20 Rekomendasi Film Horor Indonesia Berikut Jangan Ditonton Sendirian!

Film horor memang tak pernah salah untuk menjadi salah satu genre favorite ketika nonton di bioskop. Salah satunya film horor Indonesia, dimana paling menyeramkan dari horor manapun.

Banyak sekali cerita-cerita menarik yang disuguhkan di setiap filmnya, mulai dari mengangkat dari kisah nyata, mitos di suatu daerah ataupun fiksi.

Jika kalian pecinta film horor, tak ada salahnya jika film dari negara sendiri untuk ditonton, tentunya tak kalah seru dengan film-film horor dari luar negeri.


Deretan Film Horor Indonesia


Berikut ini akan dibahas, kumpulan film horor di Indonesia yang terbaik yang pernah ada.

1. Danur (2017)

Risa yang diperankan oleh Prilly Latuconsina terpaksa harus tinggal dengan neneknya yang sakit-sakitan dan tidak bisa berbicara.

Ketika diulang tahunnya yang ke 8 ia berdoa agar ia diberi teman agar tak kesepian, dan akhirnya doa itu terkabul.

Ia pun berteman dengan William, Jansen dan Peter. Hanya Risa yang mampu melihat mereka, karena mereka adalah makhluk halus.

2. Pengabdi Setan (2017)

Film remake dari film sebelumnya di era 80-an ini bisa dibilang film terseram untuk saat ini. Film ini termasuk berhasil membuat para penonton tercengang melihat film ini.

Kisah singkatnya, film ini menceritakan empat bersaudara yang telah ditinggal oleh ibunya.

Namun sosok hantu datang ke rumah mereka yang menyerupai ibunya yang telah meninggal. Seketika keadaan rumah mereka kacau dan bahkan merenggut nyawa.

3. Kuntilanak (2006)

Samantha yang diperankan oleh Julia Estelle memutuskan untuk pindah ke sebuah kos yang terkenal angker, Ibu kos tersebut menceritakan sejarah rumah tersebut yang menyimpan rahasia.

Seketika saat ibu kos tersebut menembangkan lagu jawa berjudul Durmo membuat Sam menjadi pusing. Ternyata lagu tersebut adalah tembang pemanggil kuntilanak.

Sam harus segera memecahkan media untuk masuknya kuntilanak ke dunia nyata agar semua orang yang berada di dekatnya tidak terancam bahaya.

4. Tusuk Jelangkung (2003)

Rea menikmati kesenangannya dengan cara berbeda yaitu dengan melakukan permainan Jaelangkung.

Namun, karena kesenangannya ini membuat ia dan teman-temannya harus terjebak dalam lingkungan gaib.

Rea dan teman-temannya yang dihantui oleh sosok anak kecil harus menghentikan teror hantu itu dengan mencabut boneka jaelangkung yang tertancap pada kuburan hantu anak kecil itu.

5. Keluarga Tak Kasat Mata (2017)

Film ini konon katanya diangkat dari kisah nyata, menceritakan seorang pria yang mendapat gangguan makhluk halus ditempat ia bekerja, tak hanya dia tetapi teman-temannya pun satu per satu mendapat gangguan.

Setelah diselidiki kantor yang menjadi tempat ia bekerja adalah bekas korban tewas sekeluarga.

6. Gasing Tengkorak (2017)

Menceritakan seorang artis terkenal pada zamannya bernama Veronica yang diperankan oleh Nikita Willy.

Pada suatu saat, ketika Veronica melakukan tour konser tiba-tiba ia mengalami tak sadarkan diri.

Veronica pun memutuskan untuk tinggal sementara di suatu rumah di tempat terpencil hingga akhirnya ia menemui sebuah permainan gasing yang terbuat dari tengkorak.

Permainan ini membuat Veronica semakin penasaran dan membahayakan hidupnya.

7. Rumah Dara (2009)

Film ini sebenarnya lebih masuk kedalam film thriller, menceritakan liburan sebuah keluarga adik, yang diperankan oleh Julie Estelle beserta kakaknya yang mengajak istrinya yang tengah hamil dan beberapa temannya.

Dalam perjalanan mereka melihat seorang wanita yang menjadi korban perampokan, tak disangka pertemuannya ini membawa kedalam petaka.

Wanita itu akhirnya mengajak mereka ke rumahnya hingga akhirnya bertemu dengan ibu wanita itu yang bernama Dara.

8. Mirror (2005)

Sosok Kikan yang jail akhirnya mendapat tulah dari ulahnya sendiri akhirnya merasakan hal-hal aneh di hidupnya.

Ia pernah jatuh di sekolahnya dan tiba-tiba pingsan hingga pagi hari, ketika ia berkaca di kamar mandi ia melihat ada sosok orang sedang melihatnya namun ketika berbalik orang itu tak ada.

Kikan yang seketika bisa melihat adanya kematian di sekelilingnya membuat ia terlihat menyeramkan di mata teman-temannya.

9. The Doll 2 (2017)

Menceritakan sebuah keluarga yang memiliki satu anak dan ditemani oleh seorang baby sitter.

Suatu saat ketika anak mereka meninggal, ibu anak tersebut berubah menjadi pendiam dan pemurung. Sedangkan ayahnya fokus untuk bekerja agar tidak selalu mengingat kejadian pilu yang menimpa anak mereka.

Hingga suatu saat boneka yang disayangi oleh anak mereka seolah-olah ruh anak mereka masuk kedalam boneka tersebut.

10. Danur 2: Maddah (2018)

Risa dan adiknya Riri terpaksa harus menginap di rumah om dan tantenya, Tina dan Angki, karena ibunya harus menemani ayahnya dinas ke luar negeri.

Risa yang semula tidak merasakan keanehan di rumah om dan tantenya akhirnya merasakan dihantui oleh sosok wanita menyeramkan.

Belum lagi ia mengetahui bahwa omnya selingkuh dengan wanita lain.

11. Pintu Terlarang (2009)

Gambir merupakan seorang seniman patung yang sukses. Tapi tak ada yang tahu bahwa dibalik kesuksesannya ia punya cerita masa lalu yang pilu.

Talyda yang dulu adalah pacar yang sekarang menjadi istrinya pernah memaksa Gambir untuk memasukkan janin yang digugurkannya tersebut kedalam patung hamil yang dibuat oleh Gambir.

Oleh sebab itu mengapa setiap karya gambir selalu terlihat hidup.

12. Nini Thowok (2018)

Nadine dan Naya yang telah ditinggal oleh kedua orang tuanya akibat kecelakaan beberapa tahun lalu mendapatkan warisan sebuah losmen di Solo yang diberikan oleh neneknya.

Nadine dan Naya akhirnya pindah ke Solo untuk mengurusi losmen tersebut, namun ada satu kejanggalan ketika ia tidak diperbolehkan oleh neneknya untuk membuka satu kamar yang dianggap keramat.

13. Mereka yang Tak Terlihat (2017)

Salah satu anak Lidya yang bernama Saras memang agak sedikit aneh, pasalnya anaknya tersebut memang memiliki kemampuan melihat makhluk halus.

Karena kemampuan ini membuat hubungan mereka menjadi tidak baik. Pada suatu saat Saras di datangi arwah Dinda yang meminta bantuannya untuk mengungkap kematiannya.

14. Ruqyah : The Exorcism

Film yang diangkat dari kisah nyata pada tahun 2012 ini menceritakan tentang seseorang yang ingin membantu seorang artis yang diganggu oleh makhluk halus.

Asha yang seorang artis ini merasa banyak kejadian aneh dalam dirinya, akhirnya Mahisa pun berusaha untuk meruqyah Asha namun tak semudah seperti yang dibayangkan bahkan makhluk halus tersebut mulai menyerang Mahisa.

15. Lentera (2006)

Lentera merupakan organisasi jurnalistik yang selalu menuangkan pikirannya secara kritis dan tajam.

Pada suatu hari angkatan 49 melakukan perekrutan dan melakukan malam inisiasi untuk mencari lentera kebenaran di dalam kampus mereka.

Risa merupakan salah satu anak yang mengikutinya, tiba-tiba ia menghilang dan para seniornya mulai menyelidiki siapa Risa tersebut.

16. Jaelangkung (2017)

Menceritakan rasa penasaran 3 orang gadis yang ingin menyelidiki kematian ayahnya. Mereka dibantu oleh temannya, bernama Rama yang memiliki ketertarikan dalam dunia mistis.

Akhirnya mereka dibawa ke sebuah tempat yang ternyata memiliki sebuah media untuk berkomunikasi dengan makhluk astral yaitu Jaelangkung.

17. Bayi Gaib : Bayi Tumbal Bayi Gaib (2018)

Rafa dan Farah adalah sepasang suami istri yang terbilang cukup sukses dengan pekerjaan Rafa sebagai kontraktor.

Kebahagiaan mereka semakin besar ketika Farah diketahui sedang mengandung, tentunya mereka sangat bahagia karena mereka telah menanti kehadiran seorang anak selama 2 tahun.

Tapi kebahagiaan mereka dirusak oleh rekan kerja Rafa yang merasa iri dengan kesuksesannya. Akhirnya banyak sekali masalah yang timbul dan semua itu tertuju pada kelahiran bayi mereka.

18. Mata Batin (2017)

Alia dan adiknya Abel yang sebelumnya tinggal di Bangkok akhirnya mereka kembali ke Indonesia setelah kedua orangtuanya meninggal karena kecelakaan.

Alia dan Abel menempati rumah masa kecilnya, Abel yang memiliki indera keenam merasa tidak menyukai rumah kecil mereka.

Hingga akhirnya Alia mempercayai adanya kejanggalan dan meminta seseorang untuk membuka mata batinnya.

19. Bangsal 13 (2004)

Tiga belas (13) identik dengan kesialan, bagi mereka yang meyakininya tentu angka ini paling dihindari. Di beberapa tempat umum pun seperti gedung bertingkat, tidak ada penyebutan lantai 13.

Diganti menjadi lantai 12a, 12b, lalu 14 atau lantai 12 kemudian lantai 14a dan lantai 14b kemudian lantai 15.

Lain halnya dalam film horor Indonesia yang satu ini, dari judulnya saja sudah jelas bahwa latar film ini adalah sebuah Rumah Sakit.

Menceritakan tentang dua orang sahabat bernama Nat dan Mina yang mengalami kejadian horor dan mengerikan selama berada di Bangsal 13.

Kisah dimulai saat Nat dan Mina yang sedang berkendara tak sengaja menanbrak seorang gadis bernama Hera.
Hera pun dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk memperoleh pertolongan.

Namun sayangnya semua kamar di rumah sakit tersebut penuh. Tak tega dengan kondisi Hera suster menawarkan untuk menginap di bangsal 13, bangsal yang sudah puluhan tahun tak pernah dibuka.

Nat dan Mina menyetujui asalkan Hera memperoleh perawatan yang baik..

Sebelum meninggalkan bangsal, suster memberikan beberapa pesan dan pantangan yang tidak boleh dilakukan di bangsal tersebut.

Tidak boleh mengetuk pintu kamar baik dari dalam. Dan yang paling janggal adalah jika mendengar ketukan pintu dari luar tak usah dihiraukan.

Merasakan ada kejanggalan, Nat tidak sengaja melakukan dua hal yang dilarang oleh suster tersebut.

Sejak saat itu kejadian mengerikan mulai menghantui Nat dan Mina. Akankah mereka selamat dari segala teror yang tak masuk akal tersebut?

20. Keramat (2009)

Menjadi salah satu film horor Indonesia paling menyeramkan yang pernah ada.

Monty Tywa membuat konsep film ini dengan metode kamera subyektif. Agar terlihat lebih nyata seperti reality show ia bahkan membuat film ini tanpa skenario.

Sehingga dialog yang terjadi selama pemutaran film merupakan improvisasi dari para pemain.

Keramat adalah kisah tentang sekelompok kru film yang akan melakukan syuting di Bantul, Yogyakarta.

Para kru ini terdiri dari sutradara, asisten sutradara, manager produksi, dua pemain pemeran utama, serta dua orang kru yang bertugas mendokumentasikan kegiatan behind the scene.

Kedua kru bts tersebut diperankan oleh Poppy Sovia dan Brama Sutarasa.

Saat menyaksikan film ini kita seolah-olah menonton film dokumenter dari kamera yang dipegang oleh Poppy dan Brama.

Kisah dimulai dengan persiapan tim untuk melaksanakan syuting sesampainya di Bantul. Tanpa kulonuwun mereka langsung melakukan tugas masing-masing.

Seperti yang kita ketahui Yogyakarta adalah daerah yang dikenal dengan tata krama. Tak hanya di Jogja, di tempat manapun sudah seharusnya minta permisi kepada empunya.

Singkat cerita perilaku metropolitan para tim film ini justru mengusik ketenangan para penghuni, yang tak lain adalah makhluk tak kasat mata.

Mengundang kemarahan para makhluk astral, Migi salah satu pemain utama mulai kerasukan roh halus dan menghilang tanpa jejak.

Paranormal yang mereka panggil tak mampu mengusir keberadaan roh halus di lokasi tersebut. Menurut paranormal makhluk-makhluk disana sudah terlalu marah kepada mereka.

Kondisi semakin memburuk saat beberapa orang dalam tim terpisah dan tersesat di dalam hutan yang kelam dan penuh misteri.

Kejadian demi kejadian terus mereka alami tanpa ada seorangpun yang bisa membantu.

Semalaman penuh Poppy dan kawan-kawan dihantui kejadian-kejadian mistis. Hingga pagi tiba Poppy dan Brama seolah-olah terjatuh dan terbangun di lereng kaki gunung Merapi.

Bagaimana bisa, semalam mereka berada di sebuah desa terpencil di Bantul kemudian paginya tergeletak di lereng Gunung Merapi?

Baca Juga : Film Horor Barat

Leave a Comment