15 Varietas Jenis Ikan Koi yang Banyak Dibidudayakan Di Jepang

15 Varietas Jenis Ikan Koi yang Banyak Dibidudayakan Di Jepang

Jenis ikan koi apa yang kamu senangi? Mempunyai hewan peliharaan adalah hal yang cukup membahagiakan bagi sebagian orang.

Sebab ia bisa dijadikan sebagai teman yang mengisi kesepian di malam-malam panjang yang melelahkan.

Ia juga bisa dijadikan wadah untuk bercerita tentang masalah hidup yang berdatangan, meski tentu tak akan ada feedback yang diberikan.

Tetapi setidaknya hewan peliharaan bisa menjadi pendnegar yang setia. Nah salah satu hewan yang sering dijadikan hewan peliharaan adalah ikan. Banyak sekali jenis ikan hias cantik yang nampak indah untuk dipelihara.

Misalnya saja ikan koi. Tentu teman-teman sudah tidak asing lagi dengan jenis ikan yang satu ini. Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak digemari pecinta ikan.

Dikalangan penggemar ikan hias ikan koi selalu laris manis dan tak pernah ditinggalkan penggemarnya. Jenis ikan koi bisa dipelihara di kolam maupun akuarium, tapi mereka lebih banyak dipelihara di kolam ikan.

Dalam tradisi Jepang ikan koi dipercaya sebagai pembawa keberuntungan. Itulah mengapa pada hari anak di Jepang ada festival yang dinamakan Koinobori.

Koinobori adalah bendera berbentuk ikan koi banyak digantung di rumah-rumah penduduk saat hari anak. Ikan Koi dipercaya sebagai ikan yang kuat dan berani melawan arus sungai.

Mereka juga mempunyai umur yang panjang. Diharapkan dengan menggantung bendera ikan koi anak-anak bisa tumbuh menjadi anak yang kuat.

Jenis Ikan Koi

jualikankoi.com

Selain dipercaya sebagai hewan keberuntungan, nyatanya corak dan ukuran koi menentukan harga yang tinggi. Di Jepang bahkan ada jenis ikan koi yang harganya bisa mencapai puluhan milyar rupiah.

Ikan yang banyak dibudidayakan di Jepang ini juga populer loh di Indonesia. Teman-teman pun bisa mencarinya di pasaran jika memang berniat untuk memeliharanya.

Untuk itu di bawah ini akan kami sajikan beberapa informasi tentang jenis ikan koi supaya teman-teman tidak bingung memilih. Berikut ini beberpa jenis koi termahal yang dibudidayakan di Jepang.

1. Jenis Ikan Koi Asagi

15 Varietas Jenis Ikan Koi yang Banyak Dibidudayakan Di Jepang
ikanhiasairtawar-id.blogspot.com

Koi varietas asagi terdiri dari dua warna, yaitu biru atau indigo pada bagian tubuhnya dan warna merah di dasar sirip insangnya. Sirip merah tersebut disebut motoaka oleh orang Jepang.

Asagi juga memiliki sisik berwarna putih pada bagian belakang. Jika dilihat secara keseluruhan sisik tersebut nampak seperti jaring-jaring.

Pada pertambahan usia ikan Asagi, biasanya akan muncul bintik hitam di bagian kepala serta warna oren pada daerah sekitar perut.

2. Bekko

jualikankoi.co.id

Bekko adalah tipe koi dengan corak dan warna yang simpel. Warna bekko adalah putih dengan corak berwarna hitam yang coraknya terlihat seperti batu pijakan.

Mereka dikembang biakkan dari jenis koi taisho sanke, tapi tidak ada corak merah sama sekali pada tubuhnya. Padahal taisho sanke merupakan tipe koi dengan tiga warna, yakni putih dengan corak merah dan hitam.

Sehingga bisa dikatakan bahwa jenis koi ini merupakan semacam kegagalan dalam pengembangbiakkan taisho sanshoku.

Secara umum Bekko memiliki tiga jenis yang memiliki warna berbeda-beda, di antaranya yakni Aka Bekko (merah), Bekko Shiro (putih), dan Bekko Ki (kuning).

3. Ginrin

Sisik ginrin sangat unik karena berkilau seperti berlian. Ukuran kilaunya berbeda dengan sisik pada ikan koi jenis platinum. Mereka akan semakin berkilau bila tertimpa cahaya.

4. Jenis Ikan Koi Goshiki

15 Varietas Jenis Ikan Koi yang Banyak Dibidudayakan Di Jepang
gerava.com

Goshiki dikembangbiakkan dari persilangan antara varietas asagi dengan kohaku. Hasil persilangan tersebut menghasilkan warna yang lebih beragam, seperti putih dengan corak hitam, biru, dan abu-abu.

Terdapat pula corak merah yang mirip sekali dengan jenis koi kohaku. Nah jika teman-teman ingin membeli ikan koi jenis ini persiapkan uang kurang lebih 700 ribuan, sebab goshiki dibandrol mulai dari harga tersebut.

5. Hirenaga

Sering disebut sebagai kupu-kupu air karena gaya renangnya yang indah akibat gerakan sirip-siripnya. Sirip dan ekor mereka lebih panjang dan solid daripada jenis koi lainnya.

6. Kikokuryu

15 Varietas Jenis Ikan Koi yang Banyak Dibidudayakan Di Jepang
tokopedia.com

Kikokuryu mungkin hanya memiliki warna hitam putih saja, tapi mereka sangat indah. Tipe ini sebenarnya merupakan kumonryu metalik dengan kulit atau sisik seperti jenis koi platinum yang mengkilap. Jenis koi kikokuryu juga sering disebut dengan ikan koi tanpa kepala atau doitsu.

Harga yang dibandrol di pasaran cukup beragam mulai dari 150.000 sampai dengan 800.000. Teman-teman bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

7. Kohaku

15 Varietas Jenis Ikan Koi yang Banyak Dibidudayakan Di Jepang
medium.com

Jika membicarakan tentang koi pasti tak jauh-jauh dari varietas kohaku. Jenis ini pasti mempunyai corak warna merah di tubuhnya.

Koi kohaku adalah tipe koi yang paling istimewa karena pernah terjual puluhan milyar rupiah. S legend adalah salah satu ikan koi dari varietas kohaku yang paling terkenal di dunia. S legend berhasil dilelang dengan harga ¥ 203.000.000.

8. Jenis IKan Koi Koromo

jualikankoi.com

Varietas koromo adalah tipe koi yang bagus dan salah satu yang banyak diminati pecinta koi selain jenis kohaku. Koromo berarti baju atau jubah dalam bahasa Jepang.

Warna dasar koromo adalah putih dengan corak merah seperti kohaku juga corak biru indigo. Goromo atau koromo dikenal dengan hasil persilangan anatara koi kohaku dan asagi, karenanya tak heran jika terdapat corak yang mirip dengan kohaku.

Menurut para pecinta koi, yang menjadikan jenis ini lebih menarik dibanding jenis lainnya adalah corak warna yang terlihat lebih teratur. Tetapi harga yang ditawarkan pun cukup sepadan yakni kisaran Rp. 1,8 Jutaan.

9. Ogon

lintar.net

Ogon berarti emas dalam bahasa Jepang. Mereka merupakan jenis yang dikembangbiakkan oleh Hikari Muji Group di Jepang. Warna mereka solid tanpa corak entah itu emas atau perak yang berkilau didalam kolam.

Warna emas yang cantik ini dihasilkan setelah melalui 6 kali generasi keturunan dari koi yang disilangkan, jadi memang perlu beberapa kali percobaan baru menghasilkan warna yang eksotis.

Jenis koi ogon terbilang cukup mahal yakni kisaran Rp. 1,5 juta, tetapi harga ini masih di bawah koi goromo.

10. Showa Sansoku

Koi ini termasuk koi yang cantik dengan warna putih, merah, dan hitam diseluruh tubuhnya. Showa termasuk salah satu dari tiga jenis koi berukuran besar selain kohaku dan taisho sanke.

Untuk bisa mendapatkan koi showa sansoku teman-teman harus merogoh kocek mulai dari Rp. 200.000 sampai dengan Rp. 1.000.000. Hal ini cukup sepadan dengan keindahan corak pada jenis koi ini.

11. Jenis Ikan Koi Shusui

Shusui termasuk jenis koi Jerman yang memiliki corak warna biru. Ada dua jenis koi yang memiliki warna biru dan salah satunya adalah shusui. Mereka jenis koi jerman yang berukuran lebih kecil dari asagi.

12. Utsurimono

Warna dasar dari koi ini sebenarnya adalah hitam dengan corak merah, putih, atau kuning. Koi yang bercorak putih akan terlihat seperti sapi dan warna hitamnya tidak seperti warna dasar.

13. Tancho

Tancho sangat populer dan banyak disukai oleh warga Jepang karena corak mereka mengingatkan akan bendera negara Jepang. Warna mereka putih dengan corak bulat berwarna merah dibagian atas kepala.

Mengingat keunikan corak yang dimiliki tancho, maka harga yang dibandrol terbilang masih standar tidak terlalu mahal atau terlalu murah, yakni kisaran Rp. 125.000 sampai Rp. 550.000.

14. Jenis Ikan Koi Slayer

15 Varietas Jenis Ikan Koi yang Banyak Dibidudayakan Di Jepang
jualikankoi.com

Pada umumnya ikan koi ini mempunyai sirip yang panjang dan indah. Terdapat banyak sekali jenis koi slayer yang bisa ditemukan di pasaran. Tetapi yang paling populer dan banyak diminati adalah jenis slayer platinum dan slayer kumpay.

Selain warnanya yang tampak elegan, slayer platinum ini juga cukup langka karenanya tak heran jika koi ini dibandrol dengan harga cukup mahal terutama yang berukuran super yakni kisaran Rp. 5.000.000.

Sedangkan untuk ukuran yang biasa koi slayer hanya dijual dengan harga Rp. 160.000. Silahkan pilih yang sesuai dengan isi kantong ya gais hehe.

15. Chagoi

Ikan koi jenis ini juga cukup unik, sebab tak seperti koi lain yang biasanya memiliki beberapa corak dan beragam warna, chagoi ini hanya memiliki satu warna saja. Tetapi koi ini jarang diminati karena sangat langka dan harganya mahal.

Leave a Comment