12 Rekomendasi Film India Terbaik Untuk Mengisi Libur Akhir Tahun

Dari jaman dulu, hingga saat ini film India nampaknya tak pernah lepas dari dunia hiburan Indonesia. Tak hanya “Kuch-Kuch Hotta Hai”, kini film India terbaik lainnya sudah banyak bermunculan.

Bahkan, film yang memiliki ciri khas tari-tarian ini pun sering diputar berkali-kali. Tak peduli entah itu di hari Libur Nasional atau bukan.

Beragam artis India terbaru dari muda sampai tua juga turut meramaikan dunia perfilman India. Kondisi ini tentu juga melahirkan film-film India terbaru dan jauh lebih berkelas dari yang sebelumnya.

Namun, itu bukan berarti film India lawas jadi semakin terpojokkan loh ya. Tetap masih ada peminatnya, khususnya bagi para muda-mudi tempo doeloe.


Daftar Film India Terbaik dan Terpopuler


Nah, untuk kamu yang lagi pengen bernostalgia atau sekedar cari-cari film India terbaik dan masih fresh. Nggak usah kemana-mana deh, sini aja.

Berikut film terbaik India sepanjang masa versi rahasiabelajar.com.

1. Badrinath Ki Dulhania

Kita awali dari film komedi romantis berjudul Badrinath Ki Dulhania. Film yang dirilis pada tahun 2007 ini cukup sukses di pasar Bollywood.

Pasalnya film ini didistribusikan dan diproduksi oleh pihak ternama, diantaranya adalah Fox Star Studios dan Dharma Productions.

Shanshank Khaitan merupakan orang di balik layar atas kesuksesan film ini. Ia dibantu juga oleh 3 orang produsernya, yakni Apoorva Mehta, Karan Johar dan Hiroo Yash Johar.

Sejumlah aktor dan aktris ternama juga turut dilibatkan untuk mengisi karakter film Badrinath Ki Dulhania. Mulai dari Alia Bhatt, Sahil Vahid, Varun Dhawan dan Gauahar Khan.

Menurut penulis sendiri, film ini memang sangat menghibur jika ditonton bersama teman atau bisa juga dengan orang tersayang.

2. Rangoon

Lanjut ke daftar film terbaik kedua, yakni Rangoon. Film bergenre drama romantis khas India ini mengangkat sebuah kisah cinta segitiga.

Vishal Bhardwaj menggunakan Perang Dunia ke 2 sebagai latar belakang pada film Rangoon.

Sejumlah aktor dan aktris populer ikut hadir mempopulerkan film Rangoon. Mulai dari Kangana Ranaut, Ali Khan dan Shahid Kaapor.

Jika di film Badrinath Ki Dulhaina terdapat 3 orang untuk memproduseri. Namun film Rangoon justru lebih dari itu.

Setidaknya ada 4 orang yang andil, diantaranya adalah Siddharth Roy Kapur, Reha Bharwadj, Sajid Nadiawala dan sutradaranya sendiri, Vishal Bardwaj.

Film yang dirilis pada tahun 2017 ini benar-benar mengisahkan sebuah drama percintaan yang lebih berbeda daripada lainnya.

Penasaran seperti apa kisahnya? Yuk, segera dapatkan DVD originalnya di toko terdekat.

3. Commando 2

Semua film action rata-rata memang seru untuk ditonton. Tak terkecuali dengan film Commando 2.

Sebenarnya film ini merupakan lanjutan dari chapter sebelumnya, yakni Commando 1 yang dirilis sekitar pertengahan tahun 2013 silam.

Bagi teman-teman yang sudah menonton film Commando 1, pasti penasaran kan dengan Commando 2? Sayang sekali kalau kamu melewatkan film ini dalam daftar agenda nontonmu.

Film yang dirilis pada tahun 2017 ini telah sukses didistribusikan oleh pihak yang sama, yaitu Reliance Entertainment.

Kemampuan Ritesh Shah dalam menulis naskah juga tak perlu ditanyakan lagi. Hal itu bisa dilihat dalam perilisan filmnya, mulai dari Commando 1 lalu berlanjut ke Commando 2.

Sejumlah bintang film India juga hadir untuk memerankan beragam karakternya masing-masing. Mulai dari Freddy Daruwala, Esha Gupta, Vidyut Jamwal, Avisha Sharma, Adil Hussain dan Thakur Anoop Singh.

4. Fan

Seperti yang penulis katakan sebelumnya, dunia perfilman terbaik India tidak hanya berasal dari kalangan artis muda yang baru saja terkenal.

Tapi juga artis lawas, yang kemampuan aktingnya memang sudah tidak dapat diragukan lagi.

Fan berhasil menjadi bukti, bahwa Shah Rukh Khan masih layak diperhitungkan dalam dunia perfilman India. Film yang mengangkat genre drama ini berhasil menyedot ribuan penonton pada pertengahan tahun 2016.

Dua bintang artis terpopuler juga turut membintangi film India terlaris ini, mereka adalah Ileana dan Atul Sharma.

Film ini memiliki jalan cerita yang menarik. Mau tahu seperti apa? Beli DVD-nya di toko kaset terdekat.

5. Wazir

Film berikutnya yang tak kalah seru adalah Wazir. Serupa dengan film Commando, namun bedanya adalah terletak pada bagian genrenya.

Film Wazir menggunakan genre cukup unik, yakni perpaduan antara misteri, drama sampai crime.

Meskipun film ini lumayan lawas, tepatnya dirilis pada 8 Januari 2016 lalu, Wazir masih sering diulang-ulang tayangannya di beberapa saluran TV India, tak terkecuali juga di beberapa saluran TV swasta Indonesia.

Selain dramanya yang epic, film Wazir juga dikenal memiliki banyak pemain terbaik dan berbakat. Mulai dari Amita Bachan, Farhan Akhtar dan Aditi Rao Hydari.

6. Parched

Seorang sutradara bernama Leena Yadav, sukses melambungkan film Parched sebagai film terlaris India. Saking larisnya, film ini bahkan sudah masuk dalam nominasi film India terbaik.

Dirilis pada tanggal 20 April 2016 silam, film ini diperankan oleh beberapa aktris dan aktor berbakat India, seperti Surveen Chawla, Lehar Khan, Sayani Gupta, Sumeet Vyas, Chandan Anand dan Tannishtha Chatterjee.

Parched diproduksi oleh 3 pihak sekaligus, diantaranya yaitu Blue Waters Motion Pictures, Airan Consultans dan Ashlee Films.

Dalam kisahnya, film ini mengisahkan kehidupan perempuan yang tengah berbunga-bunga lantaran sedang bernasib baik.

7. Zamaanat

Film India terbaik ini sangat sayang untuk kamu lewatkan. Pasalnya film ini memiliki alur cerita yang luar biasa. Sulit ditebak.

Tidak hanya dibintangi oleh para aktor dan aktris ternama saja. Film Zamaanat juga akan memerankan aktor kawakan India yakni Amitabh Bachan sebagai tokoh utama.

Zamaanat merupakan film bergenre drama. Film yang digarap pada tahun 2016 ini memanfaatkan sebuah setting tempat di ruang sidang.

Zamaanat punya dayak tarik tersendiri dalam membalut adegan drama dengan sedikit perpaduan misteri di dalamnya.

8. Raees

Beralih ke film India terbaik berikutnya, ada Raees. Film ini memiliki durasi yang lumayan panjang yakni 161 menit, setara hampir 4 jam.

Raees mengangkat sebuah genre aksi kriminal yang dinilai mampu mampu menarik animo masyarakat India untuk menonton film ini.

Raees dirilis pada tanggal 3 Juli 2016 silam. Dipunggawai oleh sejumlah aktor berkelas, seperti Shah Rukh Khan, Farhan Akhtaqr dan Nawazudin Siddiqui.

Film India terbaik ini juga menyuguhkan sebuah alur cerita menarik.

Dikisahkan seorang penjahat yang sedang terkena kasus kriminal kejam. Mau tak mau, ia harus pun berurusan dengan pihak kepolisian.

9. 3 Idiots

Bagi kamu yang sudah suka film India dari dulu, film 3 Idiots pasti sudah tak asing lagi di telinga kamu.

Pasalnya, film 3 Idiots ini telah masuk nominasi sebagai film India terbaik yang diproduksi dalam industri perfilman bollywood.

Rajkumar Hirani merupakan sosok penting dibalik kesuksesan film 3 Idiots ini. Raj Kumar sekaligus dibantu juga oleh produser terbaiknya yakni Vidhu Vinod Chopra.

Film 3 Idiots dibintangi oleh aktor-aktor kocak dan terbaik, seperti Aamir Khan, Omi Vaidya, Sharman Joshi, Boman Irani, Parikshit Sahni, R. Madhavan dan Kareena Kapoor.

10. Chhichhore

Film yang mengusung tema bunuh diri ini sukses melambungkan nama mendiang Sushant Singh Rajput di industri perfilman Bollywood.

Kisah tentang persahabatan dan cinta sejak masa kuliah diputar dengan alur mundur dengan sangat epic.

Annirudh (Sushant Singh Rajput) akhirnya menikahi Maya (Shraddha Kapoor) wanita ia kencani sejak kuliah di jurusan teknik.

Keduanya adalah mahasiswa nomor satu di kampus, dengan nilai kelulusan tertinggi. Tentu saja pernikahan kedua insan berprestasi ini terlihat sangat sempurna bukan?

Namun kini pernikahan mereka di ambang perceraian, karena terjebak ego masing-masing.

Tanpa mereka sadari, Ragahv putra semata wayang mereka memiliki tekanan mental tersendiri karena prestasi kedua orang tuanya.

Tak ingin dianggap remeh, Raghav belajar mati-matian agar bisa setara atau bahkan memperoleh nilai lebih dari kedua orang tuanya.

Bagi Raghav tidak lulus di universitas yang sama seperti kedua orang tuanya merupakan hal yang memalukan.

Anni (begitu Annirudh disapa) dan Maya tak menyadari hal ini karena terlalu sibuk memikirkan perasaan masing-masing.

Hingga keadaan menjadi kacau balau, ketika Raghav melakukan percobaan bunuh diri setelah gagal masuk universitas yang diimpikan.

Untuk kembali membantu Raghav melewati masa komanya, Anni kembali mengumpulkan teman-teman lamanya dahulu.

Satu per satu dari mereka bergantian menceritakan bagaimana kisah mereka tidak selalu sempurna. Tentang bagaimana Annirudh, bukan mahasiswa sempurna yang dipikirkan anaknya.

Mereka dulu juga pernah menjadi pengecut, takut untuk maju dan bersaing. Berharap kisah-kisah masa lalu mereka dapat kembali membantu Raghav pulih secara mental.

Dibumbui kisah komedi kampus, film ini mengandung banyak motivasi. Wajib sekali disaksikan oleh para generasi muda untuk menyadarkan kembali, tentang apa tujuanmu meraih mimpi?

11. The Luncbox

Kali ini kisah yang berbeda disajikan dalam film The Lunchbox. Bukan sekedar percintaan biasa antar kaula muda melainkan romantisme antara manusia paruh baya.

Ila seorang ibu rumah tangga ingin kembali menghadirkan romantisme di pernikahannya yang telah lama pudar.

Alih-alih sampai ke tangan sang suami, kotak maka siang itu justru salah alamat. Salah kirim bekal romantis itu diterima seorang duda bernama Saajan (Irfan Khan).

Ila mengirimkan surat minta maaf pada Sajaan karena bekalnya salah amat. Sejak saat itu keduanya menjadi sahabat karib melalui surat, sahabat pena kalau istilah zaman dulu.

Kedua insan yang sudah mulai menua ini saling berbagi pengalaman hidup dan keluh kesah masing-masing.

The Lunchbox adalah film India terbaik yang menyampaikan sebuah kisah cinta yang tulus dan unik.

Setelah penayangannya, film ini menjadi film pertama mendiang Irfan Khan yang meraih pendapatan tertinggi.

12. Kuch Kuch Hotta Hai

Setuju tidak jika Kuch Kuch Hotta Hai dinobatkan sebagai film India terbaik yang pernah ada?

Kenapa tidak? Film debut Karan Johar sebagai sutradara ini mampu mendongkrak popularitas industri Bollywood di mata dunia.

Sehingga backsound dari soundtrack utama film ini pasti digunakan untuk opening di film-film selanjutnya.

Siapa yang tidak kenal dengan lagu Kuch-Kuch Hotta Hai, bahkan mungkin keseluruhan lagu dalam film ini sudah kita ingat per bait hingga per kata.

Yup, Kuch Kuch Hotta Hai sukses besar dan melambungkan nama ketiga pemeran utamanya. Shah Rukh Khan, Kajol, dan Rani Mukherjee yang popularitasnya langsung mendunia.

Bahkan karena kesuksesan film ini Shah Rukh Khan mendapat julukan the king of Bollywood hingga kini.

Rasanya tidak perlu lagi menceritakan kisah dan alur dari film ini karena pasti kalian semua sudah hafal setiap adegan di dalam film ini.

Dapat dikatakan Kuch Kuch Hotta Hai adalah film pertama yang membuat kita memutuskan menjadi penggemar film Bollywood.


Sekiranya segitu dulu kita ulas mengenai topik film India terbaik. Bagi kamu penggemar Bollywood jangan sampai melewatkan salah satu rekomendasi film di atas lho!

Baca Juga : Film Horor Indonesia

Leave a Comment