10 Jenis Apel dari Berbagai Belahan Dunia, Yang Mana Favoritmu?

Saat kamu menonton film Putri Salju (Snow White) dari disney, apa yang akan kamu bayangkan? Pasti apel beracun yang membuat si putri tertidur selamanya. Tapi kali ini kita bukan lagi ngomongin film dari Disney loh, melainkan jenis-jenis apel yang ada di Dunia.

Berbagai Jenis Apel dari Belahan Dunia

Jenis apel apa yang dimakan sang putri salju? Kenali dulu jenis-jenis apel di bawah ini:

1. Manalagi

pinterest.com

Apel manalagi berasal dari Inggris, berbentuk bulat, berdiameter 5-7 cm, dan memiliki warna kulit hijau dengan tekstur daging keras, berwarna putih, berasa manis, dan sedikit kandungan airnya. Kulit apel manalagi mengandung quercitin yang punya antioksidan tinggi.

2. Fuji

dropee.com

Sesuia dengan namanya apel ini berasal dari Fuji, merupakan apel hasil persilangan red delicious dengan ralls janet, memiliki ukuran lebih besar dibandingkan apel manalagi. Apel ini berwarna kuning kemerahan dengan rasa daging manis yang sangat cocok sebagai kudapan.

3. Rome Beauty

goodeggs.com

Rome beauty atau yang sering disingkat apel RB berasal dari Ohio. Berukuran 5-12 cm, berbentuk agak bulat, berkulit tebal dengan warna mengkillap hijau semburat merah. Apel ini memiliki rasa asam yang cocok untuk manimal sari apel.

4. Royal Gala

wafresh.com.au

Apel royal gala merupakan apel dari New Zealand dan hasil persilangan Golden Delicious dengan Kidd’s Orange Red, berbentuk bulat dan berukuran kecil. Royal gala memiliki kulit tipis dengan warna kuning bergaris pink ataupun merah.

Daging buah apel ini bearoma bunga, cukup manis, dan bertekstur padat serta garing. Apel ini sempat ditarik dari pasaran Indonesia karena isu kontaminasi bakteri Listeria monocytogenes yang terdapat pada apel tersebut.

5. Granny Smith

en.wikipedia.org

Apel yang berasal dari Australia ini memiliki keunikan terhadap rasa daging buahnya, yaitu tidak berasa jika tumbuh diwilayah Eropa, namun berasa manis jika tumbuh di Indonesia. Sama seperti apel royal gala, apel granny smith sempat dilarang importnya di Indonesia karena isu kontaminasi bakteri.

6. Washington

indiamart.com

Apel washington merupakan apel merah berbentuk hati yang sering kita temui karena bentuknya yang cantik. Apel ini memiliki daging buah berasa sedikit manis dengan tekstur renyah.

Jenis apel ini merupakan salah satu apel yang sempat heboh di Indonesia dengan pelarangan import setelah apel royal gala dan granny smith.

7. Mutsu

isons.com

Apel mutsu berasal dari Jepang, berbentuk oblong dengan warna hijau kekuningan dan terkadang terdapat semburat merah. Daging buah apel mutsu bewarna putih dengan rasa manis becampur asam segar yang cocok sebagai badan campuran salad.

8. Princess Noble

twitter.com

Apel princess noble disebut juga apel Australia karena berasal dari Australia. Apel ini juga sering disebut apel hijau karena warna kulitnya yang hijau walaupun sudah masak dengan bentuknya yang bulat. Daging buah apel princess noble putih, keras, bertekstur halus dengan rasa sedikit asam.

9. Anna

fast-growing-trees.com

Apel anna dikembangkan di Israel dengan bentuk lonjong dengan kulit halus tipis bewarna hijau dan kuning dengan semburat merah. Daging apel Anna beraroma kuat.

Keunikan dari apel Anna adalah rasanya yang asam bermasir ketika dipetik, dan akam berubah menjadi manis ketika didiamkan 3-4 hari. Selain kandungan airnya yang tinggi, apel anna mengandung karbohidrat, vitamin B, dan fosfor yang tinggi.

10. Golden Delicious

markon.com

Apel yang banyak ditanam di seluruh dunia ini memiliki kulit buah berwarna hijau kekuningan dengan daging buah beraroma kuat dan rasanya manis sedikit asam.

Setelah mengenal berbagai jenis apel tersebut, adakah jenis yang dimakan oleh Putri Salju? Kalo kalian masih bingung, bisa nonton lagi film tersebut, tapi yang versi manusia yah, biar lebih jelas apelnya apa. Hehehehe!

Leave a Comment