10 Jenis Apel Unggulan dari Berbagai Negara di Belahan Dunia

Berbicara tentang berbagai jenis apel mengingatkan kita pada film “Snow White”. Dimana apel dijadikan sebagai media untuk meracuni seorang putri nan baik hati.

Saat kamu menonton film Putri Salju (Snow White) dari Disney, apa yang akan kamu bayangkan? Pasti apel beracun yang membuat si putri tertidur selamanya.

Tapi kali ini kita bukan lagi ngomongin film dari Disney loh, melainkan jenis-jenis apel yang ada di dunia.


Berbagai Jenis Apel dari Belahan Dunia


Apel adalah salah satu buah yang ketersediaannya melimpah dan ada di seluruh penjuru dunia. Meski rasa manisnya diiring sedikit asam namun apel tetap menjadi buah bernilai ekonomis tinggi.

Hal itu karena kandungan nutrisi yang ada pada apel sangatlah banyak. Bahkan apel dipercaya dapat membuat kulit terlihat awet muda jika dikonsumsi secara rutin.

Jenis apel apa yang dimakan sang putri salju? Kenali dulu jenis-jenis apel di bawah ini:

1. Jenis Apel Manalagi

jenis apel
utakatikotak.com

Apel manalagi aslinya berasal dari Pegunungan Causasus di Asia Barat dan Eropa Timur. Buah berbentuk bulat, berdiameter 5-7 cm, dan memiliki warna kulit hijau dengan tekstur daging keras.

Daging buah berwarna putih, berasa manis, dan sedikit kandungan airnya. Saat sudah matang aroma yang dikeluarkan apel ini sangat kuat dan menggugah selera.

Kulit apel manalagi mengandung quercitin yang punya antioksidan tinggi. Meski sudah matang kulit buahnya tetap berwarna hijau kekuningan seperti belum masak.

Di Indonesia apel ini sudah menjadi buah khas dan oleh-oleh dari Malang. Tepatnya di Desa Gandon, Kecamatan Batu, yang menjadi pusat apel manalagi di Indonesia.

Lebih dikenal dengan sebutan apel Malang, ada juga varietas apel manalagi ceri. Merupakan jenis apel Malang dengan ukuran lebih mini dibandingkan apel manalagi biasa.

2. Apel Fuji

blog.sayurbox.com

Sesuai dengan namanya apel ini berasal dari Fuji, Jepang. Merupakan apel hasil persilangan red delicious dengan ralls janet, memiliki ukuran lebih besar dibandingkan apel manalagi.

Menurut catatan sejarah apel Fuji pertama kali dikembangkan oleh petani Jepang pada kisaran tahun 1930-an.

Menjadi varietas persilangan dengan tingkat keberhasilan yang tinggi. Apel Fuji langsung populer dan kemudian banyak dikembangkan di luar Jepang seperti Korea, Tiongkok, hingga Amerika Serikat.

Apel berwarna kemerahan ini memiliki rasa daging manis yang sangat cocok sebagai kudapan. Kerap kali dijadikan kudapan dalam keadaan segar, terutama bagi mereka yang sedang menjalani diet.

Selain dikonsumsi langsung, rasa manis dari apel Fuji dapat juga dicampur dengan salad buah maupun selada kubis.

3. Apel Rome Beauty

jenis apel
shopee.co.id

Rome beauty atau yang sering disingkat apel RB berasal dari Ohio. Berukuran 5-12 cm, berbentuk agak bulat, berkulit tebal dengan warna mengkilap hijau semburat merah.

Apel ini memiliki rasa asam yang cocok untuk dijadikan sebagai minuman sari apel. Sekitar 70% apel Rome beauty banyak ditanam di Malang dan menjadi salah satu favorit masyarakat.

Ciri khas apel ini terletak pada kulit buahnya yang tebal berwarna merah dengan bintik-bintik hijau merata di seluruh permukaannya.

4. Apel Royal Gala

food.detik.com

Apel royal gala merupakan apel dari New Zealand dan hasil persilangan Golden Delicious dengan Kidd’s Orange Red, berbentuk bulat dan berukuran kecil.

Royal gala memiliki kulit tipis dengan warna kuning bergaris pink ataupun merah. Daging buah apel ini beraroma bunga, cukup manis, dan bertekstur padat serta garing.

Apel ini sempat ditarik dari pasaran Indonesia karena isu kontaminasi bakteri Listeria monocytogenes yang terdapat pada apel tersebut.

5. Jenis Apel Granny Smith

bukalapak.com

Apel yang berasal dari Australia ini memiliki keunikan pada rasa daging buahnya, yaitu tidak berasa alias hambar jika tumbuh di wilayah Eropa, namun berasa manis jika tumbuh di Indonesia.

Hal ini kemungkinan pengaruh unsur hara yang tinggi yang terkandung di dalam tanah di Indonesia. Di Australia apel ini seringkali dikonsumsi dalam bentuk olahan untuk meningkatkan cita rasa.

Sama seperti apel royal gala, apel granny smith sempat dilarang impornya di Indonesia karena isu kontaminasi bakteri.

Memiliki ukuran yang cukup besar dengan bentuk bulat mengerucut serta pangkal buahnya menggelembung di kedua sisi.

Apel dengan kulit berwarna hijau cerah ini juga unggul dalam kandungan air pada daging buahnya. Berwarna putih, tekstur daging buah sedikit agak keras namun tetap renyah.

6. Apel Washington

blanja.com

Apel Washington merupakan apel merah berbentuk hati yang sering kita temui karena bentuknya yang cantik. Sesuai dengan namanya, apel ini berasal dari Amerika dengan kulit berwarna merah bergaris.

Apel ini memiliki daging buah lunak berasa manis sedikit asam dengan tekstur renyah. Merupakan varietas yang sangat mudah untuk ditemukan di pasaran Indonesia.

Beberapa sumber menyebutkan jika apel ini merupakan hasil persilangan jenis apel red dan yellow delicious. Sehingga menjelaskan kenapa di kulit merahnya terdapat semburat kekuningan.

Jenis apel ini merupakan salah satu apel yang sempat heboh di Indonesia dengan pelarangan impor setelah apel royal gala dan granny smith.

7. Jenis Apel Mutsu

jenis apel
indonesian.alibaba.com

Apel mutsu berasal dari Jepang, berbentuk oblong dengan warna hijau kekuningan dan terkadang terdapat semburat merah.

Daging buah apel mutsu berwarna putih dengan rasa manis bercampur asam segar yang cocok sebagai bahan campuran salad.

Di Amerika apel ini lebih dikenal dengan nama apel crispin. Sejarahnya awal mula ditemukan di Jepang pada tahun 1930-an kemudian dibawa ke Inggris dan AS pada tahun 1940-an lalu dinamai apel crispin.

Keunggulan apel ini rasa manisnya lebih mendomasi ketimbang asam. Kadang apel dengan tekstur renyah ini terasa seperti madu karena manisnya.

Banyak diolah lebih lanjut sebagai bahan membuat pie, saus apel, ataupun selai.

8. Apel Princess Noble

jenis apel
bukalapak.com

Apel princess noble disebut juga apel Australia karena berasal dari Australia. Daging buah apel princess noble putih, keras, bertekstur halus dengan rasa sedikit asam

Apel ini juga sering disebut apel hijau karena warna kulitnya yang hijau walaupun sudah masak dengan bentuknya yang bulat dengan berat rata-rata 175 gram per buah.

9. Apel Anna

bukalapak.com

Apel anna dikembangkan di Israel dengan bentuk lonjong dengan kulit halus tipis berwarna hijau dan kuning dengan semburat merah. Daging apel Anna beraroma kuat.

Keunikan dari apel Anna adalah rasanya yang asam ketika dipetik, dan akan berubah menjadi manis ketika didiamkan 3-4 hari.

Selain kandungan airnya yang tinggi, apel anna mengandung karbohidrat, vitamin B, dan fosfor yang tinggi.

10. Apel Golden Delicious

blog.sayurbox.com

Apel yang banyak ditanam di seluruh dunia ini memiliki kulit buah berwarna hijau kekuningan dengan daging buah beraroma kuat dan rasanya manis sedikit asam.

Sekilas jika diperhatikan dari jauh apel golden delicious hampir mirip dengan buah pir dari segi warna. Apel ini menjadi varietas yang paling banyak ditanam di berbagai belahan dunia.

Tahukah kamu golden delicious pertama kali ditemukan pada tahun 1980 oleh A.H. Mullins di Amerika. Tergolong ke dalam jenis apel yang mudah layu sehingga harus segera dikonsumsi setelah dipetik.

Agar lebih tahan lama, apel ini juga sering diolah lebih lanjut. Biasanya dijadikan sebagai campuran salad, pie, saus, dan selai.

Setelah mengenal berbagai jenis apel tersebut, adakah jenis yang dimakan oleh Putri Salju? Kalau kalian masih bingung, bisa nonton lagi film tersebut, tapi yang versi manusia yah, biar lebih jelas apelnya apa. Hehehehe!

Dari kesepuluh jenis apel di atas sudahkah pernah kamu cicipi semua? Jika sudah mana yang menjadi favoritmu?Bagi yang sedang diet tentu menyukai apel dengan rasa yang lebih asam karena kandungan gulanya lebih rendah.

Berbeda halnya bagi yang memang menjadikan apel sebagai kudapan harian, tentu saja lebih menyukai apel dengan rasa manis mendominasi seperti apel crispin dan apel Fuji.

Sekian ulasan mengenai berbagai jenis apel kali ini. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment