7 Film Inspiratif Terbaik yang Bisa Merubah Hidup dan Cara Pandangmu

Banyak pelajaran yang bisa ambil meski lewat sebuah film, berbagai film inspiratif terbaik misalnya. Seperti yang kita ketahui bahwa kini film bukan hanya media hiburan semata.

Namun juga sebagai jembatan untuk menyampaikan suatu pesan seperti nilai, budaya, cara berpikir, fashion, dan lain sebagainya, sesuai dengan apa yang ingin kreator film sampaikan.

Film-film yang mengandung pesan baik dan inspiratif tentu bisa membawa energi baik bagi kita sebagai penonton, terlebih bisa menjadi motivasi untuk menjalani hidup lebih baik dan pantang menyerah.


Pilihan Film Inspiratif Terbaik


Banyak film inspiratif terbaik dapat tercipta dari sebuah kisah nyata, yang kemudian dikemas menjadi alur yang menarik dalam frame sebuah film, agar kisah itu dapat dinikmati kemudian menginspirasi lebih banyak orang.

Berikut film-film inspiratif terbaik yang sarat akan pesan positif serta motivasi :

1. Taare Zameen Par

Bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Ishaan yang memiliki kesulitan berkonsentrasi dan menerima pelajaran di sekolah.

Ishaan yang sering asik dengan imajinasinya sendiri dan memiliki cara pandang yang dianggap “aneh” oleh teman-temannya.

Di bangku kelas 3 Ishaan tidak dapat menulis, membaca, dan berhitung dengan benar, membuat ia dilabeli sebagai anak nakal dan idiot oleh guru-guru di sekolahnya.

Berbeda dengan kakak laki-laki Ishaan yang pintar dan berprestasi, membuat orang tua Ishaan selalu membanding-bandingkan ia dengan kakaknya.

Gagal di sekolah umum, orang tua Ishaan memindahkan Ishaan ke sekolah asrama.

Disana lah, Ishaan bertemu dengan seorang guru baru bernama Ram Shankar Nikumbh (Aamir Khan) yang memiliki kesamaan dengan Ishaan, yakni suka berimajinasi.

Dari film ini kita akan belajar untuk tidak mengukur kecerdasan anak hanya dengan nilai hasil ujian diatas kertas.

Kegagalan seorang anak dalam belajar bisa jadi faktor utamanya adalah pola mendidik didalam keluarga atau justru guru yang kurang kreatif menemukan metode belajar, serta setiap anak terlahir dengan bakatnya masing-masing.

Film ini tidak membosankan karena kita akan disuguhi tari-tarian dan nyanyian sewajarnya film India, namun dengan tema ceria khas anak-anak.

Dan lagi-lagi akting aktor kondang Aamir khan yang unik dan cerdas.

2. Intouchables

Film ini sangat menyentuh walaupun judulnya “Intouchables”, film ini menceritakan dua orang (Driss dan Philippe) yang hidup di kota Paris dan sama-sama tersingkir dalam kehidupan sosialnya.

Driss seorang pria kulit hitam, mantan narapidana, dan miskin, sedangkan Philippe adalah seorang pengusaha yang kaya raya, hidup di pusat kota megapolitan Paris, sayangnya ia mengalami kecelakaan yang membuatnya lumpuh dan cacat seumur hidup.

Driss sedang berusaha mendapatkan tunjangan kesejahteraannya dengan cara melamar pekerjaan di rumah Philippe yang saat itu sedang mencari pengasuh untuk merawat Philippe.

Walau sebenarnya ia tidak benar-benar ingin bekerja, namun Driss diminta untuk menjalani masa percobaan.

Hari demi hari, Driss merawat Philippe tapi ia tidak memanjakan Philippe sebagai mana orang cacat, Driss tetap menjadi dirinya yang konyol dan terbuka, dan itu justru merubah hidup Philippe.

Mereka berdua mulai bertukar kisah hidup dan mencoba hal-hal yang tidak mungkin mereka lakukan sebelumnya.

Film ini diperankan oleh komedian tenar asal Prancis Omar Sy dan aktor François Cluzet.

Di awal peluncurannya tahun 2011 hingga sekarang, film “Intouchables” telah menyabet banyak penghargaan dan termasuk film inspiratif terbaik dan terfavorit di negara asalnya Prancis.

Meskipun ada yang mengaitkan dengan isu rasisme tapi film ini banyak mendapat kesan positif dari kritikus Prancis.

Dalam film “Intouchables” kita dapat mengambil pelajaran bahwa semangat hidup bisa didapat dari siapapun, termasuk orang yang memiliki masa lalu kelam, serta orang yang mungkin tidak tersentuh (tersisih) di masyarakat.

Disajikan dengan latar kota Paris serta guyonan-guyonan sarkasme ala orang-orang Prancis, dengan alur cerita yang tidak cengeng tapi tetap menggugah emosi.

3. 127 hours

Diambil dari kisah nyata seorang pendaki bernama Aron Lee Ralston yang terjebak di sela-sela dinding Canyon selama 127 jam.

Selama terjebak diantara dinding yang dalam, ia berusaha melepaskan diri dari bongkahan batu yang menjepit satu pergelangan tangannya, sembari menjaga dirinya agar tetap hidup, ia juga mendokumentasikan hari-harinya dengan sebuah handycam.

Menjaga agar dirinya tetap sadar dan berharap ada seseorang menemukan dirinya, hingga ia menyadari bahwa tidak ada satupun orang yang bisa mendengar teriakannya, terlebih Aron tidak memberitahu siapapun kemana ia pergi.

Hari-hari yang berat ia lewati tanpa makanan dan air minum yang cukup. Segala upaya telah iya lakukan untuk menyingkirkan bongkahan batu yang menjepit tangannya.

Pada titik keputusasaan, Aron mulai berhalusinasi tentang hidupnya yang akhirnya membuat Aron mengambil keputusan untuk memutilasi pergelangan tangannya dengan sebuah pisau kecil, demi keluar dari dinding tersebut.

Film yang dibintangi James Franco ini mendapat banyak pujian dari kritikus dan pengamat film. Film ini dirilis pada tahun 2010 oleh sutradara Danny Boyle dan berhasil mendapatkan pendapatan sebesar $60,738,797.

Dalam film ini kita dapat belajar bahwa terkadang keputusan gila perlu kita ambil untuk menyelamatkan diri kita sendiri.

Diimbangi rasa optimis dan tidak putus asa. Dan yang terpenting adalah selalu memberitahu orang-orang terdekat jika bepergian.

4. The Billionaire

Film komedi-drama yang diperankan oleh aktor tampan thailand Pachara Chirathivat ini berhasil menjadi film inspiratif terbaik yang laris di Thailand dan internasional.

Bercerita tentang Tob, seorang remaja yang belum genap 17 tahun.

Sewajarnya seorang remaja yang gemar bermain game online dan mulai mendapatkan uang dari hobinya tersebut. Hingga ia merasa cukup sukses dengan keahliannya di dunia game dan mulai mengabaikan sekolahnya.

Pada suatu hari usaha orang tuan Tob bangkrut dan meninggalkan utang besar.

Mulailah Tob mencari uang dengan membangun sendiri usaha camilan rumput laut, meski ia harus kehilangan masa mudanya yang menyenangkan.

The Billionaire atau juga dikenal dengan judul “ Top Secret : Wai Roon Pan Lan “ adalah film yang terinspirasi dari billionaire termuda di Thailand Itthipat Kulapongvanich, yang sukses dengan usaha makanan kecil. Dimana produknya kini dapat kita temukan di swalayan terdekat, atau bisa jadi adalah salah satu jajanan favorit kamu..

Ketika menonton film ini, kita disuguhi komedi segar dengan alur cerita yang tetap membangun semangat.

Nilai yang tersimpan dari film ini ada pada karakter Tob yang tetap ngotot mempertahankan apa yang telah ia bangun, meski terkadang Tob iri dengan remaja seusianya yang bisa bersenang-senang dengan uang orang tua.

Dan juga sikap optimis Tob diantara sikap pesimis dan cemooh dari orang-orang terdekatnya.

5. Chhichhore

Film yang mengusung tema bunuh diri ini sukses melambungkan nama mendiang Sushant Singh Rajput di industri perfilman Bollywood.

Kisah tentang persahabatan dan cinta sejak masa kuliah diputar dengan alur mundur dengan sangat epic.

Annirudh (Sushant Singh Rajput) akhirnya menikahi Maya (Shraddha Kapoor) wanita ia kencani sejak kuliah di jurusan teknik.

Keduanya adalah mahasiswa nomor satu di kampus, dengan nilai kelulusan tertinggi. Tentu saja pernikahan kedua insan berprestasi ini terlihat sangat sempurna bukan?

Namun kini pernikahan mereka di ambang perceraian, karena terjebak ego masing-masing.

Tanpa mereka sadari, Ragahv putra semata wayang mereka memiliki tekanan mental tersendiri karena prestasi kedua orang tuanya.

Tak ingin dianggap remeh, Raghav belajar mati-matian agar bisa setara atau bahkan memperoleh nilai lebih dari kedua orang tuanya.

Bagi Raghav tidak lulus di universitas yang sama seperti kedua orang tuanya merupakan hal yang memalukan.

Anni (begitu Annirudh disapa) dan Maya tak menyadari hal ini karena terlalu sibuk memikirkan perasaan masing-masing.

Hingga keadaan menjadi kacau balau, ketika Raghav melakukan percobaan bunuh diri setelah gagal masuk universitas yang diimpikan.

Untuk kembali membantu Raghav melewati masa komanya, Anni kembali mengumpulkan teman-teman lamanya dahulu.

Satu per satu dari mereka bergantian menceritakan bagaimana kisah mereka tidak selalu sempurna. Tentang bagaimana Annirudh, bukan mahasiswa sempurna yang dipikirkan anaknya.

Mereka dulu juga pernah menjadi pengecut, takut untuk maju dan bersaing. Berharap kisah-kisah masa lalu mereka dapat kembali membantu Raghav pulih secara mental.

Dibumbui kisah komedi kampus, film ini mengandung banyak motivasi. Wajib sekali disaksikan oleh para generasi muda untuk menyadarkan kembali, tentang apa tujuanmu meraih mimpi?

6. Guru-Guru Gokil

Meskipun bergenre drama komedi, namun Guru-Guru Gokil dapat dikategorikan sebagai film inspiratif terbaik terbaru dari dalam negeri.

Film yang diproduseri sekaligus dibintangi oleh Dian Sastro ini baru saja ditayangkan secara resmi di situs Netfilx pada tanggal 17 Agustus 2020 lalu.

Menceritakan sudut pandang lain tentang kehidupan para guru yang tak sempurna. Bahkan banyak hal yang mungkin selama ini tak diketahui publik tentang kehidupan para pahlawan tanpa tanda jasa tersebut.

Cerita dimulai saat Taat (Gading Marten) yang bercita-cita menjadi orang sukses namun terpaksa menjadi guru.
Karena butuh uang Taat menyambi menjadi guru honorer sembari mencari pekerjaan tetap lainnya.

Bagi Taat sukses berarti memiliki banyak uang dan kaya raya. Sedangkan menjadi guru apalagi berstatus honorer berapa pula lah jumlah uangnya.

Kira-kira seperti itulah pandangan hidup Taat selama ini.

Akan tetapi semua pandangan tersebut berubah setelah sebuah insiden menimpa para guru di sekolah tempat Taat mengajar.

Cara pandang Taat menginspirasi kita tentang definisi kesuksesan yang sesungguhnya.

7. Little Women

Mengangkat isu emansipasi wanita, film dengan latar tahun 1868 ini juga disutradarai oleh wanita bernama Greta Gerwig.

Kisah terpusat pada empat remaja putri kakak beradik yang masing-masing memiliki obsesi dan cita-cita. Dimana yang kita tahu pada masa itu wanita belum diberikan kebebasan untuk berekspresi.

Demi mengangkat derajat keluarganya Saoirse Ronan menanamkan rasa kepercayaan diri kepada ketiga saudaranya.

Emma Watson sebagai anak tertua dan tercantik di keluarga mereka pada akhirnya jatuh cinta pada seorang guru privat dan menjalani kehidupan sebagai ibu rumah tangga.

Meski begitu ia ingin adik-adiknya tetap mengejar impian yang mereka inginkan. Florence Pugh, sebagai gadis ketiga di rumah itu ia mahir dalam seni lukis.

Eliza Scanlen, anak terakhir yang sangat disayangi oleh ketiga kakaknya. Gadis yang mejadi harapan Saoirse agar tumbuh menjadi gadis cerdas ini mahir bermain piano.

Alkisah tetangga mereka yang kaya raya memiliki seroang cucu laki-laki yang kemudian menjadi sahabat dari keempat saudara tersebut.

Saoirse Ronan yang ahli dalam menulis inginkan kehidupan yang lebih baik bagi keluarganya. Namun rintangan dari semesta ternyata tak semudah ia bayangkan.

Eliza yang akhirnya jatuh sakit memaksa Saoirse harus pergi dari New York dan kembali ke Concord, Massachusetts.

Konflik di dalam keluarga ini diwarnai keharuan dan kehangatan antar saudara.

Akankah cita-cita Saoirse tercapai seutuhnya, atau harus merelakan satu per satu impian dan cintanya berguguran?

Itulah 7 film inspiratif terbaik yang bisa kamu nikmati di waktu luang, siapa tau dapat merubah dirimu dalam menghadapi hidup.

Dengan melihat kisah orang lain dalam menyelesaikan masalah dan menyebarkan kebaikan, siapa tahu kita bisa menjadi hebat seperti mereka.

Selamat menikmati tujuh film inspiratif di atas. Nantikan artikel-artikel berikutnya di rahasiabelajar.com

Tetap positif dan berkarya! Salam…

Baca Juga : Film Indonesia Terbaru

Leave a Comment