Sedang Naik Daun, 13 Jenis Bunga Puring Ini Wajib Kamu Miliki

Jenis bunga puring sebenarnya merupakan tanaman hias yang dinikmati keindahan daunnya. Mereka sama halnya seperti keladi yang juga dipelihara sebagai tanaman hias.

Tanaman ini mungkin yang paling sering kita lihat menghiasi rumah-rumah. Selain karena bentuk dan warna daun yang beragam, tanaman bunga puring juga memiliki banyak manfaat.

Daun tanaman puring memiliki kemampuan dalam menyerap udara unsur plumbum (timah) yang terkandung dalam udara terbuka

Sehingga tanaman ini sangat berguna untuk mengurangi kadar logam berat di udara yang berasa dari asap kendaraan bermotor.

Dianjurkan untuk menanam tanaman ini di halaman atau pekarangan rumah. Selain dapat mempercantik, tanaman ini juga berguna untuk mengurangi polusi udara di sekitar lingkungan rumahmu.


Pengertian Tanaman Puring


dekoruma.com

Tanaman puring adalah jenis tanaman semak perdu yang sering kita jumpai. Nama latin dari tanaman puring adalah Codiaeum variegatum Bi.

Saat ini tanaman puring menjadi salah satu tanaman hias yang banyak dimanfaatkan untuk mempercantik pekarangan rumah. Bahkan tanaman puring ini tidak kalah cantik jika di letakkan di dalam ruangan.

Keunikan dari tanaman ini terletak pada bagian daunnya. Daun tanaman puring berbentuk unik dengan warna daun yang sangat bervariatif.

Perpaduan warna daun dari tanaman puring meliputi warna kuning, jingga, merah, hijau, dan oranye. Keunikan dari tanaman ini semakin tua warna daunnya akan berubah warna semakin pekat.

Semakin unik bentuk dan warna daunnya, maka harga tanaman puring tersebut akan semakin meningkat.

Tanaman puring diketahui mengandung senyawa polifenol, saponin, dan flavonoid. Daun taman puring dipercaya dapat mengobati penyakit sembelit, cacingan dan sakit perut.

Dampak langsung yang dapat dirasakan adalah udara di sekitar rumah menjadi lebih bersih karena keberadaan tanaman puring mampu menyaring zat-zat buruk yang terkandung di dalam udara.

Kandungan alkaloid, flavonoid, dan saponins pada bunga puring dapat mengobati penyakit diare, susah buang air besar, demam, hingga penyakit sifilis.

Jenis Bunga Puring

Variasinya mulai dari warna hijau, kuning, jingga, merah, ungu, hingga campuran kesemuanya. Bentuk daunnya pun beragam ada yang memanjang, oval, bergelombang, hingga berhelai.

Meskipun bisa ditaruh di dalam ruangan mereka akan lebih cocok ditanam ditempat terbuka. Nama lain dari tanaman ini adalah kroton dengan nama ilmiah Codiaeum variegatum.

Mereka adalah tumbuhan perdu yang cukup populer sebagai tanaman hias pekarangan. Puring dibedakan berdasarkan warna dan bentuk dari daunnya karena memang tidak memiliki bunga.

Berikut beberapa jenis dari varietas tanaman puring:

1. Puring Debu Emas

jenis bunga puring
herba.bf-1.com

Daun dari tanaman kroton ini berwarna hijau gelap dengan bintik-bintik kuning emas yang tersebar di seluruh daun. Perawatannya mudah karena tumbuhan hijau ini gampang dibudidayakan dengan tinggi 1 hingga 2 meter.

Meskipun begitu mereka tumbuh secara lambat sehingga tak perlu khawatir akan memenuhi pekarangan kalian.
Tinggal tanam dan tunggu mereka tumbuh. Bisa ditanam didalam ruangan maupun diluar ruangan.

2. Puring Kura-Kura

bungaku.co.id

Tanaman puring jenis ini memiliki daun dengan corak seperti corak cangkang kura-kura. Warna daun puring kura-kura perpaduan antara warna hijau, kuning, dan merah.

Tanaman puring ini termasuk ke dalam tanaman puring dengan harga yang cukup mahal. Harga tanaman puring kura-kura mulai dari Rp 25.000 – Rp 100.000.

3. Puring Mammy

Tidak seperti jenis puring lainnya jenis ini adalah yang paling mudah untuk dirawat. Daunnya hadir dalam berbagai warna, seperti kuning terang, merah, hijau, ungu dan coklat.

Bentuk daunnya lebar, tebal dan mengkilap. Kalian bisa menaruhnya di pekarangan atau menanamnya di dalam pot untuk ditaruh di ruangan.

4. Puring Empiring

Daun puring emping berbentuk bulat oval dengan bagian ujung daunnya yang lancip. Warna daun dari tanaman puring ini merupakan kombinasi dari warna hijau dan kuning yang akan memberikan kesan segar dan cerah.

Di pasaran puring empiring ditaksir mulai dari harga Rp 5.000. Dibandingkan dengan jenis tanaman puring yang lain, tanaman puring emping dijual dengan harga yang sangat terjangkau yaitu hanya Rp 20.000.

5. Kroton Petra

pinterest.com

Jenis ini merupakan puring asli dari kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Tingginya bisa mencapai 1,5 hingga 2,5 meter. Warna daunnya bisa merah burgundi, kuning, oranye, hijau, dan perunggu dan tentunya lebar.

Bisa ditanam di luar maupun di dalam ruangan dengan cahaya matahari yang cukup. Temperatur yang cocok untuk jenis ini adalah 60 hingga 80.

6. Puring Apel

pinterest.com

Tanaman puring ini dinamakan puring apel karena memiliki warna daun yang mirip dengan warna apel. Daun dari tanaman puring apel memiliki warna dari perpaduan warna hijau, kuning dan merah.

Puring apel mempunyai bentuk daun yang lebar dan bulat. Beberapa jenis tanaman puring apel antara lain puring apel biasa, puring apel merah Thailand, puring apel warna-warni, puring apel Washington dan puring apel hijau.

Harga dari tanaman puring apel biasa Rp 75.000 namun ada pula yang dijual pada harga terendah yaitu Rp 20.000.
Sedangkan untuk jenis puring apel merah thailand seharga Rp 200.000. Yang paling mahal adalah jenis tanaman puring apel warna-warni yang mencapai Rp 350.000

7. Puring Ibu dan Anak

Puring ibu dan anak mungkin adalah jenis yang paling terlihat eksotis. Bentuknya panjang-panjang dengan ujung lancip.

Hijau atau ungu adalah warna dasar daunnya dengan corak warna kuning atau kuning gading yang tidak merata. Agar kroton ini tetap sehat pastikan untuk menyiraminya paling tidak tiga ember sehari.

8. Puring Anggur

jualo.com

Salah satu jenis tanaman puring yang jarang ditemukan adalah tanaman puring anggur. Yang menjadi keunikan tanaman puring ini adalah ada corak batik di bagian tengah daunnya.

Jenis tanaman puring ini memiliki daun berbentuk oval dan lebar. Perpaduan warna daun pada jenis tanaman puring anggur sangat cantik yaitu warna merah, coklat, hijau dan kuning.

Tanaman puring anggur ini sangat cocok dijadikan tanaman hias untuk menghias pekarangan rumah atau mempercantik sudut suatu ruangan dalam rumah. Puring anggur ditaksir mulai dari harga Rp 15.000.

9. Puring Tulang Merah

Dinamakan tulang merah karena tulang daunnya berwarna kemerahan. Sedangkan warna lembar daunnya beraneka warna mulai dari hijau, oranye, merah burgundi, hingga keemasan. Jika ditanam diluar ruangan mereka bisa tumbuh sangat tinggi.

10. Puring Dasi

jenis bunga puring
bukalapak.com

Puring dasi memiliki bentuk daun yang cantik mirip dengan bentuk dari dasi kupu-kupu. Ada daun yang berukuran panjang dan ada juga yang pendek.

Pada umumnya, puring dasi memiliki warna daun perpaduan antara kuning, hijau dan merah. Di pasaran dapat kamu temui puring dasi dengan harga terendah mulai dari Rp 30.000.

Salah satu jenis tanaman puring dasi yang paling populer adalah jenis tanaman puring dasi jojon merah. Puring dasi jojon merah memiliki daun yang lebar dengan warna daun merah cerah.

11. Jenis Bunga Puring Elegan

Melihatnya sekilas saja akan membuat kita terpana dengan keindahannya. Seperti jenis tulang merah jenis ini juga akan tumbuh lebih tinggi bila ditaruh di luar ruangan.

Bisa dibilang mereka gelombang cinta versi puring dengan warna hijau, merah muda, kuning, oranye, burgundi, hingga ungu gelap.

12. Eleanor Roosevelt

epicgardening.com

Di tahun 1920-an Henry Coppinger membuat sebuah persilangan puring dimana hasilnya adalah Eleanor Roosevelt. Tidak seperti kebanyakan puring, jenis ini memiliki daun yang ramping dan panjang.

Ungu hingga hijau adalah warna dasar daunnya dengan warna kuning emas sebagai coraknya.

13. Puring Zanzibar

Terakhir ada zanzibar, jenis kroton yang daunnya mirip dengan jenis eleanor roosevelt. Hanya saja warna dari zanzibar lebih beragam. Mulai dari warna hijau, ungu, merah, kuning, hingga oranye.

Zanzibar juga akan tumbuh lebih tinggi jika ditanam di luar ruangan.

Nah itu tadi beberapa jenis bunga puring atau kroton. Mungkin sebagian dari kalian bingung mengapa tumbuhan ini disebut bunga?

Tentu saja karna warna-warna daunnya yang cantik dan beraneka ragam. Hal itu yang membuat mereka terlihat seperti bunga.

Tanaman puring kini kembali in dan menarik perhatian banyak kalangan. Seiring dengan maraknya konsep rumah minimalis bergaya kekinian.

Leave a Comment