13 Film Bollywood Terbaik, Dua Diantaranya Didedikasikan Untuk Sushant

Film Bollywood terbaik versi kamu apa nih? Atau taunya cuma “Kabhi Kushi Kabhi Gham” dan “Kuch Kuch Hota hai”? Wah, banyak Bollywood terbaru yang tak kala serunya lho!

Industri film Bollywood merupakan industri film terbesar di India, film Bollywood banyak digemari oleh masyarakat di belahan dunia termasuk di Indonesia.

Mungkin karena lagunya yang mendayu, tariannya yang aduhay, dan jalan ceritanya yang selalu berhasil bikin kita baper.

Tak sedikit penggemar film India bercucuran air mata bahkan menghabiskan banyak tisu setiap menonton film-film Bollywood ini.

“Kuch-Kuch Hota Hai” merupakan film terlaris di akhir tahun 90-an.

Buat kamu yang lahir di generasi Y pasti sudah nonton dong film ini, karena hingga kini film ini masih diputar berulang-ulang kali di berbagai stasiun televisi nasional.

Bahkan masyarakat yang bukan penggemar Bollywood pun pasti tahu lagu “tumpa se aee” nya.


Film Bollywood Terbaik


Tapi itu adalah film 90-an, kali ini kita akan membahas 13 film Bollywood terbaik, terlaris, dan termutakhir di tahun millenial. Let’s check this out!!

1. Kaho Naa… Pyaar Hai (2000)

masala.com

Film terlaris di tahun 2000 ini sangat layak untuk ditonton karena kamu akan melihat bagaimana Rohit (Hrithik Roshan) mengejar mimpinya menjadi penyanyi sukses dan memperjuangkan cintanya kepada Sonia (Amisha Patel).

Film ini juga membuat baper loh, karena Sonia yang tak bisa melupakan cintanya pasca ditinggal Rohit.

Singkat cerita, Sonia bertemu dengan sosok pria baru di Selandia Baru bernama Raj Chopra, yang sangat mirip dengan Rohit.

Pertemuan Raj dan Sonia membuat Raj jatuh cinta pada pandangan pertama sehingga Raj rela mengikuti Sonia kembali ke India dan kenyataan akan kepergian Rohit akhirnya terungkap ketika mereka sampai India.

2. Om Shanti Om (2007)

Film ini mengisahkan tentang Om Kapoor (Shahrukh Khan). Aktor populer yang banyak mendapatkan penghargaan film yang ternyata adalah reinkarnasi dari Om Prakash Makhija.

Aktor junior yang tewas ketika menolong Shantipriya (Deepika Padukone) yang juga seorang aktris yang sangat terkenal.

Om Kapoor yang kembali teringat akan cinta di kehidupan masa lampaunya berusaha membalas dendam kepada pelaku yang telah membunuh cintanya.

Ia menggelar kembali reka ulang peristiwa ketika Santipriya dibunuh dan membuat seolah-olah Santipriya kembali dan menghantui sang pelaku.

Dalam film ini kamu juga bisa melihat berbagai artis India terkenal yang menjadi bintang tamu turut bernyanyi dan menari dalam pesta perayaan penghargaan Om Kapoor loh.

Mulai dari Kajol, Saif Ali Khan, Karisma Kapoor, Govinda, Hrithik Roshan, Amita Bachchan, dan masih banyak lagi.

Jadi kalau kamu emang penggemar sejati film Bollywood, kamu bisa uji sendiri sejauh mana kamu kenal artis-artis Bollywood. Selamat mencoba :3

3. 3 idiots (2009)

Siapa yang tak kenal film ini? Film terlaris tahun 2009 sangat digandrungi oleh berbagai kalangan terutama anak kuliahan.

Yap film ini berlatarkan kehidupan mahasiswa yang tinggal di asrama dengan segala peraturannya.

Tiga sahabat bernama ‘Rancho’ Shamaldas Chanchad (Aamir Khan), Raju Rastogi (Sharman Joshi), dan Farhan Qureshi (Madhavan) mengemban ilmu di Universitas ternama dengan persaingan ketat antar mahasiswanya.

Ketiga mahasiswa ini datang dan merusak sistem Pendidikan yang telah diterapkan oleh Profesor Viru Sahastrabuddhe (Boman Irani) atau biasa dipanggil virus.

Yaitu sistem bahwa yang terbaiklah yang menang dan bisa diterima di Perusahaan manapun yang mereka mau setelah lulus dari universitas tersebut.

Banyak pelajaran hidup yang dapat kita ambil dari film ini, seperti nilai bukan segalanya, kesuksesanmu bukan hanya berasal dari nilai yang kamu dapat saat berkuliah, dan bahagia bukan dari gaji yang kamu dapat ketika kamu bekerja, namun bagaimana kamu menikmati pekerjaan yang kamu jalani.

Setuju? Jika belum setuju, tonton aja dulu filmnya, nanti kamu juga akan paham 

4. Dhoom 2 dan Dhoom 3 (2006 & 2013)

Dhoom na jane.. dhoom na jane.. dhoom dhoom dhoom..” ketika kamu membaca lirik ini pasti kamu membacanya sambal nyanyi.

Yep, itu merupakan theme song utama dari film “Dhoom” dari sekuel pertama hingga sekuel ketiganya.

Film yang dibintangi oleh Abhishek Bachchan dan Uday Chopra ini selalu masuk jajaran film teratas dalam setiap sekuelnya.

Dalam Dhoom 2, Jai Dixit (Abhishek) dan Ali (Uday) yang merupakan anggota kepolisian harus berhadapan dengan Mr. A (Hrithik Roshan), pencuri ulung yang seperti bunglon karena kemampuannya menyamar ketika mencuri.

Sedangkan dalam Dhooom 3, kedua polisi ini harus berhadapan dengan Sahir (Amir Khan), pemilik The Great Indian Circus yang ternyata dalam menjalankan aksinya dibantu oleh saudara kembarnya Samar.

Film-film ini menghadirkan trik dan teknologi canggih dari para pencuri serta kisah romantisnya.

Ketika Mr. A jatuh cinta dengan pencuri bernama Sunehri (Aishwarya Rai) dan Samar yang jatuh cinta kepada Aaliya (Katrina Kaif) yang merupakan acrobat di The Great Indian Circus.

Sudah pahamkan kenapa film ini terkenal ?

5. PK (2014)

PK bercerita tentang kisah seorang alien (Aamir Khan) yang terdampar di Bumi dan mencari alat kendali untuk pulang ke Planet asalnya.

Perjalanannya dalam mencari alat kendali tersebut membuat ia dijuluki “pee kay” yang berarti mabuk dan juga dalam perjalanannya itu juga ia bertemu dengan reporter yang lagi putus cinta bernama Jaggu (Anushka Sharma).

Film ini menjadi fenomenal karena mengungkapkan kebohongan atas dasar agama serta steriotip pada kebudayaan dan agama tertentu, terlebih putusnya hubungan cinta antar anak manusia akibat perbedaan keyakinan.

Film drama satir ini juga banyak menampilkan adegan-adegan lucu sang bintang loh!

6. Dear Zindagi (2016)

Buat kalian yang baru putus cinta dan susah move on, film ini bisa membantu kalian untuk kembali membuka mata dalam memandang cinta dan masa lalu dengan lebih bijak.

Berawal dari gagalnya kisah cinta Kaira (Alia Bhatt), sang sinematografi membuat Ia menerima tugas kerjanya ke Goa. Disana ia bertemu seorang psikolog bernama Dr. Jehangir Khan (Shahrukh Khan) atau biasa dipanggil Jug.

Sejak saat itu Kaira melakukan terapi dengan Jug untuk mengobati traumanya akan masa lalu.

Melalui film ini, kamu bakal mendapat banyak quote-quote menarik untuk membantumu mencintai dirimu sendiri.

Dua quotes yang terkenal adalah ”Don’t let the past blackmail your present to ruin a beautiful future.” dan “a genius is not person who knows all answers, but who is patient enough to find the answers.”

7. Ae Dil Hai Mushkil (2016)

Buat kamu yang lagi-lagi putus cinta ataupun lagi friendzone, film ini mengajarkanmu arti cinta dalam persahabatan dan memberi tips-tips bagaimana kita move on.

Ayan Sanger (Ranbir Kapoor) and Alizeh Khan (Anushka Sharma) merupakan sahabat baru yang bertemu dalam sebuah club di London dan sama-sama dikhinati oleh masing-masing kekasihnya.

Mereka pun merencanakan perjalanan ke Paris sebagai program pemulihan patah hati.

Ayan yang lambat laun mencintai Alizeh harus kembali patah hati ketika mantan Alizeh, yaitu DJ Ali (Fawad Khan) muncul dan mengajaknya menikah.

Kondisi Ayan yang mengenaskan tersebut terobati oleh kehadiran Saba (Aishwarya Rai Bachchan).

Namun, kembalinya Alizeh di kehidupan Ayan membuatnya gagal move on sehingga Saba pun rela meninggalkan cintanya dengan kutipan terakhir yang bisa kamu pakai:

Kita tidak bisa memilih dengan siapa kita jatuh cinta, tapi kita bisa memilih kapan kita harus meninggalkan cinta itu”.

Ada Shahrukh Khan juga loh muncul disini sebagai bintang tamu.

8. Dangal (2016)

Film tentang dunia gulat ini berasal dari kisah nyata dengan campuran beberapa plot fiksi yang dibuat sang sutradara agar ceritanya lebih dramatis.

Mahavir Singh Phogat (Aamir Khan) merupakan mantan pegulat nasional yang harus merelakan karirnya berharap mimpinya diteruskan oleh anak laki-lakinya. Namun, istrinya hanya memiliki anak perempuan.

Kekecewaan akan jenis kelamin anak-anaknya tersebut hilang ketika Mahavir melihat sang anak Geeta Phogat (Fatima Sana Saikh) dan Babita Kumari (Sanya Malhotra) jago berkelahi.

Hal ini membuatnya ingin melatih kedua anaknya tersebut menjadi pegulat agar mimpinya tercapai. Film ini sangat menginspirasi karena cerita dalam film ini banyak terjadi pada atlet nasional kita.

9. Secret Superstar (2017)

Lagi-lagi film yang diproduseri Amir Khan masuk film terbaik dan terlaris. Tapi bintang utama dalam film kali ini adalah seorang remaja.

Insia (Zaira Wasim) merupakan gadis berumur 14 tahun yang ingin menjadi penyanyi namun ditentang keras oleh sang ayah (Raj Arjun).

Sang Ibu (Meher Vij) pun memberi laptop yang menjadi awal mula Insia menjadi bintang Youtube terkenal dan dicari oleh sutradara musik dan penyanyi berbakat bernama Shakti Kumar (Aamir Khan).

Apakah Insia mau menerima undangan dari Shakti? Langsung saja nonton film ini.

10. Dilwale (2015)

Buat kamu yang merindukan aktingnya Kajol, kamu bisa nonton film ini.

Raj (Shahrukh Khan) yang merupakan anak adopsi dari ketua Gengster Randhir Bakshi (Vinod Khanna) jatuh cinta kepada Meera yang merupakan anak dari Malik (Kabir Bedi), musuh dari Randhir.

Kisah cinta keduanya harus kandas akibat pengkhianatan ayah Meera.

Hingga 15 tahun kemudian mereka dipertemukan kembali karena Veer (Varun Dhawan) yaitu adik Raj telah jatuh cinta kepada Ishita (Kriti Sanon) yang merupakan adik dari Meera.

Berbagai upayapun dilakukan Veer dan Ishita agar kedua kakaknya berdamai dan cinta mereka direstui. Kamu bisa bernostalgia bagaimana Shahrukh Khan dan Kajol beradegan mesra dan lucu dalam film ini.

11. Panga (2020)

Film produksi Fox Star Studios ini menjadi “the most loved and viewed trailer of 2019”. Bagaimana tidak dalam waktu 24 jam, trailernya sudah ditonton oleh 44 juta orang di muka bumi.

Mengundang penasaran bukan?

“Panga” adalah cerita yang didedikasikan untuk para atlit olahraga “Kabbadi”. Sebuah cabang olahraga asli India yang kini sudah mulai dikembangkan di berbagai negara lain.

Bercerita tentang tokoh bernama Jaya Nigam (Kangana Ranaut), seorang atlit Kabbadi dan bahkan terpilih menjadi Kapten Tim di masa kejayaannya.

Jaya dikenal banyak orang karena keterampilannya sebagai juara dunia. Ia bahkan dapat memperoleh pekerjaan “magang” karena popularitasnya.

Namun Jaya yang juga wanita biasa kemudian jatuh cinta pada seorang pria dan memutuskan untuk menikah.

Sembari melanjutkan karirnya sebagai atlit, Jaya lupa akan satu hal. Bahwa setelah menikah ia bisa saja mengandung dan melahirkan seorang anak.

Seolah takdir mengamini, Jaya akhirnya melahirkan seorang anak.

Sejak saat itu ia mengalami krisis identitas karena memperoleh perlakuan berbeda dari lingkungannya. Semua berbuah,tak seperti saat ia berada di puncak popularitas dahulu.

Mampukah Jaya bertahan dan kembali mencintai dirinya sendiri? Jangan sampai dilewatkan film Bollywood terbaik ini!

12. Chhichhore (2019)

Film yang mengusung tema bunuh diri ini sukses melambungkan nama mendiang Sushant Singh Rajput di industri perfilman Bollywood.

Kisah tentang persahabatan dan cinta sejak masa kuliah diputar dengan alur mundur dengan sangat epic.

Annirudh (Sushant Singh Rajput) akhirnya menikahi Maya (Shraddha Kapoor) wanita ia kencani sejak kuliah di jurusan teknik.

Keduanya adalah mahasiswa nomor satu di kampus, dengan nilai kelulusan tertinggi. Tentu saja pernikahan kedua insan berprestasi ini terlihat sangat sempurna bukan?

Namun kini pernikahan mereka di ambang perceraian, karena terjebak ego masing-masing.

Tanpa mereka sadari, Ragahv putra semata wayang mereka memiliki tekanan mental tersendiri karena prestasi kedua orang tuanya.

Tak ingin dianggap remeh, Raghav belajar mati-matian agar bisa setara atau bahkan memperoleh nilai lebih dari kedua orang tuanya.

Bagi Raghav tidak lulus di universitas yang sama seperti kedua orang tuanya merupakan hal yang memalukan.

Anni (begitu Annirudh disapa) dan Maya tak menyadari hal ini karena terlalu sibuk memikirkan perasaan masing-masing.

Hingga keadaan menjadi kacau balau, ketika Raghav melakukan percobaan bunuh diri setelah gagal masuk universitas yang diimpikan.

Untuk kembali membantu Raghav melewati masa komanya, Anni kembali mengumpulkan teman-teman lamanya.

Satu per satu dari mereka bergantian menceritakan bagaimana kisah mereka tidak selalu sempurna. Tentang bagaimana Annirudh, bukan mahasiswa sempurna seperti yang ada dalam pikiran anaknya.

Mereka dulu juga pernah menjadi pengecut, takut untuk maju dan bersaing. Berharap kisah-kisah masa lalu mereka dapat kembali membantu Raghav pulih secara mental.

Dibumbui kisah komedi kampus, film ini mengandung banyak motivasi. Wajib sekali disaksikan oleh para generasi muda untuk menyadarkan kembali, tentang apa tujuan sebenarnya meraih mimpi?

13. Dil Bechara (2020)

Masih membahas film Sushant Singh Rajput, sebelum menonton film Bollywood terbaik yang satu ini jangan lupa siapkan tisu karena mengandung bumbu kesedihan.

Dil Bechara merupakan remake dari film The Fault In Our Star versi India. Film yang diangkat dari novel dengan judul yang sama ini menjadi film terakhir Sushant Singh Rajput.

Bahkan Sushant sendiri tidak sempat menyaksikannya karena kepergiannya yang mendadak jauh sebelum film ini dipublikasikan.

Yup, ternyata film yang sempat tertunda penayangannya karena imbas pandemi ini sukses besar. Bahkan trailer film ini memperoleh pencapaian 30 juta penonton dalam sehari (24 jam).

Menceritakan kisah cinta remaja yang sama-sama berjuang melawan penyakit yang mereka derita. Berusaha saling melengkapi dan menjadi kekuatan bagi satu sama lain.

Di awal pemutaran film ada sedikit video singkat didedikasikan untuk mendiang Sushant. Karena kemampuan aktingnya yang luar biasa jugalah Dil Bechara bisa menetap di hati banyak masyarakat.

Bagaimana cukup menarik bukan untuk dijadikan referensi sebagai film Bollywood terbaik yang akan kamu tonton selama liburan ini?

Jangan sampai dilewatkan loh para Bollywood mania, lebih baik mencoba daripada mati penasaran. *LOL*

Baca Juga : Film Biografi Terbaik

Leave a Comment