9 Rekomendasi Film Bruce Lee Terbaik Bahkan Setelah Ia Wafat

Bagi pecinta film bertema martial art pasti tak asing dengan sosok Bruce Lee. Hampir semua film Bruce Lee laris manis di pasaran.

Pria yang identik dengan jumpsuit serta sepatu kets berwarna kuning ini merupakan ikon seni beladiri dan aktor laga yang dikenal dunia.

Meskipun potongan rambut batoknya terlihat cupu nyatanya Bruce Lee berhasil menciptakan sebuah inovasi beladiri baru, yakni Jet Kun Do.

Berkat kepiawaiannya dalam seni beladiri membuat setiap film-film Bruce Lee selalu laris di pasaran. Dan berkat Bruce Lee pula film Asia bergenre seni beladiri berhasil menembus pasar Amerika dan Eropa.

Bruce Lee memberikan pengaruh besar terhadap kesuksesan film-film bergenre seni beladiri terutama dalam beberapa dekade terakhir.

Bahkan film-film yang terdapat adegan laga di dalamnya tak terlepas dari seni beladiri Asia Timur. Hal itu juga bisa dikatakan sebagai dampak dari fenomena sang legenda martial arts, Bruce Lee.

Tak hanya pandai dalam beladiri Bruce Lee juga dikenal sebaagai penari Cha cha.

Darah seni sudah ada di dalam darah Bruce Lee yang memang terlahir dari ayah yang juga seorang seniman asal China.

Ayah dari Bruce Lee, yaitu Lee Hoi Chuen merupakan penyanyi opera. Meskipun keturunan China, namun Bruce Lee bisa membuktikan kepada dunia kalau ia bisa sukses di dunia barat.


Film Bruce Lee Terbaik


Karir Bruce Lee memang tak panjang karena ia meninggal di usia muda akibat penyakit edema yang menyerang otaknya.

Meninggal di usianya yang ke-32 bukan berarti Bruce Lee tidak memiliki kesempatan untuk menunjukkan karyanya.

Film-film yang dibintanginya terbukti sukses menghantarkan namanya ke puncak karir.

Ia bahkan mendapat berbagai kehormatan, seperti bintangnya di “Walk of Fame Hollywood” dan “Avenue of Stars Hongkong” serta patungnya di HongKong dan China Town LA.

Selama hidupnya ia telah berkarir di dunia peran sejak usianya masih 10 tahun.

Tak hanya film Bruce Lee juga sering tampil di serial TV Amerika, sebut saja “The Milton Berle Show (1966)” sebagai Kato, “Batman (1966 – 1967)” sebagai Kato, “The Green Hornet (1967)” sebagai Kato, “Ironside (1967)” sebagai Leon Soo, “Blondie (1969)” sebagai instruktur karate, “Here Come the Brides (1969)” sebagai Lin, serta “Longstreet (1971)” sebagai Li Tsung.

Sepanjang karirnya tak kurang dari 9 film bergenre beladiri yang telah diperankannya.

Berikut ini rahasiabelajar.com ulas 9 film Bruce Lee terbaik dari tahun 1969 hingga akhir hayatnya.

1. Marlowe (1969)

Film yang dirilis tahun 1969 ini Bruce Lee bermain sebagai figuran. Ia memainkan karakter ahli kungfu bayaran, yakni Winslow Wong.

Film ini bergenre kriminal, drama, misteri, serta thriller.

Film ini menceritakan tentang seorang perempuan asal Kansas yang menyewa detektif swasta bernama Philip Marlowe untuk mencari saudara laki-lakinya yang hilang.

2. The Big Boss (1971)

Di film bergenre aksi, kriminal, drama, serta thriller ini Bruce Lee berperan sebagai Cheng Chao an dalam versi Cina atau sebagai Chen Zhen dalam versi US nya.

Film ini menceritakan tentang seorang pemuda yang memperjuangkan kampanye anti kekerasan dalam bekerja bersama sepupunya di pabrik es tempat mereka bekerja sampai suatu saat sepupunya mulai menghilang secara misterius dari tempat mereka bekerja.

Cerita film ini bermula dari Cheng yang merupakan laki-laki yang datang dari kota bersama dengan sepupunya untuk bekerja di pabrik es.

Sebelum berangkat ia berjanji pada keluarganya kalau ia tidak akan terlibat dalam perkelahian apapun. Sebuah kalung batu giok yang melingkar di lehernya menjadi pengingatnya saat ia mulai tersulut emosi.

Di desa ia tinggal dengan keluarga jauhnya yang juga sebagian bekerja di pabrik es.

Suatu saat keluarganya mulai menghilang satu persatu setelah bertemu dengan pihak manajemen pabrik es tempat Chen bekerja.

Misteri tentang menghilangnya anggota keluarga Cheng membuatnya merasa tertekan dan memaksanya untuk melanggar sumpahnya sendiri.

Ia akhirnya berhadapan dengan otak dibalik kejahatan ini, yakni Big Boss.

3. The Chinese Connection (1972)

Berperan sebagai Chen Zhen di film tahun 1972 ini membuat nama Bruce Lee sebagai aktor laga semakin melejit.

Film ini bercerita tentang seorang pemuda yang mencari tahu perihal kematian guru beladirinya.

Ceritanya bermula ketika Chen kembali ke Shanghai untuk menikahi tunangannya. Saat kembali ia menemukan bahwa guru beladirinya di perguruan Hou Yuanjia telah meninggal.

Selama upacara kematian tiba-tiba anggota dari dojo Jepang muncul dan menghina perguruan mereka sebagai Cina cemen.

Penghinaan terus berlanjut meskipun begitu Chen terus melawan.

Hingga pada akhirnya ia menemukan kebenaran bahwa gurunya diracun oleh master dojo Jepang dan ia memulai misi balas dendamnya.

4. The Way of The Dragon (1972)

Film ini bercerita tentang seorang pria yang mengunjungi saudaranya yang tinggal di Italia dan membantu mereka mempertahankan restorannya dari para gangster yang mengganggu mereka.

Ceritanya berawal ketika Tang Lung (Bruce Lee) tiba di Roma untuk membantu bisnis restoran keluarganya.

Restoran milik kerabatnya dipaksa dijual oleh sindikat disana. Tang Lung menjadi ancaman bagi sindikat tersebut.

Ia bahkan bisa mengalahkan seniman beladiri terbaik dari Jepang dan Eropa yang disewa sindikat itu.

Hingga akhirnya sindikat tersebut menyewa seniman beladiri terkenal asal Amerika bernama Colt dan mereka berdua bertarung di Colosseum Roma.

5. Enter The Dragon (1973)

Film yang disutradarai oleh Robert Clouse ini Bruce Lee berperan sebagai Lee, seorang seniman beladiri yang menyamar menjadi seorang petarung untuk memata-matai dalang kejahatan.

Cerita “Enter The Dragon” berpusat pada tiga karakter utama, yakni Lee, Roper, dan William.

Lee direkrut oleh sebuah agensi beladiri untuk menyelidiki sebuah turnamen beladiri yang diselenggarakan oleh Han. Mereka curiga Han melakukan perdagangan Opium tersembunyi.

Roper dan William merupakan kawan lama Lee saat di militer. Keduanya masuk ke turnamen dengan alasan yang berbeda.

Turnamen mematikan tersebut diselenggarakan di sebuah pulau dan Lee mendapat tugas untuk mengeluarkan dua orang lainnya hidup-hidup.

6. Game of Death (1978)

Di film “Game of Death” Bruce Lee berperan sebagai Billy. Billy adalah seorang aktor laga yang harus berpura-pura memalsukan kematiannya untuk menyelidiki siapa dalang di balik orang yang ingin membunuhnya.

Setelah menonton semua film Bruce Lee di atas apa sekarang kalian lebih mengenal sosok legendaris Bruce Lee.

Perlu kalian tahu kalau hampir di setiap filmnya terdapat adegan dimana Bruce Lee mendapat banyak luka saat bertarung dengan lawannya.

Ia kemudian menyerang balik dan menghabisi lawan-lawannya setelah sepersekian detik ia berdiri tercengang sambil merasakan darah dari lukanya mengalir.

Pada film-film yang dibintanginya juga sering memperlihatkan Bruce Lee yang sering membuat suara-suara untuk mengecoh musuh-musuhnya saat bertarung.

Bruce Lee juga sering memerankan tokoh yang jago beladiri dan membela kaum minoritas Cina.

Ia menggunakan teknik beladiri yang diciptakannya, yaitu Jet Kun Do saat beradegan fighting. Ciri khasnya adalah pergerakannya yang secepat kilat dan refleks yang bagus.

7. Fist of Fury (1972)

Fist of Fury merupakan project lanjutan karena kesuksesan yang diraih oleh film The Big Boss. Masih disutradrai oleh Lo Wei, pemeran tokoh utama pada film ini juga masih dibintangi oleh Bruce Lee dan Nora Miao.

Cerita terpusat pada tokoh bernama Chen Zhen (Bruce Lee) yang merupakan ahli beladiri terkemuka di Shanghai pada tahun 1910-an.

Agar bisa menikahi tunangannya Chen Zen kembali ke perguruan Jingwu untuk mengasah kemampuan bela dirinya. Namun yang ia dapati justru kabar duka dan membuatnya terpukul.

Guru yang sangat dihormatinya bernama Huo Yuanjia telah meninggal. Setibanya disana Chen sendiri langsung mengikuti proses pemakaman sang guru.

Berniat kembali ke tempat tunangannya berada, Chen kembali dihadang masalah baru. Setelah pemakaman Huo Yuanjia tiba-tiba sekumpulan orang Jepang datang mengacau di perguruan Jingwu.

Tidak terima akan hal itu Chen Zen melampiaskan amarahnya hingga terjadilah pertarungan yang tidak terbendung.

Seperti banteng kelaparan Chen Zen mengamuk karena masih belum menerima fakta kepergian gurunya. Ia berniat untuk balas dendam dan mencari siapa yang menyebabkan segala kekacauan tersebut.

8. The Real Bruce Lee (1979)

Dikenal juga dengan judul “Last Fist of Fury”, merupakan sebuah film dokumenter beladiri untuk mengenang Bruce Lee.

Dimulai dengan dialog berbahasa Inggris ini dimulai dengan video singkat mengenai biografi Bruce Lee.

Menampilkan juga beberapa adegan dari film masa kecil Bure Lee seperti Bad Boy, Orphan Sam, dan The Carnival.

Dilanjutkan dengan video highlight dari tokoh bernama Lee berdurasi tiga menit. Lee menirukan gerakan martial arts yang menjadi ciri khas dari sang master legendaris ini.

Terakhir adalah film seni beladiri Korea berdurasi panjang yang dibintangi oleh Lee Xiao Long. Disini Lee berperan sebagai pengganti alias peniru tokoh Bruce Lee.

Plot twist dalam ini film dokumenter ini diambil dari salah satu kisah film Bruce Lee terbaik pada tahun 1972 yaitu Fist of Fury.

Dimana kala itu Jepang menginvansi perguruan Jingwu yang merupakan salah satu sekolah kungfu di Tiongkok. Bahkan nyawa salah satu murid melayang karena pertandingan yang tidak seimbang.

Bruce Lee yang kali ini diperankan oleh Lee Xiao memutuskan untuk mempertaruhkan nyawanya sendiri dalam misi balas dendam kepada para penindas tersebut.

9. Game of Death II (1981)

Seperti yang kita ketahui Bruce Lee dinyatakan meninggal ketika melakukan proses syuting film Game of Death yang pertama di tahun 1973.

Sekuel kedua yang juga dikenal dengan judul Tower of Death ini merupakan gabungan klip-klip film Bruce Lee terdahulu.

Menceritakan tentang Lee Chen Chiang (Bruce Lee) seorang artis beladiri yang sangat terkenal dan membintangi banyak film laga.

Namun ada beberapa pihak yang tidak menyukainya hingga ia diberitakan dibunuh dan meninggal dunia.

Highlight dalam film ini adalah perjuangan saudara Lee Chen Ching, Bobby, dalam mengusut dan menyelidiki kasus kematian sang kakak.

Ia langsung terbang ke Korea Selatan dimana kakaknya ditemukan tewas, tepatnya di sebuah pagoda bawah tanah.

Tak semulus jalan tol, ternyata perjuangan Bobby juga banyak yang menghalangi. Ia bertemu dengan banyak pihak yang juga ingin membunuhnya.

Mampukah Bobby menguak misteri kematian sang kakak dan menemukan pembunuhnya?

Film ini disutradarai oleh Ng See-yuen dan dibintangi oleh Bruce Lee, Tong Lung, Huong Cheng Li dan Roy Horan.
Sebagian besar adegan Bruce Lee dalam film ini diambil dari film Enter the Dragon.

Sempat beredar kabar jika kematian Bruce Lee memang terlihat janggal dan penuh tanda tanya.

Apakah ia benar mati karena terkena endema otak atau memang ada yang merencanakan seperti di dalam film Game of Death II ini?

Terlepas dari apapun itu, Bruce Lee hingga kini menjadi aktor laga yang melegenda dan namanya dikenang oleh banyak orang.

Meskipun Bruce Lee sering diidentikkan dengan jumpsuit kuning sebenarnya ia lebih sering tampil shirtless saat bertarung dalam film-filmnya dikarenakan badannya terbentuk dengan otot-otot yang bagus.

Salut bagi aktor legendaris ini. Rest In Peace master!

Baca Juga : Film Bollywood Terbaik

Leave a Comment