14 Film Jepang Terbaik dan Terpopuler (Wajib Ditonton)

Film Jepang terbaik dan terfavorit menurutmu apa? Apa yang membuat film itu berkesan? Jika berkenan untuk membagikan film Jepang yang menurutmu terbaik silahkan tulis di kolom komentar ya.

Seperti yang diketahui Negeri Sakura Jepang tidak hanya terkenal dengan anime saja yang menarik untuk dinikmati.

Tetapi terdapat drama Jepang yang bakal bikin kamu baper seperti ketika melihat drama Korea.

Selain itu tontonan lain yang ga kalah menarik untuk ditonton yaitu tontonan film asal Jepang.

Tidak hanya film Hollywood saja yang mampu menarik antusias para pecinta film. Tetapi juga film-film Jepang dengan berbagai genre.

Pasti kalian tahu kan kalau film Jepang identik dengan khas latar belakang kotanya ditambah lagi dengan keindahan bunga sakura, ini menjadi salah satu ciri khas yang menarik bagi film – film Jepang.

Tak hanya itu, cerita-cerita yang disajikan dalam film Jepang juga sangat kuat dan berkarakter. Tentu teman-teman masih terngiang-ngiang dengan film horror Sadako.

Film horror Jepang yang sudah lama penulis tonton tetapi sampai sekarang masih terasa kengeriannya hanya dengan mengingatnya

Film Jepang juga menyajikan genre selain horor seperti komedi, action, drama dan lain sebagainya.

Teman-teman tinggal pilih saja genre apa yang sedang ingin di tonton. Dan pada artikel ini penulis akan menyajikan rekomendasi film Jepang terbaik dengan genre yang beragam.


Film Jepang Terbaik


Kali ini akan dibahas mengenai film Jepang terbaik sepanjang masa yang tentunya kalian tidak akan pernah bosan untuk melihatnya.

Harapannya dengan adanya daftar film berikut ini, beberapa teman yang baru mengikuti film Jepang tidak akan kebingungan dalam mencari film yang bagus.

Tak hanya itu penulis berharap di tengah kondisi dunia yang tidak baik-baik saja ini, teman-teman semua dapat menjaga kondisi hati dengan menonton salah satu dari film di bawah ini.

Kalau begitu yuk langsung saja simak ulasan film Jepang yang menurut pecinta film termasuk dalam kategori terbaik.

1. Film Jepang Terbaik: Ring (1998)

blogunik.com

Film genre horor asal Jepang ini termasuk salah satu film terbaik dari negeri Sakura tersebut. Meskipun di rilis pada tahunn 90an film ini masih meninggalkan kesan menegangkan bagi para penontonnya.

Menceritakan penelusuran tentang video misterius yang menyebabkan kematian seorang anak bersama teman – temannya.

Reiko dan Riuji mencari apa penyebab kumpulan anak – anak tersebut bisa mati dalam waktu yang bersamaan.

Penelusuran ini membawa mereka ke sebuah penginapan dan dimulai dari sini mereka merasakan kehadiran hantu yang muncul dari video yang mereka lihat.

2. Battle Royale (2000)

Film sekuel pertama ini menceritakan seorang yang tak percaya akan kedewasaan anak – anak remaja, maka dibuatlah permainan berjudul Battle Royale yang memungkinkan para pemainnya saling bunuh – membunuh.

Bagi para pemenangnya yang hidup terakhir akan dibebaskan. Sebanyak 40 orang siswa kelas 9 diajak berlibur disebuah pulau, ternyata semua itu hanya jebakan untuk membuat mereka mengikuti permainan.

Selain aksi tersebut film ini dipenuhi oleh kisah percintaan, penonton akan difokuskan dengan dua karakter orang yang saling menjaga.

Padahal dalam permainan tersebut bahkan dikatakan jangan percaya pada siapapun atau tidak pasti akan terbunuh salah satunya.

3. Film Jepang Terbaik: Nobody Knows (2004)

gubuksinema.blogspot.com

Film yang diambil dari kisah nyata ini menceritakan keidupan seorang kakak bersama ketiga adiknya. yang berjuang hidup di apartemen dengan uang peninggalan ibunya.

Mereka hidup secara diam – diam di apartemen karna hanya kakaknya saja yang tercatat sebagai warga sipil, bahkan ketika seorang adiknya yang paling bungsu meninggal kakaknya secara diam – diam menguburnya.

Tak ada yang tahu memang orang – orang disekitar apartemen jika mereka hidup tanpa pengawasan orang tua. Film ini menceritakan betapa tidak pedulinya kehidupan orang – orang kota terhadap masyarakat disekitarnya.

4. SHINOBI: Heart Under Blade (2005)

Film ini menceritakan legenda Jepang pada zaman dahulu, ketika ada dua klan Jepang terakhir yang memiliki kekuatan luar biasa.

Penguasa Jepang yang merasakan ancaman dari dua klan ini memutuskan untuk membangkitakan perseteruan diantara mereka. Akhirnya banyak korban berjatuhan pada pertempuran ini.

5. Film Jepang Terbaik: Crows Zero (2007)

Film ini menceritakan sebuah pembuktian seorang anak pada ayahnya bahwa ia mampu sukses tanpa bantuan ayahnya tersebut.

Bertemakan tentang kehidupan sekolah yang penuh dengan adegan pertarungan untuk menjadi seorang yang berkuasa pada sekolahnya.

Genji Takiya yang merupakan anak gangster berusaha untuk melawan Tamao Serizawa yang pada saat itu menguasai SMA Suzuran, ia mencoba untuk membangun pertemanan dengan kelas lain untuk mendapatkan partisipan.

6. Film Jepang Terbaik: Liar Game (2007)

14 Film Jepang Terbaik dan Terpopuler (Wajib Ditonton)
asianwiki.com

Permainanan kebohongan, film ini bertemakan strategi dan taktik untuk memenangkan suatu permainan.

Dalam cerita ini dikisahkan bahwa beberapa orang dikumpulkan di dalam suatu ruangan untuk bermain sebuah permainan dan hadiah utamanya sebesar ratusan yen.

Mereka yang mengikuti permainan ini awalnya diberikan uang secara cuma – cuma untuk bermain dalam game ini, cara bermain permainan ini yaitu dengan membuat seseorang menjadi berhutang.

Jika ia menang ia membawa seluruh hadiahnya, namun jika ia berhutang maka ia akan berhutang seumur hidupnya.

7. 700 Days of Battle: Us vs. The Police (2008)

Film ini menceritakan sekumpulan anak SMA yang iseng, mereka menjahili seorang polisi yang tinggal di daerah mereka agar polisi tersebut tidak betah.

Hingga suatu saat mereka bertemu dangan sosok wanita cantik, tak disangka wanita tersebut adalah istri dari polisi yang mereka sering jahili.

Namun ternyata dibalik kejahilan – kejahilan mereka, mereka masih memiliki sisi simpati terhadap seseorang yang dibuktikan dengan perhatian mereka terhadap anak kecil yang mengidap penyakit.

8. Detroit Metal City (2008)

Sedikit lucu memang jika kita terjebak dengan sesuatu yang tidak kita sukai, sama seperti pada film ini yang menceritakan kisah seorang pria yang berambisi menjadi pemusik.

Berbagai cara ia tempuh termasuk ia mengikuti sekolah musik namun tetap saja ia tak menuai hasil.

Hingga pada akhirnya ia terjebak dengan band musik aliran metal, ia terpaksa masuk dalam dunia ini karena ia dinaungi oleh manajer yang kejam. Film ini lucu sekaligus romantis karena dibumbui cerita – cerita cinta.

9. My Rainy Days (2009)

Film ini cukup menguras emosi hati, bagaimana tidak film ini menceritakan cerita percintaan antara sepasang beda usia.

Ozawa Rio yang merupakan siswa SMA yang kehidupannya cukup kelam bertemu denga sesosok pria matang yang berprofesi sebagi dosen bernama Ozawa Kouki.

Kehidupan Ozawa Rio yang sebelumnya berantakan perlahan berubah menjadi baik karena berkenalan dengan pria tersebut.

Ketika cinta mulai tumbuh diantara mereka, Ozawa Rio mengetahui bahwa kekasih hatinya tersebut mengidap penyakit kanker otak yang mengharuskannya untuk melakukan operasi.

Hal ini membuat dilema, sebab jika ia melakukan operasi maka ia akan mengalami hilang ingatan dan akan melupakan Ozawa Rio, namun jika tidak maka usia hidupnya tidak akan lama.

10. Kimi Ni Todoke (2010)

14 Film Jepang Terbaik dan Terpopuler (Wajib Ditonton)
oliswel.com

Film ini termasuk jajaran film laris di perfilman Jepang, film drama ini ini bertemakan kisah percintaan anak sekolah. Bernama Sawako, seorang gadis cantik namun pendiam dan memiliki rambut panjang.

Akhirnya teman – temannya menyebutnya dengan nama Sadako karena ia mirip seperti Sadako hantu yang keluar dari tv, bahkan teman – teman lainnya menakuti mereka jika mereka melihat Sawako selama tiga detik maka mereka akan melihat sosok Sadako dibelang Sawako.

Sawako yang pendiam akhirnya tanpa sengaja bertemu dengan Shota pada saat awal masuk sekolah, akhirnya mereka mulai akrab dan disitulah Sawako mulai mengagumi Shota.

11. My Pretend Girlfriend (2014)

Menceritakan kisah percintaan pada masa SMA, diisi dengan konflik percintaan cukup rumit antara cinta segiempat dan persahabatan.

Persahabatan ini diisi dengan kisah percintaan antara dua orang namun ia memiliki selingkuhan, karena ia tidak mau pacarnya mengetahui bahwa ia memiliki selingkuhan akhirnya ia meminta sahabatnya tersebut untuk berpura – pura menjadi pacar selingkuhannya tersebut.

Semakin rumit lagi karena sahabatnya tersebut lama kelamaan jatuh cinta pada selingkuhan sahabatnya tersebut.

12. As The God Will (2014)

Film ini menceritakan sebuah permainan mengerikan disebuah sekolah yang mengharuskan yang kalah untuk mati dan menyisahkan satu perwakilan di setiap kelas.

Pada mulanya, seorang guru yang tengah mengajar dikelas tiba – tiba ia meledak dan mengeluarkan sebuah booneka kucing bernama Daruma, Daruma mengajak murid – murid tersebut untuk bermain hingga menyisahkan satu orang yang menang.

Setiap perwakilan kelas kemudian dikumpulkan di aula untuk bermain ke permainan ke dua hingga menyisakan tiga orang, dan dilanjutkan ke permainan ke tiga.

Lalu apakah yang terjadi pada mereka? Apakah mereka sanggup menghentikan permainan Daruma?

13. Heavenly Forest(2006)

Siapa nih yang suka dengan film bergenre romance? Nah barangkali Heavenly Forest bisa ditambahkan dari list film yang wajib kamu tonton loh.

Seperti kebanyakan film romantic lainnya, film ini juga bisa bikin kamu baper berkepanjangan. Meski sudah dirilis sejak tahun 2006 tetapi ceritanya masih relate dengan kondisi hari ini.

Sebab kisah cinta memang tak mengenal zaman sih ya hehe. Heavenly Forest akan mengajakmu bertemu dengan tokoh bernama Makoto seseorang yang pemalu dan tertutup terhadap orang lain.

Tetapi dengan kepribadiaanya yang tertutup justru ia sangat nyaman dekat dengan Shizuru, seorang yang berperilaku kekanak-kanakan, ceria, unik.

14. Our Little Sister (2015)

14 Film Jepang Terbaik dan Terpopuler (Wajib Ditonton)
batch.id

Film Jepang pilihan selanjutnya yang penulis rekomendasikan untuk ditonton adalah Our Little Sister.

Film yang dirilis pada tahun 2015 ini menceritakan tentang kehidupan suatu keluarga. Suatu hari tiga perempuan bersaudari secara tidak sengaja bertemu dengan adik tiri mereka.

Adik yang sebelumnya tak pernah terduga dan diinginkan oleh ketiganya. Sang adik kemudian harus tinggal bersama dengan mereka karena ayah mereka meninggal dunia.

Dari sinilah kisah film Our Little Sister semakin menarik, tidak berfokus pada perselisihan saudara tiri yang pada umumnya tidak menerima satu sama lain.

Justru konflik dalam film ini adalah lebih kepada usaha setiap mereka untuk menjadi adik atau kakak yang baik bagi lainnya.

Menarik bukan, Film bertema keluarga ini tentu sangat cocok untuk ditonton bersama adik, kakak, ayah, atau ibumu di rumah. Selamat menonton.

15. Film Drama Shoplifters

Masih film yang bertema keluarga, kali ini adalah garapan dari Hirokazu Kore-eda yang berjudul Shoplifters.

Bisa dibilang film bergenre drama ini merupakan kritik bagi sistem yang berlaku di masyarakat yang seringkali membagi dunia hanya dengan hitam dan putih.

Bahwa sejatinya hidup manusia penuh dengan dinamika yang bertautan satu sama lainnya. Dan apa yang dilakukan manusia terdapat alasan yang melatarbelakanginya.

Sehingga tidak dapat mengatakan bahwa seseorang jahat hanya karena seseorang mencuri sepotong roti untuk mengganjal perut yang sudah lama tak diisinya.

Meski tentu perbuatan tersebut tidak dibenarkan. Tetapi kemudian kita harus melihat peristiwa tersebut lebih jauh lagi.

Begitu pula dengan kisah dalam film Shoplifters. Kehidupan keluarga tiga generasi yang terpinggirkan oleh masyarakat.

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya mereka harus melakukan pencurian dan penipuan. Hidup mereka diliputi kesusahan dan kesedian.

Namun rasa cinta dan kesetiaan antar anggota keluarga membuat semuanya saling menguatkan dan dapat bertahan hidup.

Leave a Comment