14 Jenis Melon yang Populer di Banyak Negara Karena Rasa Manisnya

Berbagai jenis melon merupakan tanaman yang termasuk kedalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae.

Ciri khas tanaman ini adalah tumbuh merambat tetapi menjalar dan tidak memanjat, merupakan tumbuhan semusim dengan daun berbentuk menjari dan biasanya batangnya tidak berkayu.

Buah melon sendiri di Indonesia bisa kamu temui di pasar tradisional, pasar swalayan, toko buah, dan tukang buah keliling.

Buah ini dapat dimakan secara langsung sebagai buah segar dan sangat enak dikonsumsi dalam keadaan dingin atau bisa juga dicampurkan ke dalam es buah ataupun salad buah.

Jenis melon yang ada di dunia sangatlah beragam. Keberagaman tersebut disebabkan karena adanya modifikasi genetik dan perubahan aspek agronomis maupun geografis.

Tidak semua jenis dapat kita temui di Indonesia. Beberapa varietas lain hanya dapat dijumpai di negara lain seperti Italia hingga Amerika Serikat.


Jenis Melon yang ada di Berbagai Belahan Dunia


Supaya kamu lebih mengenal jenis melon apa aja sih yang biasa kamu makan dan kamu temui, yuk kita lihat ulasan di bawah ini!

1. Japanese Cantaloupe

jenis melon
freepik.com

Melon ini banyak ditanam di wilayah Asia Tenggara dan Asia Timur dan buah ini menjadi salah satu jenis yang paling digemari di Indonesia.

Ciri-ciri dari buah ini adalah memiliki net tipis yang rapat pada bagian kulit buahnya. Daging buahnya berwarna putih kehijauan dengan rasanya yang sangat manis saat matang dan tekstur yang renyah.

2. Rock Melon

tanny.io

Pada tahun 2016 nama buah ini sering dibicarakan karena adanya tragedi listeria yang menyerang buah Rock Melon yang ada di Indonesia. Listeria merupakan bakteri yang dapat menyerang sistem saraf yang menyebabkan infeksi otak.

Karena adanya tragedi tersebut maka pemerintah sempat melarang untuk mengkonsumsi buah melon jenis tersebut.
Rock melon sendiri merupakan jenis melon yang berasal dari Australia.

Di Indonesia Rock Melon lebih dikenal dengan melon oranye karena daging buahnya yang berwarna oranye atau jingga yang didominasi dengan kandungan betakaroten yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata kita.

Selain itu kandungan antioksidan di dalam buah ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

3. Sky Rocket

jenis melon
passar.online

Sky Rocket adalah melon yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia. Melon ini berasal dari Taiwan dan Jerman.

Bentuk buahnya bulat dengan kulit buah tebal berwarna hijau dan memiliki net berwarna kelabu. Daging buahnya memiliki warna kuning kehijauan dan rasanya manis sekali.

4. Golden Melon

shopee.co.id

Berbeda dengan jenis lainnya yang memiliki net atau jaring di bagian kulitnya. Melon ini memiliki kulit buah yang sangat mulus dan halus dengan warna kuning keemasan yang menarik.

Terdapat dua jenis Golden Melon, yang pertama adalah golden langkawi melon yang berbentuk lonjong dan yang kedua adalah golden light melon yang berbentuk bulat.

Dari kedua jenis tersebut, golden light melon lebih disukai karena ukurannya yang lebih kecil.

Golden melon memiliki daging buah berwarna putih dengan rasa yang manis ditambah tekstur yang sangat renyah, membuat melon ini sangat lezat dijadikan bahan tambahan pembuatan salad buah.

5. Honeydew Melon

jenis melon
hy-vee.com

Honeydew melon atau yang dikenal juga dengan melon madu merupakan melon terbaik dari semua jenis melon.

Disebut sebagai melon madu karena melon ini memiliki daging buah yang rasanya sangat manis dan paling manis dibandingkan lainnya.

Saat sudah matang buah ini akan mengeluarkan aroma yang sangat harum dan tajam. Melon dengan berat kurang lebih 2 kg ini banyak dibudidayakan di California, Texas, dan Arizona.

6. Musk Melon

indiamart.com

Buah melon inilah yang kita kenal dengan melon hijau, menjadi komoditas buah melon yang paling banyak dijual di pasaran. Melon ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan berfungsi untuk mencegah terjadinya penuaan dini.

Kelebihan dari buah ini adalah memiliki daging buah yang rasanya manis dan menyegarkan. Namun kelemahannya terletak pada daging buahnya yang mudah basi dan memberikan rasa buah yang berbeda.

7. Blewah

jenis melon
liputan6.com

Blewah sangat eksis dan populer saat menjelang bulan puasa. Buah yang satu ini sangat digemari untuk dijadikan campuran es buah sebagai penghilang dahaga saat berpuasa.

Buah ini masih termasuk jenis melon hanya berbeda pada kelompok budidayanya.

Pada umumnya blewah memiliki warna kulit buah jingga dengan bercak hijau dan daging buahnya juga berwarna jingga dengan tekstur lembut dan rasanya manis serta menyegarkan.

8. Cantaloupe Melon

seedworld.com

Cantaloupe adalah jenis melon yang berasal dari Desa Cantaloupe, Italia. Merupakan salah satu melon yang paling banyak dicari dan disukai oleh penduduk Amerika Serikat (AS).

Meski memiliki nama yang sama, namun melon yang satu ini merupakan jenis yang berbeda dengan Japanese Cantaloupe. Satu buah cantaloupe bisa mencapai berat hingga 5 kg.

Memiliki daging buah berwarna jingga (oranye), di Indonesia melon ini disebut sebagai melon merah. Rasanya sangat manis dan aromanya juga khas dengan tekstur yang tebal.

Cantaloupe menjadi melon favorit orang-orang Eropa karena rasanya yang manis. Biasanya dikonsumsi sebagai campuran salad maupun sebagai hidangan penutup alias cuci mulut.

9. Cavaillon Melon

jenis melon
amazon.co.uk

Masih tergolong ke dalam jenis melon Cantaloupe namun Cavaillon adalah varietas melon berukuran kecil. Daging buah yang berwarna jingga (oranye) mengindikasikan tingkat kemanisan melon ini.

Saat matang kulit buah melon Cavaillon berwarna emas pucat serta terdapat garis hijau kebiru-biruan secara vertikal dari ujung ke ujung.

Berasal dari Italia kini Cavaillon juga banyak ditanam di Amerika Utara hingga menyebar ke daerah Provence, Prancis.

10. Canary Melon

mlevinco.com

Agak berbeda dengan bentuk melon pada umumnya, canary adalah melon dengan kulit buah tanpa net dengan tekstur halus. Dinamakan canary karena kulit buahnya yang berwarna kuning kenari.

Melon yang berasal dari Persia ini di beberapa wilayah dikenal juga sebagai melon Spanyol. Saat ini justru banyak dijumpai di Amerika Serikat daripada di daerah asalnya.

Tidak bulat melon canary justru berbentuk lonjong dengan daging buah berwarna putih seperti pisang. Tekstur daging buah yang lembut diiringi oleh rasa manis dengan kadar air yang lebih sedikit dibandingkan melon lainnya.

11. Casaba Melon

jenis melon
melissas.com

Sesuai dengan namanya melon ini adalah varietas yang berasal dari daerah Kasaba, Turkey. Kini juga banyak dijumpai di daerah Eropa lainnya bahkan menyebar hingga ke Amerika Serikat.

Saat masak kulit buah Casaba berwarna kuning pucat dan daging buah berwarna putih hampir mirip dengan canary.

Sekilas jika diperhatikan buah ini sedikit mirip dengan jambu kristal dimana berbentuk bulat dan mengerucut di ujung.

Pada bagian luar melon ini terlihat kerutan pada kulit buah namun bukan net seperti pada kulit buah melon pada umumnya.

12. Ananas Melon

turkishexportal.com

Jenis melon yang unik ini berasal dari Afrika dan banyak ditanam di Prancis, Amerika Serikat, dan di wilayah Timur Tengah.

Dari kulit buah terlihat seperti melon berwarna kuning dan memiliki net atau jaring-jaring. Namun dari segi bentuk terlihat lonjong dengan daging buah berwarna putih sedikit kehijauan.

Dinamakan Ananas karena varietas melon yang satu ini memiliki rasa dan aroma buah seperti nanas manis. Dimana dalam bahasa Prancis Ananas berarti nanas.

13. Korean Melon

jenis melon
melissas.com

Walaupun diberi nama Korean, namun ternyata daerah asal melon yang satu ini adalah dari India. Penyebarannya melalui daratan Cina, Jepang, hingga sampailah di Korea.

Banyak juga yang menamainya dengan melon oriental karena banyak dijumpai di tiga negara maju Asia tersebut. Di Korea sendiri dinamai Chamoe, Makuwa di Jepang, dan Tian Gua di China.

Jenis melon ini juga terbilang unik berbentuk oval lonjong. Berbeda dengan melon pada umumnya, kulit buah melon ini berwarna kuning keemasan dan terdapat garis putih memanjang pada kulit.

Daging buahnya berwarna putih dengan rasa sangat manis dan uniknya lagi tekstur buah mirip dengan buah pir. Wah, perlu dicoba nih melon Korean dengan sensasi rasa seperti makan buah pir.

14. Crenshaw Melon

specialtyproduce.com

Baca Juga : Jenis Nanas

Merupakan jenis melon hasil hibrida antara varietas Casaba dan Cantaloupe. Melon ini dapat tumbuh hingga mencapai berat pada kisaran 4,5 kg.

Berbentuk unik, mirip dengan Casaba yakni lonjong (oval) dengan kulit buah berwarna hijau kekuningan. Daging buah berwarna oranye dan terdapat karung biji besar di tengah-tengah buah.

Itulah beberapa jenis melon yang mungkin selama ini kamu hanya mengetahui jenis melon hijau dan melon merah. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan kita semua.

Bagi kamu yang baru tahu beberapa jenis dari keempat belas melon di atas, ada baiknya langsung meluncur ke pasar terdekat dan temukan jenis melon kesukaanmu.

Leave a Comment