18 Contoh Surat Permohonan Maaf, Izin, Kerjasama, dan Lain Sebagainya

Contoh Surat Permohonan – Surat bisa diartikan sebagai alat komunikasi tertulis. Tujuannya tentu untuk menyampaikan informasi. Ya bentuk informasinya pun berbagai rupa seperti pemberitahuan, buah pikiran, gagasan, pengingat, bukti historis, dan pedoman kerja, serta surat permohonan.

Alat komunikasi satu ini telah ada sejak sebelum masehi dimana kerajaan-kerajaan di seluruh bagian dunia memanfaatkan surat sebagai sarana informasi. Adanya perkembangan teknologi membuat beberapa fungsi surat tak lagi dianggap efektif dan efisien.

Meskipun begitu surat tetap eksis sampai hari ini dan digunakan untuk berbagai kepentingan. Salah satu surat yang masih banyak digunakan orang adalah surat permohonan. Jenis surat tersebut biasa digunakan untuk membuat suatu permohonan dengan tujuan tertentu.

Misalnya permohonan izin, permohonan kerjasama, permohonan beasiswa, dan lain sebagainya. Surat permohonan memiliki banyak jenis tergantung dengan tujuan keperluannya.


Contoh Surat Permohonan


malangvoice.com

Berikut beberapa contoh surat permohonan yang bisa digunakan untuk keperluan-keperluan permohonan diantaranya:

1. Surat Permohonan Ijin Menyelenggarakan Kegiatan

Surat permohonan ijin sendiri sebenarnya juga memiliki beragam bentuk, salah satunya yaitu ijin menyelenggarakan kegiatan.

Hampir semua kegiatan yang diadakan harus mendapatkan ijin dari berbagai pihak mulai dari RT, RW, kelurahan, jika itu di sebuah desa, atau kepala sekolah jika itu di sekolah, juga pada pihak kepolisian setempat.

Surat ijin tersebut dibuat agar kegiatan bisa dilaksanakan dengan lancar, juga sebagai bukti bahwa kegiatan yang dilaksanakan bukanlah kegiatan terlarang, sehingga tidak bisa dibubarkan secara paksa oleh pihak manapun. Berikut contoh surat ijin menyelenggarakan kegiatan:

KARANG TARUNA PAMUDJA
DUSUN JALAKAN, TRIHARJO, PANDAK, BANTUL, D.I YOGYAKARTA
Sekretariat: Jl. Anggrek no.15 Bantul
Telp. 022 332769 | email : [email protected]

Bantul, 16 Mei 2016

Nomor : 32/PKS/KTRW5/VI-16
Hal : Permohonan Izin Kegiatan
Lampiran : 1 Berkas Proposal

Kepada
Bapak Ketua RW 05
Di tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan hormat,

Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, dan semoga kita selalu dalam limpahan iman kepada-Nya. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi besar Muhammad SAW hingga akhir zaman.

Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 71, kami bermaksud mengadakan acara perlombaan dan pentas seni bagi masyarakat khususnya warga dusun Jalakan guna mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan solidaritas masyarakat yang akan diadakan pada :

Hari/ Tanggal : Minggu, 21 Agustus 2016
Waktu : 07.00 sampai selesai
Tempat : Lapangan dan Gedung Serbaguna RW 05 Kelurahan Melodi Indah

Oleh karena itu, kami selaku panitia pelaksana kegiatan bermaksud memohon izin untuk mengadakan kegiatan dan menggunakan Lapangan dan Gedung Serbaguna RW 05 tersebut agar acara kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Demikian permohonan ini kami sampaikan. Besar harapan kami agar permohonan izin penggunaan tempat ini dikabulkan sehingga kegiatan ini bisa terlaksana. Atas perhatian dan dukungan Bapak, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Sekretaris Karang Taruna Ketua Karang Taruna
Irma Yulianti Suratijo

2. Surat Permohonan Beasiswa

Dewasa ini banyak sekali lembaga baik pemerintahan maupun swasta yang memberikan beasiswa untuk para pelajar, mulai dari tingkat sekolah menengah, strata 1 maupun strata 2. Beasiswa memang kerap kali menjadi incaran para pelajar.

Selain karena dapat meringankan biaya pendidikan, biasanya penerima beasiswa akan mendapat pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan diri, seperti berorganisasi serta soft skill lainnya.

Karenanya pemilihan penerima beasiswa dilakukan dengan sangat ketat,yakni dengan mengajukan beberapa syarat tertentu, agar kemudian beasiswa dapat diberikan kepada yang benar-benar berhak menerimanya.

Nah salah satu syarat yang biasanya harus ada ketika mengajukan beasiswa adalah surat permohonan beasiswa. Surat ini menandakan bahwa calon penerima benar-benar ingin menerima beasiswa tersebut. Adapun contoh surat permohonan beasiswa adalah sebagai berikut:

SURAT PERMOHONAN BEASISWA

Surabaya, 24 September 2017

Perihal : Permohonan Beasiswa
Lampiran : 1 Berkas

Kepada
Rektor Universitas Airlangga Suurabaya
Jalan Kayu Putih Raya Km.10.5 Surabaya

Dengan hormat,
Sehubungan dengan adanya informasi pendaftaran beasiswa mahasiswa unggulan tahun ajaran 2016/ 2017 yang diumumkan melalui website universitas pada tanggal 15 Juni 2016, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Muhammad Fauzan Saputra
NPM : 32908090
Fakultas : Ekonomi dan Bisnis
Jurusan : Ilmu Ekonomi Islam
Semester : V (Lima)
Tempat/tanggal lahir : Bandung, 20 Januari 1994
Alamat : Jalan Melati Putih Gg. Mawar No. 10B Surabaya

Bersama ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan untuk mendapatkan beasiswa mahasiswa unggulan ajaran tahun 2016/ 2017 tersebut. Dan sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1. Foto copy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
2. Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3. Foto copy Transkrip nilai Semester 1 – 4
4. Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua
5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
6. Surat Pernyataan Tidak sebagai Penerima Beasiswa
7. Surat Rekomendaasi dari Dekan bidang Kemahasiswaan
8. Foto copy Rekening Listrik 3 bulan terakhir
9. Foto copy Rekening PDAM 3 bulan terakhir
10. Foto copy Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua
11. Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kelurahan
12. Foto copy Buku Rekening Tabungan
13. Pas Foto 4 x 6 (3 Lembar)

Demikian surat permohonan ini saya buat. Besar harapan saya agar permohonan beasiswa ini dapat dikabulkan. Atas perhatian dan bantuan Bapak/ Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Muhammad Fauzan Saputra
NPM. 32908090

3. Surat Permohonan kerjasama

Surat permohonan kerjasama ini mencakup banyak hal, mengingat kerjasama merupakan tindakan yang sering dilakukan oleh berbagai pihak, seperti instansi pekerjaan, pendidikan, mahasiswa, pemerintah, dan lain sebagainya. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan bagi kedua belah pihak.

Bentuk kerjasama nya pun beragam, misalnya sebuah perusahaan membutuhkan tenaga kebersihan, kemudian perusahaan tersebut mengajak kerjasama dengan perusahaan penyedia tenaga kebersihan.

Misalnya juga instansi pendidikan seperti kampus ingin menyelenggarakan magang untuk mahasiswanya, kemudian mengajak kerjasama suatu instansi lain sebagai tempat mahasiswa magang. Tak terkecuali mahasiswa sendiri biasanya mengajukan kerjasama dengan pihak lain untuk membantunya melaksanakan tugas lapangannya, seperti contoh di bawah ini:

4. Surat Permohonan Mutasi PNS

Menjadi PNS merupakan hal yang diimpikan oleh banyak orang. Sayangnya kuota tersebut tak bisa menampung seluruh orang yang berkeinginan. Hal ini kemudian membuat orang mencari peluang dengan memilih daerah mana saja yang paling banyak membutuhkan PNS meskipun itu jauh dari daerah tempat tinggalnya.

Hal itu lah kemudian yang menjadi salah satu sebab seorang PNS ingin berpindah tugas. Meskipun masih banyak faktor-faktor lainnya juga yang membuat seseorang ingin mutasi. Untuk mewujudkan mutasi tersebut PNS harus membuat surat pengajuan permohonan mutasi seperti contoh di bawah ini:

SURAT PERMOHONAN PINDAH TUGAS

Nomor : 162/11/03/2017
Lamp : 1 bendel
Perihal : Permohonan Mutasi

Kepada
Yth. Bupati Malang
Di-
Malang

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Ahmad Rusdi Amin, M.Pd.
NIP : 1984010741986012004
Pangkat/Gol : Pembina Tk I/IV b
Tempat/Tgl Lahir : Malang, 04 Maret 1961
Jabatan : Guru SMKN 6 Daru, Malang
Alamat : RT 09 RW 04 Banjarejo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Malang

Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak untuk pindah kerja ke Pemerintah Daerah Kabupaten malang dengan alasan mengikuti keluarga. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

1. Foto Copy SK CPNS
2. Foto Copy SK pangkat
3. Foto Copy Kartu Pegawai
4. Daftar Penilaian Kinerja PNS DP3

Demikian permohonan ini saya buat dengan sungguh-sungguh, besar harapan saya kiranya Bapak dapat mengabulkannya. Atas perhatian dan kebijaksanaannya kami ucapkan terimakasih.

Malang, 26 Mei 2016
Pemohon

Ahmad Rusdi Amin, M.Pd.
NIP.1984010741986012004

5. Surat Permohonan Pengadaan Komputer

Komputer di era sekarang ini seperti menjadi kebutuhan yang cukup penting bagi individu terutama bagi suatu lembaga. Karena tentu saja mesin komputer dapat membantu manusia dalam banyak hal.

Di dalam suatu lembaga sendiri komputer tersebut dapat membantu memudahkan aktivitas anggotanya sekaligus dapat melihat perkembangan lembaga tersebut. Sayangnya tidak semua lembaga mampu menyediakan komputer karena keterbatasan biaya.

Hal ini kerap terjadi di lembaga-lembaga sekolah yang ada di pedesaan, maupun komunitas-komunitas pendidikan yang belum begitu berkembang. Untuk menyiasatinya maka pihak lembaga dapat memohon bantuan dengan membuat surat permohonan pengadaan komputer kepada pihak terkait.

Berikut adalah salah satu contoh surat tersebut:

SURAT PERMOHONAN PENGADAAN KOMPUTER

Kisaran, 28 Juli 2011

Nomor : A/SPromosi/2011/1
Hal : Surat Permohonan Penambahan Komputer
Lam : _

Kepada Yth
Manajer PT. INDO IT
Di tempat

Dengan hormat

Mengingat semakin meningkatnya promosi dan publikasi produk di PT. INDO IT dan bertambahnya karyawan di bagian pemasaran, Kami selaku staf bagian pemasaran mengajukan permohonan penambahan sarana kerja berupa computer kepada bapak budi selaku Manajer PT. INDO IT.

Komputer yang kami perlukan sebanyak 10 unit. Hal tersebut kami perlukan untuk memenuhi kebutuhan di bagian pemasaran dalam peningkatan kinerja karyawan

Demikianlah surat ini kami buat , agar menjadi pertimbangan bapak budi selaku Manajer PT. INDO IT. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih

Asisten Staf Pemasaran

Eko Budi Santoso

6. Surat Permohonan Cuti Tahunan PNS

Menjadi pekerja memang tidak mudah, aturan kerja ketat, teratur dan disiplin, mengharuskan kita untuk tidak absen di hari kerja. Begitu juga dengan PNS yang statusnya merupakan pegawai negeri. Namun sayangnya siapapun bisa saja mempunyai keperluan yang juga penting selain bekerja, di hari kerja.

Oleh karenanya untuk PNS sendiri dapat melakukan cuti tahunan untuk menyelesaikan keperluannya tersebut, dengan mengajukan surat permohonan cuti tahunan PNS seperti di bawah ini:

SURAT PERMOHONAN CUTI TAHUNAN

Ternate Selatan, 24 Desember 2016

Kepada Yth.
…………….
…………….

di –
Ternate Selatan

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Sastro widyo guno hidoyo M.Si.
N I P : 333 9808 12345 123 1245 we
Pangkat/Gol.ruang : IV/a
Jabatan : Guru Matematika
Satuan Organisasi : SMK Negeri 1 Tonata Selatan

Dengan ini mengajukan permintaan Cuti Tahunan untuk tahun 2017 selama 7 hari kerja, Terhitung mulai tanggal 1 Januari 2017 sampai dengan tanggal 7 Januari 2017.

Selama menjalankan cuti, alamat saya berada di : RT 09 RW 08 Desa Tonata Selatan Kecamatan Tora Karya Kabupaten Ternate Utara.

Demikianlah permintaan ini saya buat untuk dapat dipertimbangkan sebagaimana mestinya.

Hormat Saya,

Sastro Widyo Guno Hidoyo M.Si.
NIP. 333 9808 12345 123 1245

7. Surat Permohonan Pindah Sekolah

Bagi sebagian siswa berpindah sekolah merupakan hal yang tidak menyenangkan, sebab dirinya harus meninggalkan lingkungan dan teman-teman yang sudah dikenalnya. Belum lagi jika dirinya harus beradaptasi dengan sekolah baru yang belum tentu semenyenangkan sekolah lamanya.

Namun baik dengan rela atau tidak rela, seorang siswa terkadang harus berpindah sekolah ke tempat lain. Entah karena keinginan orangtuanya maupun anaknya sendiri.

Surat permohonan pindah sekolah tersebut merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi jika seorang siswa ingin berpindah sekolah. Tak usah bingung memikirkan bagaimana cara membuat surat tersebut karena di bawah ini adalah contoh surat permohonan pindah sekolah:

SURAT PERMOHONAN PINDAH SEKOLAH

Yogyakarta, 17 Maret 2017

Perihal : Permohonan Pindah Sekolah

Kepada Yth.
Kepala sekolah SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA
di tempat

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini, saya orang tua/wali murid dari :

Nama Lengkap : Haris Maulana
Tempat/Tanggal Lahir : Bantul, 20 Maret 1995
Sekolah Asal : SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA
Kelas : XI (sebelas)
Nomor Induk : 01234567

Dengan ini mengajukan permohonan pindah sekolah dari SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA untuk masuk ke SMA NEGERI 3 SEMARANG. Hal tersebut dikarenakan tuntutan tugas dari orang tua yang harus pindah tugas ke Banda Aceh, sehingga lokasi sekolah lebih dekat dengan tempat tinggal.

Demikian surat permohonan ini kami buat. Besar harapan kami sekolah memberikan izin atas permohonan ini. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat saya

Materai 6000

Haris Maulana

8. Surat Permohonan Sponsorship

Membuat acara yang besar memang membutuhkan biaya dan tenaga yang cukup besar pula. Oleh karenanya pihak penyelenggara kegiatan biasanya mencari sponsor untuk mendukung dan turut berkontribusi dalam acara tersebut.

Bentuk dukungan tidak harus melulu berbentuk uang melainkan juga barang maupun tenaga yang dibutuhkan dalam acara terkait. Untuk membuat surat tersebut berikut contoh surat permohonan sponsorship yang bisa diterapkan:

SURAT PERMOHONAN SPONSORSHIP

Semarang, 10 Agustus 2017

Nomor : 168/09/RSUMMI/Prmhn/VI/2017
Lampiran : 1 (satu) Proposal
Perihal : Permohonan Sponsorship

Kepada Yth.
Pimpinan PT Kalbe Farma Tbk
di Tempat

Sehubungan dengan adanya perubahan status RSIA UMMI menjadi Rumah Sakit Umum pada awal tahun ini, maka RS UMMI mempunyai komitmen untuk bisa memberikan pelayanan medis yang lebih luas kepada masyarakat umum, salah satunya yaitu dengan menambah Poliklinik Kulit dan Kecantikan.

Tujuan dari membuka poliklinik ini dikarenakan melihat tren di masyarakat khususnya kaum wanita yang lebih peduli terhadap penampilan, khususnya kecantikan. Maka dari itu, RS UMMI mencoba membentuk tim untuk menyelenggarakan seminar umum tentang kulit dan kecantikan sebagai bentuk promosi dari dibukanya Poliklinik Kulit dan Kecantikan dengan narasumber dr. Adelia Wulandari, Sp.KK sebagai dokter spesialis kulit dan kecantikan RS UMMI. Tema yang diangkat dalam kegiatan seminar ini adalah “Kulit Sehat”.

Sehubungan dengan hal tersebut dan sebagai dukungan demi terlaksananya acara Seminar Awam, kami mohon kesediaan Perusahaan Bapak/Ibu untuk berpartisipasi sebagai sponsor/donatur. Proposal Sponsorship kami lampirkan dalam surat ini. Pembayaran untuk sponsorship dapat ditransfer melalui :

No. Rekening : 1270101666
Atas Nama : RSIA UMMI
Nama Bank : Bank Muamalat cabang Semarang

Konfirmasi untuk berpartisipasi, mohon dapat menghubungi Telp. 0341 – 8341600 (Hunting) Fax. 0251-8341606 UP. Resty (08561422558) atau e-mail: [email protected]

Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

dr. Supratman S.E
Direktur Utama

9. Surat Permohonan Maaf

Kesalahan memang bisa dilakukan oleh siapapun. Jika itu dilakukan oleh individu terhadap individu lainnya barangkali permintaan maaf tersebut bisa dilakukan hanya dengan lisan saja.

Tapi jika kesalahan tersebut menyangkut kepentingan orang banyak barangkali pernyataan maaf tersebut akan lebih afdhol jika diungkapkan secara tertulis juga.

Terdapat banyak contoh surat permohonan maaf seperti permohonan maaf resmi perusahaan, permohonan maaf kepada warga, permohonan maaf terbuka, dan lain sebagainya. Untuk lebih detailnya dapat dilihat salah satu contoh surat permohonan maaf tersebut di bawah ini:

SURAT PERMOHONAN MAAF

Jakarta, 14 September 2013

Kepada
Yth. Pimpinan Toko Alat tulis “Sumber Jaya”
Di Tempat

Dengan hormat,
Melalui surat ini, kami yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Santi
Jabatan : Pimpinan PT. Buku Tulis Jaya

Bermaksud untuk menyampaikan permohonan maaf kepada pimpinan Toko Alat Tulis “Sumber Jaya” atas kekeliruan pengiriman barang yang terjadi pada tanggal 10 September 2013 lalu. Kekeliruan tersebut murni atas kesalahan pihak perusahaan kami dan akan kami pertanggungjawabkan seluruh kekeliruan tersebut. Untuk mekanisme pertanggungjawaban akan kami sampaikan lebih lanjut melalui email toko saudara.

Demikian surat permohonan maaf ini kami sampaikan. Atas perkenannya kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami

Santi

10. Surat Permohonan Peminjaman Dana

Permasalahan keuangan memang dapat menghambat suatu kegiatan. Terkadang bahkan penyelenggara kegiatan harus rela menggadaikan barang milik pribadinya demi terselenggaranya kegiatan tersebut. Padahal sebenarnya dana tersebut bisa dipinjam kepada pihak yang masih terkait dengan acara tersebut.

Misalnya saja jika warga ingin menyelenggarakan acara perayaan 17-an maka dana bisa dipinjam kepada desa terkait, jika penyelenggara kegiatan adalah mahasiswa maka dana tersebut bisa dipinjam dari pihak kampus.

Bagaimana cara membuat surat permohonan peminjaman dana tersebut? tentu bisa dilihat seksama contoh surat permohonan peminjaman dana berikut ini:

11. Surat Permohonan Cuti

Seorang pegawai terkadang tidak dapat hadir ke kantor untuk bekerja seperti hari biasanya. Baik itu akibat urusan pribadi, sakit, atau ada perihal lainnya. Sebelum melakukan cuti, sebaiknya pegawai membuat surat permohonan cuti yang diajukan ke perusahaan. Contoh dari surat permohonan cuti dapat disimak sebagai berikut.

Yogyakarta, 6 September 2017

Hal : Surat Izin Cuti Kerja
Kepada Yth. Bapak/ Ibu Personalia
Di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini

Nama : Novitasari
Alamat : Jl. Ring Road Utara
Jabatan : Marketing
No. Handphone : 081xxxxxxx

Dengan surat ini, saya menyampaikan pengajuan cuti untuk tidak bekerja selama 1 hari ke depan, disebabkan oleh saya menghadiri acara keluarga di Jakarta. Demikian surat permohonan cuti ini saya buatdengan sebagaimana semestinya. Saya ucapkan terima kasih atas perhatian Anda.

Hormat saya,

Novitasari

12. Surat Permohonan Kerja Praktek

Setiap mahasiswa pasti akan mengalami kerja praktek. Melalui kerja praktek inilah mahasiswa akan menyalurkan ilmu dan pengetahuannya kepada masyarakat. Untuk dapat melaksanakan pengabdian tersebut, maka mahasiswa diharuskan untuk membuat surat permohonan kerja praktek terlebih dahulu.

Nomor :IV/ DEKAN FTI/ 2018
Lampiran :-
Perihal :Surat Permohonan Kerja Praktek

Kepada Yth.
Bapak Dekan Fakultas Teknik UGM
Di Tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Atas berkat Rahmat Allah SWT, dalam rangka untuk dapat lulus sebagai mahasiswa S1 dan memenuhi kurikulum yang berlaku pada tahun ajaran 2016/ 2017 di Fakultas Teknik UGM, maka setiap mahasiswa diharuskan untuk melakukan Kerja Praktek. Sehubungan dengan Kerja Praktek tersebut, mahasiswa yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Bagus Permadana
NIM : 162034

Nama : Haikal Bagus
NIM : 167934

Mengajukan surat permohonan untuk dapat mengikuti Kerja Praktek selama 1 bulan, pada instansi Pertamina Balongan. Demikian surat ini kami ajukan. Kami juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan juga perhatiannya.

Wassalamu’alaikumm Wr. Wb.

Ketua Jurusan

Ir. Muh. Sholeh, M.Sc.

13. Surat Permohonan Permohonan Bantuan Dana

Mahasiswa sering kali mengadakan berbagai kegiatan besar yang membutuhkan dana tidak sedikit. Tentu saja, para mahasiswa tersebut perlu untuk mencari dana dengan menggunakan sponsor ataupun ditujukan ke universitas tempat mereka bekerja.

Pengajuan dana tersebut dapat dilakukan dengan cara mengajukan surat permohonan dana. Contoh surat permohonan bantuan dana dapat disimak berikut.

Pameran Unit Kegiatan Mahasiswa
Jl. Kaliurang Km 14.5, Sleman
Telp. (0274)974312

Bismillahirrahmaanirrahiim

Yogyakarta, 8 November 2018

Nomor : 109/UKM/ UII/ IV 2018
Perihal : Permohonan Bantuan Dana Untuk UKM
Lampiran : Proposal

Kepada Yth,
Rektor Universitas Islam Indonesia
Di tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Semoga Allah SWT selalu meridhoi segala amal ibadah yang dilakukan dan kita semua dimasukkan kedalam golongan orang-orang yang diberikan petunjuk-Nya. Kemudian, shalawat dan salam kita sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membimbing umat Islam ke jalan yang terang dan benar.

Sehubungan dengan akan diadakannya kegiatan pameran Unit Kegiatan Mahasiswa pada:

Tanggal : 21 November 2018
Waktu : 09.00 – selesai
Tempat : Gedung Kahar Muzakir

Melalui surat ini, kami sebagai panitia penyelenggara acara unit kegiatan mahasiswa mengajukan permohonan untuk diberikan bantuan dana dari Universitas Islam Indonesia. Kami juga melampirkan proposal sebagai bahan pertimbangan.

Demikian surat permohonan permintaan bantuan dana diajukan. Besar harapan kami untuk kerjasamanya dan kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat saya,

Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa

Joko Wardoyo

14. Surat Permohonan Referensi Bank

Bagi Anda yang jarang sekali membuat surat resmi, karena memang bukan job desk Anda, tentu saja membuatnya tidak akan mudah bila Anda tiba-tiba saja diterima menjadi pegawai bank dalam bidang ini.

Jadi Surat Referensi Bank adalah surat mengenai informasi seputar nasabah yang dikeluarkan oleh pihak bank untuk tujuan hutang maupun mengetahui kondisi keuangan.

Nomor : 10/ BMB/ 2018
Lampiran : 1 Berkas
Perihal : Pembayaran hutang

Kepada Yth.
Bapak Direktur
PT. Yogyakarta Insurance

Dengan hormat,

Sehubungan dengan pembayaran hutang dengan perusahaan kami, maka dengan ini kami memohon pembuatan referensi bank untuk nomor rekening berikut.

Nama Rekening : Eka Yulianto
Nomor Rekening : 2342542xxx
Ditujukan kepada : CV. Maju Berkembang
Perihal : Pembayaran hutang

Demikian surat permohonan referensi bank ini dibuat. Terima kasih atas kerjasamanya.

PT. Yogyakarta Insurance,
Ir. Masato Aji, M.Sc.
Direktur

15. Contoh Surat Permohonan untuk Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja dapat tergolong sebagai bentuk dari surat permohonan. Dalam hal ini biasanya permohonan ini berbentuk khusus. Dimana lamaran kerja yang diajukan ditujukan untuk keperluan dan kebutuhan bersifat mendesak.

SURAT PERMOHONAN

Perihal : Lamaran PBB Manajemen USaha KP /
Kabupaten 50 Kota/ Sumbar

Kepada
Yth. Kepala Pusat Penyuluhan
dan Pemberdayaan Masyarakat KP
Di Jakarta

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawa ini :

Nama : Rosi Aulya Putri
Pendidikan : S1 Manajemen Sumberdaya Perikanan
Alamat : Jorong Niur Kapalo Koto, Kanagarian Sariek Laweh, Akabliuru, Kab. 50 Kota
Telpom (Hp) : 0821xxxxxx654

Dengan ini saya mengajukan permohonan kepada Bapak/ Ibu sebagai penyuluh Bantu Manajemen KP 2016 di Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat. Sebagai bahan pertimbangan Bapak/ Ibu selanjutnya, bersama surat ini terlampir berkas administrasi serta Curriculum Vitae (CV) mengenai potensi diri saya.

Demikian permohonan lamaran kerja ini saya ajukan, atas pertimbangan Bapak/ Ibu saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

(materai 6000)

(Rosi Aulya Putri)

16. Contoh Surat Permohonan Rekomendasi

Rekomendasi banyak jenisnya, ada surat rekomendasi beasiswa, rekomendasi tempat magang, tempat KKN, dan lain sebagainya. Berikut contoh dan penjelasannya secara terperinci.

Surat Permohonan Rekomendasi Pembuatan Paspor Ke Ketua Jurusan

Sebagai salah satu syarat untuk dapat mengikuti program pertukaran pelajar ke luar negeri mahasiswa harus memiliki paspor. Namun biasanya waktu yang tersedia untuk mengurus kelengkapan dokumen lainnya begitu sempit alias mepet.

Dalam hal ini mahasiswa yang bersangkutan dapat meminta rekomendasi kepada pihak kampus dengan mengajukan surat permohonan. Dengan demikian pengurusan paspor setidaknya dapat dipercepat demi kepentingan studi. Berikut contoh / format dari rahasiabelajar.com

Padang, 21 Maret 2019

Perihal : Permohonan rekomendasi pembuatan paspor

Kepada :
TU Jurusan Pertanian
Universitas Andalas
Di Padang

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Lengkap : Raina Iznillah
Alamat : Jorong Koto Baru, Sariek Laweh, Akabiluru, Ka. 50 Kota
Nomor KTP : 327xxxxxxxxxxxxxx

Bermaksud untuk meminta surat rekomendasi dari Ketua Jurusan Pertanian Unand untuk pembuatan paspor. Pembuatan paspor ini akan digunakan untuk mengikuti program student exchange di Kyoto University, Jepang.
Demikian permohonan dari saya, atas perhatian dan kesediaannya, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
(tanda tangan)
Raina Iznillah

Permohonan Pembuatan Surat Rekomendasi untuk KKN

Yogyakarta, 21 Januari 2012

Nomor : 001/KKN-KLU/01/12
Lampiran : 1 lembar
Perihal : Permohonan Pembuatan Surat Rekomendasi Lokasi

Kepada
Yth. Kepala Bidang Pengelolaan KKN-PPM,
Pengembangan UMKM dan Pelayanan Masyarakat LPPM UGM

Dengan hormat,

Dalam rangka pelaksanan KKN-PPM Antar Semester TA 2011-2012, kami mengajukan judul “Peningkatan produktivitas dan pemberdayaan masyarakat pesisir berdasarkan kearifan lokal di desa Sekotong Barat, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, NTB” dengan identitas sebagai berikut :

Nama DPM : Supratman Heryanto, S.Si.,M. Kes
NIP : 19xxxxxxxxxxxxx
Waktu Pelaksanaan : 9 Juli- 15 Agustus 2012 (Antar Semester)
Judul : Peningkatan produktivitas dan pemberdayaan masyarakat pesisir berdasarkan kearifan lokal di desa Sekotong Barat, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, NTB
Tempat : Desa Sekotong Barat, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, NTB

Berkaitan dengan hal tersebut, kami akan mengadakan observasi lapang untuk melengkapi data dan informasi yang diperlukan. Observasi lapang menurut rencana akan kami laksanakan pada :

Hari/ Tanggal : 15-19 Februari 2012
Lokasi : Desa Sekotong Barat, Kec. Sekotong, Kab. Lombok Barat, NTB
Anggota Observasi : 5 orang (terlampir)

Sehubungan dengan hal tersebut, maka kami mohon fasilitas dari LPPM berupa surat pengantar observasi yang ditujukan kepada :

Yth. Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat
dengan tembusan Yth. :

1. Bupati Lombok Barat
2. Camat Kecamatan Sekotong
3. Kepala Desa Sekotong Barat

Atas perhatian dan bantuan yang diberikan kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Ketua                                                                                                                                                                                   Sekretaris

Supratman Heryanto P., S.Si.,M. Kes                                                                                                                    Rosi Aulya Putri

Surat Permohonan Rekomendasi untuk Keperluan Beasiswa

Permohonan surat rekomendasi beasiswa biasanya diajukan oleh mahasiswa kepada dosen maupun profesor dari universitas asalnya. Surat rekomendasi ini nantinya akan menjadi dokumen pertimbangan reviewer dalam menilai calon penerima beasiswa.

Yogyakarta, 23 Agustus 2016

Yth. Bapak Prof. Dr. Alwi Junaidi M. P.
di tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi program Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi bagi Pegiat Sosial dan Seniman dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Raina Iznillah
NIM : 13/238477/PN/18541
Program Studi : Teknologi Hasil Perikanan
Jurusan/Fakultas : Perikanan/Pertanian

bermaksud untuk mengajukan permohonan beasiswa tersebut untuk jenjang pendidikan S2 (Master). Adapun salah satu syarat yang harus dilampirkan untuk mengajukan beasiswa tersebut adalah surat rekomendasi pada kop surat resmi dari dosen pembimbing. Oleh karenanya, saya memohon pertimbangan kepada Bapak Prof. Dr. Alwi Junaidi M. P. selaku dosen pembimbing untuk membantu saya dalam memenuhi persyaratan tersebut.

Demikian surat permohonan ini dibuat, atas perhatian dan terkabulnya permohonan ini, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
(tanda tangan)
Raina Iznillah

17. Contoh Surat Pemohonan Translate Ijazah dan Transkrip Nilai

Mahasiswa yang sudah lulus akan mendapatkan ijazah dan transkrip nilai berbahasa Indonesia dari fakultas. Beberapa beasiswa akan meminta pihak kampus untuk mentranslate ijazah dan transkrip nilai dengan mengajukan surat permohonan.

Yogyakarta, 10 Februari 2015

Kepada Yth.
Bapak Wakil Dekan 1
Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNAND
di tempat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama : Andika Pratama
NIM : 10/288486/FEB/11845
Jurusan : Ekonomi

Mengajukan surat permohonan pembuatan Terjemahan Ijazah dan Transkrip Akademik dalam Bahasa Inggris untuk keperluan mengajukan beasiswa studi lanjutan S2 (Master).

Demikian surat permohonan ini dibuat, atas bantuan Bapak saya ucapkan terima kasih.

Pemohon
(tanda tangan)
Andika Pratama

18. Contoh Surat Permohonan Untuk Keperluan Beasiswa

Beasiswa merupakan salah satu program dengan syarat beribu dokumen. Mulai dari surat rekomendasi, paspor, visa, translate ijazah, hingga berbagai jenis surat permohonan kepada pihak-pihak terkait. Berikut beberapa contohnya:

Surat Permohonan Rincian Biaya Pendidikan

Yogyakarta, 08 September 2016

Hal : Permohonan Infromasi Rincian Biaya Pendidikan
Lampiran : 1 halaman

Kepada:
Yth. Pengelola Administrasi Pascasarjana
Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada

Dengan hormat,

Sehubungan dengan lolosnya saya sebagai penerima Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi bagi Pegiat Sosial dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016 bacth 2, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Gadiza Akbar
Jurusan / Fakultas : S-1 Teknologi Hasil Perikanan / Pertanian
Institusi : Universitas Gadjah Mada

mengajukan permohonan Surat Keterangan Rincian Biaya Pendidikan Magister (S2) Program Ilmu Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada Semester Genap (II) T.A. 2016/2017. Rincian biaya pendidikan meliputi beberapa komponen berikut:

1. Biaya pendaftaran Program Magister (S2) Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada.
2. Biaya SPP per-semester (Uang Kuliah Tunggal / UKT)
3. Biaya penelitian, dan
4. Biaya wisuda

Informasi tersebut digunakan untuk melengkapi syarat administrasi wawancara Beasiswa Unggulan Kemendikbud. Adapun email sebagai bukti lolos seleksi tahap administrasi dari Kemendikbud telah saya lampirkan.

Demikian surat permohonan ini dibuat. Atas perhatian dan terkabulnya permohonan ini saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

(tanda tangan)

Gadiza Akbar

Surat Permohonan Pembuatan LoA (Letter of Acceptance)

Yogyakarta, 23 Agustus 2016

Yth. Ketua Program Studi Agroekoteknologi
Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas
di tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi program Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi bagi Pegiat Sosial dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Gadiza Akbar
NIM : 12/256475/PN/11845
Program Studi : Agroekoteknologi
Jurusan/Fakultas : Pertanian/ Teknologi Pertanian

bermaksud untuk mendaftarkan diri pada beasiswa tersebut untuk jenjang pendidikan S2 (Master). Adapun salah satu syarat yang harus dilampirkan untuk mengajukan beasiswa tersebut adalah surat penerimaan atau Letter of Acceptance (LoA) dari perguruan tinggi yang akan dituju. Saya bermaksud untuk mendaftarkan diri pada Program Studi Agroekoteknologi di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas.

Dikarenakan pendaftaran beasiswa ini akan ditutup pada tanggal 31 Agustus 2016, saya bermaksud untuk mengajukan permohonan agar bisa memperoleh Letter of Acceptance (LoA) terlebih dahulu untuk memulai masa perkuliahan pada Semester Genap (II) T.A. 2016/2017. Berikut saya lampirkan ijazah, transkrip nilai, serta dokumen-dokumen pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan.

Demikian surat permohonan ini dibuat, atas perhatian dan terkabulnya permohonan ini, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Gadiza Akbar


Dari ke delapan belas contoh surat permohonan di atas, jenis surat permohonan mana yang paling sering Anda ajukan? Demikian beberapa contoh surat permohonan untuk berbagai keperluan. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*