8 Jenis Bunga Keladi | Tanaman Hias Daun yang Kini Paling Banyak Dicari

Jenis bunga keladi merupakan tanaman hias yang daunnya memiliki warna yang lebih cantik dari bunganya. Ciri khas tanaman keladi yaitu memiliki daun berbentuk simbol hati atau jantung.

Mungkin sebagian besar kalian sudah pernah mendengar istilah “tua-tua keladi atau makin tua makin menjadi”.

Ungkapan itu sebenarnya bisa dikaitkan dengan tanaman ini karena memang saat tumbuhan keladi semakin besar daunnya akan semakin indah atau semakin menjadi daya tarik.

Sejak pandemi minat akan tanaman hias keladi semakin meningkat. Karena aktivitas di luar di rumah terbatas, banyak orang beralih mengoleksi tanaman hias sekaligus mempercantik rumah.


Mengenal Berbagai Jenis Bunga Keladi


Tanaman bunga keladi merupakan jenis tanaman hias. Mereka biasanya dipelihara sebagai penghias pekarangan rumah.

Keladi memiliki bunga, tapi yang menjadikan tanaman ini cantik adalah daunnya yang berbentuk jantung hati dan licin.

Tumbuhan seperti ini biasanya populer sebagai tanaman hias karena daunnya seperti tanaman gelombang cinta.

Kalian para pecinta tanaman hias pasti tau kalau asal muasal tanaman keladi awalnya dari hutan di negara Brazil hingga ke Amerika Tengah.

Memiliki nama latin Caladium karena termasuk suku talas-talasan. Mereka memiliki umbi, tapi tidak membesar seperti halnya tumbuhan talas.

Berikut ini beberapa jenis bunga keladi yang ada di dunia:

1. Caladium bicolor

jenis bunga keladi
mygardenlifecom

Banyak yang menyebut jenis ini sebagai Florida Sweet. Tanaman yang berasal dari hutan basah di wilayah Amerika ini memiliki dua warna (bicolor) dalam satu daun.

Tinggi tumbuhannya berkisar antara 30-60 cm dengan panjang daun sekitar 20-50 cm. Mereka dapat tumbuh dengan subur di lingkungan yang teduh dan lembab, seperti di dekat danau atau kolam.

Buah dari pohon ini berwarna kuning kemerahan dengan bentuk yang lonjong. Warna daunnya kebanyakan campuran antara warna hijau di bagian luar dan warna merah muda di bagian dalam.

2. Caladium humboldtii

bukalapak.com

Disebut juga sebagai keladi liliput, kuping gajah atau si putih mini. Daunnya memiliki warna dasar hijau namun dipenuhi dengan corak berwarna putih.

Sama seperti keladi lainnya, jenis ini juga merupakan tumbuhan tropis yang akan mati saat musim dingin. Cocok sekali dijadikan tanaman hias baik di pekarangan maupun di dalam rumah.

Pastikan mereka terkena matahari yang cukup ya. Karena keladi ini akan tumbuh dengan baik hingga ketinggian 30 cm dan ukuran minimal 15 cm.

3. Caladium lindenii

jenis bunga keladi
ebay.com

Dalam bahasa Inggris keladi jenis ini sering disebut magnificum. Keladi magnificum ini juga memiliki nama lain di Indonesia, yaitu sayap malaikat.

Julukan tersebut disematkan karena bagian pangkal daunnya membelah keatas seperti sepasang sayap. Warna daunnya hijau gelap dengan sedikit warna putih di bagian tulang atau sirip daunnya.

Bagi pemula memelihara jenis ini mungkin cukup sulit. Meskipun begitu mereka adalah jenis keladi yang sangat cantik.

4. Caladium alocasia silver

shopee.co.id

Nama lain dari jenis keladi yang satu ini adalah keladi tengkorak. Terdengar cukup mistis untuk sebuah nama tanaman bukan?

Meskipun bernama tengkorak, tapi nyatanya tumbuhan ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan hal-hal yang berbau mistis.

Karena memiliki tulang daun bergelombang pada bagian tepi yang menyerupai rusuk manusia pada bagian tengahnya. Membuat tanaman hias ini mendapat julukan keladi tengkorak.

Daun keladi dengan tulang yang tegas ini ada yang berwarna hijau tua maupun hijau muda. Namun bentuk daun keladi tengkorak hijau muda tidak setegas keladi hijau tua.

Daun keladi tengkorak hijau muda juga lebih oval dibandingkan keladi tengkorak hijau tua. Secara keseluruhan tanaman keladi tengkorak bisa tumbuh dengan ketinggian mencapai 1-1,5 meter.

Bibit keladi tengkorak biasa dijual dengan harga sekitar Rp 50.000. Pemeliharaannya cukup mudah, yaitu dengan menyiraminya sehari 1 kali dan pemupukan satu bulan sekali.

5. Caladium schomburgkii

jenis bunga keladi
aroid.org

Keladi yang satu ini cukup unik karena ukurannya. Bila dibandingkan keladi lainnya jenis ini bisa dibilang cukup kecil. Bahkan jika kita lupa memberi air pada tanaman ini mereka akan cepat kering dan mati.

Lebar daunnya berukuran sekitar 2 sampai 3 inci saja. Pangkal daunnya berwarna merah begitu juga tangkainya.

6. Jenis Bunga Keladi Tikus

kompas.com

Masih dari golongan keluarga Araceae, tapi bukan dari genus Caladium. Meskipun begitu nama tumbuhan ini di dalam bahasa Indonesia adalah keladi tikus.

Keladi tikus dapat tumbuh hingga 25-30 cm dan hidup pada ketinggian 1.000 mdpl. Menyenangi tempat yang lembab yang tidak terkena matahari secara langsung.

Tanaman hias ini memiliki mahkota bunga berbentuk panjang kecil berwarna putih mirip dengan ekor tikus. Karena itulah masyarakat lokal menyebutnya sebagai keladi tikus.

Tumbuhan yang berasal dari Asia ini cukup dikenal di Indonesia. Daun berwarna hijau tua dengan bentuk bulat meruncing di bagian ujung, seperti jantung. Tumbuhan ini dipercaya berkhasiat untuk mengobati kanker.

Selain mengobati kanker, keladi tikus juga bisa dijadikan sebagai obat penyakit kulit seperti bisul. Yaitu dengan cara mengoleskan ampas daun keladi tikus yang sudah ditumbuk ke bagian kulit yang luka.

Kulit yang tadinya luka akan mengeluarkan nanah sehingga bengkak berkurang. Sari tanaman keladi tikus juga dipercaya berkhasiat untuk membersihkan sisa racun di dalam tubuh.

Manfaat lain tanaman ini yaitu dapat melancarkan berkemih, meningkatkan nafsu makan, membersihkan sistem pencernaan, dan meningkatkan vitalitas bagi yang mudah lelah.

7. Jenis Bunga Keladi Black Jack

99.co

Nama ilmiahnya adalah Lasia spinosa merupakan keladi raksasa yang tingginya bisa mencapai 1,5-2 meter. Ciri khasnya memiliki tangkai daun dan rimpang berduri serta daun berbentuk mata tombak.

Dimana pada pangkal daun menyirip dengan ujung meruncing. Setiap tangkai membentuk pelepah dengan daun berwarna hijau tua pada bagian atas dan berwarna semburat pink di bagian bawah.

Dinamakan blac jack karena warna daun yang didominasi hijau tua yang gelap bahkan terlihat seperti hitam.

Keunikan lain dari keladi black jack yaitu tulang daunnya yang berwarna merah di bagian atas dan berwarna hijau di bagian bawah.

Namun beberapa jenis blac jack ada juga yang tulang daunnya tak memiliki warna.

8. Jenis Bunga Keladi Minyak (Red Stardust)

shopee.co.id

Salah satu jenis bunga keladi dengan daun berwarna merah ini paling banyak dicari. Masuk ke dalam daftar tanaman hias keladi yang paling mahal.

Keunikannya terdapat pada daun yang cantik mengkilap pada bagian permukaan. Dihiasi oleh bercak-bercak tipis, keladi minyak cocok dijadikan sebagai tanaman hias outdoor maupun indoor.

Keladi minyak dibandrol dengan harga Rp 100.000 – Rp 750.000 di pasaran. Meskipun mahal, bunga keladi yang satu ini tidak manja kok, sangat adaptif terhadap segala jenis tanah.

Demikian penjelasan kami mengenai jenis bunga keladi. Meskipun tanaman hias ini tidak memerlukan perawatan khusus, bukan berarti mereka bebas hama.

Perhatikan tanaman keladi kesayangan Anda di rumah, jika terdapat garis compang-camping di bagian tepi daun itu merupakan tanda-tanda kehadiran hama.

Bisa jadi daun keladi sudah digerogoti kutu ataupun ulat. Untuk itu dalam perawatannya, harus rajin dicuci baik dengan cara menyemprot maupun lebih lanjut menggunakan sabun khusus anti hama.

Beberapa penyakit yang juga biasanya menyerang berbagai jenis bunga keladi disebabkan oleh jamur patogen, seperti Rhizoctonia dan Phytium. Keduanya adalah jenis jamur yang menyerang umbi-umbian.

Untuk memastikan agar tanaman keladi Anda bebas dari jamur patogen rendam terlebih dahulu umbi di dalam air panas lalu diamkan 30 menit.

Hal ini bertujuan untuk membunuh jamur berbahaya tersebut. baru kemudian umbi yang sudah steril dari jamur ditanam di tanah ataupun di dalam pot.

Semoga bermanfaat!

Leave a Comment