11 Film Iqbaal Ramadhan Terbaik Baik yang Sudah Maupun Belum Tayang

Siapa yang tidak hafal dengan film-film Iqbaal Ramadhan? Perannya sebagai Dilan di film “Dilan 1990” semakin melambungkan nama Iqbaal.

Bagaimana tidak akting Iqbaal dalam memerankan sosok Dilan yang romantis berhasil membius para wanita khususnya para remaja. “Dilan 1990” menjadi salah satu film Iqbaal Ramadhan terbaik di tahun 2018.

Pemilik nama lengkap Iqbal Dhiafakhri Ramadhan ini telah terjun ke entertain sejak tahun 2010 hingga sekarang.

Memulai debutnya sebagai penyanyi bersama boyband cilik “Coboy Junior”, kini ia berhasil menjadi aktor termuda yang sangat tampan berkat kemampuan aktingnya yang patut diacungkan jempol.


Film Iqbaal Ramadhan Terbaik


Beberapa film telah sukses diperankan oleh aktor berusia 18 tahun ini, mulai dari “5 Elang”, “Coboy Junior The Movie”, dan “Dilan 1990”.

Hingga kini ia mendapat kepercayaan dari Hanung Bramantyo untuk memerankan tokoh utama dalam film terbarunya yang masih digarap berjudul “Bumi Manusia”.

Untuk itu mari kita bahas film terbaik Iqbaal sejak cilik hingga kini beranjak dewasa.

1. 5 Elang (2011)

Mengawali karirnya di dunia layar lebar Iqbaal mendapat peran sebagai Rusdi di film “5 Elang” garapan sutradara Rudi Soedjarwo.

Film ini merupakan film keluarga yang menceritakan petualangan anak-anak saat mengikuti kegiatan Pramuka di Balikpapan, Kalimantan.

Berawal dari kisah Baron (Christoffer Nelwan) yang harus mengikuti orang tuanya pindah dari Jakarta ke Balikpapan.

Pindah ke sekolah baru, Baron menjadi perwakilan dari sekolahnya untuk mengikuti perkemahan Pramuka dan satu regu dengan Rusdi (Iqbaal Ramadhan) yang supel dan optimis.

Baron yang tertutup dan introvert semakin jengkel karena harus berinteraksi dengan banyak orang.

Namun, berbagai petualangan yang tak terduga dialami Baron bersama teman-teman anggota lain yaitu Anton (Teuku Rizky Muhammad) si ahli api, Aldi (Bastian Bintang Simbolon) si kerdil yang tempramental dan jago berenang, dan Sindai (Monica Sayangbati) si gadis perkasa yang banyak membantu Baron dan tim ketika harus menjelajahi hutan lebat.

2. Drama Musikal Laskar Pelangi (2011)

film Iqbaal Ramadhan terbaik
iqbaale.blogspot.com

Film Laskar Pelangi pernah ditampilkan dalam bentuk drama musikal pada kisaran tahun 2010-2011. Kala itu si tampan Iqbaal baru berusia 11 tahun, namun ia sudah berhasil mendalami peran sebagai artis musikal.

Disini Iqbaal Ramadhan memerankan karakter Trapani.

Secara garis besar isi cerita drama musikal ini sama dengan film dan novelnya. Yang membedakan adalah para pemeran melakukan adegan bernyanyi dan menari secara live.

3. Coboy Junior The Movie (2013)

Film yang disutradarai oleh Anggy Umbara ini adalah persembahan dari rumah produksi Falcon Pictures.

Film ini menceritakan tentang kisah perjuangan grup vokal remaja pria bernama Coboy Junior yang terdiri dari Iqbaal (Iqbaal Ramadhan), Bastian (Bastian Bintang Simbolon), Aldi (Alvaro Maldini Siregar), dan Kiki (Teuku Rizky Muhammad) dalam mengikuti kompetisi menyanyi dan menari terbesar di Indonesia.

Segala rintangan harus mereka lewati untuk menjadi yang terbaik, tidak hanya ajang unjuk gigi tapi juga merupakan sebuah proses menuju pendewasaan, pembentukan karakter, dan penentuan pilihan prioritas hidup.

Terdapat banyak konflik dari masing-masing pribadi yang harus mereka lebur agar dapat menampilkan hasil terbaik.

Iqbaal harus membuktikan kepada Ayahnya prioritas utama dalam hidupnya.

Bastian harus bisa menjadi sosok yang bisa mempererat pertemanan.

Aldi harus bisa membagi fokusnya antara Coboy Junior dan Lovely, dan Kiki harus mendapat musibah yang mengancam keberlangsungan grup pada kompetisi tersebut.

Dapatkah Coboy Junior menandingi riva-rival mereka seperti Superboyz dan The Bangs?

4. Comic 8 (2014)

Masih garapan sutradara kece Anggy Umbara bersama Falcon Pictures, “Comic 8” merupakan film aksi-komedi yang dibintangi oleh para komika-komika hits Indonesia dan sederetan artis lainnya.

Dalam film ini Iqbaal Ramadhan berperan sebagai pemeran pendukung menjadi dirinya sendiri, Iqbaal.

Menceritakan tentang 8 anak muda yang melakukan perampokan bank dengan tujuan dan alasan masing-masing yang berbeda.

Mulai dari karena galau, hobi, iseng, olahraga adrenalin, dan demi menghidupi panti asuhan dan rakyat miskin.

Dari alasan merampoknya saja sudah terdengar kocak ya, apalagi jalan ceritanya pasti sangat mengocok perut.

Dalam film ini Iqbaal dan kawan-kawan hanya ambil andil selama 15 detik saja. Diceritakan saat itu Fico salah satu perampok bank sedang memalak siswa SD (Iqbaal Coboy Junior).

Namun, justru sebaliknya bukannya berhasil memalak, Fico malah terjebak dalam tipu daya muslihat Iqbaal dan mengalami kerugian. Konyol ya.. Hahahahah

5. CJR The Movie: Lawan Rasa Takutmu (2015)

Sejak Bastian memutuskan keluar dari Coboy Junior membuat boyband ini berganti nama menjadi CJR.

“CJR The Movie: Lawan Rasa Takutmu” adalah film remaja yang bercerita tentang mimpi anak-anak CJR (Iqbaal, Aldi, dan Kiki) dalam mengikuti kompetisi menyanyi.

Film yang disutradai oleh Patrick Effendy ini hampir sama dengan film CJR sebelumnya, hanya saja perjalanan kompetisi kali ini terasa lebih menyedihkan karena keluarnya salah satu personil mereka.

Beruntung mereka memiliki produser Bapak Patrcik (Abimana Asyasatya) yang selalu hadir untuk memberikan semangat dan dukungan.

Patrick mengajak CJR melakukan perjalanan keliling Asutralia untuk berlatih vokal dan fisik dengan D-Doc (Rio Dewanto) dan Melisa yang terkenal tegas dan disiplin.

Selama perjalanan itu banyak pelajaran berharga yang mereka temui. Intinya “Semua perjalanan hebat harus diakhiri dengan hebat, untuk memulai sesuatu yang hebat”, begitulah kekuatan yang diucapkan Patrick pada CJR.

6. Ada Cinta Di SMA (2016)

Lagi-lagi dalam film ini Iqbaal bermain bersama para member CJR. “Ada Cinta di SMA” merupakan film percintaan remaja hasil garapan sutradara Patrick Effendy bersama Starvision.

Dalam film ini Iqbaal berperan sebagai dirinya sendiri, anak SMA tengil yang hobinya ngusilin semua orang. Diakui banyak orang, akting Iqbaal pada film ini telah membius banyak remaja saat itu.

Berisi tentang konflik tentang kegalauan masa-masa SMA yang pernah kita rasakan.

Iqbaal yang bosan dipandang sebelah mata ingin membuktikan bahwa dirinya siap bersaing dengan Alya (Caitlin Halderman) dalam pemilihan ketua OSIS periode terbaru.

Aldi awalnya memandang sebelah mata keinginan Iqbaal, namun karena melihat kesungguhannya akhirnya Aldi membantu Iqbaal dengan menjadi tim suksesnya.

Di sisi lain, Kiki yang akan lengser dari jabatannya sebagai ketua OSIS diam-diam ingin kembali mewujudkan mimpinya menjadi musisi yang selama ini ditentang keras oleh Ayahnya.

Akankah Kiki mampu mewujudkan impian nya bermain musik bersama Iqbaal dan Aldi? Akankah Iqbaal dapat menyaingi Alya si pintar, cantik, dan menjadi siswa teladan di sekolah?

7. Dilan 1990 (2018)

Nah, siapa yang tak kenal dengan film yang terkenal dengan gombalan “Milea jangan rindu, rindu itu berat biar aku saja”. Pasti yang membaca sedang senyum-senyum mesem sendiri.

Film yang baru saja dirilis bulan Januari lalu ini diangkat dari novel best seller karya Pidi Baiq dengan judul yang sama “Dilan 1990”.

Film ini termasuk dalam film percintaan tersukses di tahun 2018 karena berhasil meraih 6,2 juta penonton.

Akibat akting Iqbaal sebagai Dilan yang mumpuni, ia berhasil mendapatkan banyak pujian dari para penikmat film.

Kabarnya, “Dilan 1991” juga akan difilmkan lho, wah akan tambah melejit nih namanya Dilan eh salah Iqbaal. 

8. Bumi Manusia (2019)

Sukses sebagai Dilan, kali ini Iqbaal digandeng oleh sutradara kondang Hanung Bramantyo untuk memerankan karakter Minke di film “Bumi Manusia”, yang baru telah launching pada tahun 2019 lalu.

Diangkat dari novel tetralogi yang merupakan sebuah karya dari novelis legendaris Pramoedya Ananta Toer dengan judul yang sama.

Menceritakan tentang kisah dua anak manusia yang saling jatuh cinta namun berasal dari latar kehidupan dan budaya yang berbeda.

Kisah dengan latar awal abad 20 ini merupakan masa-masa dimana Indonesia masih dikuasai oleh para kolonial. Masa dimana Minke dan Annelies terlibat dalam kisah cinta yang rumit karena banyak pertentangan.

Bagi para penggemar Pram, begitu beliau biasa disebut, pasti sudah tidak sabar menantikan kehadiran film tersebut.

Dan pastinya kita dibuat penasaran dengan kemampuan akting Iqbaal dalam memerankan sosok Minke seorang pangeran yang penuh dengan karisma.

9. Dilan 1991 (2019)

Melanjutkan kisah Dilan 1990 yang masih bersambung, Dilan 1991 adalah sekuel kedua dari novel best seller karya Pidi Baiq.

Jika pada sekuel pertamanya lebih banyak menceritakan pertemuan pertama Dilan dengan Milea, hingga bagaimana perjuangan serta gombalan Dilan untuk mendapatkan hati gadis pujaannya itu.

Di sekuel kedua ini cerita terfokus pada masa-masa sulit yang harus mereka hadapi setelah menjalin kasih. Ternyata kisah cinta mereka tak semulus gombalan Dilan yang membuat Milea luluh hati.

Dilan yang merupakan ketua geng motor terlibat perkelahian dengan sekelompok orang tak dikenal. Mengetahui Dilan dikeroyok, teman-teman geng motornya berniat untuk melakukan balas dendam.

Di sisi lain Milea yang kini sudah menjadi kekasih Dilan tak menyukai pertemanannya dengan geng motor tersebut.

Bagi Milea keselamatan Dilan adalah hal nomor satu, sehingga kedua anak muda ini kerap ribut karena hal tersebut.

Milea bahkan meminta Dilan untuk keluar dari geng motor, namun itu semata ia lakukan untuk keselamatan Dilan. Bukannya ingin membatasi pergaulan dan pertemanan kekasihnya.

Satu masalah belum terpecahkan timbul masalah lain yang membuat kesalahpahaman semakin runyam. Dilan ditahan polisi karena diduga melakukan penyerangan.

Milea pun kecewa karena Dilan sudah berjanji tidak akan membahayakan dirinya sendiri.

Apakah karena hal ini hubungan mereka berakhir? Tidak bisakah untuk dipertahankan?

10. Milea: Suara Dari Dilan (2020)

Sekuel ketiga dari film Dilan 1990 dan Dilan 1991 ini adalah sudut pandang Dilan tentang seluk beluk asmara kedua insan muda tersebut.

Dilan kembali menceritakan masa-masa berpacaran dengan Milea menjelang reuni akbar tiba. Dimulai sejak pertama kali mereka bertemu, berpacaran, hingga perjuangan Dilan untuk mempertahankan hubungan.

Sisi dari pemikiran Dilan yang tidak diceritakan dalam kedua sekuel sebelumnya. Bahkan mungkin Milea saja tidak mengetahui tentang hal ini karena memang Dilan tak pernah mengungkapkannya.

Bagi Dilan, Milea adalah kenangan yang mungkin tidak selalu indah namun akan terus menorehkan bahagia di benaknya.

Cerita tentang bagaimana cara Dilan menginga Milea, cinta pertama yang dahulu ia pikir akan bertahan hingga selamanya.

Namun takdir terkadangan tak selalu sesuai dengan harapan.

Inilah akhir dari kisah cinta Dilan dan Milea. Bagian terindah dalam hidup Dilan yang harus ia relakan menjadi pelajaran terindah dalam hidupnya.

11. Ali & Ratu-Ratu Queens (Belum Tayang)

film Iqbaal Ramadhan terbaik
idntimes.com

Film drama komedi romantis ini hingga kini belum ada kabar kapan akan ditayangkan secara resmi. Proses syuting dikabarkan sudah dilakukan sejak awal Desember 2019.

Dalam film ini Iqbaal berperan sebagai Ali, pemuda berusia 17 tahun yang pergi ke New York untuk mencari sang ibunda yang telah meninggalkannya sejak kecil.

Sesampainya di New York ia malah bertemu dengan empat orang ibu-ibu kocak yang menjadi keluarga barunya di Queens.

Ali berkenalan dengan Eva, anak perempuan Mama Ance (Tika Pangabean), gadis belia yang membantunya mengenal New York lebih dalam.

Diwarnai adegan-adegan kocak, Nirina Zubir, Asri Welas, dan Happy Salma ikut meramaikan film yang siap menyuguhkan cerita baru bagi kita.

Meski awalnya direncanakan akan tayang pada tahun 2020, namun tahun sudah berganti belum ada kabar berita.
Bagi para penggemar Iqbaal, harap bersabar ya masih pandemi.

Baca Juga: Film Inspiratif Terbaik

Leave a Comment