12 Rekomendasi Film Hewan Terbaik untuk Menemani Akhir Pekan

Film hewan terbaik biasanya bercerita tentang persahabatan antara manusia dan hewan.

Manusia dan hewan merupakan mahluk hidup yang hidup saling berdampinggan. Kita hidup di dunia ini tidak hanya dengan manusia, tapi juga dengan kekayaan alam termasuk hewan.

Maka untuk menjaga kelestarian alam kita harus bersahabat dengan alam begitu juga dengan hewan.

Banyak film-film yang menggambarkan persahabatan antara hewan dengan manusia.


Deretan Film Hewan Terbaik


Kalian pecinta hewan pastinya tidak boleh melewatkan film-film hewan terbaik dengan tema persahabatan berikut ini.

1. The Amazing Panda Adventure (1995)

Film pertama yang akan kita bahas berhubungan dengan hewan lucu simbol WWF yang terancam punah, panda.

Panda merupakan salah satu satwa yang dilindungi dunia karena populasi mereka yang sedikit.

Panda yang berasal dari dataran China memang banyak dilestarikan di negara asalnya tentunya dengan bantuan organisasi dunia.

Dalam film ini seorang anak laki-laki berkebangsaan Amerika pergi mengunjungi ayahnya yang seorang zoologist di sebuah penangkaran panda di China saat liburan musim panas.

Ia terlibat dalam aksi penyelamatan panda dari pemburu setempat yang ingin membunuh Ibu dan menjual bayi panda ke kebun binatang.

Dibantu Ling seorang gadis Tiongkok yang merupakan penduduk asli bersama kakeknya menyelamatkan panda-panda tersebut dari tangan-tangan jahat.

Panda-panda tersebut merupakan panda terakhir yang akan dikembangbiakkan oleh penangkaran agar tempat tersebut tidak ditutup oleh birokrat yang mudah disuap.

Siapkan tisu kalau melihat film ini karena kita akan melihat adegan bayi panda yang terpisahkan sementara dari Ibunya dan harus berjuang bersama teman-teman manusianya di dalam hutan untuk menghindar dari kejaran pemburu.

2. China: The Panda Adventure (2001)

Masih tentang panda, film hewan terbaik satu ini mendapat respon yang lebih positif dari film “The Amazing Panda Adventure”.

Kedua film tersebut memang tidak berkaitan hanya namanya saja yang hampir sama. Ceritanya ada sedikit kemiripan, yaitu sama-sama ingin menyelamatkan panda dari tangan pemburu.

Di film ini Ruth Karkness seorang istri dari jurnalis sekaligus peneliti, Bill menyelesaikan penelitian mendiang suaminya tentang beruang panda yang langka dan belum sempat dipelajari.

Pada jurnal suaminya tertulis kalau panda merupakan hewan pemalu yang jinak. Sementara Johnson si pemburu menggambarkan panda sebagai hewan yang buas.

Ruth harus melewati berbagai macam rintangan dan juga pemandangan alam yang indah.

3. Trail of The Panda (2009)

Film tentang panda yang satu ini bakal menguras air mata saat menontonnya.

Bagaimana tidak di film ini seorang anak yatim piatu yang tak pernah bicara semenjak orang tuanya meninggal dalam sebuah kebakaran berusaha menyelamatkan bayi panda yang tersesat dari tangan para pemburu jahat.

Perjuangan si bayi panda lucu melewati alam liar hingga pertemuannya dengan Lu si anak yatim piatu membuat yang menontonnya secara tidak sadar menitikkan air mata.

Bayi panda yang diberi nama Pang Pang oleh Lu sebenarnya akan dijual oleh paman yang mengasuh Lu ke kebun binatang, akan tetapi Lu menyelamatkan bayi panda tersebut karena ia menganggap Pang Pang adalah temannya.

4. Two Brothers/ Deux Freres (2004)

Film “Two Brother” menceritakan tentang kisah dua kakak beradik harimau Benggala. Mereka hidup di hutan bersama orang tua mereka tepatnya di tempat terkuburnya kuil kuno.

Saat para pemburu dan pencari harta karun datang ke ‘rumah’ mereka, Ayah harimau mati tertembak dan sang Ibu mendapat luka tembakan berupa lubang di telinganya.

Kedua harimau kecil tadi terpisah yang satu dibawa oleh pimpinan kelompok pencari harta karun dan yang satu lagi diamankan oleh seorang anak orang kaya.

Kedua harimau tadi hidup terpisah dengan kemalangan mereka masing-masing. Harimau yang dibawa oleh pemburu harta karun dinamakan Kumal dan saudaranya yang dibawa oleh anak orang kaya dinamakan Sangha.

Kumal berakhir di tempat sirkus karna tuannya di penjara atas perbuatan ilegal.

Sedangkan Sangha kabur dari rumah anak yang merawatnya karena dianggap ancaman oleh Ibu si anak setelah tubuh harimau tersebut makin besar.

Kedua harimau tersebut akhirnya bertemu kembali di sebuah arena pertarungan. Akankah mereka saling mengenali satu sama lain?

5. Life of Pi (2012)

Film ini tentang wawancara seorang penulis Kanada yang mengunjungi seorang pendongeng India Pi Patel untuk mengetahui kisah hidupnya.

Pi menceritakan masa kecilnya di India, asal usul julukannya, dan latar belakang keluarganya yang merupakan pemilik kebun binatang.

Saat di kampung halamannya kebun binatang mereka tidak dapat berjalan lagi, keluarga Pi berniat untuk pindah ke Kanada dan menjual seluruh binatang mereka.

Ketika dalam perjalanan kapal kargo yang ditumpangi hewan-hewan dan keluarga Pi tiba-tiba terkena badai.

Pi bertahan hidup di samudra bersama zebra, orang utan, hyena, dan harimau Bengal yang dinamakan Richard Parker.

Pi harus menemukan cara untuk bertahan hidup di tengah samudera bersama hewan-hewan buas yang lapar.

6. Free Willy (1993)

Nelayan menangkap anak ikan paus orka dan memisahkannya dari keluarganya. Ikan paus tersebut dijual ke sebuah gelanggang akuarium di dekat pantai.

Seorang anak jalanan melanggar undang-undang setelah kedapatan mencorat-coret akuarium raksasa.

Anak tersebut akan dilepaskan olah lembaga sosial yang ingin menghukumnya asal ia mengakui kesalahan dan membersihkan kekacauan yang dia buat.

Saat berada di gelanggang akuarium ia berteman dengan anak paus tadi yang diberi nama Willy. Saat berada disana ia mengajari Willy beberapa trik yang bahkan tidak bisa dilakukan oleh pelatih Willy.

Ketika Willy akan dipertontonkan kepada penonton pemilik akuarium tempat Willy berada merencanakan hal buruk terhadapnya.

Sehingga si bocah dan teman-temannya berusaha untuk melepaskan Willy ke alam bebas.

7. The Jungle Book (2016)

Bagi kalian pecinta Disney pastinya sudah tidak asing dengan cerita “The Jungle Book”.

Kalau film-film hewan sebelumnya menceritakan hubungan antar manusia dengan hewan tertentu secara spesifik maka Jungle Book sedikit berbeda.

“The Jungle Book” menceritakan kisah persahabatan antara Mowgli yang merupakan anak manusia dengan beberapa hewan hutan, diantaranya panther, serigala, dan beruang.

Film ini sangat menarik ditonton apalagi untuk anak-anak. Film ini mengajarkan anak-anak untuk tidak takut dengan dunia luar.

8. Hachi: A Dog’s Tale (2009)

Hachi merupakan seekor anjing berjenis Shiba Inu yang terkenal akan kesetiaannya. Selain film tentang hubungan manusia dengan hewan liar atau yang dilindungi.

Film tentang hewan peliharaan seperti anjing juga banyak diminati penonton. Film ini merupakan salah satu film hewan terbaik yang paling menarik.

Kisah tentang hubungan antara hewan peliharaan dengan tuannya yang bisa membuat penontonnya menangis karena terlarut dalam ceritanya.

Hachi merupakan anjing peliharaan seorang profesor yang sangat setia. Ia selalu menunggu tuannya itu pulang dari mengajar di stasiun kereta.

Bahkan saat tuannya meninggal Hachi tetap menunggu tuannya itu di stasiun.

Kisah ini diambil dari kisah nyata di Jepang. Mereka bahkan membuat patung Hachi di stasiun tempat anjing tersebut menunggu tuannya dengan setia.

9. A Street Cat Named Bob (2016)

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak difavoritkan.

Tingkah mereka yang lucu dan karakter mereka yang manja membuat siapa saja menginginkan mereka untuk dijadikan teman bermain dirumah.

Walaupun dianggap tidak sepintar anjing, tapi kucing juga bisa memiliki kesetiaan yang hampir sama dengan anjing.

Kucing juga dikenal sering menolong manusia yang dianggap baik dengan mereka. Kisah seekor kucing yang merubah hidup tuannya dapat kita saksidan dalam “A Street Cat Named Bob”.

Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata yang dibukukan dalam judul yang sama. Buku “A Street Cat Named Bob” juga merupakan buku best seller.

Penasaran kan bagaimana jalan cerita dari film yang diangkat dari buku best seller.

10 Secret Zoo (2020)

Film hewan terbaik yang baru saja ditayangkan awal tahun ini berasal dari Korea Selatan. Dibintangi oleh Kang So Ra, Ahn Jae Hong, Kim Sung Oh, Park Young Gyu, Jeon Yeo Bin, dan artis lainnya.

Sinema ini diadaptasi dari seri webcomic berjudul “Haechijiana” karya Hun. Menceritakan tentang kebun binatang Dongsan yang terancam ditutup karena mengalami kebangkrutan.

Semua binatang di kebun binatang tersebut sudah habis dijual sehingga tidak ada yang tersisa.

Direktur kebun binatang, Kang Tae Soo (Ahn Jae Hong) mulai mencari cara agar kebun binatang kembali beraktivitas seperti biasanya.

Demi menyelamatkan kebun binatang tersebut para karyawan membuat sebuah projek yang tak biasa. Mereka menyamar menjadi hewan palsu dengan mengenakan kostum dan melakukan berbagai atraksi.

Aksi para karyawan tersebut viral di sosial media dan menarik perhatian massa sehingga kebun binatang Dongsan seperti hidup kembali.

Di sisi lain sebuah firma hukum memiliki rencana tersembunyi untuk melenyapkan kebun binatang Dongsan.

Film bergenre komedi ini wajib untuk disaksikan sebagai penghibur akhir tahun kamu yang mungkin akan berakhir di rumah saja.

11. Dumbo (2019)

Judul film hewan terbaik kesebelas ini tentu tidak asing bukan?

Yup benar sekali, Dumbo adalah kisah klasik Disney yang sangat populer di tahun 40-an. Bedanya kali ini Dumbo dihadirkan dalam bentuk live-action bukan animasi.

Dumbo sendiri adalah nama seekor anak gajah bertelinga besar.

Dalam versi live action ini kisah cerita tak hanya terfokus pada pertualangan Dumbo dan kawan-kawannya namun tentang lika liku masa kecil Dumbo.

Anak gajah yang terlahir unik ini tumbuh dan besar di lingkungan sirkus. Tempat dimana hewan-hewan dengan keahlian tertentu berkumpul dan membuat sebuah pertunjukkan.

Karena fisiknya yang berberda dari gajah lainnya, Dumbo kerap dijadikan sebagai bahan bulian oleh hewan lainnya.

Namun dibalik keunikan fisiknya Dumbo adalah gajah dengan kemampuan brilian. Ia bisa terbang berkat menggunakan dua telinga besarnya sebagai sayap.

Mendengar hal tesebut seorang pemiliki sirkus Max Medici (Danny DeVito) memanfaatkan Dumbo untuk meraup pundi-pundi uang.

Bahkan Max berniat menjual Dumbo ke arena sirkus yang lebih besar bernama Dreamland karena tergoda rayuan uang yang lebih besar.

Dreamland bukanlah dunia sirkus biasa, sebuah dunia gemerlap indah yang tak sesuai ekspektasi.

Akankah Max Medici tega melepaskan Dumbo? Bagaimana nasib si anak gajah lucu ini selanjutnya?

12. Madagascar (2005)

Berbicara tentang film hewan terbaik tidak sah jika tidak membahas tentang film yang satu ini.

Madagascar adalah animasi terbaik pada masanya. Film komedi yang banyak mengundang tawa ini bahkan terdiri dari tiga seri dan satu seri tambahan berjudul “Penguins of Madagascar (2014)”.

Tentu saja pembuatan sekuel kedua dan ketiga ini didasarkan pada kesuksesan seri pertamanya.

Pasalnya film yang ditujukan bagi anak-anak ini dapat menghibur semua kalangan hingga orang-orang tua sekalipun.

Cerita utama terfokus pada empat hewan bernama Alex (singa), Gloria (kuda nil betina), Marty (zebra), dan Melman (jerapah).

Keempat hewan ini bersahabat sejak mereka bertemu di kebun binatang New York Central Zoo.

Secara garis besar film ini menceritakan pelarian empat sahabat tersbeut dari kebun binatang dengan bantuan para penguin.

Mereka menumpang kapal untuk bisa sampai di kampung halaman mereka yaitu Madagascar.

Sesampainya di tempat tujuan keempat kawanan ini mulai merasakan enak dan tidak enaknya hidup di alam liar.
Ada kalanya mereka teringat pada kota New York.

Terutama Alex yang sedari kecil sudah menjadi hewan kandangan dan biasa hidup serba enak di kebun binatang.

Alex yang menjadi mascot kebanggaan New York Central Zoo berencana untuk kembali. Akankah ketiga hewan lainnya menyetujui?


Setelah menonton film-film di atas pasti rasanya ingin memiliki sahabat hewan. Selain mereka lucu mereka mungkin bisa lebih setia dari manusia.

Hewan juga tidak mungkin mengkhianati atau membicarakan yang buruk tentang kita di belakang.

Film-film di atas mengajarkan kita untuk saling menyayangi sesama mahluk hidup dan jangan saling mengganggu satu sama lain.

Baca Juga : Film Game Terbaik

Leave a Comment