10 Film Penyihir Terbaik Berikut Diadaptasi dari Novel Best Seller

Film tentang dunia sihir mulai booming sejak adanya kisah “Harry Potter” yang menuntut ilmu sihir di Hogwarts. Sejak saat itu berbagai film penyihir terbaik baru mulai bermunculan.

Padahal jauh sebelum itu, pada tahun 1987 sebuah film penyihir terbaik berjudul “The Princess Bride” telah mengudara lebih dulu.

Kisah yang diambil dari sebuah novel dengan judul yang sama karya William Goldman ini ibarat kisah di dongeng-dongeng pada umumnya.

Tidak dapat dipungkiri film tentang dunia sihir merupakan adaptasi dari dongeng yang dituliskan dalam sebuah novel.

Novel-novel tentang sihir pun menjadi salah satu novel yang banyak digandrungi semua kalangan.


Film Penyihir Terbaik


Bagi kalian penggemar genre fantasi nih, film apa saja sih yang sudah kalian tonton selama ini.

Berikut beberapa rekomendasi rahasiabelajar.com tentang film penyihir terbaik yang diadaptasi dari kisah novel atau dongeng.

1. Harry Potter (2001-2011)

Siapa yang tidak kenal Harry Potter? Film penyihir terbaik sepanjang masa ini berhasil mendapatkan 12 nominasi Academy Awards (Oscar), 5 nominasi BAFTA, serta segudang prestasi lainnya.

Semua cerita di kedelapan film yang yang telah dirilis diangkat dari novel best seller karya J.K. Rowling. Berbeda dengan film, versi novelnya sendiri terdiri dari 7 seri dimana seri ketujuh dibagi menjadi 2 part film.

Tentu kita semua telah paham tentang cerita yang ada dalam film fantasi terbaik di dunia ini.

Mengisahkan tentang seorang penyihir berama Harry Potter yang memiliki musuh besar bernama Lord Voldemort, penyihir jahat yang telah membunuh kedua orang tuanya.

Jadi kangen nonton Harry Potter lagi ya..

2. Fantastic Beasts and Where to Find Them (2016)

Mengobati kerinduan pada Harry Potter J.K. Rowling kembali menerbitkan karya terbaru seputar dunia sihir.

Kali ini mengisahkan tentang seorang penyihir sekaligus magizoologist bernama Newt Scamander (Eddie Redmayne).

Film ini merupakan prekuel dari film “Harry Potter” lho, jadi kisah tentang Newt Scamander ini merupakan novel yang sering dibaca Harry semasa di Hogwarts.

Latar cerita dimulai pada tahun 1926 saat Newt datang ke New York membawa hewan-hewan ajaib dari dalam sebuah koper .

Koper tersebut hilang entah kemana dan hewan-hewan yang ada di dalamnya lepas dan menimbulkan kekacauan di New York.

Newt harus kembali menemukan satu persatu hewan-hewan tersebut dan tidak boleh sampai diketahui identitas penyihirnya oleh kaum No Maj (manusia biasa).

Karena jika identitas aslinya sebagai penyihir terbongkar akan memicu kembali perang antara manusia biasa dan penyihir.

3. Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald (2018)

Sekuel dari film sebelumnya, film ini baru dirilis pada 16 November 2018 lalu.

Ada baiknya sebelum kamu menonton film ini disarankan untuk menonton film pertamanya “Fantastic Beast and Where to Find Them”. Karena kisah pada film kedua ini merupakan kelanjutan dari film pertama.

Sedikit bocoran pada film kedua ini akan muncul karakter Dumbledore muda yang diperankan oleh Jude Law dan tampilnya tokoh pencipta batu betuah (Philosopher’s Stone).

Sekuel kedua dari Fantastic Beast ini menceritakan kelanjutan petualangan Newt Scamander. Kali ini Newt bepergian ke kota Paris untuk menuntaskan tugas dari Dumbledore.

Kisah diawali dengan pencabutan izin Newt untuk bepergian dari London dari kementrian sihir. Ia boleh bepergian jika mau bergabung bersama para Auror untuk menemukan Credence.

Credence adalah seorang anak keturunan keluarga penting dari golongan darah murni di Paris yang selama ini dianggap hilang.

Dumbledore meyakini jika Obscurus tumbuh dalam diri Credence yang selama ini tidak memiliki teman dan tumbuh dengan kekurangan kasih sayang.

Makhluk aneh seperti Obscurus sangat berbahaya dengan kekuatan sihir hitam yang mematikan. Di bawah alam bawah sadar Credence bisa saja membunuh orang-orang yang mencoba menghalangi jalannya.

Newt mulanya menolak menerima misi tersebut. Namun saat mengetahui jika Tina sedang berada di Paris, tanpa berpikir panjang Newt langsung pergi ke Paris bersama Jacob, si teman mugglenya.

Dalam sekuel kedua ini Newt harus berhadapan dengan musuh terbesarnya. Bukan Obscurus melainkan Grindelwald, penyihir jahat yang berhasil kabur dari Azkaban dan kembali mengumpulkan sekutunya.

Untuk memenuhi hasratnya menguasai dunia dengan ilmu sihir, Grindelwald tidak segan-segan menghabisi nyawa para muggle yang tidak bersalah.

Lalu apakah keberadaan Obscurus dalam tubuh Credence ada kaitannya dengan Grindelwald? Penasaran?
Langsung saja tonton salah satu film penyihir terbaik ini, dijamin tidak akan mengecewakan.

4. The Lord of The Rings: Return of the King (2003)

Trilogi dari film “The Lord of The Rings” ini meraih kesuksesan sebagai film terlaris di tahun 2003.

Tak kalah saing dengan “Harry Potter”, film ini telah menerima 11 nominasi penghargaan dan tercatat sebagai pemegang rekor di ajang Oscar.

Inti dari kisah The Lord of The Rings sendiri tentang tanggung jawab berat yang diemban pemuda bernama Froddo (Elijah Wood) yaitu menjaga sebuah cincin emas milik mendiang Sauron, raja dari kegelapan.

Cincin yang diwariskan oleh paman Froddo, Bibo Baggins (Ian Holm) itu harus dijaga agar jiwa Sauron tidak kembali bersatu dengan cincin tersebut.

Pada film ketiga ini cerita difokuskan pada pertempuran terakhir Froddo dan saudara-saudaranya yang tersisa dalam membawa cincin.

Saat Frodo menuju Gunung Doom untuk menghancurkan cincin, mereka dituntun oleh Gollum yang tanpa sadar entah akan membawa mereka ke petualangan yang menakjubkan.

5. The Prestige (2006)

Film yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karangan Christopher Priest ini diperankan oleh Hugh Jackman, Christian Bale, dan David Bowie.

Menceritakan tentang dua orang teman dan seorang penyihir yang bermusuhan karena sebuah tragedi.

Permusuhan tersebut membuat mereka saling bersaing satu sama lain yang membawa mereka pada ketenaran, namun berakhir dengan konsekuensi yang mengerikan.

Robert Angier (Hugh Jackman) dan Alfed Borden (Chritian Bale) adalah dua partner dalam dunia sulap. Keduanya selalu menampilkan aksi mengesankan di dunia hiburan bertemakan sulap.

Tak hanya berdua Robert juga mengajak serta istrinya Julia saat melakukan aksi panggung.

Namun suatu hari sebuah insiden terjadi sehingga menewaskan Julia. Robert yang merasa sangat terpukul menyalahkan Alfred atas kematian istrinya.

Alfred yang tidak terima disalahkan berbalik menuding jika Robert lah penyebab insiden tersebut terjadi.
Hubungan mereka berubah menjadi pertikaian yang berbuntut pada persaingan yang tidak sehat.

Keduanya sama-sama ingin membuktikan siapa yang paling hebat. Sabotase pertunjukan pun terjadi, tujuannya tentu saja untuk mengalahkan satu sama lain.

Karena keegoisan mereka perlahan-lahan orang-orang terdekat mereka menjauh. Hingga keduanya dihadapkan pada pilihan kehancuran.

Film ini menjadi salah satu film penyihir terbaik di tahun 2006 dengan menyabet 2 penghargaan sebagai Best Cinematography dan Best Art Direction.

6. The Hobbit (2012)

The Hobbit merupakan film trilogi yang terdiri dari “An Uxpected Journey (2012)”, “The Desolation of Smaug (2013)”, dan “There and Back Again (2014)”.

Berhasil menduduki rating 8/10 di situs IMDb, film yang disutradarai Peter Jackson ini menjadi film terlaris keempat sepanjang masa.

Film yang diadaptasi dari novel “The Hobbit” karya JRR Tolkien ini menceritakan tentang sebuah petualangan yang tak terduga yang dilakukan oleh Bibo Baggins yang saat itu menjadi penjaga cincin emas.

Nah, kalau mendengar kata-kata cincin emas seolah-olah kisah ini hampir mirip dengan film “The Lord of The Rings”.

Yup, memang betul The Hobbit adalah prekuel dari film yang dibintangi oleh Elijah Wood berlatar 60 tahun sebelumnya.

Bilbo bersama 13 kurcaci pimpinan Thorin Oakenshield terlibat petualangan menegangkan untuk menemukan kembali Kerajaan Erebor yang hilang.

Saat melewati terowongan berbahaya Bilbo bertemu Gollum dan mendapati dirinya membawa sebuah cincin emas yang dapat merubah takdir kehidupan.

7. Into the Woods (2014)

Kisah tentang pasangan suami istri tukang roti yang diperintahkan oleh seorang penyihir untuk mencari barang ajaib.

Pasangan tersebut tidak memiliki anak karena sebuah kutukan, jika mereka tidak melakukan tugas dari penyihir tersebut maka kutukan yang menimpa mereka tak akan pernah hilang.

Film yang diproduksi Walt Disney ini disutradarai oleh Rob Marshall. Diambil dari kisah dongeng anak-anak tempo dulu, film ini cocok ditonton semua kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa.

8. Maleficent (2014)

Berbeda dengan kisah-kisah sebelumnya, film penyihir terbaik kali ini didasarkan oleh kisah cinta antara manusia dan penyihir.

Penyihir wanita yang jatuh cinta pada seorang pemuda tampan dan gagah.

Pertemuan mereka dimulai suatu siang di sebuah tebing yang curam. Pada saat itu pemuda tersebut sedang dalam kesulitan dan dibantu oleh penyihir dengan senang hati.

Pertemuan tersebut menimbulkan benih-benih cinta antara keduanya, namun berakhir kekecewaan karena pangeran yang lebih memilih tinggal di dalam istana untuk menikahi anak raja dan menjadi pewaris tahta.

Penyihir wanita yang merasa kecewa atas pengkhianatan pemuda tersebut marah besar dan ingin membalas dendam atas sakit yang dialaminya.

9. The Princess Bride (1987)

Bagi generasi millenial pasti hanya tau Harry Potter, The Hobbit, Maleficent, dan beberapa film yang telah disebutkan sebelumnya.

Jarang ada yang kenal dengan salah satu film penyihir terbaik sepanjang masa “The Princess Bride” ini. Meski sangat lawas, namun film ini tidak kalah saing dengan film fantasi dunia sihir lainnya.

Kisah tentang Buttercup wanita cantik yang sangat mencintai Westley si pemuda petani. Namun, nasib buruk menimpa Westley, ia diserang bajak laut dan meninggal dunia.

Hal ini membuat Buttercup sangat patah hati dan bersumpah pada dirinya sendiri bahwa ia tidak akan pernah jatuh cinta lagi.

Di sisi lain, Westley yang telah meninggal ternyata masih berupaya untuk bisa kembali ke dunia demi menemui Buttercup.

Demi hal itu, Westley melakukan petualangan penuh fantasi yang penuh dengan magic hingga akhirnya bisa kembali ke dunia.

Namun, apa yang terjadi saat Westley kembali ternyata Buttercup telah menikahi seorang pangeran bernama Humperdinck.

10. Nanny McPhee (2005)

Sedikit lawas, film penyihir terbaik ini pasti sering menemani libur panjang anak-anak generasi 90-an.

Cerita tentang tujuh orang anak dengan sifat yang buruk dan luar biasa chaos yang selalu berhasil mengusir para nannies yang mengurus mereka.

Mereka adalah anak dari seorang duda kaya raya bernama Cedric Brown (Cloin Firth). Ketujuh anaknya memiliki kelakukan sangat buruk, kalau di zaman sekarang mungkin bisa dibilang over acting.

Cedric pun hampir kewalahan mencari nannies untuk mereka. Karena sudah banyak nannies yang menyerah bahkan kabur karena tidak tahan dengan sifat anak-anak Cedric.

Hingga suatu hari ia membawa seorang nannie baru ke rumah bernama Nanny McPhee (Emma Thompson).
Di luar dugaan Cedric, Nanny McPhee bertahan lama dan bahkan mampu menguasai anak-anaknya.

Ternyata Nanny McPhee merupakan seorang penyihir. Memiliki perawakan gemuk dan rupa yang aneh, selalu mengunakan gaun hitam panjang dan terdapat kutil di mukanya.

Cedric mengira jika ketujuh anaknya takut kepada rupa Nanny McPhee sehingga mereka berubah menjadi penurut.
Namun nyatanya ketujuh anak Cedric justru tidak menganggap nannie baru mereka menyeramkan.

Kekuatan sihir yang dimiliki Nanny McPhee mampu memberikan rasa nyaman bagi ketujuh anak tersebut.

Setelah keadaan terkendalikan sebuah masalah baru justru menghantam keluarga Cedric. Ia jatuh bangkrut dan kehilangan hartanya.

Lalu apa yang akan terjadi pada ketujuh anak chaos-nya yang sesungguhnya menggemaskan tersebut?


So, film fantasi apa saja yang sudah kalian lewatkan selama ini? Selain “Harry Potter” masih banyak film tentang dunia sihir yang tak kalah seru dan menariknya untuk ditonton.

Makanya rajin-rajin update ya gaess biar nggak ketinggalan informasi.

Baca Juga: Film Pengusaha Terbaik

Leave a Comment