pada pekerja, ini tidak bisa dikomunikasikan lagi meskipun pekerja tidak rela atau bahkan memohon.

Jika anda mengalami PHK sebaiknya carilah perkerjaan lain, karena perusahaan yang mengeluarkan surat PHK kepada anda tidak bisa diharapkan lagi.

2. Mundur dengan Kemauan Sendiri

ini juga disebabkan berbagai hal tergantung orang yang mengalaminya tergantung permasalahan yang terjadi, seperti permasalahan antara pekerja dengan bos atau hubungan antar sesama pekerja tidak baik, sehingga membuat anda tidak betah dan harus mengundurkan diri.

Dalam dunia kerja, kita tidak bisa memaksakan kehendak, jika sudah merasa tidak nyaman dan persaan selalu resah sebaiknya anda memundurkan diri, karena jika dipertahankan maka permasalahan akan selalu timbul.

Banyak sekali orang yang berhenti dari pekerjaan mendapat kehormatan dari tempat ia bekerja dan selalu mendapati komunikasi baik serta hubungan baik meskipun ia sudah bekerja di tempat lain, inilah yang kita harapkan.


Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengundurkan Diri


Image Source: youthmanual.com

Hal yang harus anda perhatikan sebelum mengundurkan diri dari pekerjaan

1. Pastikan anda sudah mendapat pekerjaan lain

Inilah yang menjadi prioritas sebelum kita menyatakan diri untuk keluar dari pekerjaan, kebanyakan dari pekerja tidak memperhatikan ini karena emosi terlalu besar, tanpa pikir panjang langsung undur diri dari perusahaan tempat ia bekerja, setelah “Out” maka label pengangguran resmi diraih dan harus memulai lagi dari nol, ini sama dengan bunuh diri.

Jika memang kita ingin mengundurkan diri dari pekerjaan, rencanakanlah itu dengan matang dan pikirkan nasib kita ke depannya, redamlah rasa emosi itu.

2. Mundur dengan menjaga hubungan dan nama baik

Berdasarkan siklus penelitian seorang ahli ilmu sosial/Sosiologi dari kanada menyatakan 70% pekerja didunia yang sudah keluar dari pekerjaan sebelumnya berujung dengan hubungan tidak baik.

Maksudnya hubungan antar pihak perusahaan dan pekerja tidak harmonis lagi. ini disebabkan karena tidak bisa mengontrol emosi, hasilnya kedua belah pihak akan dirugikan. baik pekerja atau perusahaan tersebut.

Jika kita datang dengan baik, pulang pun haruslah dengan keadaan baik, untuk menjaga reputasi kita kedepan. apalagi pekerjaan kita itu berhubungan dengan banyak orang, sperti public figur.

3. Optimis dan yakin

Ini juga tidak kalah penting, jika anda sudah ingin keluar dari pekerjaan anda yakinkanlah diri anda jangan ada keraguan, karena ini akan mengganggu fikiran kita.

Kalau yakin ingin keluar langkahkanlah dengan mantap, jika tidak yakin maka pertahankan dengan mantap juga, karena bagaimanapun kita butuh yang namanya pekerjaan.

4. Lakukan Secara Resmi

Keluar dari pekerjaan tanpa kabar atau pemberitahuan yang jelas, ini sama seperti dengan menghancurkan diri sendiri.

Lari dari pekerjaan adalah tindakan bodoh, selamanya kita akan di cap sebagai seorang pecundang dan tidak bisa dipercaya. dan bisa saja kita dituduh menipu, mencuri, curang atau sebagainya.

Maka hendaklah kita jaga nama baik kita dan pamit dengan sebaik mungkin secara resmi.


Cara membuat surat pengunduran diri dari pekerjaan


Dalam Membuat Surat pengunduran diri, ada beberapa hal yang harus kita lampirkan diantaranya:

  • Alasan yang jelas perihal pengunduran diri
  • Permintaan maaf
  • Ucapan terima kasih
  • Mencari pengganti jika diperlukan
  • Lama bekerja

Ajukan surat pengunduran diri di waktu yang tepat, jangan sampai anda mengajukan permohonan di kala kondisi tempat anda bekerja sedang carut-marut.

Berikan alasan yang jelas dan tepat kenapa anda perlu mengundurkan diri dari perusahaan tersebut. Usahakan saat bertemu atasan gunakan bahasa yang baik dan formal sehingga komunikasi yang bagus dapat terjalin.

Sebuah perusahaan tidak akan melepas karyawannya dengan mudah begitu saja. Tentu saja saat anda mengajukan permohonan, akan ada tim yang mengecek kinerja dan tugas anda selama ini.

Pastikan seluruh tugas dan kewajiban anda sudah terselesaikan dengan baik kalau bisa excelent. Meninggalkan perusahaan disaat masih memiliki tugas yang banyak tentu akan memberikan kesan negatif atasan terhadap anda.

Terakhir setelah surat pengunduran diri anda disetujui jangan lupa untuk meminta surat rekomendasi untuk memudahkan anda memperoleh pekerjaan ke depannya.

Usahakan anda meninggalkan banyak kesan positif di perusahaan sebelumnya agar surat rekomendasi yang diberikan pun berisi hal-hal yang baik saja.

 


Contoh surat pengunduran diri dari pekerjaan


Isi dan maksud harus kita paparkan sejelas mungkin. berikut contohnya, anda bisa mengkutinya dan merubah kata atau menambahnya sesuai kebutuhan anda.

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Kepada Direktur

Kepada Yth,

Dirktur PT Andalas
di
Tempat

Assalamualaikum, Wr.Wb

Dengan Hormat,

Bersama surat ini saya yang bertanda tangan dibawah ini mengajukan permohonan surat pernyataan pengundurkan diri sebagai Administrasi dari PT Andalas Cabang Medan terhitung sejak tanggal 01 September 2014 . hal ini saya sampaikan karena ketidak sanggupan diri untuk memenuhi tanggung jawab dari status kerja yang dibebankan. Dan memohon di asumsikan untuk digantikan.

Saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang telah diberikan.kepada saya untuk bekerja di PT Andalas Cabang Medan Tak lupa saya mohon maaf kepada jajaran manajemen PT Andalas Cabang Medan. Apabila terdapat hal-hal yang tidak baik yang telah saya lakukan selama bekerja, Saya berharap PT Andalas Cabang Medan menjadi perusahaan yang terus maju dan berkembang, sukses dan menjadi yang terbaik.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas perhatian dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.

                                                                                                                                                   Hormat saya.

                                                                                                                                                 Adi Irfan, A.Md.

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Kepada Manajer

Kepada Yth:
[………………………………..]
Manajer [………………………………..]
Di [………………………………..]

Dengan hormat,
Dengan surat ini, saya:

Nama : [………………………………………………….]
Jabatan : [………………………………………………….]
Alamat : [………………………………………………….]

Secara resmi mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai karyawan PT [………………………………..] terhitung tanggal [……..] bulan [….] tahun [….]. Pengunduran diri ini saya ajukan karena ada tawaran pekerjaan di tempat lain yang saya nilai dapat lebih mengembangkan kemampuan saya.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang sudah diberikan untuk belajar dan bekerja di PT [………………………..] selama [………………..] tahun.

Tidak lupa saya sampaikan permohonan maaf kepada seluruh staf serta jajaran manajemen PT [……………………..] jika selama saya bekerja terdapat hal-hal yang kurang berkenan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Dibuat di [……………………..]
Pada tanggal [….] bulan […..] tahun [….]

Hormat saya,
[…………………….]

3. Surat Pernyataan Pengunduran Diri Sebagai Karyawan

Kepada Yth.
[………………………………..]
Di
[………………………………..]

Dengan hormat,

Sehubungan dengan lamaran pekerjaan yang saya buat untuk posisi sebagai [……………….] sedang ada kesalahan Informasi jenis pekerjaan pada PT. […………………] dengan PT Lain. Dikarenakan bidang pekerjaan tidak sesuai dengan bidang keahlian yang saya miliki. Untuk itu yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Lengkap : [……………………………………………………..]
Jenis Kelamin : [……………………………………………………..]
Umur : [……………………………………………………..]
Alamat : [……………………………………………………..]

Dengan ini saya mengajukan pengunduran diri sebagai Calon karyawan pada Perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin.

Demikan surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya untuk dapat dimaklumi sebagaimana mestinya.

[nama kota] [tanggal, bulan, tahun]

Hormat saya,

Meterai
Rp. 6.000,-

(………………….)

4. Contoh Surat Pengunduran Diri Kepada Bagian SDM

Selain kepada direktur, surat pengunduran diri salah satunya dapat ditujukan kepada bagian Sumber Daya Manusia (SDM) atau HRD (Human Resource Department). Hal ini tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan.

Beberapa perusahaan mengharuskan karyawan yang akan mengundurkan diri mengajukan permohonan resign lewat tim HRD terlebih dahulu. Namun ada pula yang memiliki kebijakan surat pengunduran diri langsung diajukan kepada direktur.

Surat pengunduran diri kepada departemen SDM ini biasanya disertai dengan tembusan kepada pimpinan atau direktur.

5. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Hamil

Kasus ini tentu saja diperuntukkan bagi kaum wanita. Biasanya banyak wanita setelah hamil mengalami pergolakan batin, akankah melanjutkan karir atau berhenti dan kemudian menjadi ibu rumah tangga seutuhnya.

Surat pengunduran diri karena hamil harus disampaikan dengan bahasa yang lugas tak bertele-tele. Disertai ungkapan terimakasih dan permintaan  maaf kepada perusahaan yang telah memberikan kesempatan untuk meniti karir dan mengembangkan diri.

6. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Bank

Dalam mengajukan surat ini alasan mengundurkan diri harus disertakan. Seperti surat-surat sebelumnya, bubuhkan juga permintaan maaf dan ucapan terimakasih atas kesempatan yang telah anda dapat.

Satu hal yang harus diperhatikan, saat mengajukan pengunduran diri dari Bank pastikan anda membuat permohonannya jauh dari tanggal yang ditetapkan.

Karena untuk mengabulkan permohonan tersebut pihak Bank biasanya butuh tenggat waktu untuk mencari pengganti anda.

7. Contoh Surat Pengunduran dari Organisasi

Organisasi merupakan wadah kita belajar banyak hal. Belajar bagaimana caranya bekerja yang baik bersama tim, belajar bagaimana melakukan komunikasi yang baik, serta belajar bagaimana menyelesaikan suatu problem dengan cara yang bijak.

Namun, ada kalanya anda merasa sudah cukup menimba ilmu di organisasi tersebut dan ingin mencoba tantangan baru di dunia lainnya.

Maka dalam membuat surat pengajuan pengunduran diri, ada baiknya dilakukan disaat tugas utama anda di organisasi tersebut sudah selesai atau dikala organisasi tersebut berada dalam kondisi yang stabil.

8. Contoh Surat Pengunduran Diri Menjadi Guru

Menjadi guru adalah pekerjaan yang sangat mulia. Namun terkadang setelah bertahun-tahun menggeluti dunia pendidikan tersebut, sebagian orang tidak menemukan passion nya.

Ternyata keinginan dan cita-citanya terletak di bidang lain. Untuk itu, bagi anda yang kini menyandang status guru.

Mengajukan surat pengunduran diri karena alasan yang baik dan masuk akal menjadi pilihan terakhir. Semoga di dunia yang baru nanti anda menemukan passion yang anda cari selama ini.

9. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Sakit

Biasanya surat pengunduran diri jenis ini adalah surat yang paling dihindari semua orang.

Karena menderita sakit tertentu mengharuskan seseorang mundur dari posisi dan jabatannya karena tak dapat melanjutkan pekerjaan seperti biasanya.

Dalam hal ini, ia terpaksa harus mengundurkan diri demi kelancaran mobilitas perusahaan.

10. Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Karyawan Kontrak

Karyawan kontrak berarti karyawan tidak tetap yang tidak masuk dalam datar keanggotaan suatu lembaga atau instansi.

Karyawan jenis ini bekerja berdasarkan lama kontrak yang ditandatanganinya di awal perjanjian kerja.

Setelah masa kontrak berakhir ia memiliki hak untuk melanjutkan kontrak (jika masih dibutuhkan), atau memilih mengundurkan diri dan mencari pekerjaan lainnya.

11. Contoh Surat Pengunduran Diri Pensiun Dini

Untuk lebih lengkapnya syarat dan ketentuan untuk mengajukan permohonan pensiun dini bagi pegawai dapat dilihat di Undang-Undang negara tentang pensiun ASN.

12. Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Mitra Kerja

Sebagai mitra kerja tentu memiliki perjanjian kontrak yang ditandatangani oleh kedua belah pihak. Namun di tengah berjalannya waktu, terkadang salah satu pihak ingin mengakhiri perjanjian tersebut karena perihal tertentu.

Surat pengunduran diri sebagai mitra kerja ini biasanya dapat diajukan saat kontrak sebagai mitra habis. Jika diajukan saat kontrak masih berlaku maka pihak yang mengajukan biasanya dibebani konsekuensi tertentu.

13. Contoh Surat Pengunduran Diri Sementara

Ternyata pengunduran diri (resign) bukan berarti berhenti bekerja selamanya. Ada juga jenis pengunduran diri yang bersifat temporary atau sementara.

Surat jenis ini hampir sama dengan surat permohonan cuti namun dalam kurun waktu yang lama. Surat pengunduran diri sementara biasanya digunakan bagi karyawan yang cuti melahirkan.

Dalam kasus ini waktu cuti dapat dilakukan dalam kurun waktu kurang lebih tiga bulan. Jangan lupa menyertakan redaksi kalimat bahwa anda dapat kembali masuk bekerja seperti biasa setelah masa pengunduran diri anda berakhir. Atau cuti anda menjadi pengunduran diri selama-lamanya.

14. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena SP3

Surat Peringatan (SP) tergolong ke dalam salah satu kategori surat dinas resmi. Namun jika anda terkena SP3 berarti masa kerja anda telah berakhir selama-lamanya.

Secara halusnya anda diminta mengajukan permohonan undur diri, namun sesungguhnya anda dipecat dari pekerjaan. Hati-hati dalam bertindak ya, jangan lupa selalu menjaga norma-norma dan aturan yang ada agar anda tidak terkena SP3.

15. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Belajar

Setelah merasa puas meniti karir, terkadang kita punya keinginan untuk kembali belajar ke jenjang yang lebih tinggi. Kembali menjadi mahasiswa terkadang menjadi impian sebagian orang.

Dalam mengajukan permohonan pengunduran diri karena belajar, disarankan untuk melampirkan dokumen-dokumen penting (seperti LoA dari universitas yang dituju) untuk mendukung pengabulan permohonan undur diri anda.


Surat Pernyataan Tentang Persetujuan Pengunduran Diri


KOP SURAT BADAN USAHA
SURAT PERNYATAAN
TENTANG
PERSETUJUAN PENGUNDURAN DIRI

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Pimpinan Badan Usaha : ……………………………………………………………………………..
Nama Badan Usaha : ……………………………………………………………………………..
Jabatan : ……………………………………………………………………………..
Alamat Badan Usaha : ……………………………………………………………………………..

Dengan ini menyatakan memberikan persetujuan atas pengunduran diri Saudara yang tersebut di bawah ini:

Nama : ……………………………………………………………………………..
No. KTP : ……………………………………………………………………………..
Alamat : ……………………………………………………………………………..

Dan tidak keberatan apabila yang bersangkutan bekerja di mana saja.

Demikian Surat Pernyataan ini kami buat dalam keadaan sehat jasmani dan rohani serta tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun dan Surat Pernyataan ini dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
……………………., ……………………..
CV./PT. ……………………………………..
………………………………
Pimpinan Badan Usaha


Sebelum benar-benar mengundurkan diri rencanakan semua dengan sangat matang. Jangan sampai setelah mengundurkan diri anda justru kembali jadi pengangguran.

Perhitungkan dan pertimbangkan baik dan buruknya jika anda benar-benar mengundurkan diri. Kalau bisa pastikan anda sudah memperoleh pekerjaan di tempat lain barulah kemudian mengundurkan diri.

Poin utama yang harus diperhatikan saat menulis surat pengunduran diri adalah berikan apresiasi kepada perusahaan terlebih dahulu kemudian baru ceritakan pencapaian yang telah anda lakukan di perusahaan tersebut.

Setelah semua maksud tersampaikan secara lugas dan bahasa yang santun, tutup surat anda dengan kalimat yang hangat. Jika bisa tambahkan permohonan maaf kepada semau pihak.

Itulah poin penting, pertimbangan serta contoh surat pengunduran diri yang harus anda persiapkan, semoga bermanfaat.

Leave a Comment